Beranda Kolom Memaknai Kegiatan dan Prestasi di Tahun 2020

Memaknai Kegiatan dan Prestasi di Tahun 2020

Penulis bersama Ketua YASDIC IMMIM Pangkep koordinasi dengan Tim Satgas Covid-19 Kab.Pangkep di Halaman Kantor BPBD Pangkep. (foto: ist/palontaraq)
Penulis bersama Ketua YASDIC IMMIM Pangkep koordinasi dengan Tim Satgas Covid-19 Kab.Pangkep di Halaman Kantor BPBD Pangkep. (foto: ist/palontaraq)

Oleh: Muhammad Farid Wajdi

Tulisan sebelumnya: Memaknai Kegiatan dan Prestasi di Tahun 2019

PALONTARAQ.ID – Tahun 2020 adalah tahun yang penuh kejutan bagi penulis. Kegiatan dan Prestasi yang diraih sepanjang tahun ini benar-benar tak terduga, luar biasa, unik, dan mencengangkan.

Sebagai penulis, untuk Tahun 2020 ini, ada tiga karya buku yang diterbitkan, dua diterbitkan secara indie, yaitu Antologi Puisi-Menjawab Waktu dan Berkebudayaan Malu-Sehimpun Catatan Budaya Bugis Makassar, satu lagi diterbitkan oleh Yayasan Turikalengna Makassar, Buku Cinta dan Pengabdian Sepanjang Jalan – Memoar Hidup H. Mamma Pabitjara Daeng Naba.

Lainnya, 10 Naskah Buku yang disusun dan telah rampung dalam Tahun 2020, Insya Allah akan diterbitkan dalam Tahun 2021. Umumnya naskah buku tersebut terkait dengan muatan lokal, Sejarah dan Kebudayaan Bugis Makassar.

Sebagai seorang guru, Humas dan Penanggung Jawab TIK di Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep, Tahun 2020 kuawali dengan perjuangan memasukkan anggaran Hotspot Center sebagai bagian tak terpisahkan dari SPP, karena dimanfaatkan untuk kebutuhan pembelajaran.

Sejak pertengahan Bulan Maret 2020, keberadaan Hotspot Center sangat membantu sebagai pendukung Blended Learning, gabungan pembelajaran tatap muka dan online, juga ‘penyelamat’ Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) yang keseluruhannya dilakukan secara online, begitu pula dukungan kegiatan kepesantrenan yang bersifat online lainnya.

Untuk kebutuhan pengajaran di sekolah, penulis lebih memilih memanfaatkan Blog sebagai media pembelajaran dan media ujian, selebihnya menggunakan Zoom, Webex, Google Meet, dan instruksi pembelajaran via Whatsapp dan Telegram.

Di Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep, penulis mengampu Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Khaligrafi. Untuk Mapel Khaligrafi, penulis menggunakan Media Televisi yang terkoneksi wifi via Anycast.

Sebagai seorang traveler dan blogger, kegiatan jalan-jalan dan blogging masih bisa maksimal sampai bulan Maret 2020 diantara selang-seling rutinitas mengajar di Sekolah/Pesantren. Sebelumnya, dalam Bulan Februari 2020 sebagai Pembina Relawan TIK Pangkep, Alhamdulillah sukses menghelat Seminar Nasional Literasi Digital dan Privasi Online dari Program ICT Watch dan Oxfam Indonesia.

Beberapa obyek wisata yang dikunjungi selama masa tiga bulan pertama Tahun 2020 dapat dilihat postingannya di blog ini, termasuk kunjungan ke Luwu Utara, menghadiri Peringatan Hari Perempuan Internasional (International Woman’s Day) dan Camping Gathering dengan Pejuang Pangan dan Duta Muda Oxfam seluruh Indonesia.

Selama masa pandemi Covid-19, dari sejak Maret-Desember 2020, penulis banyak menghabiskan waktu di depan laptop mengikuti webinar (web based seminar), diskusi daring, virtual tour, atau seminar online. Kadang dalam perjalanan sekalipun, mengikuti webinar lewat smartphone.

Webinar tersebut sebagai bahan tulisan di web blog. Alhamdulillah, dalam satu bulan dapat mengikuti webinar puluhan kali. Dalam sehari maksimal 5-7 kali mengikuti webinar, dari pagi sampai malam. Sifat webinar umumnya Free (gratis), baik yang bersertifikat maupun tidak, baik yang bersifat undangan maupun terbuka untuk umum. Di blog ini banyak dihiasai tulisan tentang Covid-19 sepanjang Tahun 2020 sebagai hasil dari webinar yang mengangkat topik Covid-19 dari berbagai sudut pandang.

Satu hal yang penulis syukuri selama masa pandemi Covid-19 adalah nikmat kesehatan. Alhamdulillah, penulis tak sekalipun menginjakkan kaki di klinik kesehatan, puskesmas atau rumah sakit untuk keperluan berobat. Penulis tak menafikan bahwa sepanjang tahun tidak pernah sakit, tapi sakit itu dapat diatasi sendiri tanpa harus ke dokter atau klinik kesehatan.

Disisi lain, penulis beberapa kali berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 untuk kebutuhan membuka pembelajaran tatap muka di sekolah/pesantren, serta belajar langsung bagaimana seharusnya protokol kesehatan diterapkan. Beberapa teman penulis, ada yang dikarantina karena positif Covid-19, beberapa lainnya sampai sekarang masih menjalani isolasi mandiri. Do’akan semoga penulis tidak ikut ‘tumbang’.

Prestasi yang bersejarah tahun ini adalah selesainya Tesis S2, “Pengaruh Pengelolaan Dana Desa terhadap Pemberdayaan Masyarakat di Desa Biringere Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep” dan mendapatnya penghargaan Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep sebagai Lembaga Pendidikan berkategori Madrasah/Pesantren yang berperan serta dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dari Kementerian Kesehatan RI dari hasil feedback undangan webinar 3 hari yang diselenggarakan Direktorat Promkes Kemenkes RI saat jelang Hari Santri Nasional.

Penghargaan dari Kemenkes RI tersebut tak lepas dari keberanian dan kesungguhan seluruh unsur Pimpinan, guru dan santriwati Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep dalam menerapkan Protokol Kesehatan/Adaptasi Kebiasaan Baru sejak dibukanya masa pembelajaran tatap muka di sekolah, dari tanggal 9 Agustus-10 Desember 2020. Tentu setelah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Pangkep.

Sebelum menutup Tahun 2020, 29 Desember lalu, penulis menganggap ini sebagai kado akhir tahun, yaitu dengan telah diterimanya SK sebagai Pengurus YASDIC IMMIM Pangkep. Tak terduga, dan tak pernah berharap sebelumnya, karena hal ini berarti akan semakin mengikat penulis untuk lebih banyak waktu memikirkan perkembangan dan kemajuan Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

Berikut ini rincian kegiatan penulis sepanjang Tahun 2020. Untuk kegiatan mengikuti webinar sendiri sebagaimana dijelaskan di awal secara rinci dapat dilihat dari link yang disisipkan dalam kegiatan bulanan.

Bulan Januari 2020

1 Januari: Tahun Baru Masehi

3 Januari: Hari Departeman Agama

5 Januari: Santriwati masuk kembali ke Kampus Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep setelah libur semester ganjil ditambah libur awal tahun baru.

Profil Jusuf Kalla, AGH Drs Muhammad Ahmad, dan Prof Halide

Rapat Komite Sekolah, Ahad, 5 Januari 2020 setujui dua pembiayaan, salah satunya pembiayaan hotspot/pemanfaatan wifi untuk kebutuhan pembelajaran masuk dalam komponen pembayaran SPP.

10 Januari: Hari Gerakan Satu Juta Pohon (Internasional)

11 Januari: Fashion Show Seksi Kebersihan, Kegiatan OSIS/ISPM Periode 2019/2020.

Menyiapkan Takjil Buka Puasa. (foto: ist/palontaraq)
Fashion Show Seksi Kebersihan, salah kegiatan OSIS/ISPM Periode 2019/2020. (foto: ist/palontaraq)

13 Januari: Menulis Daftar Soft Skill yang Dibutuhkan Profesional/Dunia Kerja

15 Januari: Hari Dharma Samudera

21 Januari: Resmi diterima sebagai Peserta eCourses (ber-e-sertifikat Internasional) dari Taipei Medical University (TMU), Taiwan. E-courses ini merupakan proyek dari Prof. Chen, yang dibiayai oleh Ministry of Education Taiwan. Ini adalah project pertama dari College of Medicine Taipei Medical University. E-courses ini terdiri dari tiga bagian, yakni: Practice in Rehabilitation and Cardiopulmonary Exercise, Sleep and Respiratory Care, dan Pulmonary Rehabilitation.

25 Januari: Memberikan Materi dalam Pelatihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di UPT SMA Negeri 1 Pangkajene.

29 Januari: Menulis In Memoriam, 10 Tahun Berpulangnya Ir. H. Syafrudin Nur, M.Si (Bupati Pangkep 2005-2010). Semasa hidup Bupati Pangkep ini, penulis menelorkan buku, “Pikiran dan Kebijakan Ir. H. Syafrudin Nur, M.Si.

Bulan Februari 2020

1 Februari: Menulis/Menyebar-luaskan 29 Rumusan Pembaharuan Pemikiran Islam sebagai Hasil dari Konferensi Internasional Al-Azhar, 31 Januari 2020 di Kairo.

2 Februari: Meet Up dengan Ketua Harian Relawan Pendidikan Indonesia (RPI), Ahmad Ramli Rumpa, di Rumah Makan Cinkrank Pettarani.

5 Februari: Buku pertama di Tahun 2020 “Antologi Puisi-Menjawab Waktu”, sudah naik cetak dan diterbitkan oleh Guepedia.

Antologi Puisi - Menjawab Waktu. (foto: ist/palontaraq)
Antologi Puisi – Menjawab Waktu. (foto: ist/palontaraq)

8-9 Februari: Finalisasi Pemateri, berkoordinasi dengan Kadis Kominfo Pangkep, Drs Baharuddin, M.Si dan Leader Google Educator Group (GEG), Amal Hasan. Soal tempat, berkoordinasi dengan Ketua/Sekretaris YASDIC IMMIM Pangkep untuk Pemakaian Aula Besar Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep. Rapat terakhir kepanitiaan melibatkan guru/pembina dan Santriwati Pengurus OSIS, bersama dengan Direktur Eksekutif ICT Watch, Widuri. Lihat beritanya: DISINI

10 Februari: Training Of Trainer (TOT) bagi Pemateri Workshop Literasi Digital dan Privasi Online oleh ICT Watch di Aula Mini Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

11 Februari: Seminar Literasi Digital dan Privasi Online di Pangkep, bertindak sebagai Ketua Panitia Pelaksana (Panitia Lokal ICT Watch), sekaligus Moderator dalam Seminar.

Lihat Beritanya: DISINI

12 Februari: Mengikuti Seminar Literasi Digital dan Privasi Online di Barru.

Seminar Literasi Digital dan Privasi Online di Barru (12/2/2020)
Seminar Literasi Digital dan Privasi Online di Barru (12/2/2020)

13 Februari:

– Pembukaan Porseni Internal dalam Lingkungan Kampus Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

– Mengikuti Seminar Literasi Digital dan Privasi Online di Maros

14 Februari: Buku kedua di Tahun 2020, Berkebudayaan Malu – Sehimpun Catatan Budaya Bugis Makassar, sudah naik cetak dan diterbitkan oleh Guepedia.

Berkebudayaan Malu - Sehimpun Catatan Budaya Bugis Makassar. (foto: ist/palontaraq)
Berkebudayaan Malu – Sehimpun Catatan Budaya Bugis Makassar. (foto: ist/palontaraq)

23 Februari: Mengikuti Seminar Internasional Al-Qur’an yang diselenggarakan oleh Waahdah Islamiyah Makassar (WIM), Ahad (23/2/2020) di Masjid Babussalam, Kecamatan Manggala, Antang, Makassar.

– Mengenalkan Hotspot Center sebagai Ruang Berinternet secara Sehat dan Aman (Lihat: Santri Putri IMMIM berinternet sehat di PLIP/Hotspot Center)

26 Februari: Hari Jadi Pangkep yang sejatinya jatuh pada Tanggal 8 Februari, dirayakan pada Tanggal 26 Februari di Ruang Rapat Paripurna DPRD Pangkep, dihadiri Gubernur Sulsel, Prof Dr H. Nurdin Abdullah.

Lihat pula: Ketua YASDIC IMMIM hadiri Hari Jadi Pangkep

– Menerima Pemberitahuan/konfirmasi (via email) kepesertaan menghadiri International Women’s Day (IWD) 2020 di Luwu Utara pada 10-14 Maret 2020.

28 Februari: Menghadiri Peringatan Hari Jadi Pangkep ke-60 di Gedung DPRD Pangkep, sebagai Tenaga Ahli/Konsultan Pemajuan Kebudayaan Daerah Kabupaten Pangkep bersama dengan Ibrahim A. Daus dan Andi Surya Dewan (Undangan VIP B).

Bulan Maret 2020

2-3 Maret: Sebagai Pembina Palang Merah Remaja (PMR) Unit Ponpes Modern Putri IMMIM menulis materi Pertolongan Pertama untuk Tingkat Wira (Part 1Part 2)

3 Maret: Menghadiri Pelepasan Peserta Study Comparative (Stukom) Santriwati Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep, sebelumnya penulis sebagai Humas dan Penanggung Jawab TIK berkesempatan memberikan materi “Teknik Menulis Laporan Perjalanan”, disertai penugasan Membuat Laporan Perjalanan dalam bentuk video. Lihat Beritanya: DISINI

– Pada Tanggal 3 Maret 2020, Media Mainstream sudah banyak menurunkan berita tentang kebohongan rezim terkait kasus Covid-19. Kasus Corona sudah dikonfirmasi ada di Indonesia.

7 Maret: Menghadiri Launching “Limbangan Floating Market”, diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Pangkep dan Indecon, di Rest Area Wisata Limbangan Kecamatan Ma’rang, Pangkep. Lihat Beritanya: DISINI

9 Maret: Mengikuti Pertunjukan Seni Kelas XII yang menandai Hari Terakhir Angkatannya (Crowstar420) mengikuti Upacara Hari Senin.

10 Maret: Pagi Check in di Arbor Biz Hotel Makassar, Siangnya berangkat menuju Masamba, Luwu Utara.

IWD 2020 (foto: ist/palontaraq)
IWD 2020 (foto: ist/palontaraq)

11 Maret: Tengah malam sampai di Luwu Utara. Istirahat sejenak di Hotel Bukit Indah Masamba, sebelum mengikuti Festival dan Pameran Bahan Pangan Non Beras di Halaman Kantor Bupati Luwu Utara dilanjutkan dengan Seminar Nasional di Aula La Galigo. Keseluruhan kegiatan merupakan rangkaian acara Peringatan International Woman’s Day (IWD).

Foto bersama Bupati Luwu Utara, Indah Indriyani. (foto: ist/palontaraq)
Foto bersama Bupati Luwu Utara, Indah Indriyani di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara usai Seminar Nasional Ketahanan Pangan. (foto: ist/palontaraq)

Lihat: Bupati Luwu Utara: Pohon Sagu adalah Simbol Ketahanan Pangan Luwu Utara

12 Maret: Mengikuti Camping Gathering di Kampung Likudengen, Masamba, Luwu Utara.

Penulis saat "Camping Gathering" di Kampung Likudengen Desa Uraso, Luwu Utara. (foto: ist/palontaraq)
Penulis saat “Camping Gathering” di Kampung Likudengen Desa Uraso, Luwu Utara. (foto: ist/palontaraq)

Penulis berkesempatan mewawancarau Founder Rimbawan Muda Indonesia (RMI) Dr. Mia Siscawati, dan Pejuang Pangan lokal lainnya di Indonesia, yaitu Titik Kastia Pejuang Pangan dari Aceh, Dandy (Duta Muda OXFAM), Nurlina, Pejuang Pangan dari Pangkep, Gema Gita Suryana (Duta Muda OXFAM), Beatrix Rika, Pejuang Pangan dari NTT.

13 Maret: Berwisata ke Permandian Air Panas Pincara, Masamba.

15 Maret: Baznas luncurkan Panduan Masjid Tanggap Covid-19

16 Maret: Hasil rapat Pimpinan Yayasan dan Dewan Guru disepakati meliburkan/ memulangkan santriwati mulai 16 Maret 2020 sebagai dampak dari Pandemi Covid-19, dan untuk selanjutnya proses pembelajaran akan berlangsung secara daring/online dari rumah masing-masing siswi/santriwati.

– Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Rapat tanggal 16 Maret 2020, dan mengeluarkan Fatwa, dituangkan oleh Komisi Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Pandemi Covid-19.

17 Maret: Menulis/Menyebar-luaskan Fatwa MUI/Komisi Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Pandemi Covid-19. (Lihat: DISINI)

– Menulis Cara Bijak dan Efektif Menghadapi Covid-19

22 Maret: Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW (Lihat: Hikmah Isra’ Mi’raj: Rasulullah SAW Imam Para Nabi)

23 Maret: Viral Pemberitaan di Media Nasional bahwa  Ujian Nasional ditiadakan sebagai hasil hearing Kemendikbud di DPR RI. Penulis mengulas hal ini di Blog Palontaraq.id (Lihat: DISINI)

24 Maret:  Presiden Resmi Tiadakan UN 2020

27 Maret: Mengeluarkan/Mempublikasikan di Website Pesantren terkait Instruksi dan Mekanisme Pembelajaran Daring 

Menulis secara khusus  Panduan Menggunakan Zoom untuk Pembelajaran Daring

28 Maret: Tes-tes Zoom Meeting dengan Participants: Santriwati Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep

Belajar Daring via Zoom. (foto: ist/palontaraq)
Belajar Daring via Zoom. (foto: ist/palontaraq)

29-31 Maret: Ujian SKI Online dengan Menggunakan Media Blog

30 Maret: Hari Film Nasional

Hari Film Nasional. (foto: ist/kemdikbud)
Hari Film Nasional. (foto: ist/kemdikbud)

31 Maret: Ujian Kenaikan Kelas (UKK) secara daring via Media Blog.

UKK Mapel Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII

UKK Mapel Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII

Lihat pula: Webinar yang Diikuti Palontaraq dalam Bulan Maret 2020

Bulan April 2020

1 April: Update Covid-19 Per 1 April 2020: 861.113 Kasus di 203 Negara

2 April: Hari Buku Anak Sedunia

foto: ist/palontaraq
foto: ist/palontaraq

7 April: Mengajak sleuruh santriwati Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep melawan Covid-19 dengan Kampanye #StayHomeSaveLives (Lihat: Putri IMMIM melawan Covid-19)

10 April: Sesuai Anjuran/Instruksi Kemendikbud, mengajak/menulis/menyebar-luaskan informasi tentang Belajar dari Rumah via TVRI  (Lihat: DISINI)

13 April:  Sulsel Zona Merah Covid-19, sebagai Humas dan Penanggung Jawab TIK Pesantren mengajak Putri IMMIM ramaikan Tagar #StayHomeSaveLife

15 April: Meresensi Buku, Sejarah Lengkap Wahhabi. (Lihat: DISINI)

16 April: Menulis tentang Perkembangan Kasus Covid-19. Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI melaporkan bahwa sampai tanggal 16 April 2020, Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia telah mencapai 5.516 kasus.

Per 16 April 2020
Per 16 April 2020, Jumlah kasus Covid-19 5.516 di Indonesia. (foto: kemenkesRI)

– Menyemangati Teman-teman penulis agar Tetap Fokus Menulis selama Masa Pandemi Covid-19

– 17 April: Menulis, Work from Home ala Etta Adil 

– Mengajak Para Pelajar/Santri, khususnya Santriwati Ponpes Modern Putri IMMIM untuk Kampanye Stay at Home Save Lives di Akun Media Sosialnya.

Penulis mengajak Kampanye Stay at Home. (foto: ist/palontaraq)
Penulis mengajak Kampanye Stay at Home. (foto: ist/palontaraq)

Penulis mengajak Kampanye Stay at Home. (foto: ist/palontaraq)
Penulis mengajak Kampanye Stay at Home. (foto: ist/palontaraq)

22 April: Menulis Persiapan Memasuki Bulan Ramadan dan Tips 24 Jam Ramadan Produktif

23 April: Sebagai Relawan TIK, turut menyosialisasikan Program Belajar dari Rumah (BDR). Ketika itu, sulit membayangkan tingkat stress tinggi yang bakal dihadapi siswa/pelajar, orangtua, dan guru jika BDR ini berlanjut sampai satu tahun. Saya menulis tentang hal ini di Blog Palontaraq.id

Jadwal BDR. (foto: rtik/ist)
Jadwal BDR. (foto: rtik/ist)

24 April: Hari Pertama Puasa Ramadhan 1441 H

– Mulai melakukan kajian dan penelusuran pandangan Islam terhadap Wabah/Pandemi, memperhatikan pendapat para ilmuwan dan cendekiawan muslim. Apakah Pandemi Covid-19 ini dapat disamakan dengan Tha’aun di masa khulafaur rasyidin/para sahabat Nabi SAW?

Anjuran Stay at Home dengan memakai Dalil Agama. (foto: ist/palontaraq)
Anjuran Stay at Home dengan memakai Dalil Agama/Hadits Nabi. (foto: ist/palontaraq)

25 April: Mengeluarkan Panduan, Motivasi dan Tugas Amaliah Ramadhan 1441 H, karena masa pandemi Covid-19, seluruh santriwati dipulangkan untuk Belajar Daring dari Rumah (BDR) sementara waktu itu belum sempat dibagikan Buku Amaliah Ramadan, dan belum diketahui sampai kapan masa BDR akan berakhir.

26 April: Memberikan Materi Mengenal PUEBI sebagai Pondasi Tulisan yang diselenggarakan oleh Komunitas Kompasianer Makassar.

Mengenal PUEBI sebagai Pondasi Tulisan
Mengenal PUEBI sebagai Pondasi Tulisan

27 April: Kampanye Stay at Home, jika harus keluar rumah harus memakai masker. Sebelum ramai kampanye 3 M, Alhamdulillah penulis sudah melakukannya.

Kampanye Memakai Masker dan Stay at Home. (foto: ist/palontaraq)
Kampanye Memakai Masker dan Stay at Home. (foto: ist/palontaraq)

28 April: Hari Puisi Nasional

Antologi Puisi karya Penulis. (foto: ist/palontaraq)
Antologi Puisi karya Penulis. (foto: ist/palontaraq)

29 April: Hari Tari se-Dunia, menulis Mengakrabi Seni Tradisional

Lihat pula: Webinar yang Diikuti Palontaraq dalam Bulan April 2020

Bulan Mei 2020

1 Mei: May Day/Hari Buruh

2 Mei: Hari Pendidikan Nasional

3 Mei: Tuntutan Mengajar dan Kebutuhan Belajar/Mengikuti Webinar dari Rumah membuat penulis menata ulang ruang kerja/kamar belajar di rumah.

Mengikuti Webinar dari Rumah. (foto: ist/palontaraq)
Mengikuti Webinar dari Rumah. (foto: ist/palontaraq)

4 Mei: Mendaftar The Open WHO online course, COVID-19: How to put on and remove personal protective equipment (PPE).

11 Mei: bertepatan dengan 18 Ramadhan 1441 H, menyelesaikan Kursus “Sekolah Baca Kitab” (SBK) Gelombang 7 yang diikuti selama 5 bulan (9 Desember 2019-2 Mei 2020). Bahan SBK, berupa “Panduan Praktis Membaca dan Menerjemah Kitab Arab” karya Muhammad Abdul Fattah, Kitab “Arkaanul Islam” karya Syaikh Abdullah bin Abdul Hamid al-Atsari, Kitab “Mukhkholashu Kitabil Thoharati” karya Syaikh Abdullah bin Humaid al-Falasi.

15 Mei: Mendampingi Santriwati Kelas IX Angkatan Al-Maqazah623 menyiapkan Takjil Buka Puasa di depan Pintu Gerbang Masuk Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

Menyiapkan Takjil Buka Puasa. (foto: ist/palontaraq)
Menyiapkan Takjil Buka Puasa. (foto: ist/palontaraq)

18 Mei: Terdaftar sebagai Peserta Kegiatan #TanyaMuseum Sesi Tanya Educator dalam Webinar Peringatan Hari Museum Internasional yang diselenggarakan oleh Bidang Kemitraan dan Promosi Museum Nasional Indonesia.

23 Mei: Menulis/Publikasi Fatwa MUI tentang Panduan Kaifiat Shalat Idul Fitri saat Pandemi Covid-19

24-25 Mei: Hari Raya Idul Fitri 1441 H

– Khutbah Idul Fitri 1441 H: Pemimpin yang Menyengsarakan Rakyat

– Silaturrahim Lebaran ke Rumah Sanak Saudara dan Keluarga Besar.

Usai lebaran (24/5/2020)
Usai lebaran (24/5/2020)

22, 26, 27 Mei: Cuti Bersama untuk Hari Raya Idul Fitri 1441 H

28 Mei: Mempelajari/Mengkaji Kebijakan Menteri Agama RI (dikeluarkan 27 Mei 2020), terkait Kebijakan Kegiatan Pesantren dan Revitalisasi Rumah Ibadah dalam menghadapi New Normal. (Lihat Tulisannya: DISINI)

30 Mei: Menulis Ponpes Modern Putri IMMIM Siap Terapkan ‘New Normal’

29 Mei: Mengumumkan Pembelajaran/Ujian Daring, Panggilan Masuk Kampus dan Penyesuaian ‘New Normal’ via Website Pesantren (Lihat: DISINI).

– Menyikapi dikeluarkannya Surat Edaran Menteri Agama (SE Menag) Nomor 15 Tahun 2020 tertanggal 29 Mei 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di Masa Pandemi.

– Menyikapi dikeluarkannya Surat Edaran Gubernur Sulsel Nomor 443.2/3373/Disdik tentang Perpanjangan Masa Belajar Daring dari Rumah untuk Siswa/Mahasiswa dari Tanggal 29 Mei 2020 sampai 4 Juni 2020.

31 Mei: Donor Darah di Bank Darah RSUD Pangkep

Donor Darah (31/5/2020)
Donor Darah di Bank Darah RSUD Pangkep (31/5/2020)

Lihat pula: Webinar yang Diikuti Palontaraq dalam Bulan Mei 2020

Bulan Juni 2020

1 Juni: Hari Lahir Pancasila dan Hari Anak-anak Sedunia

– Menyebarluaskan Panduan Belajar dari Rumah (BDR) via TVRI, untuk Pembelajaran dari Tanggal 1-7 Juni 2020. (Selengkapnya dapat dilihat: DISINI)

3 Juni: Hari Pasar Modal Indonesia

4 Juni: Menyikapi SE Gubernur Sulsel Nomor 443.2/3450/Disdik tertanggal 4 Juni 2020 yang memperpanjang masa belajar dari rumah (BDR)/belajar daring bagi siswa/ mahasiswa, termasuk lembaga pendidikan berasrama (boarding schools) dari tanggal 5-19 Juni 2020.

5 Juni: Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

6 Juni: Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Mapel Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X

7 Juni: Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Mapel Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI

8 Juni: Hari Laut Sedunia

14 Juni: Hari Purbakala

Hari Purbakala
Hari Purbakala

– Mengikuti Pertemuan 1 Daurah Musnadah Syarah Ringkas Kitab Al-Tibyan karya Imam al-Nawawi (bersanad) via Zoom Meeting/Online bersama Syaikh Dr. Mahmud al-Syubki al-Syafi’i hafidzahullah, Penerjemah: Ustadz Takbir, S.Th.I, M.Th.I, M.Pd.I hafidzahullah, diselenggarakan oleh Ma’had Imam al-Bukhari Wahdah Islamiyah Makassar (MIB WIM).

21 Juni: Hari Krida Pertanian

– Mengikuti Pertemuan 2 Daurah Musnadah Syarah Ringkas Kitab Al-Tibyan karya Imam al-Nawawi (bersanad) via Zoom Meeting/Online bersama Syaikh Dr. Mahmud al-Syubki al-Syafi’i hafidzahullah, Penerjemah: Ustadz Takbir, S.Th.I, M.Th.I, M.Pd.I hafidzahullah, diselenggarakan oleh Ma’had Imam al-Bukhari Wahdah Islamiyah Makassar (MIB WIM).

24 Juni: Hari Bidan Nasional

26 Juni: Hari Anti Narkoba Internasional

28 Juni: Mengikuti Pertemuan 3 (Terakhir) Daurah Musnadah Syarah Ringkas Kitab Al-Tibyan karya Imam al-Nawawi (bersanad) via Zoom Meeting/Online bersama Syaikh Dr. Mahmud al-Syubki al-Syafi’i hafidzahullah, Penerjemah: Ustadz Takbir, S.Th.I, M.Th.I, M.Pd.I hafidzahullah, diselenggarakan oleh Ma’had Imam al-Bukhari Wahdah Islamiyah Makassar (MIB WIM).

29 Juni: Hari Keluarga Berencana

30 Juni: Ke Kampus UPA

Lihat pula: Webinar yang Diikuti Palontaraq dalam Bulan Juni 2020

Bulan Juli 2020

1 Juli: Hari Bhayangkara

– Mengumumkan Pemberitahuan Penerimaan Santriwati Baru TP. 2020/2021

via Website Pesantren.

5 Juli: Hari Bank Indonesia

7 Juli: Hari Pustakawan Indonesia

8 Juli: Mengumumkan Daftar Nama-nama Santriwati Baru dan Lanjut via Website Pesantren, sekaligus Informasi Jadwal Masuk Pesantren. (Lihat: DISINI dan DISINI)

9 Juli: Hari Satelit Palapa

– Bersama dengan Ketua YASDIC IMMIM Pangkep, Dra Hj Sri Hajati Fachrul Islam, koordinasi/konsultasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pangkep terkait rencana membuka sekolah/pesantren untuk pembelajaran tatap muka di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pangkep.

Penulis bersama Ketua YASDIC IMMIM Pangkep koordinasi dengan Tim Satgas Covid-19 Kab.Pangkep di Halaman Kantor BPBD Pangkep. (foto: ist/palontaraq)
Penulis bersama Ketua YASDIC IMMIM Pangkep koordinasi dengan Tim Satgas Covid-19 Kab.Pangkep di Halaman Kantor BPBD Pangkep. (foto: ist/palontaraq)

12 Juli: Hari Koperasi Indonesia

17 Juli: Hari Keadilan Internasional

20 Juli: Mengumumkan Donasi Qurban, bagi masyarakat, orangtua santri dan warga pesantren yang berqurban di Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep sekaligus mengadakan Lomba bagi Santriwati “Quiz for Santri” (secara online) – Tanya Jawab Seputar Qurban dan Haji selama 10 Hari berturut-turut, mulai 20 Juli via Instagram @immim_pangkep.

22 Juli: Hari Kejaksaan

23 Juli: Hari Anak Nasional, menulis tentang hal ini di Palontaraq.id

24 Juli: Mengumumkan Daftar Nama-nama Santriwati Baru Kelas X (Kelas 1 SMA) yang telah menyelesaikan Ujian Psikotest, yang telah diselenggarakan oleh Sekolah (SMAS Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep, dibawah kerjasama Lembaga Psikologi Educare/Diknas Kabupaten Pangkep.

26 Juli: Mengumumkan di Medsos Pesantren, terkait Hal-hal apa saja yang mesti dibawa Santriwati (Isi Tas) pada saat kembali ke Kampus serta Persiapan Tes Kesehatan lainnya yang harus dipenuhi.

29 Juli: Hari Bakti TNI Angkatan Udara

– Mengumumkan Info Masuk Pesantren, Santriwati lama: 9 Agustus 2020, Santriwati Baru: 11 Agustus 2020, serta Informasi lainnya yang terkait

31 Juli: Hari Raya Idul Adha 1441 H

Lihat pula: Webinar yang Diikuti Palontaraq dalam Bulan Juli 2020

Bulan Agustus 2020

1 Agustus: Silaturrahim ke Rumah Ketua Yayasan (YASDIC IMMIM Pangkep) Dra Hj Sri Hajati Fachrul Islam bersama dengan Ustadz Najamuddin Beta, Lc.

3 Agustus: Mempublikasikan di Website Pesantren tentang – Panggilan Masuk Pesantren dan Hal-hal Terkait

5 Agustus: Menyusun Konsep Adaptasi Kebiasaan Baru dan Protokol Kesehatan di Pesantren, kemudian mencetaknya dalam bentuk Spanduk dan Banner.

6 Agustus: Kunjungan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pangkep ke Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep, sekaligus Sterilisasi Tempat/Penyemprotan Desinfektan di area kampus.

7 Agustus: Dengan dibantu dari BPBD Pangkep, melanjutkan Sterilisasi Tempat/Penyemprotan Desinfektan di seluruh area Kampus Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

9 Agustus: Memasukkan kembali/menyambut kembali kedatangan santriwati lama ke kampus, pada siang harinya mendampingi kunjungan Pembina/Pengasuh Ponpes Modern Putra IMMIM Makassar ke Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep

Kunjungan Pembina Ponpes Modern Putra IMMIM ke Ponpes Modern Putri IMMIM. (foto: ist/palontaraq)
Kunjungan Pembina Ponpes Modern Putra IMMIM ke Ponpes Modern Putri IMMIM, melihat kondisi asrama dan sarana kesehatan. (9/8/2020).(foto: ist/palontaraq)

11 Agustus 2020 – Menyambut kedatangan santriwati baru, dilanjutkan dengan Pertemuan Orangtua Santriwati Baru di Aula Besar Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

Pertemuan dengan Orangtua Santriwati Baru (11/8/2020)
Pertemuan dengan Orangtua Santriwati Baru (11/8/2020)

14 Agustus: Merampungkan Video Dokumentasi dan Mempublikasikannya, terkait Proses Penerimaan Santriwati Baru dengan Protokol Kesehatan di Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep. (Videonya bisa dilihat: DISINI)

15 Agustus: Kegiatan Orientasi untuk Santriwati Baru, Kelas VII dan Kelas X, yaitu Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) TP. 2020/2021.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep (15/8/2020). (foto: ist/palontaraq)
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep (15/8/2020). (foto: ist/palontaraq)

– Menulis Adaptasi Kebiasaan Baru di Ponpes Modern Putri IMMIM

17 Agustus: HUT Kemerdekaan RI

19 Agustus: Menulis Fadhilah Bulan Muharram dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1442 H

20 Agustus: Tahun Baru Baru Hijriyah 1442 H, dirayakan dengan Lomba Khaligrafi di Mesjid diikuti oleh seluruh santriwati.

21 Agustus: Menerima tamu dari PD Pontren Kemenag Sulsel

22 Agustus: Memfasilitasi santriwati nonton bareng (nobar) Film “Taare Zameen Par” di Aula Besar, diikuti oleh seluruh santriwati dari Kelas VII sampai Kelas XII, sekaligus penyerahan hadiah “Quiz for Santri” sekaitan Tanya Jawab Qurban dan Haji yang selenggarakan 20-30 Juli 2020.

24 Agustus: Diskusi dengan AGH Amri Razak dan Ustadz Drs Mustamin di Masjid Pesantren usai Shalat Ashar dan mendaulatnya untuk memulai Pengajian. Inilah pengajian pertama yang digelar setelah 14 hari sejak pembelajaran tatap muka dimulai.

26 Agustus: Berkoordinasi dan Konsultasi ke Satgas Covid-19

31 Agustus: Memulai Rehabilitasi Ringan Ruangan Hotspot Center, dalam bentuk kegiatan pembobolan/dibuatkan dua pintu sebagai akses penyatuan dengan Perpustakaan Fatimah Azzahra.

Lihat pula: Webinar yang Diikuti Palontaraq dalam Bulan Agustus 2020

Bulan September 2020

1 September: Rapat Sekolah di Aula Mini, dipimpin Ketua Yayasan (YASDIC) IMMIM PANGKEP.

5 September: Selesai Pemasangan Pintu Hotspot menghubungkan ruang ke Loker di Perpustakaan Sekolah.

12 September: Seminar Proposal Penelitian

Presentasi Proposal Penelitian secara online via Zoom. (foto: ist/palontaraq)
Presentasi Proposal Penelitian secara online via Zoom. (foto: ist/palontaraq)

13 September: Meninjau Lokasi Pemasangan Internet/Mengecek Kekuatan Jaringan di Sekretariat Mitra Oxfam, Asosiasi Desa Sejahtera (ADS) di depan Terminal Bungoro, Pangkep.

16 September: Fokus menulis bahan ajar

–  Pembelajaran SKI K-13 Untuk MTs Kelas IX Semester Ganjil

Pembelajaran SKI KMA 2019 Untuk MTs Kelas VII Semester Ganjil

– Pembelajaran SKI K-13 Untuk MTs Kelas VIII Semester Ganjil

19 September: Update Covid-19 Sabtu 19 September 2020 di Sulsel Capai 14.193

20 September: Memfasilitasi Sosialisasi 3M/Protokol Kesehatan untuk Pencegahan Covid-19 dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pangkep, dipimpin oleh Wakil Ketua PMI Pangkep, Syafei Yasin, ST.

22 September: Mempublikasikan Materi Pembelajaran SKI untuk Semester Ganjil MTs/Kepesantrenan di Web Blog Palontaraq.

24 September: Rapat Sekolah di Aula Mini

25 September: Usai Shalat Jumat Ke Kantor Polsek Ma’rang, memediasi seorang Relawan RPI (Relawan Pendidikan Indonesia) yang bermasalah tabrakan ringan dengan pengendara mobil dalam perjalanan menuju Lokasi Bencana di Mamuju.

Foto bersama Relawan RPI usai mediasi di Halaman Kantor Polsek Ma'rang. (foto: ist/palontaraq)
Foto bersama Relawan RPI usai mediasi di Halaman Kantor Polsek Ma’rang. (foto: ist/palontaraq)

26 September: Memfasilitasi Sosialisasi 3 M/Protokol Kesehatan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pangkep, dilanjutkan dengan Pembagian Masker dan Sabun Cuci Tangan.

27 September: Menginisiasi Santriwati Latihan Senam Tangkal Covid-29 di sela-sela Proses Pembelajarannya dalam Rangka memeriahkan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2020, dan sebagai Pembina PMR, mendorong Pengurus OSIS/ISPM Latihan Senam Tangkal Covid-19 Versi China sebagai Senam Persembahan untuk mendapatkan Penghargaan khusus dari PMI Pangkep.

30 September: Memenuhi Undangan Makan-makan Ikan di Empang Ustadz Amri Razak

Lihat pula: Webinar yang Diikuti Palontaraq dalam Bulan September 2020

Bulan Oktober 2020

1 Oktober: Hari Kesaktian Pancasila

– Evaluasi Materi SKI MTs Kelas VIII: Dinasti Abbasiyah

4 Oktober: Belanja Kebutuhan Pembelajaran Daring dan Blended Learning ke Makassar

Belanja Kebutuhan Daring dan Blended Learning. (foto: ist/palontaraq)
Belanja Kebutuhan Daring dan Blended Learning. (foto: ist/palontaraq)

5 Oktober: Bersama dengan Unsur Pimpinan YASDIC dan para guru Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep, menerima Kunjungan Tim PD Pontren Kemenag Sulsel dan PD Pontren Kemenag Pangkep di Hotspot Center

12 Oktober: Hari Museum Nasional. Momentum ini penulis manfaatkan untuk sharing pemikiran tentang bagaimana seharusnya museum dimanfaatkan, dalam dimensi masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang.

Hari Museum Nasional
Hari Museum Nasional. (foto: ist/palontaraq)

14 Oktober: Perjumpaan tak Direncanakan dengan Eka (Kahar) atau dikenal dengan sebutan Bissu Eka, dulu sempat dijuluki “The Last Bissu” oleh Media Barat. Bissu Eka inilah yang menjadi Cover depan “Manusia Bissu”, buku karya penulis dalam Tahun 2008. Kami bertemu dalam suatu acara Pesta Pernikahan, dan akhirnya berbincang-bincang tentang banyak hal, termasuk Nasib Bissu di Kekinian.

Bersama Kahar (Bissu Eka)
Bersama Kahar (Bissu Eka). (foto: ist/palontaraq)

15 Oktober: Mengikuti Pemaparan Visi Misi Santriwati Calon Ketua OSIS/ISPM Periode 2020-2021 dan Mengurus Kelengkapan Berkas Pembangunan Workshop Balai Latihan Kerja (BLK) dari Kementerian Tenaga Kerja untuk Pesantren.

Menerima Tamu/Mendampingi Tim Survey Lokasi Cipta Karya Kementerian PU Sulsel untuk Pembangunan MCK dalam Kompleks Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep, Kamis (15/10/2020)

17 Oktober – Menghadiri Undangan Pernikahan Anaknya Taufik Fachruddin (Cucu dari Ketua YASDIC IMMIM Pangkep), Mengikuti/Menjadi Juri dalam Lomba-lomba dalam Rangka Hari Santri, sekaligus memfasilitasi santriwati mengikuti Lomba Santri Milenials Competitions (Lomba Video Inovasi Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Pesantren Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel.

18 Oktober: Meninjau/Survey Lokasi Pembangunan Sarana MCK bersama Staf Cipta Karya Kementerian PU Provinsi Sulsel.

19-21 Oktober: Mengikuti Webinar 3 Hari Kampanye 3M di Pondok Pesantren, diselenggarakan oleh Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, sekaligus Penilaian Pondok Pesantren dalam Penerapan Protokol Kesehatan dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 (Lihat Beritanya: DISINI)

20 Oktober: Mengikuti Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) di Aula Besar Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep

21 Oktober: Ke Kantor BPBD Pangkep bersama dengan Ketua YASDIC IMMIM Pangkep, Koordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Pangkep

22 Oktober: Upacara Hari Santri Nasional di Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep, dilanjutkan dengan Persembahan Senam Tangkal Covid-19 (Versi China), Persembahan 100 Santriwati SMP/MTs Menghafal Asmaul Husna dengan Gerakan Tangan, dan Lomba Senam Tangkal Covid-19 per Angkatan.

Lihat Beritanya: DISINI Lihat Videonya: DISINI

26 Oktober: Menjawab keraguan sebagian kalangan terhadap Ketaatan Protokol Kesehatan yang diterapkan di Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep dengan mempublikasikan Video Penerimaan Santriwati Baru di Masa Pandemi Covid-19. (Lihat Videonya: DISINI)

29 Oktober: Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H

Lihat pula: Webinar yang Diikuti Palontaraq dalam Bulan Oktober 2020

Bulan November 2020

1 November:

3 November: Mengikuti Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pengurus OSIS/ISPM Periode 2019-2020 di Aula Mini Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

6 November: Menjadi Pemateri “Falsafah Kedaerahan” dalam Orientasi IPPM Pangkep Koordinator Universitas Muslim Maros (UMMA) di Kampung Tanarajae Labakkang.

7 November: Pelantikan Pengurus OSIS/ISPM Periode 2020-2021dirangkaikan dengan Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Aula Besar Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep. Pembawa Hikmah Maulid: Direktur Pendidikan, Dr. Hj Amrah Kasim, MA.

9 November: Menjadi Wali/Saksi Nikah Pernikahan Baso dengan Husniati, salah seorang Guru di Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep di Kantor KUA Minasatene.

10 November: Hari Pahlawan

12 November: Menghadiri Undangan Rapat Kerja (Raker) Program OSIS/ISPM Periode 2020/2021 di Aula Mini Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep Periode 2020/2021

16 November: Mengikuti Rapat dan Presentasi Kunjungan Kepala Bidang PD Pontren Kemenag Sulsel di Ruang Kerja Ketua Yayasan dan Aula Mini Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

17-18 November: Mengikuti Webinar BRI,

18 November: Menyambut Rombongan Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Ny Hj Lies F Nurdin yang berkunjung ke Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep. Sebagai Humas, menyiapkan segala perangkat pemberitaan dan video dokumentasi.

Lihat Videonya: DISINI

19 November: Menghadiri Undangan Balitbangda Pangkep, sebagai salah seorang Penggagas/Inisiator “Pangkep Boledong” dalam Rapat Membahas Rancangan “Batik Boledong” dan “Senam Boledong” di Ruang Rapat Balitbangda Kantor Bupati Pangkep.

Foto bersama usai Rapat di Balitbangda. (foto: ist/palontaraq)
Foto bersama usai Rapat di Balitbangda. (foto: ist/palontaraq)

Lihat pula: Sekilas tentang “Pangkep Boledong”

21 November: Menjadi Pemateri “Falsafah Kedaerahan” dalam Orientasi IPPM Pangkep Koordinator Universitas Negeri Makassar (UNM) di Kawasan Wisata Prasejarah Sumpangbita, Balocci.

Foto bersama usai membawakan materi Orientasi IPPM Pangkep (foto: ist/palontaraq)
Foto bersama usai membawakan materi Orientasi IPPM Pangkep (foto: ist/palontaraq)

– Rekreasi ke Kawasan Hutan Batu Karst, Balocci.

– 21 November, malam: Menyaksikan Pagelaran Fashion Show Seksi Kebersihan, TIK, Olahraga

23 November: Kunjungan Tim Penilai Kantin Sehat dari Dinkes Provinsi dan Kabupaten

27 November: Memenuhi Undangan sebagai Pemateri (Pembina RPI) dalam kegiatan “Volunteer Camp RPI” di A Four Cafe Makassar.

Volunteer Camp RPI. (foto: ist/palontaraq)
Volunteer Camp RPI. (foto: ist/palontaraq)

28 November: Menerima kiriman Piagam/Plakat penghargaan dari Kemenkes RI Jakarta, feedback dari Webinar 3 Hari yang dilaksanakan Direktorat Promkes Kemenkes RI/Memfasilitasi Santriwati Kelas VII (Kelas 1 SMP/MTs) bersama dengan Wali Asrama mengikuti Webinar Cahaya Guru.  Pada malam hari, menjemput Mas Aam di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin

29 November: Silaturrahim ke Rumah AGH Muhammad Ahmad, bersama Ketua Yayasan Dra Hj Sri Hajati Fachrul Islam, Direktur Dr. Hj Amrah Kasim, MA, Sekretaris Yayasan Drs HA Rasyid Usman, dan Aam Masroni, seorang Penulis Buku dari Jakarta.

– Ujian SKI Kelas 1 SMP: Ujian Semester Ganjil Mapel SKI SMP/MTs Kelas VII

– Ujian SKI Kelas 2 SMP: Ujian Semester 3 Mapel SKI Kelas VIII

30 November: Hari Pertama Ujian Semester Ganjil untuk Mapel Umum di Ponpes Modern Putri IMMIM.

– Ujian SKI Kelas 2 SMA: Ujian Semester Ganjil Mapel SKI Kelas XI

– Ujian SKI Kelas 3 SMA: Ujian Semester Ganjil Mapel SKI Kelas XII

Lihat pula: Webinar yang Diikuti Palontaraq dalam Bulan November 2020

Bulan Desember 2020

1 Desember: Ujian Semester Ganjil Mapel SKI

3 Desember: Kunjungan Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar.

4 Desember: Temu Wicara dengan Kadis Kesehatan Pangkep, Frans Demmanaba sekaligus penyerahan ulang Penghargaan kepada Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep atas partisipasinya dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Lingkungan Pendidikan berbasis Madrasah/Pesantren dari Kemenkes RI.

– Mengikuti Seminar Nasional Hasil Penelitian tentang Pulau Salemo sebagai Pusat Penyebaran Islam, di Ruang Pola Kantor Bupati Pangkep.

6 Desember: Menulis Patuhi Prokes, Putri IMMIM raih Penghargaan dari Menkes RI

9 Desember: Pilkada

10 Desember:  Pemulangan Santriwati untuk Libur Semester Ganjil. Sebelumnya dikumpulkan di Aula Besar Ponpes untuk mengikuti launching Majalah Santri online blogsantri.com

11 Desember: Menerima Al-Qur’an untuk Imam Shalat (order via Online) untuk Kebutuhan Imam Masjid Ashabul Kahfi

– Belajar dari Pengalaman Membuka/Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka, dari 9 Agustus – 10 Desember 2020, akhirnya bisa menulis Best Practice Pesantren dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 

16 Desember: Menerima kiriman Buku-buku Kependidikan atas Apresiasi Mengikuti Webinar yang diselenggarakan oleh Yayasan Cahaya Guru.

17 Desember: Ke Kampus Universitas Patria Artha (UPA) menyetorkan Tesis/Konsultasi ke Ka Prodi Pascasarjana UPA sebelum ke TB. Thoha Putra untuk Memesan Buku Kepesantrenan.

20 Desember: Jalan-jalan ke Museum Balla Lompoa Sungguminasa usai menghadiri Acara Aqiqahan anak sahabat di Gowa.

23 DesemberProtokol Kesehatan Area Institusi Pendidikan untuk Pencegahan Covid-19

24 Desember: Pemasangan CCTV Pesantren, Kontrol di Ruang Hotspot Center.

28 Desember: Kopdar dengan sahabat, M. Aspar terkait penyelesaian Naskah Buku Otobiografi ayahnya, “Cinta dan Pengabdian Sepanjang Jalan-Memoar Hidup H. Pabitjara Daeng Naba” di Warkop Rakyat, Edit Naskah Buku di Upnormal Coffee Tamalanrea Makassar, dan lanjut kopdar di Maros, dengan sahabat M. Aspar, dkk serta dengan Eyank Vhasolle, leader GEG Sulsel di Comoro Coffee.

Lihat pula: Webinar yang Diikuti Palontaraq dalam Bulan Desember 2020

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT