BerandaKolomWebinar yang Diikuti Palontaraq dalam Bulan Mei 2020

Webinar yang Diikuti Palontaraq dalam Bulan Mei 2020

Laporan: Muhammad Farid Wajdi

PALONTARAQ.ID – Masa Pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita lebih banyak berada di rumah karena adanya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selalu saja memunculkan kreatifitas baru, kreatifitas untuk tetap beraktifitas tanpa harus ke luar rumah.

Salah satu diantaranya adalah penyelenggaraan webinar (web seminar) yang saat ini begitu populer, khususnya di kalangan guru dan dosen, siswa dan mahasiswa, sebagai solusi tetap belajar dan mengajar, tetap hidup lingkungan akademik, dan komunikasi keilmuan tetap berjalan.

Di kekinian, Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah sangat memungkinkan untuk tetap melaksanakan pembelajaran tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Di kalangan pengusaha, pegawai pemerintahan, dan hampir semua sektor usaha masyarakat telah dapat memanfaatkan fasilitas internet untuk diskusi daring (dalam jaringan), seminar dan workshop online, dan lain sebagainya.

Melalui Webinar (kadang disebut pula Webminar atau Zoominar) ini, setiap orang dapat berinteraksi secara langsung, melalui gambar, video, dan text (chat).

Untuk mengikuti webinar, tak perlu datang ke suatu lokasi tempat yang ditentukan. Webinar ini telah memutus pula sekat-sekat geografis, etnis dan batasan-batasan lainnya.

Melalui Webinar ini, setiap orang yang ingin menjadi peserta hanya perlu siap (standby) pada waktu yang telah ditetapkan, dan dapat mengikutinya dimana pun Anda berada selama tersedia koneksi Internet yang stabil.

Selama masa pandemi global Covid-19, Redaksi Palontaraq.id memanfaatkan webinar ini sebagai bahan ngeblog (bahan tulisan di media Blog) dan suatu kesyukuran tersendiri bahwa umumnya webinar ini dilaksanakan secara free (gratis).

Berikut ini beberapa webinar yang diikuti Redaksi Palontaraq selama masa pandemi global Covid-19, khususnya di Bulan Mei 2020 ini.

3 Mei 2020 – Webminar Kementerian Agama KM Itera Lampung “Kampus Darurat LGBT: Mencegah LGBT dalam Pergaulan Mahasiswa” via Teleconference.

4 Mei 2020 – Seminar Virtual Big Data, diselenggarakan oleh Preinexus Multiversity Asia, Live on Channel Youtube.

6 Mei 2020 – Seminar Internasional via Zoom “Fikih Ramadan di Tengah Pandemi Covid-19 dalam Bahasa Arab, Penyelenggara: Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Lihat liputannya: DISINI

9 Mei 2020 – Webinar Sejarah “Berdamai dengan Sejarah: Pandangan Orang Indonesia terhadap Konflik Indonesia Belanda (1945-1949)” diselenggarakan oleh Historika Indonesia dan IDLC.

10 Mei 2020 – Bincang-bincang Sejarah Online “Bung Karno Sang Pejuang”, diselengarakan oleh Historika Indonesia, via Zoom Cloud Meeting dan Live on Facebook @Kongres Podcast.

12 Mei 2020 – Diskusi Daring Road to Konferensi Internasional Kajian Indonesia “Tantangan dan Peluang Pelaku Budaya Pasca Covid-19” diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan via Zoom Cloud Meeting.

– Serial Diskusi Hukum Islam di Barat dan Peluang Penelitian Kolaborasi bertema: “Perkembangan dan Kajian Hukum Islam di Amerika Serikat”, via Zoom Cloud Meeting pada Hari Selasa 12 Mei 2020, diselenggarakan oleh FSH UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

13 Mei 2020 – Diskusi Daring “Pandemi Covid-19: Apa Kabar Seniman?”, BNPB Sulsel, Live Streaming Youtube.

– Diskusi Daring “Sinergitas Pelestarian Cagar Budaya”, BNPB Kaltim (Live Streaming di Youtube)

14 Mei 2020 – Serial Diskusi Hukum Islam di Barat dan Peluang Penelitian Kolaborasi bertema: “Kajian Islam dan Hukum Islam di Rusia”, via Zoom Cloud Meeting, diselenggarakan oleh FSH UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

– Diskusi Daring, “Hantu Indonesia menurut Peneliti Korea – Bae Dong Sun”, diselenggarakan oleh Kongress Podcast dan Historika Indonesia, Live Stream at Facebook Kongress Podcast, Tanggal 14 Mei 2020.

15 Mei 2020 – Diskusi Online “Tantangan Tingkat Kejahatan pada Masa Pandemi (Covid-19) di Wilayah Jawa Barat”, diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan Bandung.

– Serial Diskusi Online “Menguatkan Imun Tubuh dengan Tumbuhan Obat Papua”, diselenggarakan oleh Yayasan Econusa bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat, 15 Mei 2020.

16 Mei 2020 – Serial Diskusi Hukum Islam di Eropa dan Peluang Penelitian Kolaborasi bertema: “Perkembangan dan Kajian Hukum Islam di Eropah”, via Zoom Cloud Meeting, diselenggarakan oleh FSH UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

17 Mei 2020 – Serial Diskusi Hukum Islam di Barat dan Peluang Penelitian Kolaborasi bertema: “Perkembangan dan Kajian Hukum Islam di Inggris”, via Zoom Cloud Meeting,  diselenggarakan oleh FSH UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

– Bincang-bincang Sejarah Online “Kejahatan Perang Westerling”, diselenggarakan oleh Komunitas Historika Indonesia dan Kongress Podcast, Ahad, 17 Mei 2020.

– Diskusi Online Hari Buku Nasional 17 Mei 2020, Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2020 bersama Penerbit Yapensi 25 Tahun Berlabuh di Lautan Pengabdian, 17 Mei 2020.

18 Mei 2020 – Webinar/Seminar Daring “Tradisi Budaya Nusantara Menjelang Hari Raya”, diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPCB) Sulawesi Selatan, Pukul 10.00-12.00 WITA.

– Diskusi Daring “Museum yang Inklusif: Apa Kabar Museum Manusia Purba Sangiran?” diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud RI, 18 Mei 2020.

– Virtual Tour Museum Kesejarahan Jakarta, diselenggarakan oleh Unit Pengelola Museum Kesejarahan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, sekaitan Hari Museum Internasional (International Museum Day), 18 Mei 2020. Lihat: DISINI

18-22 Mei 2020 – Kuliah Online “Undiksha Berbagi” diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), dengan Topik “Bagaimana Menyusun Cetak Biru (Blueprint) Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, Bersertifikat (Bertanda tangan, discan, secara elektronik, oleh Rektor Universitas Pendidikan Ganesha, Prof Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd.

19 Mei 2020 – Public Lecture Series: An International Discussion on Tourism and Disaster, diselenggarakan oleh Program Studi Pariwisata, Unika Atmajaya, Pukul 09.00-11.30 WIB.

– Workshop Online “What Profession Will Survive Post Covid-19?” (Financial Service), Managed by: CSA Institute, 19 May 2020.

– Webinar #TNYI “Mengapa Islam Mementingkan Ilmu Pengetahuan dan Alam Semesta: Belajar dari Fenomena Covid-19”, diselenggarakan oleh The New You Institute, Selasa, 19 Mei 2020.

– Seminar Daring “Tauhid Sosial” bersama Prof. Dr. H. Amien Rais, dipandu oleh Prof Refly Harun, 19 Mei 2020.

20 Mei 2020 – Diskusi Daring “Pemugaran dan Konservasi Cagar Budaya”, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sulawesi Selatan.

– Dialog Daring “Pelestarian Nilai Budaya Sulaman Lama Minangkabau”, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatera Barat, 20 Mei 2020.

– Webinar via Zoom “Sejarah Maritim di Kawasan Timur Indonesia” diselenggarakan oleh Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Provinsi Sulawesi Selatan, 20 Mei 2020.

– Seminar Online “Memanfaatkan PowerPoint untuk membuat Infografis” (live Cisco Webex), diselenggarakan oleh Inxindo Makassar, 20 Mei 2020.

– Online Power Talk “Islamic Economy and Finance on the World Stage: Indonesia the Awakening Giant”, IPMI International Business School, Jakarta 20 May 2020. (Bersertifikat No: 650/IPMI/CC/05/2020, tertanda tangan Prof Ir. M. Aman, M.Sc.,Ph.D., Executive Director IPMI).

21 Mei 2020 – Seminar Daring “Tantangan dan Peluang Pelestarian Budaya di Masa Pandemi”, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BNPB) via Zoom Cloud Meeting.

– Diskusi Online “Kiat Menghadapi The New Normal”, diselenggarakan oleh Harian Tribun Timur dan Summarecon Mutiara Makassar, 21 Mei 2020.

– Webinar Jurusan Sejarah FIS Universitas Negeri Padang, bertema: “Menumbuhkan Kembali Nilai-nilai Pendidikan Kebangsaan di Tengah Ancaman Covid-19”, 21 Mei 2020.

22 Mei 2020 – Diskusi Daring “Warisan Budaya: Antara Pelestarian dan Manajemen”, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sulawesi Selatan.

– Webinar Nasional Covid-19 Kota Kendari dengan Tema “Penyebaran, Model Dinamik, dan Ketahanan Wilayah”, Penyelenggara: Pascasarjana Universitas Halu Oleo, Kendari, 22 Mei 2020.

– Webinar “Penelitian Pariwisata di Era New Normal”, diselenggarakan oleh Politeknik Pariwisata Medan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jumat, 22 Mei 2020.

26-28 Mei 2020 – Webinar Metodologi Penelitian, Pukul 19.00-21.00 WIB, dengan Materi Riset Manajemen Sumber Daya Manusia (Narasumber: Dr. Anna Wulandari, SE.,MM dan Dr. Retno Purwani Setyaningrum, SE.,MM), Riset Manajemen Pemasaran (Narasumber: Bambang Tri Cahyono, M.Ec.,Ph.D dan Asc. Prof Dr. Taufiq Rachman, M.M.) dan Riset Manajemen Keuangan (Narasumber: Dr. M. Sapruwan, M.M dan Dr. Heru Mulyanto, SE.,MM).

27 Mei 2020 – Diskusi Daring “Jakarta Museum Talk”, diselenggarakan oleh AMI DKI Jakarta Paramita Jaya bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

28 Mei 2020 – Webinar Pendidikan, Relevansi Pendidikan Vokasi: Tantangan Kebekerjaan dan Adaptabilitas Tenaga Kerja, diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan dan Agama Kementerian PPN/Bappenas RI.

– International Maritime Webinar Series – Building Stronger Blue Economy after Covid-19 Pandemic, Managed/Cooperation with Kementerian Maritim dan Investasi (Marves) RI, CSIRO, Autsralian Government, World Bank Group, United Nation ESCAP, May 28th , 2020.

30 Mei 2020 – Halal Bi Halal dan Diskusi Virtual MASIKA ICMI Sulawesi Selatan melalui media Zoom, dengan Tema Idul Fitri, Pandemi dan Konsep New Normal Society bersama Prof Dr. Komaruddin Hidayat (Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia).

Koneksi Internet yang stabil dan cepat diperlukan dalam mendukung keiikutsertaan dalam Webinar. Karena itu, Penulis menyarankan menggunakan koneksi internet broadband yang lebih stabil dan kecepatan tinggi.

Webinar layaknya online streaming, membutuhkan kecepatan akses internet, speaker aktif atau Headset, dan jika menggunakan Laptop, harus dipastikan sudah ada speaker built in dan dalam keadaan nyala (on).

Umumnya pelaksana webinar menggunakan Email dan Whatsapp (WA) sebagai media penghubung menyebarkan link webinar bagi calon peserta. Link Webinar digunakan sebagai pintu masuk mengikuti Webinar, setelah peserta mendapatkan email konfirmasi dari Panitia Webinar.

Catat tanggal dan jam pelaksanaan webinar. Pastikan membuat reminder jika menggunakan Smartphone. Mengikuti Webinar sangat fleksibel, beberapa diantara penyelenggara malah me-link-an ke Youtube dan Facebook secara live, dan peserta yang tidak dapat mengikuti melalui Zoom misalnya, dapat mengikutinya via Live Youtube atau Live Facebook.

Mari Manfaatkan waktu untuk tetap menambah wawasan dan update informasi terkini selama masa pandemi Covid-19, salah satunya dengan mengikuti Webinar, jangan lupa untuk menyiapkan kuota internet yang cukup. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT