Ini Daftar Soft Skill yang dibutuhkan Profesional

Softskills. (sumber: balance/*)

Softskills. (sumber: the balance/*)

Oleh: Muhammad Farid Wajdi

Tulisan sebelumnya: Memahami Arti dan Syarat: Kompetensi dan Profesiensi

PALONTARAQ.ID – Tahukah kamu apa yang dimaksud Soft Skill? Soft Skill itu mirip dengan bakat, hanya saja dalam bentuk yang berbeda.

Soft skill yaitu keterampilan tidak terlihat dan dapat dikembangkan menjadi bagian dari jati diri. Soft skill itu juga tidak akan berjalan sempurna apabila tidak di iringi dengan Hard Skill, begitu pun sebaliknya.

Meski begitu, ada juga yang tidak akan mendapatkan Soft Skill dari dirinya sendiri jika yang bersangkutan tidak ada keinginan untuk melakukan perubahan besar dalam hidupnya dari pola hidup yang buruk ke pola hidup yang lebih baik dari sebelumnya.

Soft skills adalah istilah sosiologis yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, sifat kepribadian, ketrampilan sosial, komunikasi, berbahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan optimisme yang mencirikan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain.

Soft skill terkait karakter pribadi yang dapat meningkatkan interaksi individu, kinerja pekerjaan dan prospek karir. Softskill berhubungan erat dengan kemampuan berinteraksi secara efektif dengan sesamanya, baik di dalam dan di luar tempat kerja.

Lihat pula: Kekuatan Buku

Beberapa contoh Soft Skills yaitu: Kemampuan berkomunikasi, Kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain, Menyelesaikan masalah dan berpikir kritis, Pendengar yang aktif, Giat belajar, Kemampuan berorganisasi, Kemampuan mengolah waktu, Profesionalisme, atau Fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi.

Setiap jenis tugas dan pekerjaan selalu menuntut penguasaan keterampilan untuk mencapai target dan output yang diinginkan. Keterampilan ini disebut Hard Skills, keterampilan teknis, yang hanya dapat diperoleh dengan belajar dan berlatih dalam program pendidikan khusus.

Sedangkan Soft Skill adalah keterampilan non teknis. Tentang bagaimana menjalin hubungan dan bergaul, ramah dan menyenangkan, memiliki kematangan emosional yang baik, tidak mudah cepat marah, berpikir kritis dan kreatif, bisa mengatur orang lain dengan baik dan berorientasi melayani.

Soft Skill tidak terlihat kasat mata dibandingkan kemampuan teknis, semisal kemahiran mengoperasikan komputer dan cakap berbahasa Inggris. Soft Skill bisa didapat melalui pengalaman disekolah, pengalaman hidup dan masa lalu, atau pengalaman dalam dunia kerja yang tengah dilakoni.

Soft Skill yang bersumber dari Pengalaman merupakan sebuah pembelajaran sangat berharga sehingga seseorang itu dapat menjalani peran sebagai professional, yang tidak hanya handal dalam urusan teknis, namun sangat adaptif bergaul dengan orang lain.

Hard Skills dan Soft Skills. (foto: balance/*)

Hard Skills dan Soft Skills. (foto: the balance/*)

Lihat pula:  Kemendikbud gelar Workshop Peningkatan Kompetensi Konsultan Sejarah

Berikut ini Daftar Soft Skill yang paling dibutuhkan dalam lingkungan Profesional, Dunia Kerja, maupun dalam Dunia Akademik, saat ini dan di masa depan, yaitu:

1. Complex Problem Solving, Kemampuan memecahkan persoalan yang kompleks;

2. Critical Thinking, kemampuan berpikir kritis;

3. Creativity, kreatifitas;

4. People Management, kemampuan mengatur/memanage Orang-orang yang ada di sekitarnya;

5. Coordinating with Others, Kemampuan berkoordinasi (bersinergi) dengan Orang lain;

6. Emotional Intelligence, Memiliki kematangan emosional (sabar) dalam menghadapi tantangan dan perubahan yang terjadi di sekitarnya;

7. Judgment and Decision Making, Kecakapan mengambil keputusan dan mengeksekusinya;

8. Service Orientation, Berorientasi Pelayanan, memberikan pelayanan yang baik;

9. Negotiation, Kemampuan bernegosiasi;

10.Cognitive Flexibility, Kemampuan menyesuaikan diri dengan banyak perilaku dan pemikiran yang berbeda di lingkungannya.

Nah, kesepuluh Soft Skill diatas itulah yang sangat dibutuhkan ke depannya.

Kalau Hard Skill untuk membantu diri menyelesaikan tugas dan pekerjaan, maka Soft Skill itu kemampuan mengomunikasikan, bekerjasama, dan menegosiasikan tugas dan pekerjaan tersebut sesuai dengan target dan ouput.

Jadi, Softskill manakah yang sudah anda kuasai? Silakan diceklist! (*)

Like it? Share it!

Leave A Response