BerandaFeatureMemaknai Kegiatan dan Prestasi di Tahun 2019

Memaknai Kegiatan dan Prestasi di Tahun 2019

Oleh: Muhammad Farid Wajdi

Related Post: Palontaraq ajak Studi Wisata Sejarah Sulsel

PALONTARAQ.ID – Apa yang harus dimaknai dengan adanya Perubahan Tahun selain berkurangnya ‘jatah usia’ hidup di dunia?

Akankah kita terus saja menjadi follower dari sebagian besar orang, termasuk yang melabeli diri sebagai ‘muslim’ merayakan tahun baru dengan hura-hura, meniup terompet dan menyalakan petasan?

Semalam pas Pukul 00:00 waktu setempat, di seluruh dunia menggelar acara sambut tahun baru.

Tahun 2019 telah usai. Tutup tahun, tutup kalender. Yang ada kini, kenyataan bahwa kita sudah berada di Tahun 2020.

Akankah Usia terus bertambah, meski sejatinya ‘berkurang’ tanpa ada perenungan, muhasabah, perbaikan diri dan peningkatan amal?

Yuk, peduli dan berbagi. (foto: ist/palontaraq)
Yuk, peduli dan berbagi. (foto: ist/palontaraq)

Penulis sendiri, memaknai kegiatan yang telah lalu di Tahun 2019 sebagai Tahun yang penuh catatan sejarah penting, baik bagi diri pribadi, keluarga, profesi dan pekerjaan, serta bagi lingkungan sekolah tempat tinggal.

Salah satunya adalah Prestasi Anak, yang telah berhasil menamatkan sekolahnya di SMA Negeri 11 Unggulan Pangkep dan lulus dengan baik di Jurusan Bahasa dan Sastra Daerah Universitas Negeri Makassar (UNM).

Suatu kesyukuran bagi penulis masih sempat menghadiri wisuda SMA-nya di Ruang Pola Kantor Bupati Pangkep, disebutkan pula prestasi dan karya buku yang telah ditelorkannya.

Penulis juga masih diberikan kesempatan ‘hidup’ untuk melihat anak itu berkembang dan mengembangkan diri dalam masa-masa awal sebagai mahasiswa baru. Begitu pula siswi/santri di lingkungan tempat tinggal.

Penulis sendiri pernah berkomitmen untuk menyelesaikan studi Program Magister Manajemen (MM) untuk Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) di Tahun 2019, namun karena pernah sakit, ternyata ada 1-2 mata kuliah yang tertinggal dan kehadiran tidak mencukupi untuk ikut USM (Ujian Standarisasi Mutu) mata kuliah itu. Terpaksa harus mengikhlaskan bergeser tahun. Insya Allah diwisuda Tahun 2020.

Talkshow Pendidikan, "Orang Miskin dilarang Sekolah". (foto: ist/palontaraq)
Talkshow Pendidikan, “Orang Miskin dilarang Sekolah”. (foto: ist/palontaraq)

Lihat pula: Refleksi Akhir Tahun 2019

Ada banyak urusan dan kegiatan diluar rutinitas sebagai Pengajar/Pengasuh di Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep, juga terkait hobi, profesi, dan pekerjaan lain sepanjang Tahun 2019 ini.

Meski banyak pula diantaranya yang penulis cancel dan tidak ikuti, karena kecapekan, jauhnya jarak, keterbatasan waktu, dan atau bersamaan dengan kegiatan lain.

Beberapa diantaranya yang sempat penulis catat adalah:

1 Januari 2019 – Melakukan kunjungan ke Kawasan Adat Ammatoa Kajang, menjadi tamu pertama Ammatoa di Tahun 2019 dan berhasil mewawancarainya.

Lihat Videonya di Youtube: Berkunjung ke Kawasan Adat Ammatoa Kajang Bulukumba Sulsel

Beberapa Tulisan terkait Ammatoa Kajang, dapat dilihat disini (Please Click here): DISINI

Penulis di depan Rumah Pertemuan Orang Kajang. (foto: dok.pribadi/palontaraq)
Penulis di depan Rumah Pertemuan Orang Kajang. (foto: dok.pribadi/palontaraq)

2 Januari 2019 – Rapat Progres Pendampingan Desa/Kelurahan di Kantor CSR PT. Semen Tonasa di Biringere, Bungoro, dilanjutkan dengan Koordinasi dengan Forum Multi Pihak – Taruna Melati di Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Minasatene.

5 Januari 2019 – Jalan-jalan ke Balai Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung di Maros.

19 Januari 2019 -Mengikuti/Menghadiri Undangan Musyawarah Besar (Mubes) ke-7 DPP IMMIM di Pondok Pesantren Modern Putra IMMIM, Tamalanrea Makassar, dibuka oleh Wapres RI, HM Jusuf Kalla.

Ketua YASDIC IMMIM Pangkep (kedua dari kanan) bersama Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) dan Rektor UMI Makassar. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Ketua YASDIC IMMIM Pangkep (kedua dari kanan) bersama Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) dan Rektor UMI Makassar. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Pengasuh Ponpes Putri IMMIM dan Santriwati Kelas XII di Milad IMMIM, Makassar. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Pengurus YASDIC IMMIM Pangkep bersama Pengasuh/Pembina Ponpes Putri IMMIM dan Santriwati Kelas XII di acara Pembukaan Mubes ke-7 DPP IMMIM, Makassar. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Lihat beritanya disini: Wapres JK buka Mubes DPP IMMIM

20 Januari 2019

– Pukul 08.00 WITA – Pukul 16.00 WITA, Mengikuti Daurah sehari Metode Menghafal Al-Qur’an 10 Menit perhalaman, bersama Ustadz Ahmad Jaaze hafidzahullah di BP PAUD dan Dikmas Kota Makassar. (Lihat pula: Keistimewaan Penghafal Al-Qur’an)

Ustadz Ahmad Jaaze dalam suatu Pelatihan Hafidz Qur'an. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Ustadz Ahmad Jaaze dalam suatu Pelatihan Hafidz Qur’an. (foto: mfaridwm/palontaraq)

– Pukul 17.00 – selesai, Mengikuti Kegiatan Komunitas Peduli Anak Jalanan (KPAJ), Pembukaan Area Binaan (Arbin) Kerung-kerung. Penulis menyempatkan mengajar dan bercanda dengan Anak-anak Jalanan, sebelum Pembukaan Arbin.

KPAJ
Mengajar dan Bercanda dengan Anak-anak Jalanan binaan KPAJ Makassar. (foto: ist/palontaraq)

Lihat beritanya disini: Lagi, KPAJ bina 37 Anak Jalanan

23 Januari 2019 – Bersama Kades Biringere dan Camat Bungoro, Meninjau Korban Banjir di Dusun Borong Untia Desa Biringere (71 KK Terdampar Banjir akibat Hujan tiada henti sejak 20-22 Januari 2019, sekaligus mengakomodir  Laporan Ke PT. Semen Tonasa untuk mendapatkan bantuan bagi Korban Banjir.

Lihat beritanya disini: 71 KK terdampak Banjir di Biringere

24 Januari 2019 – Membuat Press Release untuk Penerimaan Santriwati Baru (PSB) TP. 2019/2020.

Pendaftaran Gelombang I: Februari – Maret 2019 dan Tesnya akan dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2019.

Pendaftaran Gelombang II: 25 Maret-29 Juni 2019 dan Tesnya akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2019.

Lihat beritanya disini: Ponpes Putri IMMIM buka PSB 2019

25 Januari 2019 – Mengikuti Workshop Flash Design “4 Tahun Indonesia Kreatif”, diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Hotel Arya Duta Makassar. (Lihat Beritanya: Kominfo gelar Workshop Flash Design)

Workshop Flash Design
Workshop Flash Design. (foto: mfaridwm/palontaraq)

2 Februari 2019 – Bersama Komunitas “Pangkep Peduli dan Berbagi” menyalurkan Bantuan Sembako untuk Korban Banjir Sulsel (Lihat: 106 Desa terdampak Banjir dan Longsor di Sulsel) di Kantor ACT-MRI (Aksi Cepat Tanggap-Masyarakat Relawan Indonesia) Sulsel.

Baca beritanya disini:  Komunitas “Pangkep Peduli dan Berbagi” salurkan Sembako bagi Korban Banjir

Relawan Komunitas Pangkep Peduli dan Berbagi menyalurkan bantuan korban banjir Sulsel melalui ACT. (foto: ist/palontaraq)
Relawan Komunitas “Pangkep Peduli dan Berbagi” menyalurkan bantuan korban banjir Sulsel melalui ACT. (foto: ist/palontaraq)

3 Februari 2019 – Mengikuti Awareness Development Training, ISO 9001: 2015 Quality System Management, ISO 14001: 2015 Environment Management System, ISO 45001: 2018 Occupational Health and Safety Management System, dan Basic First Aid.

Awareness Development Training (ADT) ini diselenggarakan oleh Lembaga Profesi Teknik dan Manajemen (LPTM) Makassar, Terakreditasi BAN – Pendidikan Non Formal, di Hotel Amaris Panakkukang, Kota Makassar.

4 Februari 2019 – Menerbitkan Rubrik baru di Palontaraq.id untuk Promosi dan Profil Terapis, Herbalis, Pegiat Pengobatan Tradisional atau Thibbun Nabawi.

Lihat disini:  Rubrik untuk Promosi Terapis

9-10 Februari 2019 – Mengikuti Ujian Standarisasi Mutu (USM) untuk MK. Teori Organisasi, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Keuangan – Program Pascasarjana Manajemen Universitas Patria Artha (UPA), Makassar.

Mahasiswa Pascasarjana UPA. (foto: ist/palontaraq)
Penulis saat akan mengikuti Ujian Standarisasi Mutu (USM), Pascasarjana UPA. (foto: ist/palontaraq)

15 Februari 2019 –  Melaunching Blog baru, “Ettapedia” untuk Kebutuhan Ensiklopedia Sulawesi Selatan, meniru CMS Wikipedia. Namun karena kendala teknis, sampai sekarang belum terupdate dan masih melakukan kajian akan kontennya.

17 Februari 2019 – Sebagai Fasilitator Kegiatan Aksi Bersih-bersih Lingkungan, dalam Kampus Pesantren dan di luar Kampus, sebagai rangkaian kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 serentak dilaksanakan di Kabupaten Pangkep.

Khusus untuk Wilayah Minasatene, Komunitas Penanggung Jawab Kegiatan adalah Palontaraq dan OSIS/ISPM Pesantren Putri IMMIM Pangkep.

Lihat beritanya disini: Putri IMMIM gelar Aksi Bersih HPSN 2019

18 Februari 2019 – Menjadi Pembicara bersama Ustadz Mahrus Amri, Lc.,MA dalam Dialog Kebudayaan Pangkep, bertema: “Revitalisasi Budaya Bissu”, diselenggarakan oleh Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa (IPPM) Pangkep Koordinator Universitas Muslim Maros (UMMA) di Ruang Pola Kantor Bupati Pangkep.

Foto bersama usai Dialog Kebudayaan. (foto: ist/palontaraq)
Foto bersama usai Dialog Kebudayaan. (foto: ist/palontaraq)

Lihat beritanya disini: Dua Pengasuh Ponpes Putri IMMIM bahas Bissu

19 Februari 2019 – Komunitas Palontaraq lewat Palontaraq.id membuka Forum SDGs (Sustainable Development Goals) sebagai wadah diskursus yang menarik dalam konteks lokal, regional, dan internasional, demi penyelamatan bumi dan manusia, terkait penanganan Masalah-masalah Kemiskinan, Ketersediaan Pangan, Kesehatan, Pendidikan, Gender, Air Bersih, Sanitasi, Energi, dan Masalah Global lainnya.  (Bisa dilihat disini:  Forum SDGs)

Founder of Palontaraq, M. Farid Wajdi. (foto: ist/palontaraq)
Founder of Palontaraq, M. Farid Wajdi. (foto: ist/palontaraq)

20 Februari 2019 – Menjadi Penanggung Jawab Kegiatan “Sosialisasi Website Pesantren dan Penginputan Data Kependidikan”, diadakan di Aula Mini Pesantren, dihadiri semua pembina, pengasuh, dan guru dalam Lingkup Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

Sosialisasi Website Pesantren dan Penginputan Data Kependidikan. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Sosialisasi Website Pesantren dan Penginputan Data Kependidikan. (foto: mfaridwm/palontaraq)

24 Februari 2019 Berwisata ke Tonasa Park Pangkep

26 Februari 2019 – Mengikuti Road Show Donasi untuk Palestina, Safari Dakwah Syekh Yaser Abu Heen (Imam 3 Masjid di Palestina) bertajuk, “Pangkep Selamatkan Palestina”, disponsori oleh MRI-Aksi Cepat Tanggap di Masjid Quba Pangkep. (Lihat beritanya disini: Medan Jihad tiada henti di Palestina)

Syekh Yaser Abu Heen di Masjid Quba Pangkep. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Syekh Yaser Abu Heen (Imam 3 Masjid di Palestina) saat Safari Dakwah di Masjid Quba Pangkep. (foto: mfaridwm/palontaraq)

2 Maret 2019 – Memberi Pembekalan bagi Santriwati Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep yang akan Study Comparative (Stukom) dari Tanggal 3-9 Maret 2019, terkait Teknis Pelaporan Stukom dalam bentuk Video Laporan Perjalanan.

Lihat beritanya disini:  Santriwati Putri IMMIM Study Comparative ke Jatim-Jateng-Yogyakarta

5 Maret 2019 – Sebagai Pembicara (sebagai Pembina Komunitas Peduli Anak Jalanan) dalam Talk Show dan Bazar Relawan Pendidikan Indonesia bertema, “Pentingnya Relawan dalam Sektor Pendidikan Anak Bangsa”.

Narasumber lainnya: Arqam Azikin (Analis Politik Kebangsaan), Muthahharah YMT (Ketua MRI/Korda Gowa), dan Ramli (Relawan Tanggap Bencana Sulsel) diselenggarakan oleh Relawan Pendidikan Indonesia (RPI) di D’Comoro Cafe, Jln. Batua Raya Makassar. (Lihat: RPI dan Perwakilan Komunitas bahas Peran Relawan)

Komunitas Relawan Pendidikan Indonesia (RPI) usai gelar Talk Show tentang Peran Relawan dalam Membangun Pendidikan Anak Bangsa. (foto: ist/palontaraq)
Komunitas Relawan Pendidikan Indonesia (RPI) usai gelar Talk Show tentang Peran Relawan dalam Membangun Pendidikan Anak Bangsa. (foto: ist/palontaraq)

18 Maret 2019 – Menghadiri Undangan Silaturrahim Kapolda Sulsel, Irjen Drs H. Hamidin dengan Pemerintah Kabupaten dengan Tokoh Masyarakat Pangkep di Ruang Pola Kantor Bupati Kabupaten Pangkep.

(Lihat berita disini: Kapolda Sulsel silaturrahim dengan Pemkab dan Tokoh Masyarakat Pangkep)

Kapolda Irjen Pol Drs H Hamidin memaparkan Kondisi Keamanan dalam lingkup wilayah Propinsi Sulsel di Ruang Pola Kantor Bupati Pangkep. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Kapolda Irjen Pol Drs H Hamidin memaparkan Kondisi Keamanan dan Politik Nasional jelang Pemilu 2019, serta Situasi Keamanan dalam lingkup wilayah Propinsi Sulsel di Ruang Pola Kantor Bupati Pangkep. (foto: mfaridwm/palontaraq)

22 Maret 2019 – Menjadi Pemateri dalam Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Calon Pengurus OSIS SMA Negeri 1 Pangkajene, di Pangkajene-Pangkep. (Lihat: DISINI)

Menjadi Pemateri "Penulisan Karya Tulis Ilmiah Remaja" dalam Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) SMA Negeri 1 Pangkajene. (foto: ist/palontaraq)
Menjadi Pemateri “Teknik Menulis” dalam Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) SMA Negeri 1 Pangkajene. (foto: ist/palontaraq)

Lihat beritanya disini: Etta Adil ajarkan cara “Memulung Kata” di SMANSA Pangkep

24 Maret 2019 -Menghadiri Penerimaan Rombongan Study Comparative (Stucom) Santriwati Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep, di Aula Besar.

Lihat videonya disini: Study Comparative Putri IMMIM 2019

6 April 2019 – Mengikuti Awareness Training – Food Safety Management System Based on ISO 22000:2018, HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point), SSOP (Sanitation Standar Operating Procedure), dan GMP (Good Manufacturing Practice), diselenggarakan oleh PT. Mina Maritim Indonesia.

9 April 2019 -Memberi Bantuan Buku dan Majalah layak baca bagi Rumah Baca “Palontaraq Puang Tellue” di Borong Untia, Biringere.

Beberapa eksemplar diantaranya adalah Buku Sejarah dan Budaya karya Penulis sendiri. Bantuan ini diterima langsung oleh Kepala Desa Biringere, Andi Alam Simpuang Ago.

Penulis menyerahkan secara simbolis Bantuan Buku dan Majalah sebanyak 2 Dos untuk Rumah Baca "Palontaraq Puang Tellue" di Borong Untia, Desa Biringere. (foto: ist/palontaraq)
Penulis menyerahkan secara simbolis Bantuan Buku dan Majalah sebanyak 2 Dos untuk Rumah Baca “Palontaraq Puang Tellue” di Borong Untia, Desa Biringere. (foto: ist/palontaraq)

10 April 2019 – Menghadiri Wisuda Anak di Ruang Pola Kantor Bupati Pangkep

13-14 April 2019 – Mengikuti Kelas Google Gapura Digital di Hotel Grand Maleo, Jln. Pelita Raya, Kota Makassar.

17 April 2019 – Hari Pencoblosan Pemilu 2019. Media ini, Palontaraq.id terlibat aktif dalam Sosialisasi Pemilu 2019, baik sebelum dan sesudah hari pencoblosan.

18 April 2019 – Sebagai Fasilitator dalam Kegiatan Seminar Motivasi dan Bedah Buku “Melawan Takdir” Prof Hamdan Juhannis, Ph.D di Aula Besar Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

Resensi Buku “Melawan Takdir” bisa dibaca disini:  Prof Hamdan Juhannis: Melawan “Takdir”.

Foto bersama Prof Hamdan Juhannis dengan Santriwati Putri IMMIM. (foto: ist/palontaraq)
Foto bersama Prof Hamdan Juhannis dengan Santriwati Putri IMMIM. (foto: ist/palontaraq)

20 April 2019 – Mengikuti Seminar Internasional “Using Technology in Teaching and Learning Innovation in the Era of Industrial Revolution 4.0”, diselenggarakan oleh DPP YASDIC IMMIM Makassar dan Dapto High School Wollongong, Australia.

29 April 2019 – Menggagas Kampus Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep yang instagramable, atas persetujuan Yayasan dan digambar dengan baik oleh Ilham, S.Pd, Guru Seni Rupa.

Salah satu gambar tiga dimensi, menjadi spot menarik berfoto. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Salah satu gambar tiga dimensi, menjadi spot menarik berfoto. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Kubik tiga dimensi. (foto: ist/palontaraq)
Rubik tiga dimensi. (foto: ist/palontaraq)

30 April 2019 – Gladi Bersih Persiapan Wisuda Santriwati Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep Angkatan 39 TP. 2018-2019.

1 Mei 2019 – Mengikuti/Panitia Pelaksana Prosesi Wisuda Santriwati Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep Angkatan 39 TP. 2018-2019.

Lihat pula: Daftar Nama Santri Wisudawati Angkatan 39

Wisuda Santriwati Angkatan 39 Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep. (foto: ist/palontaraq)
Wisuda Santriwati Angkatan 39 Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep. (foto: ist/palontaraq)
foto: ist/palontaraq
Menyempatkan berfoto bersama Santri dan Pembina. (foto: ist/palontaraq)

5 Mei 2019 – Memberi Materi Pembekalan “Mengenal Ragam Metode Pembelajaran” untuk Volunteer (Para Relawan) Komunitas Peduli Anak Jalanan (KPAJ) Makassar di Vila Tanjung Bayang, Kota Makassar.

Menerima Sertifikat Pemateri dari Kepsek KPAJ Makassar. (foto: ist/palontaraq)
Menerima Sertifikat Pemateri dari Kepsek KPAJ Makassar. (foto: ist/palontaraq)

6 Mei 2019 – Palontaraq menggelar/Mengadakan Lomba Menulis Kisah Ramadhan, bertema: Ramadanku, Ramadan Produktif, Ramadan Seru!  Terbuka untuk Pelajar SMP/MTs dan SMA/MA seluruh Indonesia.

18 Mei 2019 – Membuka Rubrik Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Palontaraq.id, untuk membantu Penulis menginventarisasi Pokok-pokok Bahasan yang diajarkan, sekaligus memberikan pemahaman yang luas dan mendalam bagi Pembaca Palontaraq terkait Tema-tema tertentu dari Pembahasan SKI.

21 Mei 2019 – Buka Puasa bersama Blogger, Youtuber, dan KPU Pangkep di RM. 88 Palampang, Pangkajene, Pangkep.

24 Mei 2019 – Buka Puasa bersama Anak-anak Jalanan binaan Komunitas Peduli Anak Jalanan (KPAJ) Makassar di Kerung-kerung, KPAJ Arbin Kerung-kerung.

30 Mei 2019 – NgeBlog sambil menunggu buka puasa, Berburu Takjil di Pinggir Sungai Pangkajene.

Lihat pula:  Bukber, Jalangkote, dan Keseruan Berburu Takjil

31 Mei 2019Ngabuburit ala Palontaraq

4-5 Juni 2019 – Libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, jatuh pada tanggal 5 Juni 2019 di Lapangan Sepakbola Minasatene.

Shalat
Shalat Idul Fitri, 1 Syawal 1440 H bertepatan 5 Juni 2019, di Lapangan Sepakbola Minasatene-Pangkep. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Lihat pula: Khutbah Idul Fitri 1440 H: Madrasah Ramadhan, Membentuk Pribadi yang Tunduk Syariat Allah

21 Juni 2019 – Sebagai Pembicara dalam Talk Show tentang Pelaksanaan Kelas Inspirasi di Pangkep, disiarkan di Pangkep TV.

Talk Show tentang Kelas Inspirasi Pangkep (KIP), disiarkan PangkepTV. (foto: ist/palontaraq)
Talk Show tentang Kelas Inspirasi Pangkep (KIP), disiarkan PangkepTV. (foto: ist/palontaraq)
Foto bersama dengan Relawan Kelas Inspirasi dan Kru Pangkep TV. (foto: ist/palontaraq)
Foto bersama Relawan Kelas Inspirasi Pangkep (KIP) dan Kru Pangkep TV. (foto: ist/palontaraq)

17 Juni 2019 – Menjadi Juri/Tim Penilai Lomba Seni Tari Tradisional dalam Kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat SMP se-Kabupaten Pangkep di Ruang Pola Appaka Baji, Kantor Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Pangkep.

Foto bersama Kadis Diknas dengan Peserta Lomba dan Juri. (foto: ist/palontaraq)
Foto bersama Kadis Diknas dengan Peserta Lomba dan Juri FLS2N Pangkep. (foto: ist/palontaraq)

Lihat beritanya disini:  Diknas Pangkep gelar FLS2N SMP

24-27 Juni 2019 – Mengawas Ujian Semester Genap, Ujian Kepesantrenan TP. 2019/2020.

28-29 Juni 2019 – Fasilitator dan Pemateri dalam Pelatihan Jurnalistik Dasar Angkatan IV (PJD IV) Santriwati Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep. (Lihat beritanya disini:  Ponpes Putri IMMIM gelar PJD IV)

Peserta dan Penyelenggara PJD IV Ponpes Putri IMMIM Pangkep. (foto: ist/palontaraq)
Peserta dan Penyelenggara PJD IV Ponpes Putri IMMIM Pangkep. (foto: ist/palontaraq)

Related Posts:

Pengurus OSIS Putri IMMIM Kunjungi Redaksi Harian Tribun Timur

Pengurus OSIS Putri IMMIM Kunjungi Redaksi Harian Fajar

Santri Putri IMMIM Praktek Jurnalistik di Acara MIWF , Fort Rotterdam

30 Juni 2019 – Tes Gelombang II, Penerimaan Santriwati Baru Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep. (Jumlah Peserta Tes: 55 Calon Santriwati Baru), dilanjutkan Pertemuan dengan Orangtua Santriwati Baru dengan Pengelola/Pengasuh/Pembina Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep.

Hadir diantaranya: Ketua YASDIC IMMIM Pangkep Dra Hj Sri Hajati Fachrul Islam, Sekretaris YASDIC IMMIM Pangkep Drs HM Rasyid Usman, Direktur Pendidikan Dr. Hj. Amrah Kasim, MA, Kepsek Kepesantrenan Dra Nurhudayah, Kepsek SMP Drs H. Muhammad Nur, MM, Kepsek SMA, Dra Hj. Hasmah, dan penulis sendiri sebagai Humas/Penanggung Jawab TIK Pesantren.

Lihat beritanya disini: Ketua YASDIC IMMIM: Ikhlaskan Anaknya Nyantri!

Dalam kesempatan pertemuan dengan Orangtua Santriwati Baru itu, Penulis melontarkan gagasan yang sudah dikonsultasikan sebelumnya dengan Pihak Yayasan, tentang rencana pengadaan Pusat Layanan Internet Pesantren (PLIP)/Hotspot Center yang akan mengakomodasi kebutuhan pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi, dengan syarat dan ketentuan hanya untuk kepentingan pembelajaran, internet sehat dan aman, serta pengawasan perilaku dan ekspresi online.

7 Juli 2019 -Santriwati Baru resmi masuk Kampus/Asrama Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

Lihat liputannya disini:  Hari Ini Masuk Pesantren, Ini Penampakan Asrama Santriwati Putri IMMIM

11-13 Juli 2019 – Fasilitator dan Pemateri dalam Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), berlangsung selama 3 (tiga) hari.

Pembukaannya dilakukan dalam bentuk Upacara, dibuka secara resmi oleh Ketua YASDIC IMMIM Pangkep, Dra Hj Sri Hajati Fachrul Islam.

Memberikan Materi Pengenalan Lingkungan Sekolah. (foto: ist/palontaraq)
Memberikan Materi Pengenalan Lingkungan Sekolah. (foto: ist/palontaraq)

Lihat beritanya disini: Hari Ini, Pembukaan PLS di Ponpes Putri IMMIM

29 Juli 2019 -Menghadiri Penilaian Tim Akreditasi (BAP) Sekolah di Aula Mini Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep

30 Juli 2019 – Berkomunikasi langsung via WA dan meminta tanggapan langsung dari Imam Shamsi Ali, Tokoh Muslim Berpengaruh di Amerika Serikat, Imam New York,  terkait Penyerangan Muslim di Baltimore, Amerika Serikat.

Sebelumnya Imam Shamsi Ali sudah menjadi Kontributor Palontaraq, yang menyatakan kesediaannya tulisannya dimuat di Palontaraq. Tulisan yang sama dapat juga ditemukan di media online lainnya, karena Imam Shamsi Ali terbuka untuk dimuat tulisannya di banyak media.

Lihat beritanya disini:  Terkait Penyerangan Muslim di Baltimore, Imam Shamsi Ali: Dampak Retorika Politik Donald Trump yang Rasis

12 Agustus 2019 – Hari Raya Idul Adha 1440 H, Shalat Idul Adha di Lapangan Sepakbola Minasatene-Pangkep.

16 Agustus 2019 -Mengantar Ananda Adil untuk pertama kalinya masuk Kampus setelah resmi berstatus Mahasiswa Baru (Maba), menjalani masa Orientasi Pengenalan Kampus di Kampus Universitas Negeri Makassar.

Mengantar Ananda Adil untuk pertama kalinya masuk Kampus UNM setelah resmi berstatus sebagai Mahasiswa Baru. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Mengantar Ananda Adil untuk pertama kalinya masuk Kampus UNM setelah resmi berstatus sebagai Mahasiswa Baru. (foto: mfaridwm/palontaraq)

17 Agustus 2019 – Melakukan Donor Darah Kemerdekaan sekaitan dengan Perayaan Hari Kemerdekaan di Markas Besar Palang Merah Indonesia (PMI), Pangkajene, Kabupaten Pangkep.

Donor Darah Kemerdekaan, 17 Agustus 2019. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Donor Darah Kemerdekaan, 17 Agustus 2019. (foto: mfaridwm/palontaraq)

24 Agustus 2019 – Nonton Film “Bumi Manusia”, diangkat dari Novel dengan judul yang sama, karya Pramoedya Ananta Toer, di Mall Ratu Indah (MaRI), Kota Makassar.

Lihat Resensinya: DISINI

31 Agustus 2019 – Meeting dengan Teman-teman dari ICT Watch, Oxfam Indonesia dan NGO Mitra Oxfam lainnya di Hotel Gammara, Makassar.

Lihat pula: Menikmati Sop Buntut di Resto Hotel Gammara

1 September 2019 -Tahun Baru 1 Muharram 1441 Hijriyah.

5 September 2019 -Menghadiri Undangan Sosialisasi Program JKN-KIS dan Pola Hidup Sehat bersama Komunitas Blogger Kompasiana Makassar di Balaikota Makassar dengan Pembicara: Brand Ambassador BPJS, Ade Ray.

Ade Ray. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Ade Ray. (foto: mfaridwm/palontaraq)

7 September 2019 – Menjadi Pembicara (sebagai Pemerhati Sosial Pendidikan) pada Talkshow Pendidikan, “Orang Miskin dilarang Sekolah”.

Pembicara lainnya, Dr. H. Mukhtar Tahir, M.Pd (Kadis Sosial Kota Makassar), Ahmad Yani Dzu Himmah (Ketua Relawan Pendidikan Indonesia dan Founder KPAJ), dan Mesra Rahayu (Akademisi, Pembina KPAJ), dilaksanakan di Cafe ROA, Tallo, Makassar.

Talkshow Pendidikan. (foto: ist/palontaraq)
Talkshow Pendidikan. (foto: ist/palontaraq)

9 September 2019 -Memberikan Materi “Pengantar Sejarah dan Kebudayaan Pangkep” pada Diklat Kader Dasar Ikatan Mahasiswa DDI Indonesia (DKD IMDI) di Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da’wah wal Irsyad (STAI DDI) Pangkep.

Sebagai Pemateri dalam DKD IMDI di Kampus STAI DDI Pangkep. (foto: ist/palontaraq)
Sebagai Pemateri dalam DKD IMDI di Kampus STAI DDI Pangkep. (foto: ist/palontaraq)
Sebagai Pemateri dalam DKD IMDI di Kampus STAI DDI Pangkep. (foto: ist/palontaraq)
Sebagai Pemateri dalam DKD IMDI di Kampus STAI DDI Pangkep. (foto: ist/palontaraq)

10 September 2019 -Mewakili Ketua YASDIC IMMIM Pangkep, menghadiri Sosialisasi Hukum Keiikutsertaan BPJS bagi Pengelola Pendidikan dan Badan Usaha, diselenggarakan oleh BPJS Pangkep dan Kejaksaan Negeri Pangkep di Ran’s Cafe N Coffee, Bungoro.

14 September 2019 – Pukul 08.00-12.00 WITA, Mengikuti kegiatan “Djalan-djalan ke Bangoenan Bersedjarah Kota Makassar bersama Lembaga Lingkar, didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Museum Kota Makassar.

Lihat liputannya disini:  Menengok Koleksi Museum Kota Makassar)

Jalan-jalan ke Bangunan Bersejarah Kota Makassar, lokasi Cagar Budaya. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Jalan-jalan ke Bangunan Bersejarah Kota Makassar, lokasi Cagar Budaya. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Destinasi: Fort Rotterdam (Benteng Ujungpandang), Gedung RRI Makassar, Vihara Ibu Agung Bahari, Gedung Kesenian Societet de’ Harmonie, Kawasan Pecinan, Balaikota (Gedung Walikota) Makassar, Gereja Immanuel Makassar, Museum Kota Makassar.

Bersama Komunitas Blogger Kompasiana di Fort Rotterdam. (foto: ist/palontaraq)
Bersama Komunitas Blogger Kompasiana di Fort Rotterdam. (foto: ist/palontaraq)
Bersama Komunitas Blogger Kompasiana di Fort Rotterdam. (foto: ist/palontaraq)
Komunitas Blogger, Jurnalis, Fotografer, Pemerhati Sejarah dan Influencer Makassar dalam “Djalan-Djalan ke Bangoenan Bersedjarah Makassar” bersama Lembaga Lingkar di salah satu Bangunan Tua Klenteng Makassar. (foto: ist/palontaraq)

13-15 September 2019 – Fasilitator/Pembina Kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diksar) Palang Merah Remaja (PMR) Unit Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

16-17 September 2019 – Fasilitator Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) untuk Santriwati Putri IMMIM di Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) internal santri Ponpes Putri IMMIM Pangkep. (foto: ist/palontaraq)
Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) internal santri Ponpes Putri IMMIM Pangkep. (foto: ist/palontaraq)

22 September 2019 – Studi Wisata Sejarah Santriwati Kelas IX Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.  (Lihat beritanya disini:  Santri Putri IMMIM Studi Wisata Sejarah ke Makassar-Gowa)

Lihat pula: Wisata Sejarah ke Benteng Sombaopu

27 September 2019 – Pukul 08.00 – Pukul 11.00 WITA, Menelusuri Kampung Berseri Astra (Program CSR PT. Astra International) bersama Blogger, Fotografer, Jurnalis, dan Influencer lainnya di Lr. 4 Rappocini, Kota Makassar, dilanjutkan dengan Makan Siang  dan Sharing di Rumah Makan Ratu Gurih, Makassar.

27 September 2019 – Pukul 14.00 WITA – selesai, Sebagai Pemateri/Pembicara dalam Seminar Kebudayaan Daerah Pangkep, bertema “Menggali Budaya ri Butta Siang menuju Pangkep yang Beradat” diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pangkep dan Lembaga Badik Celebes, Ruang Pola Kantor Bupati Pangkep.

Sebagai Pembicara pada Seminar Kebudayaan Daerah Pangkep. (foto: ist/palontaraq)
Sebagai Pembicara pada Seminar Kebudayaan Daerah Pangkep. (foto: ist/palontaraq)

Lihat beritanya disini: Badik Celebes gelar Seminar Budaya dan Mattompang Temmu Taung

2 Oktober 2019 – Menerima Kunjungan Mahasiswa CSSMoRA (Community of Santri Scholars of Ministry Religious Affairs) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) dengan Tujuan Sosialisasi Beasiswa Pendidikan dan Perkuliahan UIN Alauddin Makassar di kalangan Santriwati Kelas XII Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

Kunjungan Mahasiswa CSSMoRA UIN Alauddin Makassar. (foto: ist/palontaraq)
Menerima kunjungan Mahasiswa CSSMoRA UIN Alauddin Makassar. (foto: ist/palontaraq)

6 Oktober 2019 – Mengikuti Ro’an (Kerja Bakti / Bakti Sosial) Akbar bersama Ratusan Santriwati bertema: “Jaga Hati, Jaga Bumi” di Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep, diselenggarakan serentak oleh seluruh Pesantren di Indonesia.

Ro'an Akbar di Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Ro’an Akbar di Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep. (foto: mfaridwm/palontaraq)

8 Oktober 2019 – Mewakili Ketua YASDIC IMMIM Pangkep, menghadiri Sosialisasi Hasanah Digital for Education Management yang diselenggarakan oleh BNI Syariah Makassar, Hotel Santika Makassar.

Penulis
Sosialisasi Hasanah Digital for Education Management. (foto: ist/palontaraq)

12-13 Oktober 2019 – Training for Peace Educator Vol.4 (TFPE Vol.4) yang diselenggarakan oleh KITA Bhinneka Tunggal Ika dan Peace Generation, Ruang VIP II Gedung Keuangan Negara II Makassar.

Training for Peace Educators. (foto: ist/palontaraq)
Training for Peace Educators. (foto: ist/palontaraq)
Peace Teachers. (foto: ist/palontaraq)
Peace Educators (foto: ist/palontaraq)

Lihat pula: Mau Studi Wisata Sejarah Makassar, Baca Dulu ini!

20 Oktober 2019 – Studi Wisata Sejarah Santriwati Kelas XI (Angkatan Jaswinder 521) Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep. Destinasi: Museum Kota Makassar, Fort Rotterdam, Masjid 99 Kubah, Masjid Cheng Hoo di Jalan Metro Tanjung Bunga, Museum Karaeng Pattingaloang, Benteng Sombaopu, Kompleks Makam Raja-raja Gowa, Masjid Katangka, Makam Syekh Yusuf.

Penulis di halaman Masjid Cheng Hoo, di Metro Tanjung Bunga. (foto: ist/palontaraq)
Penulis di halaman Masjid Cheng Hoo, di Metro Tanjung Bunga. (foto: ist/palontaraq)

21 Oktober 2019 – Seminar Nasional Merawat Cagar Budaya kita sebagai Pembentukan Karakter dan Identitas Nasional, diselenggarakan oleh Direktorat Sejarah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Komunitas Lembaga Lingkar Makassar, Hotel Singgasana Makassar.

Seminar Nasional Cagar Budaya di Hotel Singgasana Makassar. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Seminar Nasional Cagar Budaya di Hotel Singgasana Makassar. (foto: mfaridwm/palontaraq)

22 Oktober 2019 – Mengikuti Upacara Hari Santri 2019 bertema, “Santri untuk Perdamaian Dunia” di Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep. (Lihat beritanya disini: Ketua YASDIC IMMIM Pangkep: Pesantren adalah Laboratorium Perdamaian)

Foto bersama usai Mengikuti Upacara Hari Santri 22 Oktober 2019. (foto: ist/palontaraq)
Foto bersama usai Mengikuti Upacara Hari Santri 22 Oktober 2019. (foto: ist/palontaraq)

27 Oktober 2019 – Studi Wisata Sejarah Santriwati Kelas VIII (Angkatan Visioner 824) Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

28 Oktober 2019 -Mengikuti Upacara Hari Sumpah Pemuda di Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep. (Lihat beritanya disini: Gaya Busana Nusantara ala Santri Putri IMMIM di Hari Sumpah Pemuda)

Gaya Busana Adat Budaya Nusantara ala Santri Putri IMMIM di Hari Sumpah Pemuda. (foto: ist/palontaraq)
Gaya Busana Adat Nusantara ala Santri Putri IMMIM di Hari Sumpah Pemuda. (foto: ist/palontaraq)

31 Oktober 2019 – Mengikuti Bedah Buku, “Sistem Pangngaderreng dalam Latoa dengan Sistem Syariat Islam diselenggarakan oleh Perpustakaan Daerah Kota Makassar di Hotel Golden Tulip Essensial, Makassar.

Bedah Buku Sistem Pangngaderreng dengan Sistem Islam. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Bedah Buku Sistem Pangngaderreng dalam La Toa dengan Sistem Islam di Hotel Golden Tulip Essensial, Makassar. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Penulis bersama Pembedah Buku, Prof Dr Ahmad M. Sewang, MA, Guru Besar Sejarah Kebudayaan Islam UIN Alauddin Makassar. (foto: ist/palontaraq)
Penulis berbincang-bincang bersama Pembedah Buku, Prof Dr Ahmad M. Sewang, MA, Guru Besar Sejarah Kebudayaan Islam UIN Alauddin Makassar. (foto: ist/palontaraq)

2 November 2019 -Mengikuti Ujian Standarisasi Mutu (USM), MK. Prakiraan Bisnis – Pascasarjana Manajemen Universitas Patria Artha (UPA), Makassar.

Lihat pula: Beberapa Konsep Dasar dalam Prakiraan Bisnis

3 November 2019 – Studi Wisata Sejarah Santriwati Kelas X Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep (Destinasi: Museum Kota Makassar, Fort Rotterdam, Anjungan Pantai Losari, Benteng Sombaopu, Museum Karaeng Pattingaloang, Kompleks Makam Raja-raja Gowa, Masjid Katangka, Makam Syekh Yusuf, Pantai Tak Berombak)

7 November 2019 – Seminar Peningkatan Kompetensi Konsultan Sejarah yang diselenggarakan oleh Direktorat Sejarah – Direktorat Jenderal Kebudayaan – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hotel Gammara, Makassar.

Seminar Peningkatan Kompetensi Konsultan Sejarah di Hotel Gammara Makassar. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Seminar Peningkatan Kompetensi Konsultan Sejarah di Hotel Gammara Makassar, 7 November 2019. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Bersama Dr Uto Amrul Amir, Sejarawan UNHAS di Kegiatan Seminar Peningkatan Kompetensi Konsultan Sejarah. (foto: ist/palontaraq)
Bersama Dr Uto Amrul Amir, Sejarawan UNHAS di Kegiatan Seminar Peningkatan Kompetensi Konsultan Sejarah, 7 November 2019. (foto: ist/palontaraq)

8-9 November 2019 – Sebagai Panitia/Juri pada Pelaksanaan Kegiatan Lomba-lomba Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dalam lingkungan Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

Lomba-lomba yang diadakan: Lomba Shalawat, Lomba Cerdas Cermat Sejarah Nabi (CCSN), Lomba Asmaul Husna dengan gerakan tangan, Lomba Berkisah (Story Telling) tentang Kisah Nabi SAW, diakhiri dengan Nonton Bareng Film “Ar-Risalah”.

Baca Beritanya disini:  Rayakan Maulid Nabi SAW, Putri IMMIM gelar Nobar “Ar Risalah”

10 November 2019 – Mengikuti Perayaan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW di Aula Besar Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep. Pembawa Hikmah Maulid: Dr. Hj. Amrah Kasim, MA. (Direktur Pendidikan Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep)

14 November 2019 – Mencari Bahan Penulisan untuk Resensi Buku dan Resensi Film, Jalan-jalan ke Toko Buku Grahamedia dan Nonton Film “Joker” di Bioskop XXI Makassar Town Square (MTos), Kota Makassar.

Bahan Resensi Buku di TB. Grahamedia, MTos. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Buku Pilihan untuk Bahan Resensi Buku di TB. Grahamedia, MTos. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Film "Joker" untuk Bahan Resensi Film. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Film “Joker” untuk Bahan Resensi Film. (foto: mfaridwm/palontaraq)

17 November 2019 – Studi Wisata Sejarah Santriwati Kelas VII (Angkatan Zealous 925) Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep. Destinasi: Museum Kota Makassar, Fort Rotterdam, Anjungan Pantai Losari, Museum Karaeng Pattingaloang, Benteng Sombaopu, Masjid Agung Syekh Yusuf al-Maqassary, Kompleks Makam Raja-raja Gowa, Masjid Katangka, Makam Syekh Yusuf.

Foto bersama di Prasasti Peresmian depan Masjid Agung Syekh Yusuf, Gowa. (foto: ist/palontaraq)
Foto bersama di Prasasti Peresmian depan Masjid Agung Syekh Yusuf, Gowa. (foto: ist/palontaraq)

18 November 2019 – Mengikuti Kompetisi Blog Cagar Budaya Indonesia, “Rawat atau Musnah” yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Nasional.  (Silakan dibaca: Cagar Budaya Indonesia: Rawat atau Musnah?)

Kompetisi Blog Cagar Budaya Indonesia
Kompetisi Blog Cagar Budaya Indonesia

Lihat pula: Masjid Tua Katangka, Saksi Penyebaran Islam di Tanah Makassar

19 November 2019 – Mengikuti Rapat Yayasan/Pengasuh Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep dengan Pengurus Komite Sekolah di Ruang Ketua YASDIC IMMIM Pangkep.

20 November 2019 – Pemasangan Jaringan Internet Indihome di Pusat Layanan Internet Pesantren (PLIP)/Hotspot Center. Gagasan untuk menghadirkan Internet Sehat dan Aman sebagai media pembelajaran bagi siswi/santri tidak lagi sekadar gagasan, tapi sudah terwujud dalam bentuk sarana dan prasarana PLIP.

Kedepannya, semoga terwujud Pesantren berbasis TIK dan menjadikan internet sebagai media pembelajaran di sekolah, sekaligus sebagai media pengawasan perilaku dan ekspresi online, serta untuk manfaat kebaikan lainnya.

24 November 2019 – Mengikuti Workshop Bedah Syirkah bersama Asosiasi X Bankir Indonesia, X Bankir Makassar, Managing Partner Erwandi Tarmizi Associate (ETA) dan Lajnah Bisnis Shariah (LBS), Hotel Santika, Makassar.

Workshop Bedah Syirkah. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Workshop Bedah Syirkah. (foto: mfaridwm/palontaraq)

14 Desember 2019 – Menghadiri Reuni Perak (25 Tahun) Alumni 88-94 Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep di Aula Mini.

Lihat beritanya disini:  Santri Angkatan 88-94 gelar Reuni Perak

Reuni Perak, 25 Tahun, Alumni Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep. (foto: ist/palontaraq)
Reuni Perak, 25 Tahun, Alumni Ponpes Putri IMMIM Pangkep. (foto:mfaridwm/palontaraq)
Penyerahan Bingkisan/Bantuan dari Alumni, diterima secara simbolis oleh Ketua YASDIC IMMIM Pangkep, Dra Hj Sri Hajati Fachrul Islam. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Penyerahan Bingkisan/Bantuan dari Alumni, diterima secara simbolis oleh Ketua YASDIC IMMIM Pangkep, Dra Hj Sri Hajati Fachrul Islam. (foto: mfaridwm/palontaraq)

15 Desember 2019 – Ke Jakarta, mewakili ICT Watch Sulsel atas Undangan Oxfam Indonesia mengikuti EYW Annual Meeting.

16-18 Desember 2019 – Mengikuti Empower Youth for Work (EYW) Annual Meeting with Oxfam Indonesia di Hotel Mercure Sabang, Jakarta Pusat.

EYW Annual Meeting, Hotel Mercure, Sabang, Jakpus. (foto: mfaridwm/palontaraq)
EYW Annual Meeting, Hotel Mercure, Sabang, Jakpus. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Para Fasilitator dan Peserta EYW Annual Meeting. (foto: ist/palontaraq)
Para Fasilitator dan Peserta EYW Annual Meeting. (foto: ist/palontaraq)

Alhamdulillah, selama 4 Hari 5 Malam di Jakarta, 15-19 Desember 2019, diberikan kesempatan dan kesehatan untuk menuntaskan  7 tulisan tentang Obyek Wisata Sejarah, Budaya dan Kuliner Jakarta, diantaranya:

Mengenal Ondel-ondel Jakarta

Potret Si Pitung di Ruang Sabang 7 Hotel Mercure

Menikmati Sop Kaki Kambing di Kawasan Kuliner Sabang

19 Desember 2019 – Memanfaatkan Waktu sebelum kembali ke Makassar – Pangkep dari Pukul 07.30-12.00 WIB, Wisata Edukasi ke Perpustakaan Nasional RI dan Museum Nasional RI, Jakarta Pusat.

Penulis di Lantai 16 Layanan Koleksi Naskah Tua Nusantara, Perpustakaan Nasional RI, Jakpus. (foto: ist/palontaraq)
Penulis di Lantai 16 Layanan Koleksi Naskah Tua Nusantara, Perpustakaan Nasional RI, Jakpus. (foto: ist/palontaraq)
Penulis di depan Museum Nasional RI. (foto: ist/palontaraq)
Penulis di depan Museum Nasional RI. (foto: ist/palontaraq)

19 Desember 2019 – Pukul 17.30 WIB Kembali ke Makassar – Pangkep.  Membawa pulang Oleh-oleh sebuah Buku berjudul “Transliterasi Lontarak – Surek Ugi Sakkek Rupa”, hadiah dari Munasriana, Staf Perpustakaan Nasional RI Lantai 16 Layanan Koleksi Naskah Tua Nusantara, yang asalnya dari Bone Sulawesi Selatan dan Alumni UNHAS.

Penulis terinspirasi untuk menerjemahkan buku yang bersumber dari naskah Lontarak dan sudah ditransliterasi tersebut. Semoga suatu hari dapat terwujud dan juga diterbitkan sendiri oleh Perpustakaan Nasional RI.

Oleh-oleh Buku dari Perpustakaan Nasional RI. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Oleh-oleh Buku dari Perpustakaan Nasional RI. (foto: mfaridwm/palontaraq)

20 Desember 2019 – Bersama dengan Ketua dan Sekretaris Yayasan, Wakil Direktur serta Pimpinan Kampus menerima Rombongan Reuni Alumni (IAPIM 2009) Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep.

Menerima Bantuan Alumni IAPIM 2009. (foto: ist/palontaraq)
Menerima Kunjungan dan Bantuan Alumni IAPIM 2009. (foto: ist/palontaraq)
Foto bersama Pengasuh/Pembina Pesantren dengan Alumni (foto: mfaridwm/palontaraq)
Ketua YASDIC IMMIM, Wakil Direktur dan Pimpinan Kampus foto bersama dengan Perwakilan Alumni IAPIM 2009 di Hotspot Center Pesantren. (foto: mfaridwm/palontaraq)

21 Desember 2019 -Merayakan Ulang Tahun bersama Keluarga di Rumah, Minasatene-Pangkep.

22 Desember 2019 – Mengikuti Seminar Bisnis Islam bertema, “Pasar Digital dalam Tinjauan Syar’i” diselenggarakan oleh Perkreditan Syariah Makassar (PsM) di Hotel Max One, Kota Makassar.  (Lihat beritanya disini: Perkreditan Syariah Makassar gelar Seminar Bisnis Islam)

November – Desember 2019: Mengikuti Meeting secara berkala di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pangkep, Penyusunan Pokok-pokok Pikiran Pemajuan Kebudayaan Daerah dalam kapasitas sebagai Konsultan/Tenaga Ahli Sejarah Budaya (berdasar SK Bupati Pangkep No. 728 Tahun 2019).

***

Alhamdulillah, suatu kesyukuran bahwa penulis masih diberikan kesempatan, waktu luang dan kesehatan untuk beraktifitas mengikuti banyak kegiatan yang sangat beragam, sebagaimana disebutkan diatas yang sempat penulis ingat dan ada tulisan terpublishnya di media ini, beberapa diantaranya terpublish di media mainstream.

Saat ini rutinitas penulis sebagai Pengasuh/Humas dan Penanggung Jawab TIK di Ponpes Modern Putri IMMIM, juga mengajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Kelas VII-IX (SMP/MTs), dan Kelas X-XII (SMA/MA).

Studi Wisata Sejarah. (foto: ist/palontaraq)
Studi Wisata Sejarah. (foto: ist/palontaraq)

Rutinitas kembali mengajar ini penulis pilih setelah kontrak kerja berakhir di Tahun keempat sebagai Local Community Organizer (LCO) di CSR PT. Semen Tonasa. Ada alasan khusus tentunya yang membuat penulis memilih resign, namun tak perlu rasanya diungkap.

Penulis merasakan kebebasan dalam Menulis dan Mengajar di Tahun 2019 ini, bahkan berani pula mengambil Kelas online untuk mempermantap kemampuan membaca Kitab Kuning di Sekolah Baca Kitab (SBK). Kelas Online ini berjalan 4 Bulan dan Bulan keempatnya di Bulan Maret 2020. Semoga dimudahkan memahaminya.

Penulis juga mengikuti Program Kaderisasi Ulama dan Azatidz untuk Ilmu Hadits, Fikih Syafi’i, dan Bahasa Arab yang diselenggarakan oleh Ma’had Imam Bukhari Wahdah Islamiyah, mengambil sanad dari Ustadz Takbir bin Baso,S.Th.I,M.Th.I hafidzahullah. Semoga dilancarkan pemahamannya. Mohon Do’anya, ya!

Seminar Budaya Pangkep. (foto: ist/palontaraq)
Seminar Budaya Pangkep. (foto: ist/palontaraq)

Kesemua kegiatan sebagaimana disebutkan diatas, hanya semata karena kecintaan akan ilmu dan ada waktu luang untuk belajar. Bukankah untuk meraih kebahagiaan dunia harus dicapai lewat jalan ilmu?

Bukankah untuk meraih kebahagiaan akherat harus pula dicapai dengan menempuh jalan ilmu. Karena itu, mari mengakrabi ilmu dan berkhidmat kepada mereka yang berilmu, para guru dan ulama.

Prestasi terbesar di Tahun 2019 ini, adalah Web Blog ini sendiri, Palontaraq. Media ini juga penulis jadikan sebagai media partner dan supported untuk Website Pesantren Modern Putri IMMIM, yaitu https: immimpangkep.ponpes.id.

Peningkatan Kompetensi Konsultan Sejarah di Hotel Gammara, Makassar. (foto: ist/palontaraq)
Peningkatan Kompetensi Konsultan Sejarah di Hotel Gammara, Makassar. (foto: ist/palontaraq)

Alhamdulillah, Penulis bisa marathon menulis berbagai bidang ilmu, profesi dan pekerjaaan, serta tentang kegiatan yang diikuti. Sayangnya dua sub domain dari Palontaraq.id ini, kelihatannya seperti tidak terurus.

Buah dari kegesitan menulis ini penulis sadari sebagai bagian dari efek pernah lama berprofesi sebagai Jurnalis. Bagi Penulis, Web Blog Palontaraq.id yang sudah terverifikasi dan menghasilkan uang dari Google Adsense hanyalah Bonus saja, bukan menjadi tujuan utama.

Lebih dari itu, Penulis mendapatkan Kepuasan Intelektual dan secara psikologis, memberikan pula Kepuasan Emosional. Bagi Penulis, Menulis sangat baik bagi Kesehatan Jiwa.  Ratusan artikel, esai, berita, puisi, cerpen, resensi buku, resensi film, dan analisis lahir di Blog Palontaraq sepanjang Tahun 2019 ini.

Sementara Palontaraq.com (Palontaraq dotcom) terhitung mulai Januari 2020 ini akan berbenah untuk menjadi Toko Bugis Makassar online! Setelah sebelumnya penulis memindahkan keseluruhan berita, esai dan artikel ke Palontaraq.id.  Situs Palontaraq.com akan fokus untuk “Jualan Online”.

Untuk Tahun 2019 yang telah lewat ini, Penulis sama sekali tidak menerbitkan satu bukupun, namun beberapa bahan naskah yang dirancang untuk dibukukan telah terpublish di Blog ini. Insya Allah, jika tak ada aral melintang, semuanya akan dibukukan di Tahun 2020 ini. Do’akan saja! Semoga!

Wallahu ‘alam bish-shawab. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT