Panduan Menggunakan Zoom untuk Pembelajaran Daring

by Penulis Palontaraq | Jumat, Mar 27, 2020 | 67 views
Aplikasi Zoom Cloud Meeting. (foto: ist/palontaraq)

Aplikasi Zoom Cloud Meeting. (foto: ist/palontaraq)

Oleh: Muhammad Farid Wajdi

Tulisan sebelumnya: Ini Lima Jenis Komentar di Medsos Berpotensi Pidana

PALONTARAQ.ID – Sebagai aplikasi meeting online, Zoom termasuk yang populer di kalangan pengusaha ataupun karyawan. Karena sifatnya yang praktis, saat ini banyak pula tenaga pendidik, guru dan dosen yang memanfaatkannya untuk pembelajaran daring.

Meski dikatakan sederhana dan praktis, masih banyak pengguna yang bingung memanfaatkan  Zoom Cloud Meeting. Padahal, untuk saat aplikasi ini benar-benar sangat membantu ketika terpaksa harus belajar daring dari rumah karena anjuran pemerintah untuk “Social Distancing” akibat penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Ketika ada sesuatu yang ingin disampaikan atau ditugaskan untuk anak didik/siswa, pelajar atau mahasiswa, seorang praktisi pendidikan, guru dan dosen dapat melakukan meeting pembelajaran daring dengan aplikasi Zoom. (Download: DISINI).

Untuk aplikasi Zoom yang bersifat Free (Gratisan) dapat diikuti oleh 100 participant (Peserta) dengan waktu maksimal 40 menit untuk satu sesi meeting/pembelajaran daring.  Lumayan, kan?

Lalu bagaimana cara praktis menggunakan Zoom Cloud Meeting agar maksimal? Perhatikan urutannya berikut ini:

Pertama, Buka web browser dan ketik ketik link berikut di alamat website: https://zoom.us atau Pilih Download for Windows-Zoom. Untuk pengguna handphone, buka Google Playstore, ketik di pencarian: Zoom Cloud Meeting.

Kedua, Ikuti perintah selanjutnya untuk mendownload dan menjalankan “Zoom Launcher” atau Download terlebih dahulu aplikasi Zoom, bisa di desktop ataupun di handphone, kemudian mengisi Sign In Join Instant Meeting.

Join a Meeting, aplikasi Zoom Cloud Meeting. (foto: ist/palontaraq)

Join a Meeting, aplikasi Zoom Cloud Meeting. (foto: ist/palontaraq)

Pastikan speaker, mic, dan camera Anda bekerja dengan baik.

Setelah itu, klik langsung Join a Meeting seperti yang sudah tertera di atas, nantinya kamu akan langsung diarahkan untuk mengisi Personal Meeting ID agar dapat langsung bergabung.

Tanpa memiliki akun Zoom, sebenarnya sudah bisa langsung ikut bergabung ke dalam meeting online. Dengan memiliki akun Zoom (Meeting ID), bisa sign up terlebih dahulu.

Cara Menggunakan Fitur Milik Zoom

Banyak sekali fitur Zoom Cloud Meeting yang dapat dimanfaatkan untuk mengatur Pembelajaran Daring kepada anak didik, pelajar atau mahasiswa.

Dengan Aplikasi Zoom, memungkinkan untuk mengatur ulang jadwal Pembelajaran Daring secara teratur, merekam video meeting online dan lain sebagainya.

1. Mengatur Jadwal Pembelajaran Daring

Mengatur Jadwal Pembelajaran Daring, tentu dengan maksud untuk memastikan jadwal tersebut dapat disepakati oleh seluruh peserta didik. Untuk mengaturnya, caranya cukup buka Zoom dan sign in lalu klik icon Calender, pilih pengaturan Meeting (pembelajaran), lalu akan ditampilkan dengan layar seperti ini.

Setting Jadwal Meeting/Pembelajaran. (foto: ist/palontaraq)

Setting Jadwal Meeting/Pembelajaran. (foto: ist/palontaraq)

Atur semuanya, mulai dari topik pembicaraan, tanggal, video, audio serta kalender yang akan digunakan. Setelah semuanya diatur, maka tinggal klik Schedule.

2. Mengatur Ulang Jadwal Meeting (Pembelajaran Daring)

Pengaturan atau Setting waktu meeting/pembelajaran daring dapat dilakukan pekanan, bulanan dan lainnya sesuai dengan kebutuhan. Caranya cukup memberikan centang di kolom recurring meeting.

Tabel seperti di atas akan muncul ketika kamu mengklik profile, lalu ke pilihan meeting settings. Pengaturan ini bisa mendapatkan dua manfaat yang disajikan oleh Zoom.

Pertama, bisa mengumpulkan semua panggilan dalam satu wadah, lalu nantinya kamu dapat mengaturnya setiap kali ingin melakukan pembelajaran daring.

Kedua, bisa mengatur panggilan ulang dalam satu URL yang sama. Jadi, ketika mengundang orang lain atau peserta didik, tidak perlu membuat URL baru.

3. Menjalankan Meeting/Pembelajaran Daring tanpa Video

Dengan Zoom kamu juga dapat melakukan pembelajaran online tanpa ada video, melainkan hanya suara saja. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memilih opsi “start with no video” di beranda Zoom.

Setelah memilih opsi tersebut, sudah bisa memulai meeting pembelajaran dengan pilihan:

– Audio Conference: Meeting tanpa video atau membagikan konten, hanya audio;

– Share Screen: Berbagi konten dengan audio, tanpa video;

– Invite Others: Dapat mengundang yang lainnya untuk gabung ke dalam meeting/class pembelajaran.

Langkah-langkah Install Aplikasi Zoom dari HP

1. Instal Aplikasi Zoom Cloud Meeting dari Google Play Store;

Installa apps Zoom Cloud Meeting. (foto: ist/palontaraq)

2. Muncul di Layar Start A Meeting, Pilih Sign Up;

Zoom

3. Setelah Mengisi Email dan Nama, Next, Masuk ke Email yang digunakan untuk Konfirmasi;

4. Klik Activate Account pada Email Konfirmasi dari Zoom;

5. Setelah diklik Activate Account, akan muncul layar seperti ini, silakan diisi first nama, last name, password, dan confirm password, setelah itu klik Continue. (Untuk Password disyaratkan memakai huruf kecil, ada huruf besar minimal 1 dan ada angka);

6. Setelah diklik tombol next/Continue, akan muncul layar seperti ini, klik Skip this Step, abaikan saja itu isiannya;

7. Setelah itu, next, akan muncul di layar seperti ini, yang diklik Go To My Account;

8. Setelah itu, Next, akan muncul di layar seperti ini, selesai, itu sudah ada akun, Name dan Personal Meeting ID-nya. *done;

9. Selanjutnya dapat memakai Aplikasi Zoom untuk meeting online dengan mengklik Join a Meeting (bagi siswa/anak didik/peserta Meeting) atau Host a Meeting (bagi guru/pemimpin meeting/yang memandu pembelajaran), atau tinggal mengklik tautan/link meeting yang dibagikan “Host” atau sesama pengguna Aplikasi Zoom.

Instal aplikasi untuk HP Android
https://play.google.com/store/apps/details?id=us.zoom.videomeetings

Instal aplikasi untuk HP Apple
https://itunes.apple.com/us/app/zoom-cloud-meetings/id546505307?mt=8

Silahkan mencoba berkomunikasi sesama teman via aplikasi zoom agar pada saat pelaksanaan meeting/pembelajaran daring semua sudah siap tanpa kendala teknis.

Demikianlah bagaimana menyetting penggunakan Zoom Cloud Meeting dengan maksimal supaya dapat diatur jadwal meeting pembelajaran serta cara menginstallnya bagi pengguna smartphone (Android).  Mudah, kan?

Selamat Belajar Daring! (*)

 

Muhammad Farid Wajdi, Pegiat Agen Perubahan Informatika (API), ICT Watch (Dalam Program Empower Youth for Work – Oxfam Indonesia) dan Pembina Relawan Teknologi Informasi Komunikasi (RTIK) Kabupaten Pangkep/Humas dan Penanggung Jawab TIK Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

Like it? Share it!

Leave A Response