BerandaPesantrenPembelajaran SKI K-13 Untuk MTs Kelas IX Semester Ganjil

Pembelajaran SKI K-13 Untuk MTs Kelas IX Semester Ganjil

 

Oleh: Muhammad Farid Wajdi

Related Post: Mengapa Mesti Belajar Sejarah Kebudayaan Islam?

PALONTARAQ.ID – Materi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) berdasar Kurikulum 2013 (K-13) untuk Siswa/Santri yang duduk di Kelas IX Semester Ganjil terdiri atas tiga Bab sebelum Ujian Semester.

Tiga Bab/sub Bab tersebut, berikut Tujuan Pembelajarannya ialah:

Bab 1. Sejarah Masuknya Islam di Nusantara

1.1. Proses Masuknya Islam di Nusantara

Lihat pula: Islam masuk ke Nusantara saat Rasulullah SAW masih hidup

1.2. Tersebarnya Islam di Nusantara melalui Perdagangan, Sosial, dan Pengajaran.

Tujuan Pembelajaran

1. Siswa/Santri memahami proses masuknya Islam di Nusantara melalui Perdagangan, Sosial, dan Pengajaran.

2. Siswa/Santri mampu memaparkan alur perjalanan para pedagang Arab/penyebar Islam dalam berdakwah di Nusantara.

Bab 2. Kerajaan-kerajaan Islam di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi

2.1. Kerajaan-kerajaan Islam di Sumatera

Lihat pula: Mengenal Kerajaan Samudera Pasai

2.2. Kerajaan-kerajaan Islam di Jawa

Lihat pula: Mengenal Kerajaan Islam Pajang

2.3. Kerajaan-kerajaan Islam di Sulawesi

Lihat pula: Daftar Raja Gowa: Sombayya ri Gowa

Lihat pula: Masjid Tua Katangka, Saksi Penyebaran Islam di Tanah Makassar

Lihat pula: Sekilas tentang Kerajaan Tallo

Lihat pula: Tana Luwu, Negeri terbit Fajar Peradaban La Galigo dan IslamĀ 

Lihat pula: Pangkep lebih dulu terima Islam dibanding Gowa

Tujuan Pembelajaran

1. Siswa/Santri mampu memahami Sejarah Kerajaan Islam di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.

2. Siswa/Santri mampu menceritakan Sejarah Kerajaan Islam di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.

Lihat pula: Palontaraq ajak Studi Wisata Sejarah Sulsel

Bab 3. Para Tokoh dan Peranan Mereka dalam Perkembangan Islam di Nusantara

3.1. Ulama-ulama awal Nusantara

3.2. Meneladani Semangat Para Ulama dalam Penyebaran Islam di Nusantara

Tujuan Pembelajaran

1. Siswa/Santri mampu memahami biografi para Ulama/Tokoh dan perannya dalam mengembangkan Islam di Nusantara, antara lain: Wali Songo, Syekh Abdur Rauf Singkel, Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari, KH. Ahmad Dahlan, dan KH Hasyim Asyari.

2. Siswa/Santri mampu menceritakan biografi para Ulama/tokoh tersebut dalam mengembangkan Islam di Nusantara.

Demikianlah Pokok Bahasan/sub Pokok Bahasan dari Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang diajarkan di Semester Ganjil MTs Kelas IX.

Wallahu ‘alam bish-shawab. (*)

 

Muhammad Farid Wajdi, Pengasuh Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep/Guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT