Pesantren Pembelajaran SKI K-13 Untuk MTs Kelas IX Semester Ganjil

Pembelajaran SKI K-13 Untuk MTs Kelas IX Semester Ganjil

-

- Advertisment -

 

Oleh: Muhammad Farid Wajdi

Related Post: Mengapa Mesti Belajar Sejarah Kebudayaan Islam?

PALONTARAQ.ID – Materi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) berdasar Kurikulum 2013 (K-13) untuk Siswa/Santri yang duduk di Kelas IX Semester Ganjil terdiri atas tiga Bab sebelum Ujian Semester.

Tiga Bab/sub Bab tersebut, berikut Tujuan Pembelajarannya ialah:

Bab 1. Sejarah Masuknya Islam di Nusantara

1.1. Proses Masuknya Islam di Nusantara

Lihat pula: Islam masuk ke Nusantara saat Rasulullah SAW masih hidup

1.2. Tersebarnya Islam di Nusantara melalui Perdagangan, Sosial, dan Pengajaran.

Tujuan Pembelajaran

1. Siswa/Santri memahami proses masuknya Islam di Nusantara melalui Perdagangan, Sosial, dan Pengajaran.

2. Siswa/Santri mampu memaparkan alur perjalanan para pedagang Arab/penyebar Islam dalam berdakwah di Nusantara.

Bab 2. Kerajaan-kerajaan Islam di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi

2.1. Kerajaan-kerajaan Islam di Sumatera

Lihat pula: Mengenal Kerajaan Samudera Pasai

2.2. Kerajaan-kerajaan Islam di Jawa

Lihat pula: Mengenal Kerajaan Islam Pajang

2.3. Kerajaan-kerajaan Islam di Sulawesi

Lihat pula: Daftar Raja Gowa: Sombayya ri Gowa

Lihat pula: Masjid Tua Katangka, Saksi Penyebaran Islam di Tanah Makassar

Lihat pula: Sekilas tentang Kerajaan Tallo

Lihat pula: Tana Luwu, Negeri terbit Fajar Peradaban La Galigo dan Islam 

Lihat pula: Pangkep lebih dulu terima Islam dibanding Gowa

Tujuan Pembelajaran

1. Siswa/Santri mampu memahami Sejarah Kerajaan Islam di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.

2. Siswa/Santri mampu menceritakan Sejarah Kerajaan Islam di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.

Lihat pula: Palontaraq ajak Studi Wisata Sejarah Sulsel

Bab 3. Para Tokoh dan Peranan Mereka dalam Perkembangan Islam di Nusantara

3.1. Ulama-ulama awal Nusantara

3.2. Meneladani Semangat Para Ulama dalam Penyebaran Islam di Nusantara

Tujuan Pembelajaran

1. Siswa/Santri mampu memahami biografi para Ulama/Tokoh dan perannya dalam mengembangkan Islam di Nusantara, antara lain: Wali Songo, Syekh Abdur Rauf Singkel, Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari, KH. Ahmad Dahlan, dan KH Hasyim Asyari.

2. Siswa/Santri mampu menceritakan biografi para Ulama/tokoh tersebut dalam mengembangkan Islam di Nusantara.

Demikianlah Pokok Bahasan/sub Pokok Bahasan dari Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang diajarkan di Semester Ganjil MTs Kelas IX.

Wallahu ‘alam bish-shawab. (*)

 

Muhammad Farid Wajdi, Pengasuh Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep/Guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

Penulis Palontaraqhttps://palontaraq.id/
M. Farid W Makkulau, pemerhati budaya dan penikmat sejarah. Kerap kali menggunakan nama pena Etta Adil saat menulis reportase, karya fiksi dan laporan perjalanan. Pernah menggeluti 10 tahun dunia jurnalistik, sebelum memutuskan mengisolasi diri di lingkungan sekolah islam sebagai seorang guru Selengkapnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you