Sejarah Lokal Menengok Koleksi Museum Kota Makassar

Menengok Koleksi Museum Kota Makassar

-

- Advertisment -

Penulis didepan Museum Kota Makassar. (foto: ist/palontaraq)
Penulis didepan Museum Kota Makassar. (foto: ist/palontaraq)

Laporan: M. Farid W Makkulau

Tulisan sebelumnya:  Menelusuri Sejarah Makassar di Fort Rotterdam

PALONTARAQ.ID – Tak banyak yang tahu bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memiliki Museum Kota yang merekam jejak perjalanan Kota Makassar dari sejak Abad XVII hingga era reformasi saat ini.

Terima kasih sebelumnya kepada Lembaga Lingkar Makassar yang telah memfasilitasi penulis dan beberapa teman blogger lainnya ikut serta dalam “Jalan-jalan ke Bangunan Bersedjarah Kota Makassar”, akhir pekan kemarin, Sabtu (14/9/2019).

Museum Kota Makassar ini didirikan atas ide Walikota Makassar Drs HB. Amiruddin Maula, S.H.,M.Si dan diresmikan pada tanggal 7 Juni 2000, menempati Gedung Balai Kota lama yang terletak di tengah kota Makassar, yang sebelumnya juga pernah ditempati sebagai Kantor Bappeda Kota Makassar, tepatnya di Jl. Balai Kota 11 A, Kelurahan Baru, Kecamatan Ujungpandang.

Gedung Museum Kota Makassar ini memang awalnya merupakan Kantor “Major of Makassar” atau dibangun Pemerintah Hindia Belanda untuk difungsikan sebagai Kantor Walikota Makassar (Gementehuis) sejak masa Pemerintahan Hindia Belanda dalam Tahun 1916 (Ada pula yang menyebutnya, Tahun 1918).

Gedung Gemeentehuis diresmikan pada tahun 1918 oleh Walikota Makassar pertama J.E. Dan Brink, sebagai realisasi secara fisik bangunan dari pelaksanaan politik desentralisasi yang sudah berlangsung lebih 10 tahun sebelumnya.

Eks Kantor "Major of Makassar". (Koleks:TROPENMUSEUM Het raadhuis te Makassar op Celebes)
Eks Kantor “Major of Makassar”. (Koleks:TROPENMUSEUM Het raadhuis te Makassar op Celebes)

Eks Kantor "Major of Makassar". (Koleks:TROPENMUSEUM Het raadhuis te Makassar op Celebes)
Eks Kantor “Major of Makassar”. (Koleks:TROPENMUSEUM Het raadhuis te Makassar op Celebes)

Kehadiran Museum Kota Makassar ini ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya dengan Nomor Regnas RNCB.20100622.02.000339 dan SK Menteri NoPM.59/PW.007/MKP/2010 (Sumber:  DISINI), dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan dunia pendidikan dan masyarakat umum akan informasi mengenai identitas kesejarahan, budaya, kehidupan sosial dan perkembangan politik pemerintahan Kota Makassar.

Lihat pula:  Asal Usul Perubahan Nama Makassar dan Ujungpandang (1)

Melihat ke dalam Isi Museum

Dengan gaya dan model arsitektur Eropa Abad XVII, Museum Kota Makassar ini ternyata cukup luas untuk menampung banyak koleksi bersejarah. Dinding bangunan yang tebal dengan jendela kayu yang lebar serta beberapa ornamen gantung yang masih utuh terawat.

Museum Kota Makassar ini menyimpan banyak foto dan narasi tentang perjalanan Kota Makassar dari sejak Abad XVII sampai era reformasi saat ini. Di bagian depan ada terpajang Lambang Kota Makassar era Pemerintahan Hindia Belanda dan meriam yang diperkirakan berusia sekitar 300 tahun.

Bangunan Museum Kota Makassar bergaya arsitektur Eropah Abad XVII. (foto: ist/palontaraq)
Bangunan Museum Kota Makassar bergaya arsitektur Eropah Abad XVII. (foto: ist/palontaraq)

Bekas Kantor Walikota Makassar yang sekarang jadi Museum Kota Makassar. (foto: ist/palontaraq)
Bekas Kantor Walikota Makassar yang sekarang jadi Museum Kota Makassar. (foto: ist/palontaraq)

Meja Resepsionis, Bagian Pelayanan dan Penerimaan Pengunjung Museum. (foto: ist/palontaraq)
Meja Resepsionis, Bagian Pelayanan dan Penerimaan Pengunjung Museum. (foto: ist/palontaraq)

Lihat pula: Asal Usul Perubahan Nama Makassar dan Ujungpandang (2)

Saat masuk ke dalam Museum Kota Makassar yang pertama ditemui adalah Meja Resepsionis, bagian pelayanan dan penerimaan pengunjung museum. Disini, tamu dipersilakan untuk mengisi buku tamu dan sekaligus bisa bertanya sesuatu tentang Museum dan koleksinya, aturan dan waktu berkunjung. (Silakan cek IG: museumkotamakassar)

Ada sejumlah 560 koleksi dalam Museum Kota Makassar, baik yang berada di samping kanan dan kiri resepsionis maupun yang berada di belakangnya atau di lantai duanya.

Diantara koleksi museum itu ialah Peta bumi yang dibuat untuk kelancaran misi perdagangan dan politik di Indonesia pada masa silam, relief potret Ratu Wilhelmina dan Ratu Yuliana, foto reproduksi naskah, foto-foto peristiwa serta bangunan bersejarah, peralatan sehari-hari dan mata uang.

Ruang Profil Sejarah Pemerintahan Kota dan Walikota Makassar. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Ruang Profil Sejarah Pemerintahan Kota dan Walikota Makassar. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Koleksi Museum: Lukisan, Koin, dan Narasi tentang Ratu Wilhelmina. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Koleksi Museum: Lukisan, Patung, Koin, dan Narasi tentang Ratu Wilhelmina. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Koleksi Museum: Bata dalam berbagai ukuran yang dipakai dalam Membangun Benteng-benteng Makassar. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Koleksi Museum: Bata dalam berbagai motif dan ukuran yang dipakai dalam Membangun Benteng-benteng Makassar. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Secara umum, Museum Kota Makassar berisi koleksi sejarah, berupa Benda-benda arkeologi: Berbagai motif batu yang ditemukan di Benteng Somba Opu Makassar seperti motif lingkaran, tumpal, garis, geometris, pilin berganda dan garis mender lengkung.

Lihat pula: Perang dalam Khazanah Budaya Makassar

Ada pula koleksi Bola-bola meriam yang pernah dilontarkan Belanda saat membombardir Benteng Somba Opu saat Perang Makassar Tahun 1667. Ada pula koleksi Keramik Cinda dan Jepang masa Dinasti Ming abad ke 14-17 yang dibawa para pelaut Makassar dari negeri asalnya.

Koleksi Museum: Isi Perjanjian Bungaya 1667. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Koleksi Museum: Isi Perjanjian Bungaya 1667. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Bagian dalam Museum, dibelakang Resepsionis, ada sekat dinding, meja rapat dan tangga menuju lantai dua. (foto: ist/palontaraq)
Bagian dalam Museum, dibelakang Meja Resepsionis, ada sekat dinding, meja rapat dan tangga menuju lantai dua. (foto: ist/palontaraq)

Pengunjung Museum Kota juga dipuaskan dengan Koleksi Foto bangunan bersejarah, baik yang masih bertahan sampai sekarang maupun yang sudah musnah. Diantaranya foto Mesjid Melayu, Gereja Katedral, dan Mesjid Katangka.

Begitu pula foto pelayaran Orang Makassar ke Australia mencari teripang antara tahun 1881-1907, Koleksi dokumen Peta udara Makassar, serta isi dari Perjanjian Bungaya antara VOC dan Sultan Hasanuddin.

Lihat pula: Bugis Makassar dalam Lintasan Sejarah

Ada pula lukisan Arung Palakka dan Cornelis Speelman, Peta Benteng Somba Opu, serta koleksi mata uang dari masa VOC (Verenidge Oost-indische Compagnie), mata uang Kerajaan Gowa, mata uang bergambar Ratu Wilhelmina lengkap dengan patungnya.

Koleksi Museum: Peta Kota Makassar Abad 16-17. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Koleksi Museum: Peta Kota Makassar Abad 16-17. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Koleksi lukisan dan narasi tentang Arung Palakka, Sultan Hasanuddin, dan Cornelis Speelman, Tokoh Sejarah Perang Makassar dalam Abad XVII. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Koleksi lukisan dan narasi tentang Arung Palakka, Sultan Hasanuddin, dan Cornelis Speelman, Tokoh Sejarah Perang Makassar dan Perjanjian Bungaya dalam Abad XVII. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Koleksi Museum: Ruang Profil Walikota Makassar, HM Daeng Patompo dan Prestasinya. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Koleksi Museum: Ruang Profil Walikota Makassar, HM Daeng Patompo dan Prestasinya. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Ada pula rekaman jejak foto sejarah Pemerintahan Walikota Makassar sejak masa awal Revolusi fisik sampai sekarang. Koleksi foto dan prestasi dari para mantan Walikota Makassar.

Di ruang sebelah kanan dari depan dan di lantai dua, ada koleksi pakaian adat Bugis Makassar, berbagai pernak pernik tradisional hasil kerajinan rakyat dan ruang pertemuan bagi pengunjung/pembelajar sejarah.

Bagi pengunjung dari luar Kota Makassar, sangat mudah menemukan gedung Museum Kota Makassar sesuai Google Maps (gmaps), tinggal pesan Mobil atau motor berbasis aplikasi pelayanan online.

Jika dari luar Sulsel, dapat diakses dari Bandara Sultan Hasanuddin dengan jarak tempuh sekitar 20 km atau satu jam perjalanan.

Mari mengakrabi Sejarah Kota Makassar di Museum Kota Makassar. It’s Free! (*)

Penulis Palontaraqhttps://palontaraq.id/
M. Farid W Makkulau, pemerhati budaya dan penikmat sejarah. Kerap kali menggunakan nama pena Etta Adil saat menulis reportase, karya fiksi dan laporan perjalanan. Pernah menggeluti 10 tahun dunia jurnalistik, sebelum memutuskan mengisolasi diri di lingkungan sekolah islam sebagai seorang guru Selengkapnya

29 KOMENTAR

  1. Buatlah 1-2 alasan mengapa dlm belajar sejarah,kita perlu barengi dengan kunjungan ke museum atau wisata sejarah
    Jawab:1.agar menambah ilmu pengetahuan dan ilmu sejarah dan dpt bermotivasi yg tinggi
    2.agar dapat menambah wawasan ingin lebih tau ke pada sejarah

  2. Nama:haura alila tulbarizah
    Kelas:8b Mengapa dalam belajar sejarah, kita perlu barengin dengan kunjungan ke museum atau wisata sejarah?
    Alasannya agar siswa dapat mendalami pelajaran sejarah dan siswa dapat mengingatnya dengan lebih mudah karena melihat langsung benda bersejarah tersebut.

  3. Nama:haura alila tulbarizah
    Kelas:8b
    Mengapa dalam belajar sejarah, kita perlu
    barengin dengan kunjungan ke museum
    atau wisata sejarah?
    Alasannya agar siswa dapat mendalami
    pelajaran sejarah dan siswa dapat
    mengingatnya dengan lebih mudah karena
    melihat langsung benda bersejarah
    tersebut.

    • •mengapa dalam belajar sejarah kita perlu barengi dengan kunjungan ke museum atau wisata?Menurut tasya sendiri Kita perlu belajar dan berkunjung ke museum agar kita dapat menambah pengetahuan dan informasi juha dapat mendapatkan sudut pandang yang luas
      -tasya:)

  4. Nama : siti nabila shayma
    Kelas : 8 a

    Mengapa dalam sejarah,kita perlu barengin dengan kunjungan ke museum atau wisata sejarah? Agar siswi dapat lebih memahami penjelasan penjelasan yang di berikan oleh guru dengan cara melihat secara langsung

  5. Nama : siti nabila shayma
    Kelas : 8 a

    Mengapa dalam sejarah,kita perlu barengin dengan kunjungan ke museum atau wisata sejarah? Agar siswi dapat lebih memahami penjelasan penjelasan yang di berikan oleh guru dengan cara melihat secara langsung.

  6. Nabila alifia kabir
    Kls : 8B?✨
    Mengapa dalam belajar sejarah, kita perlu
    barengin dengan kunjungan ke museum
    atau wisata sejarah?

    Jawaban : •agar menambah ilmu pengetahuan dan ilmu sejarah dan dpt bermotivasi yg tinggi
    • siswa dapat
    mengingatnya dengan lebih mudah karena
    melihat langsung benda bersejarah
    •para pelajar jga bisa mengetahui apa yg terjadi pada jaman dahulu ntah itu waktu penjaja,peninggalan Belanda,rumah” bersejarah, makam” para pahlawan.

    Sekian dari Nabila kabir makasih untuk pengertiannya???

  7. Nama:Cinta Nadya Dwi Azzahrah Mustan.
    Kelas:VIIIB

    Buatlah 1-2 alasan mengapa dlm belajar sejarah,kita perlu barengi dengan kunjungan ke museum atau wisata sejarah?

    Jawaban:
    •. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan
    •agar menambah ilmu pengetahuan dan ilmu sejarah dan dpt bermotivasi yg tinggi
    • siswa dapat
    mengingatnya dengan lebih mudah karena
    melihat langsung benda bersejarah
    •para pelajar jga bisa mengetahui apa yg terjadi pada jaman dahulu ntah itu waktu penjaja,peninggalan Belanda,rumah” bersejarah, makam” para pahlawan.

  8. Nama : Siti atiqa fakhira
    Kelas : 8 a

    Mengapa dalam belajar sejarah, kita perlu
    barengin dengan kunjungan ke museum
    atau wisata sejarah? Agar para siswi dapat memahami dan melihat langsung apa yang di jelaskan oleh guru dan juga dapat mengetahui penjelasan penjelasan dari benda bersejarah tersebut

  9. Nama:Naurah Muthia
    Kelas:8a (zealous 925)
    Mapel :SKI(sejarah kebudayaan Islam)
    Tanggal:22.juli.2020(rabu)

    1.buatlah 1-2 alasan mengapa dalam belajar sejarah, kita perlu barengi dengan kunjungan ke museum atau wisata sejarah?
    Jawab:karena ketika kita belajar mengenai sejarah dan di barengi dengan kunjungan ke museum atau tempat bersejarah kita bisa lebih memahami dan mengetahui mengenai sejarah yang terjadi pada masa lampau. Kita juga dapat melihat langsung dan lebih gampang dalam mempelajari nya.

    2.Apakah dalam pembelajaran SKI (sejarah kebudayaan Islam) nanti nya ada pembelajaran sejarahnya perlu atau tidak kunjungan keluar atau tidak?
    Jawab:menurut saya kunjungan ke tempat bersejarah pada saat belajar SKI sangat lah penting karena kita bisa dengan langsung melihat, mempelajari, dan mengeksplorasi tempat bersejarah.

    3.kemukakan pula manfaat yang kamu rasakan dalam study wisata sejarah!
    Jawab:manfaat yang dapat di peroleh dalam study wisata sejarah sangat lah banyak misalnya:1.kita dapat melihat langsung tempat bersejarah tersebut
    2.kita dapat mengeksplorasi tempat bersejarah tersebut
    3.dapat menambah ilmu pengetahuan mengenai tempat bersejarah
    4.kita menjadi lebih bersemangat dalam belajar mengenai sejarah dengan cara mengunjungi tempat tempat bersejarah
    5.dapat menambah wawasan.

  10. Nama;huriyah alifah nur fathinah
    Kelas :8a

    Soal..
    Buatlah 1-2 alasan mengapa dlm belajar sejarah,kita perlu barengi dengan kunjungan ke museum atau wisata sejarah

    Jawaban:
    1.Agarr para siswa dpat menyaksikan dan
    mempelajari langsung bukti bukti sejarah
    d museum atau tempat wisata tersebut
    2.agarrrr siswaa yang mlihat peninggalan
    sejarah tersebut dapat termotivasi untuk
    menikmati dan mngembangakn rasa
    nasionalisme dan kebangsaan

    Dann dengan belajar sejarah memberikan dampak dan manfaat yang banyak antara lain:- belajar dari masalalu
    -menimbulkan rasaa mengenang jasa
    parah pahlawan
    -meningkatkan rasa nasionalisme dan
    kebangsaan
    -dapat menambah wawasan sejarah
    -dapat mengetahui asal mula sesuatu
    melalui membaca sejarah
    -termotivasii Darii sejarahh dan
    perjuangan pahlawan”

  11. Tasya
    kelas 8 b
    •mengapa dalam belajar sejarah kita perlu barengi dengan kunjungan ke museum atau wisata?Menurut tasya sendiri Kita perlu belajar dan berkunjung ke museum agar kita dapat menambah pengetahuan dan informasi juha dapat mendapatkan sudut pandang yang luas
    -tasya:)

  12. Andi Qaidah Adibah
    Kelas:8a

    •Mengapa dalam belajar sejarah, kita perlu barengin dengan kunjungan ke museum atau wisata sejarah?

    Menurut aida,Alasannya agar siswa dapat mendalami pelajaran sejarah dan siswa dapat mengingatnya dengan lebih mudah karena melihat langsung benda benda bersejarah tersebut.
    -aida:)

  13. Soal..
    Buatlah 1-2 alasan mengapa dlm belajar sejarah,kita perlu barengi dengan kunjungan ke museum atau wisata sejarah

    Jawaban:
    1.Agarr para siswa dpat menyaksikan dan
    mempelajari langsung bukti bukti sejarah
    d museum atau tempat wisata tersebut
    2.agarrrr siswaa yang mlihat peninggalan
    sejarah tersebut dapat termotivasi untuk
    menikmati dan mngembangakn rasa
    nasionalisme dan kebangsaan

    Dann dengan belajar sejarah memberikan dampak dan manfaat yang banyak antara lain:- belajar dari masalalu
    -menimbulkan rasaa mengenang jasa
    parah pahlawan
    -meningkatkan rasa nasionalisme dan
    kebangsaan
    -dapat menambah wawasan sejarah
    -dapat mengetahui asal mula sesuatu
    melalui membaca sejarah
    -termotivasii Darii sejarahh dan
    perjuangan pahlawan”

  14. Nur Rahmah Arifin (8)b.
    -buatlah 1-2 alasan mengapa dalam belajar sejarah, kita perlu barengi dengan berkunjungan ke museum atau wisata sejarah
    -jawab: 1. Agar mempelajari sejarah dengan cara yang nyaman dan menyenangkan, serta 2. menumbuhkan minat anak terhadap sejarah bangsa sejak usia dini. Misalnya, pusat kerajinan batik yang memiliki museum berisi informasi sejarah dan sebagainya

  15. Najwa annur aziza (8b):)
    Buatlah 1-2 alasan mengapa dlm belajar sejarah,kita perlu barengi dengan kunjungan ke museum atau wisata sejarah.
    Jawab: 1. Mendapat sudut pandang waktu yang lebih jelas dan luas
    2. Meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan

  16. Nama; huriyah alifah nur fathinah
    Kelas;8a
    Mapel :ski
    1.buatlah 1-2 alasan mengapa dalam belajar sejarah, kita perlu barengi dengan kunjungan ke museum atau wisata sejarah?
    Jawaban:
    1.Agarr para siswa dpat menyaksikan dan
    mempelajari langsung bukti bukti sejarah
    d museum atau tempat wisata tersebut
    2.agarrrr siswaa yang mlihat peninggalan
    sejarah tersebut dapat termotivasi untuk
    menikmati dan mngembangakn rasa
    nasionalisme dan kebangsaan

    2.Apakah dalam pembelajaran SKI (sejarah kebudayaan Islam) nanti nya ada pembelajaran sejarahnya perlu atau tidak kunjungan keluar atau tidak?
    Jawab; menurut sayaa ituu perluu karnaa agar siswaa dapat melihat secara langsung bukti” sejarah dan agar dpt mengekspor tmpat/pembelajaran sejarah dan agar mempunyai pengalaman dalam mengunjungi tempat bersejarah

    3.kemukakan pula manfaat yang kamu rasakan dalam study wisata sejarah!
    Jawab;manfaat yang dapat saya peroleh adalah -dpt melihat,menyaksikan , mempelajari secara langsung tempat” wisata sejarah
    -menambah ilmu dan wawasan mengenai sejarah
    -menambah pengalaman brkujung ke wisata sejarah
    -dapat mersakan rekreasi sekalian belajar
    belajar dari masalalu
    -menimbulkan rasaa mengenang jasa
    parah pahlawan
    -meningkatkan rasa nasionalisme dan
    kebangsaan
    -dapat menambah wawasan sejarah
    -dapat mengetahui asal mula sesuatu
    melalui membaca sejarah
    -termotivasii Darii sejarahh dan
    perjuangan pahlawan”

  17. Kelas:8A
    Jawaban:

    -agar pembelajarannya makin seru dan makin mengenalnya
    -agar memperluas pengalaman dan wawasan
    -agar kita bisa mendalami belajar maka dari itu kita harus pergi ke museum nya
    – agar mendapatkan nuansa yang berbeda

    Dan apa yang saya rasakan ketika mengikuti studi wisata sejarah yaitu seru sekali serasa masuk kedunia lain 🙂 dan kita bisa menghayati apa yang terjadi di waktu yg lalu lalu 🙂 sekian dan terimakasih

  18. Zahrani Burhanuddin
    8B

    Mengapa dalam belajar sejarah, kita perlu barengi dengan kunjungan ke museum atau wisata sejarah?
    -Jawaban:agar para siswi dapat memahami dan melihat langsung apa yang dijelaskan langsung oleh guru dan juga dapat mengetahui penjelasan-penjelasan dari benda bersejarah tersebut

  19. Nur Rahmah Arifin 8b
    -buatlah 1-2 alasan mengapa dalam belajar sejarah, kita perlu barengi dengan berkunjungan ke museum atau wisata sejarah
    *Jawab :
    Agar mempelajari sejarah dengan cara yang nyaman dan menyenangkan. Serta kebiatan ini dapat menumbuhkan minat bakat terhadap sejarah bangsa sejak usia dini. Misalnya, pusat kerajinan batik yang memiliki museum berisi informasi sejarah perkembangan batik di Indonesia

  20. Nama : Nurul Ramadhani
    Kls: 8a

    Buatlah 1-2 alasan mengapa dalam belajar sejarah kita perlu barengi dengan kunjungan ke museum atau wisata sejarah?
    Jawab : agar pembelajaran makin seru dan makin mengenalnya
    -belajar dan dapat melestarikan budaya/peninggalan yang masih ada
    -bisa sebagai referensi mengisi waktu luang di hari libur dan mengenal lebih benda/peristiwa di masa lampau

  21. Nur annisa
    Kelas B

    Wajib jika tempat itu tidak terlalu jauh dri sekolah kita karna agar siswa dapat memahami semua benda benda tradisional dan berbagai macam benda benda yg ada di sna dan jika tempat itu jauh dri tempat tinggal tidak usa

  22. Khairunnisa naurah aafiyah 8b
    buatlah 1-2 alasan mengapa dalam belajar sejarah, kita perlu barengi dengan berkunjungan ke museum atau wisata sejarah
    -jawab
    *Agar siswa dapat lebih mendalami tentang sejarah² yg ia pelajari, berdasarkan bukti yg ada di museum tersebut
    *Agar siswa jga dapat mendapatkan pengalaman lebih dengan adanya wisata sejarah

  23. Salsa Billa 7b

    Mengapa dalam sejarah,kita perlu barengin dengan kunjungan ke museum atau wisata sejarah? Agar siswi dapat lebih memahami penjelasan penjelasan yang di berikan oleh guru dengan cara melihat secara langsung

  24. Hilmi azizah (8a)

    Buatlah 1-2 alasan mengapa dalam belajar sejarah, kita perlu barengin dengan kunjungan ke museum atau wisata sejarah?
    :-Agar dapat menambah wawasan yang kita ketahui tentang sejarah
    -Dapat melihat secara langsung pengalaman pengalaman sejarah membuat rasa penasaran kita terhadap apa yang kita pelajari terbayarkan.

  25. Nama:Ayesha azura Achmad
    Kelas:8 A
    Mapel:SKI

    dengan mengunjungi tempat atau tempat sejarah langsung dapat membantu kita melihat barang sejarah tersebut dan membuat para pelajar semangat dalam pembelajaran karna dapat melihat barang sejarah secara langsung

  26. Nama: faizah az-zahrah rahman
    Kelas: 8b

    Buatlah 1-2 alasan mengapa dalam belajar sejarah, kita perlu barengi dengan kunjungan ke museum atau wisata sejarah?
    : 1.Karena jika kita pergi berkunjung ke tempat bersejarah tersebut kita lebih bisa memahami secara lengkap bagaimana asal-usul dari tempat tsb.
    2.karena jika kita juga berkunjung maka akan mengurangi sedikit rasa bosan ketika hanya belajar saja tanpa mengunjungi tempat yang di maksud pada saat terjadinya proses belajar-mengajar.

  27. Naila aziza hamzah {8a}
    1.Buatlah 1-2 alasan mengapa dalam belajar sejarah, kita perlu barengi dengan kunjungan ke museum atau wisata sejarah?
    Jawabnya:perlu karna….
    -1.supaya kita dapat menambah wawasan terhadap berbagai cabang ilmu pengetahuan baru yang sebelumnya tidak dikenalnya/diketahuinya
    -2 reverensi visual Krna akan menciptakan suasana belajar yang berbeda dengan me

    2.kalau perlu jelaskan ,kemukakan pula manfaat yg kamu rasakan dlm studi wisata sejarah,,
    Perlu dan manfaat yg sy rasakan;
    Meningkatkan rasa syukur kita terhadap Alloh SWT
    Menambah wawasan dan pengetahuan siswa langsung dari tempat yang dikunjungi seperti museum, tempat bersejarah dan lain -lain.
    Dengan adanya study tour, pembelajaran menjadi terasa menyenangkan dan tidak membosankan
    Meningkatkan rasa kekeluargaan dengan sesama teman maupun dengan guru – guru
    Membuat pikiran rileks sejenak dari rutinitas pembelajaran di kelas setiap harinya
    Menimbulkan rasa ingin tahu yang tinggi tentang tempat – tempat yang dikunjungi
    Memberikan pengalaman secara langsung sehingga dapat mengingat lebih jelas karena langsung melihat bentuk fisiknya

  28. Nur Insani
    8B
    1 . buatlah 1-2 alasan mengapa dalam belajar sejarah kita perlu di barengi dengan kunjungan ke museum atau wisata sejarah?
    *Agar kita mengetahui lebih banyak tentang sejarah.
    *Supaya siswa/siswi tidak merasa bosan dan bersemangat untuk mempelajari sejarah.

    2.manfaat dalam studi tour adalah
    *Menambah wawasan dan pengetahuan tentang sejarah.
    *Mengurangi rasa bosan dan jenuh.
    *Memberikan banyak pengalaman.
    *Mengenal banyak tempat-tempat bersejarah.
    Dll.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you