Beranda Highlight Fadhilah Bulan Muharram

Fadhilah Bulan Muharram

 

Oleh: Muhammad Farid Wajdi

Tulisan terkait: Keutamaan Bulan Muharram

PALONTARAQ.ID – Bulan Muharram adalah Bulan awal pergantian tahun bagi Masyarakat muslim, sebagaimana halnya 1 Januari sebagai awal pergantian tahun bagi Masyarakat Nasrani dan non muslim lainnya.

Ironinya, masih banyak masyarakat muslim yang belum memahami betul keutamaan atau fadhilah Bulan Muharram ini, dan malahan lebih banyak asyik merayakan tahun baru Masehi, 1 Januari dibanding Tahun Baru Hijriyah, 1 Muharram.

Berikut ini beberapa Fadhilah Bulan Muharram

1. Bulan Muharam adalah salah satu dari 4 bulan yang dimuliakan Alah SWT selain Bulan Ramadan (Bulan Rajab, DzulQa’dah dan Dzulhijjah)

Firman Allah Ta’ala:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِن أَنْفُسَكُمْ

 

Artinya:

”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram (suci). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. At-Taubah: 36)

2. Pada Bulan Muharram (dan 3 bulan haram lainnya) dilarang melakukan perbuatan haram, perbuatan maksiat, dosa, kemungkaran dan kezaliman karena mulianya bulan tersebut.

Ibnu ’Abbas mengatakan, ”Allah mengkhususkan empat bulan tersebut sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci. Melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan sholeh yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak.”

3. Bulan Muharram adalah bulan Istimewa karena disebut Bulan Allah (Syahrullah), Ketika segala sesuatu disandarkan pada lafazh Jalaalah Allah, maka ini menunjukkan Keagungan dan Keistimewaan bulan tersebut.

Hal ini sebagaimana penyebutan Baitullah (rumah Allah) untuk Ka’bah atau Ahlullah (keluarga Allah) bagi para penghafal Al-Qur’an yang mengamalkannya.

Penyandaran Muharam sebagai Syahrullah tidak terdapat pada bulan-bulan yang lainnya. Rasulullah SAW bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya:

”Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Allah bulan Muharram, dan sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam”. (HR. Muslim)

4. Puasa di bulan Muharram adalah sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan khususnya pada tanggal 10 dan 9 (’Asyura dan Tasu’a), menghapus dosa setahun yang lalu.

سئل رسول الله صلّى الله عليه و سلّم عن صيام

يوم عاشوراء فقال : يكـفّـر السنة الماضية – رواه مسلم

Rasulullah SAW ditanya tentang puasa hari ’Asyura (tanggal 10 Muharram), maka Beliau bersabda, ”Bisa menghapus (dosa-dosa kecil) satu tahun yang lewat. (HR. Muslim)

و قال رسول الله صلّى الله عليه و سلّم : لئن بقيت إلى

قابل لأصومنّ التاسع – رواه مسلم

Rasulullah SAW bersabda, ”Kalau Aku hidup sampai tahun depan, niscaya aku akan puasa pada tanggal 9 (Muharram). (HR. Muslim)

5. Bulan Muharrom adalah bulan yang sarat dengan pahala dan ladang amal bagi orang yang mengumpulkan bekal untuk akhirat, maka kesempatan memperbanyak amal sholih terbuka lebar.

Misalnya: berpuasa, bertaubat dan muhasabah diri, tidak berbuat zalim, menyantuni anak yatim dan fakir miskin, sedekah dan infaq, menjenguk orang sakit, berzikir dan memperbanyak doa dllnya.

6. Di Bulan Muharram pada Hari Asyuro dianjurkan menyenangkan dan menggembirakan keluarga dengan memberi mereka kelapangan seperti memberi hadiah, menambah uang belanja, atau buka bersama di luar rumah, dan lain-lain.

 

مَنْ وَسَّعَ عَلَى عِيَالِهِ يَوْمَ عَاشُورَاءَ لَمْ يَزَلْ فِي سَعَةٍ سَائِرَ سَنَتِهِ

Artinya:

“Barangsiapa memberi kelapangan bagi keluarganya pada hari Asyura, maka ia takkan kesulitan di waktu lain sepanjang tahun itu” (HR. Thabrani).

 

مَنْ وَسَّعَ عَلَى عِيَالِهِ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَسَّعَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي سَنَتِهِ كُلِّهَا

Artinya:

“Barangsiapa memberi kelapangan bagi keluarganya pada hari Asyura, maka Allah akan melapangkannya di keseluruhan tahun itu” (HR. Thabrani dan Hakim)

مَنْ وَسَّعَ عَلَى أَهْلِهِ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَسَّعَ اللَّهُ أَهْلِهِ طَوْلَ سَنَتِهِ

 

Artinya:

“Barangsiapa memberi kelapangan bagi keluarganya pada hari Asyura, maka Allah akan memberi kelapangan kepada keluarganya sepanjang tahun itu” (HR. Baihaqi)

7. Beberapa peristiwa sejarah terjadi di Bulan Muharram pada Hari Asyuro (tanggal 10 Muharram) diantaranya:

a. Allah SWT menerima taubat Nabi Adam alaihissalam.

b. Nabi Nuh alaihissalam turun dari kapal beliau

c. Nabi Musa alaihissalam selamat dari kejaran Firaun

d. Selamatnya Nabi Ibrahim alaihissalam dari siksa api Raja Namrud

e. Nabi Yusuf alaihissalam dibebaskan dari penjara Mesir

f. Nabi Yunus alaihissalam keluar dari perut Ikan Hiu

g. Nabi Ayyub alaihissalam disembuhkan dari penyakitnya

8. Hijrahnya Rasulullah SAW ke Madinah ditetapkan sebagai awal penanggalan Islam, dimulai dari bulan Muharram.

Bulan Muharram dapat juga dikatakan sebagai penanda perpindahan suatu peradaban, dari peradaban Jahiliyah menuju Peradaban dan Kejayaan umat Islam,

Demikianlah Fadhilah Bulan Muharram. Semoga Islam dan Umat Muslim dapat bangkit lagi memimpin peradaban dunia, dan ini harus dimulai dari kesadaran Umat Islam untuk hijrah ke bulan hijriyah, sampai menjadikan Islam sebagai Panduan dan Acuan dalam kehidupan sehari-hari.

Wallahu ‘alam bish-shawab. (*)

Penulis Palontaraqhttps://palontaraq.id/
M. Farid W Makkulau, pemerhati budaya dan penikmat sejarah. Kerap kali menggunakan nama pena Etta Adil saat menulis reportase, karya fiksi dan laporan perjalanan. Pernah menggeluti 10 tahun dunia jurnalistik, sebelum memutuskan mengisolasi diri di lingkungan sekolah islam sebagai seorang guru Selengkapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT

Sudah Saatnya dibentuk Kementerian Penangkapan Aktivis

Oleh: Asyari Usman PALONTARAQ.ID - Salah satu fokus utama Amerika Serikat (AS) setelah kemerdekaannya (4 Juli 1776) adalah pembangunan kekuatan militer. Ini dibuktikan ketika presiden pertama...

Omnibus Law Itu Strategi Jokowi untuk Menyingkirkan Oligarki Cukong

  Oleh: Asyari Usman PALONTARAQ.ID - Bergegas saya ke laptop. Khawatir inspirasi hilang. Inspirasi itu datang ketika sedang olahraga kecil di belakang rumah. Senam rutin itu...

Pesan Dakwah: Manisnya Madu

  Lihat pula: Khasiat Madu saat Dicampur Kayu Manis Oleh: Prof. dr. Veni Hadju, Ph.D PALONTARAQ.ID - Penjualan madu di Indonesia meningkat selama Pandemi Covid-19. Walaupun meningkat,...

Di IMMIM Pangkep, Upacara Hari Santri Nasional digelar dengan Protokol Kesehatan

  Laporan: Dra Nurhudayah PALONTARAQ.ID - Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Putri IMMIM Pangkep yang sejak 9 dan 11 Agustus lalu telah memasukkan santriwati baru ke sekolah dan...