Pengobatan Tradisional terhadap Tipes

Typhoid Fever

Typhoid Fever

Oleh: Muhammad Farid Wajdi, Anggota Asosiasi Pengobat Tradisional dan Ramuan Indonesia (ASPETRI) Sulsel

TIPES. Umumnya pikiran pertama yang terbersit di benak saat mendengar gejala dan penyakit tipes adalah kemestian rawat inap. Tipes atau demam tifoid adalah penyakit infeksi bakteri yang disebabkan oleh jenis Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi, begitu ilmu medis memberinya pengertian.

Infeksi bakteri tersebut terjadi di usus halus namun kumannya dapat menyebar ke aliran darah. Gejala tipes ini mirip dengan gejala Demam Berdarah (DBD),sehingga banyak yang salah mengartikan kondisi tersebut.

Biasanya gejala tipes diawali dengan demam, sakit perut, sakit kepala dan kelelahan. Seiring berjalannya waktu, tipes dapat menimbulkan gejala lebih parah, seperti sembelit (konstipasi), diare, penurunan nafsu makan, muntah, menggigil, ruam pada kulit, mimisan, dan keluar darah pada feses.

Lihat juga: Herba Alami untuk Atasi Batuk

Gejala tipes biasanya dapat diatasi selama 2-4 pekan jika disertai dengan pengobatan yang tepat. Pengobatan standar, yaitu dengan pemberian Obat-obatan antibiotik, analgetik-antipiretik, dan lain sebagainya.

Pengobatan Tradisional

Ada berbagai macam cara pengobatan tradisional, yang secara empirik ampuh dan efektif mengatasi gejala tipes dan menyembuhkan Penyakit Tipes, yaitu:

1. Kompres Air Hangat

Cara ini dapat menurunkan suhu tubuh saat demam karena tipes. Ambil lap atau handuk bersih, kemudian rendam dalam air hangat dan peras. Letakkan handuk tersebut di dahi dan gantilah secara teratur (jika sudah dingin).

Bisa juga ditempelkan pada bagian tubuh tertentu, seperti di bagian ketiak, selangkangan, tangan atau kaki untuk menurunkan suhu tubuh.  Lakukanlah secara teratur agar suhu tubuh dapat segera turun. Hindari penggunaan air es untuk mengompres, karena hal tersebut dapat memperburuk kondisi.

Kompres air hangat

Kompres air hangat

Lihat juga: Daun Sambung Nyawa dan Manfaatnya

2. Tingkatkan Asupan Cairan Tubuh

Gejala penyakit tipes, seperti diare serta demam tinggi dapat membuat tubuh Anda mengalami kekurangan cairan (dehidrasi). Oleh karena itu, meningkatkan asupan cairan tubuh dapat membantu mengendalikan kondisi tersebut.  Komsumsilah jus buah segar, teh herbal, air kelapa, air gula, dan sup. Disarankan minum air putih hangat 8-10 gelas yang telah dimasak setiap hari.

3. Membuat Oralit

Membuat Oralit atau ORS (Oral Rehydration Salts) untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare.  Caranya: Ambil ½ sdt  garam dan 2 sdt gula, Larutkan dalam air dan minumlah secara rutin.

4. Cuka Apel

Kandungan asam dalam cuka apel dapat membantu menurunkan panas dan suhu tubuh, selain mencegah tubuh kehilangan mineral akibat diare. Ambil ½ sdt cuka apel dan sedikit madu, campurkan  ke dalam air lalu minumlah sebelum makan selama 5-7 hari.

Alternatif lainnya,  campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 2:1 lalu masukkan handuk atau lap dalam larutan tersebut dan peras. Letakkan kompresan tersebut pada dahi dan ganti handuk secara berkala. Lakukan cara tersebut sampai demamnya reda.

Cuka Apel

Cuka Apel

Lihat juga: Bawang Putih dan Manfaatnya untuk Kesehatan

5. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan alami yang dapat  meningkatkan kekebalan tubuh,  menyingkirkan racun berbahaya dan mempercepat proses penyembuhan.  Konsumsilah 2 siung bawang putih sebelum makan atau saat perut kosong. Lakukan cara ini selama beberapa pekan.

Bisa juga campurkan ½ sdt bawang putih tumbuk dengan secangkir susu dan air. Rebuslah campuran tersebut hingga menjadi  ¼ bagian saja lalu minumlah sebanyak  3 kali perhari.  Hindari penggunaannya untuk  wanita hamil dan anak kecil.

6. Daun Basil

Daun Basil memiliki bentuk mirip dengan daun kemangi. Sifat anti bakteri dan antibiotik yang terdapat didalamnya sangat baik untuk membantu menghilangkan bakteri, juga  untuk mengurangi demam, meredakan gejala sakit perut, dan meningkatkan imunitas.

Daun Basil

Daun Basil

Siapkan 20 lembar daun basil dan satu sdt tumbukan jahe, lalu masukkan ke dalam air. Rebus campuran tersebut sampai setengah bagian. Tambahkan madu dan minumlah 2-3 kali sehari.  Bisa juga dengan  membuat jus basil, dengan mencampurkan 5-7 daun basil dan sedikit lada hitam, lalu di blender  dan diminum 2-3 kali sehari selama beberapa pekan.

Lihat juga:  Cara Membuat Minuman Herba Jahe

7. Cengkeh

Sifat antibakteri dapat  membantu mengurangi intensitas diare dan muntah.  Ambil 5-7 cengkeh dan masukkan ke dalam air mendidih. Rebus hingga airnya menjadi setengah bagian. Setelah dingin, minumlah larutan herbal tersebut pada siang hari. Lakukan minimal selama sepekan.

Cengkeh

Cengkeh

8. Pisang

Mengonsumsi pisang setiap hari dapat meredakan demam tifoid. Pisang mengandung pektin yang merupakan serat larut dan dapat menyerap cairan dari usus, sehingga dapat membantu mengatasi diare.

Tak hanya itu, kandungan potassium di dalamnya juga dapat mencegah hilangnya elektrolit tubuh selama diare dan demam. Konsumsilah 2-3 pisang matang setiap hari sampai demam reda. Bisa juga dengan mencampurkan 2 buah pisang dengan ½ gelas yogurt dan satu sendok teh madu, minum 2-3 kali sehari dalam sepekan.

Pisang

Pisang

Lihat juga: Buah Naga Merah untuk Asam Urat

9. Buttermilk

Buttermilk merupakan susu yang dihasilkan dari fermentasi mentega. Sifatnya mudah dicerna, membantu tubuh terhindar dari dehidrasi dan mempercepat proses pemulihan. Konsumsilah 2 gelas buttermilk setiap hari sampai  sembuh total. Bisa juga  campurkan 2 sdt jus daun ketumbar dengan buttermilk. Lalu, konsumsi sebanyak 2 kali sehari selama sepekan.

Buttermilk

Buttermilk

10. Makanan Bernutrisi Tinggi

Mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi dianjurkan untuk mempercepat penyembuhan penyakit tipes dan  agar terhindar dari rasa lemah karena demam. Pemilihan makanan yang tepat dapat menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh serta meningkatkan  imunitas tubuh.

Caranya dengan meningkatkan asupan kalori, energi yang cukup pada tubuh. Konsumsilah makanan yang kaya protein, seperti susu dan telur untuk mempercepat proses penyembuhan.

Konsumsilah lebih banyak makanan tinggi karbohidrat untuk meningkatkan energi. Hindari makanan yang mengandung gula dan lemak berlebih. Konsumsilah lebih banyak jus buah, kaldu, dan sup untuk melengkapi mineral yang hilang. Untuk Anak-anak yang terserang tipes disarankan agar menghindari jajan di luar atau makan makanan yang tidak higienis.

Makanan Bernutrisi tinggi

Bahan makanan sehat bernutrisi tinggi

Ingatlah selalu meminum air yang telah direbus dan menghilangkan kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein, berkarbonasi, beralkohol, dan makanan pedas.  Konsumsilah lebih banyak makanan berserat tinggi jika  mengalami sembelit akibat demam tifoid. Ambil ½ sendok teh biji psyllium dan masukkan ke dalam air hangat dan minumlah untuk memperlancar buang air besar.

Lihat juga:  29 Manfaat Daun Bidara

11. Buah Cranberry

Buah cranberry memiliki sifat anti bakteri untuk meningkatkan imunitas tubuh. Bisa langsung dikonsumsi atau menjadikannya jus cranberry sebagai penambah energi. Bagi wanita hamil atau orang yang memiliki alergi terhadap buah ini sebaiknya menghindarinya.

Buah Cranberry

Buah Cranberry

12. Lemon sebagai Disinfektan alami

Lemon mampu mengatasi masalah saluran pencernaan sehingga mampu meredakan demam tifoid.  Campurkan sedikit madu ke dalam jus atau perasan buah lemon. Konsumsi minuman herbal tersebut selama sepekan dan pasca pemulihan.

Lihat juga: Kunyit Asam dan Manfaatnya untuk Kesehatan

13. Delima

Buah delima bisa meningkatkan energi tubuh dan mencegah dehidrasi. Cukup tambahkan madu atau lada hitam pada jus delima untuk membantu meredakan demam tifoid.

14. Wortel 

Sayuran ini diyakini dapat membantu proses penyembuhan penyakit tipes karena banyaknya kandungan antioksidan di dalamnya yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Sebaiknya konsumsi sayuran ini setelah  mengukusnya atau meminumnya sebagai jus.

Lihat juga: Khasiat Madu saat Dicampur Kayu Manis

15. Madu

Madu mampu mengatasi gangguan pada proses pencernaan saat sakit tipes. Masukkan satu sdm madu ke dalam air hangat. Setelah itu, minumlah ramuan herbal tersebut  untuk mengembalikan energi yang hilang selama sakit tipes.

Madu (foto: ist/palontaraq)

Madu (foto: ist/palontaraq)

16. Jeruk

Jeruk  dapat memberikan asupan air, nutrisi,  mineral dalam tubuh, dan  membantu meningkatkan imunitas tubuh.  Selain itu, jeruk memiliki efek pendinginan untuk mengurangi rasa gelisah dan ketidaknyamanan karena demam tifoid. Masukkan perasan jeruk nipis secukupnya ke dalam secangkir jus jeruk, kemudian minum sebanyak 3 kali sehari untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Lihat juga:  Cara Atasi Plak Pembuluh Darah

17. Bunga Echinacea

Bunga Echinacea berfungsi sebagai penguat jaringan dalam tubuh. Rebus akar Echinacea secukupnya dengan segelas air selama 10 menit.  Setelah mendidih, saring larutan itu dan minumlah  sebanyak 3 kali sehari.  Bisa juga  dengan menumbuk/mengiling Bunga Echinacea hingga menjadi bubuk. Lalu rebus dalam segelas air dan tunggu hingga 10 menit. Kemudian disaring dan diminum 3 kali sehari.

Bunga Echinacea

Bunga Echinacea

18. Bunga Jambu Biji

Bunga dan daun jambu biji efektif mengatasi diare, selain itu berkhasiat mengobati batuk dan pilek, mengurangi dahak atau lendir, membatasi aktivitas mikroba, dan mendisinfeksi saluran pernafasan. Hal ini karena banyaknya kandungan zat nutrisi, vitamin C dan zat besi di dalam jambu biji yang bermanfaat mengatasi tipes dan penyakit lain yang disebabkan oleh infeksi virus.

Ambillah bunga jambu biji secukupnya dan giling hingga halus. Campurkan dengan segelas susu kambing dan aduk hingga rata. Konsumsilah minuman tersebut sebelum makan atau saat perut kosong. Minumlah sebanyak 3 kali sehari sampai kondisi tubuh membaik.

Lihat juga: Terapi Fashdu dan Manfaatnya

19. Kismis

Kismis merupakan tonik alami dan pembunuh bakteri demam tipoid yang hebat. Masukkan kismis dalam segelas air dan biarkan semalaman.  Keesokan harinya, minum air rendaman tersebut dan lakukan ini setiap hari.

manfaat-kismis

Kismis

20. Air Kelapa

Air kelapa terkenal dengan energi alaminya, yang mengandung beberapa mineral penting seperti magnesium, sodium, lemak, kalsium, potassium, magnesium, karbohidrat atau elektrolit yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan energi. Bisa juga dikombinasikan dengan Buttermilk.

Minumlah air kelapa sebanyak mungkin setiap kali terserang tipes. Bisa juga dengan menambahkan tumbukan pisang ke dalam air kelapa untuk mendapatkan hasil lebih maksimal. Air kelapa cukup untuk menghindarkan diri dari dehidrasi.

Lihat juga: Berobat dengan Kurma Madinah

Terakhir, jika mengalami tipes, lupakanlah sejenak rutinitas yang melelahkan.  Istirahat yang cukup, dan penting untuk mengingatkan seluruh keluarga agar selalu menjaga sanitasi dan kesehatan lingkungan untuk menghindari penyebaran penyakit.

Wallahu ‘alam bish-shawab. (*)

 

Like it? Share it!

Leave A Response