BerandaDigitalKegiatanku dalam Tiga Bulan Pertama Tahun 2020

Kegiatanku dalam Tiga Bulan Pertama Tahun 2020

Oleh: Muhammad Farid Wajdi *)

PALONTARAQ.ID – Berikut ini rincian kegiatan penulis selama tiga bulan pertama Tahun 2020. Mengapa tulisan ini penting dan harus mereview ulang segala kegiatan yang telah dilakukan selama tiga bulan pertama Tahun 2020?

Bagi penulis sendiri, salah satu alasan perlunya tulisan ini dimaksudkan untuk melihat rekam jejak kegiatan sebelum pemerintah secara resmi mengumumkan Pandemi Covid-19. Apakah selama tiga bulan pertama Tahun 2020 ini sudah ada bayangan tentang Covid-19 atau mungkin antisipasi dalam skala lingkungan terhadap kemungkinan bahaya penyebaran virus Covid-19?

Berikut ini kegiatan penulis selama tiga bulan pertama Tahun 2020

Bulan Januari 2020

1 Januari: Tahun Baru Masehi

3 Januari: Hari Departeman Agama

5 Januari: Santriwati masuk kembali ke Kampus Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep setelah libur semester ganjil ditambah libur awal tahun baru.

Menulis Profil Jusuf Kalla, AGH Drs Muhammad Ahmad, dan Prof Halide di website IMMIM Pangkep

Rapat Komite Sekolah, Ahad, 5 Januari 2020 setujui dua pembiayaan, salah satunya pembiayaan hotspot/pemanfaatan wifi untuk kebutuhan pembelajaran masuk dalam komponen pembayaran SPP.

10 Januari: Hari Gerakan Satu Juta Pohon (Internasional)

11 Januari: Menyaksikan Fashion Show Seksi Kebersihan, Kegiatan OSIS/ISPM Periode 2019/2020.

Menyiapkan Takjil Buka Puasa. (foto: ist/palontaraq)
Fashion Show Seksi Kebersihan, salah kegiatan OSIS/ISPM Periode 2019/2020. (foto: ist/palontaraq)

13 Januari: Menulis Daftar Soft Skill yang Dibutuhkan Profesional/Dunia Kerja

15 Januari: Hari Dharma Samudera

21 Januari: Resmi diterima sebagai Peserta eCourses (ber-e-sertifikat Internasional) dari Taipei Medical University (TMU), Taiwan. E-courses ini merupakan proyek dari Prof. Chen, yang dibiayai oleh Ministry of Education Taiwan. Ini adalah project pertama dari College of Medicine Taipei Medical University. E-courses ini terdiri dari tiga bagian, yakni: Practice in Rehabilitation and Cardiopulmonary Exercise, Sleep and Respiratory Care, dan Pulmonary Rehabilitation.

25 Januari: Memberikan Materi dalam Pelatihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di UPT SMA Negeri 1 Pangkajene.

29 Januari: Menulis In Memoriam, 10 Tahun Berpulangnya Ir. H. Syafrudin Nur, M.Si (Bupati Pangkep 2005-2010). Semasa hidup Bupati Pangkep ini, penulis menelorkan buku, “Pikiran dan Kebijakan Ir. H. Syafrudin Nur, M.Si.

Bulan Februari 2020

1 Februari: Menulis/Menyebar-luaskan 29 Rumusan Pembaharuan Pemikiran Islam sebagai Hasil dari Konferensi Internasional Al-Azhar, 31 Januari 2020 di Kairo.

2 Februari: Meet Up dengan Ketua Harian Relawan Pendidikan Indonesia (RPI), Ahmad Ramli Rumpa, di Rumah Makan Cinkrank Pettarani.

5 Februari: Webinar “Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan”, Narasumber: Ricky W. Putra, Time: Pukul 13.30-15.30 WIB, diselenggarakan oleh: Penerbit Andi dan Andi Academy, Yogyakarta. (No. Sertifikat: 517/BD-AA/2.XXI).

– Buku pertama di Tahun 2020 “Antologi Puisi-Menjawab Waktu”, sudah naik cetak dan diterbitkan oleh Guepedia.

Antologi Puisi - Menjawab Waktu. (foto: ist/palontaraq)
Antologi Puisi – Menjawab Waktu. (foto: ist/palontaraq)

8-9 Februari: Finalisasi Pemateri, berkoordinasi dengan Kadis Kominfo Pangkep, Drs Baharuddin, M.Si dan Leader Google Educator Group (GEG), Amal Hasan. Soal tempat, berkoordinasi dengan Ketua/Sekretaris YASDIC IMMIM Pangkep untuk Pemakaian Aula Besar Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep. Rapat terakhir kepanitiaan melibatkan guru/pembina dan Santriwati Pengurus OSIS, bersama dengan Direktur Eksekutif ICT Watch, Widuri. Lihat beritanya: DISINI

10 Februari: Training Of Trainer (TOT) bagi Pemateri Workshop Literasi Digital dan Privasi Online oleh ICT Watch di Aula Mini Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

11 FebruariSeminar Literasi Digital dan Privasi Online di Pangkep, bertindak sebagai Ketua Panitia Pelaksana (Panitia Lokal ICT Watch), sekaligus Moderator dalam Seminar.

Lihat Beritanya: DISINI

12 Februari: Mengikuti Seminar Literasi Digital dan Privasi Online di Barru.

Seminar Literasi Digital dan Privasi Online di Barru (12/2/2020)
Seminar Literasi Digital dan Privasi Online di Barru (12/2/2020)

13 Februari:

– Pembukaan Porseni Internal dalam Lingkungan Kampus Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

– Mengikuti Seminar Literasi Digital dan Privasi Online di Maros

14 Februari: Buku kedua di Tahun 2020, Berkebudayaan Malu – Sehimpun Catatan Budaya Bugis Makassar, sudah naik cetak dan diterbitkan oleh Guepedia.

Berkebudayaan Malu - Sehimpun Catatan Budaya Bugis Makassar. (foto: ist/palontaraq)
Berkebudayaan Malu – Sehimpun Catatan Budaya Bugis Makassar. (foto: ist/palontaraq)

23 Februari: Mengikuti Seminar Internasional Al-Qur’an yang diselenggarakan oleh Waahdah Islamiyah Makassar (WIM), Ahad (23/2/2020) di Masjid Babussalam, Kecamatan Manggala, Antang, Makassar.

– Mengenalkan Hotspot Center sebagai Ruang Berinternet secara Sehat dan Aman (Lihat: Santri Putri IMMIM berinternet sehat di PLIP/Hotspot Center)

26 Februari: Hari Jadi Pangkep yang sejatinya jatuh pada Tanggal 8 Februari, dirayakan pada Tanggal 26 Februari di Ruang Rapat Paripurna DPRD Pangkep, dihadiri Gubernur Sulsel, Prof Dr H. Nurdin Abdullah.

Lihat pula: Ketua YASDIC IMMIM hadiri Hari Jadi Pangkep

– Menerima Pemberitahuan/konfirmasi (via email) kepesertaan menghadiri International Women’s Day (IWD) 2020 di Luwu Utara pada 10-14 Maret 2020.

28 Februari: Menghadiri Peringatan Hari Jadi Pangkep ke-60 di Gedung DPRD Pangkep, sebagai Tenaga Ahli/Konsultan Pemajuan Kebudayaan Daerah Kabupaten Pangkep bersama dengan Ibrahim A. Daus dan Andi Surya Dewan (Undangan VIP B).

Bulan Maret 2020

2-3 Maret: Sebagai Pembina Palang Merah Remaja (PMR) Unit Ponpes Modern Putri IMMIM menulis materi Pertolongan Pertama untuk Tingkat Wira (Part 1 – Part 2)

3 Maret: Menghadiri Pelepasan Peserta Study Comparative (Stukom) Santriwati Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep, sebelumnya penulis sebagai Humas dan Penanggung Jawab TIK berkesempatan memberikan materi “Teknik Menulis Laporan Perjalanan”, disertai penugasan Membuat Laporan Perjalanan dalam bentuk video. Lihat Beritanya: DISINI

– Pada Tanggal 3 Maret 2020, Media Mainstream sudah banyak menurunkan berita tentang kebohongan rezim terkait kasus Covid-19. Kasus Corona sudah dikonfirmasi ada di Indonesia.

7 Maret: Menghadiri Launching “Limbangan Floating Market”, diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Pangkep dan Indecon, di Rest Area Wisata Limbangan Kecamatan Ma’rang, Pangkep. Lihat Beritanya: DISINI

9 Maret: Mengikuti Pertunjukan Seni Kelas XII yang menandai Hari Terakhir Angkatannya (Crowstar420) mengikuti Upacara Hari Senin.

10 Maret: Pagi Check in di Arbor Biz Hotel Makassar, Siangnya berangkat menuju Masamba, Luwu Utara.

IWD 2020 (foto: ist/palontaraq)
IWD 2020 (foto: ist/palontaraq)

11 Maret: Tengah malam sampai di Luwu Utara. Istirahat sejenak di Hotel Bukit Indah Masamba, sebelum mengikuti Festival dan Pameran Bahan Pangan Non Beras di Halaman Kantor Bupati Luwu Utara dilanjutkan dengan Seminar Nasional di Aula La Galigo. Keseluruhan kegiatan merupakan rangkaian acara Peringatan International Woman’s Day (IWD).

Foto bersama Bupati Luwu Utara, Indah Indriyani. (foto: ist/palontaraq)
Foto bersama Bupati Luwu Utara, Indah Indriyani di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara usai Seminar Nasional Ketahanan Pangan. (foto: ist/palontaraq)

Lihat: Bupati Luwu Utara: Pohon Sagu adalah Simbol Ketahanan Pangan Luwu Utara

12 Maret: Mengikuti Camping Gathering di Kampung Likudengen, Masamba, Luwu Utara.

Penulis saat "Camping Gathering" di Kampung Likudengen Desa Uraso, Luwu Utara. (foto: ist/palontaraq)
Penulis saat “Camping Gathering” di Kampung Likudengen Desa Uraso, Luwu Utara. (foto: ist/palontaraq)

Penulis berkesempatan mewawancarau Founder Rimbawan Muda Indonesia (RMI) Dr. Mia Siscawati, dan Pejuang Pangan lokal lainnya di Indonesia, yaitu Titik Kastia Pejuang Pangan dari Aceh, Dandy (Duta Muda OXFAM), Nurlina, Pejuang Pangan dari Pangkep, Gema Gita Suryana (Duta Muda OXFAM), Beatrix Rika, Pejuang Pangan dari NTT.

13 Maret: Berwisata ke Permandian Air Panas Pincara, Masamba.

15 MaretBaznas luncurkan Panduan Masjid Tanggap Covid-19

16 Maret: Hasil rapat Pimpinan Yayasan dan Dewan Guru disepakati meliburkan/ memulangkan santriwati mulai 16 Maret 2020 sebagai dampak dari Pandemi Covid-19, dan untuk selanjutnya proses pembelajaran akan berlangsung secara daring/online dari rumah masing-masing siswi/santriwati.

– Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Rapat tanggal 16 Maret 2020, dan mengeluarkan Fatwa, dituangkan oleh Komisi Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Pandemi Covid-19.

17 Maret: Menulis/Menyebar-luaskan Fatwa MUI/Komisi Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Pandemi Covid-19. (Lihat: DISINI)

– Menulis Cara Bijak dan Efektif Menghadapi Covid-19

22 Maret: Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW (Lihat: Hikmah Isra’ Mi’raj: Rasulullah SAW Imam Para Nabi)

23 Maret: Viral Pemberitaan di Media Nasional bahwa  Ujian Nasional ditiadakan sebagai hasil hearing Kemendikbud di DPR RI. Penulis mengulas hal ini di Blog Palontaraq.id (Lihat: DISINI)

24 Maret:  Presiden Resmi Tiadakan UN 2020

27 Maret: Mengeluarkan/Mempublikasikan di Website Pesantren terkait Instruksi dan Mekanisme Pembelajaran Daring 

– Menulis secara khusus  Panduan Menggunakan Zoom untuk Pembelajaran Daring

28 Maret: Tes-tes Zoom Meeting dengan Participants: Santriwati Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep

Belajar Daring via Zoom. (foto: ist/palontaraq)
Belajar Daring via Zoom. (foto: ist/palontaraq)

29-31 Maret: Ujian SKI Online dengan Menggunakan Media Blog

30 Maret: Hari Film Nasional

Hari Film Nasional. (foto: ist/kemdikbud)
Hari Film Nasional. (foto: ist/kemdikbud)

31 Maret: Ujian Kenaikan Kelas (UKK) secara daring via Media Blog.

– UKK Mapel Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII

– UKK Mapel Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII

Demikianlah beberapa kegiatan online (webinar/dauroh/majelis sama’) dan offline yang Palontaraq ikuti dan beritakan selama dalam tiga bulan pertama Tahun 2020 (Januari s.d. Maret 2020) sebagai update catatan untuk bahan review kegiatan kepenulisan di Blog Palontaraq.id ataupun media sekawan lainnya.

 

(* Muhammad Farid Wajdi, Pimred Media Palontaraq.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT