BerandaKesehatanFashduCara Atasi Plak Pembuluh Darah

Cara Atasi Plak Pembuluh Darah

Oleh:  Muhammad Farid Wajdi

Tulisan Sebelumnya: Muhasabah saat Sakit

PALONTARAQ.ID – PEMBULUH darah kita setelah sekian lama mengalirkan darah, kemungkinan akan terjadi pengerakan pada dindingnya, apalagi dengan gaya makan yang tidak sehat.

Kerak yang terbentuk pada dinding pembuluh darah bisa membentuk lima kemungkinan jenis plak, yaitu Plak  kolestrol,  Plak  asam urat,  Plak  gula darah,  Plak  trigliserida, Plak  racun.

Jika seseorang pada suatu saat mengalami kadar asam urat tinggi pada darahnya, kemudian sembuh dengan obat-obatan dokter dan hasil test/analisa laboratorium menyatakan kadar asam urat darah sudah normal lalu dinyatakan sehat. Tetapi tidak demikian dengan saluran pembuluh darahnya karena mungkin sudah ada plak asam urat yang menempel.

Plak ini bisa terlihat dengan scan, tapi tidak tercermin dari pemeriksaan darah. Demikian juga dengan plak-plak yang lainnya mungkin sudah ada terbentuk pada dinding pembuluh darah. Jika suatu saat plak-plak ini copot lalu  mengalir ke arteri jantung dapat terjadi penyumbatan, akibatnya bisa fatal, yaitu serangan jantung.

Jika plak-plak yang copot tersebut mengalir ke arah otak dan menyumbat maka terjadilah stroke.  Jika plak-plak tersebut  terbentuk  di arteri jantung yang jadi menyempit sehingga  otot jantung kekurangan sirkulasi darah dan oksigen, maka biasanya ini akibat plak kolestrol, maka terjadi penyakit jantung koroner.

Lihat pula: Resep Obat Jantung Bengkak

Untuk mengatasi semua itu, sangat penting menjaga kelancaran aliran darah, pembuluh darah yang bersih dan bebas plak. Cara alami untuk menyehatkan pembuluh darah  adalah dengan  mengonsumsi makanan sehat alami secara rutin tiap hari dan menghindari makanan yang tidak  sehat seperti goreng-gorengan, lemak tinggi, dan lain-lain.

Cara lainnya adalah dengan rutin berbekam (hijamah) atau dengan Terapi Fashdu, mengeluarkan darah dari pembuluh darah vena, mirip tindakan donor darah.

Ketahui lebih banyak tentang Fashdu: DISINI

Darah hasil fashdu. Cairan berwarna putih tanda glukosa dan asam urat tinggi. (foto: ist/palontaraq)
Darah hasil fashdu. Cairan berwarna putih tanda glukosa dan asam urat tinggi, menunjukkan sudah adanya plak pada dinding pembuluh darah. (foto: ist/palontaraq)

Lihat pula: 3 Hari Melawan Kritis

Air Jahe dan Air Akar Alang-alang

Untuk Plak kolestrol bisa dilunturkan, paling ampuh dengan air jahe. Plak Asam urat dilunturkan paling ampuh dengan wortel segar 1 batang perhari (air kelapa tua, pepaya, nenas sebagai alternatif), dan Plak Gula darah bisa diatasi dengan bengkoang segar (pepaya dan semangka sebagai alternatif).

Untuk plak Trigliserida bisa diatasi dengan air kelapa tua (air kencur dan semangka sebagai  alternatif), sedang plak racun  dengan air  akar alang-alang dan kentang kukus (bukan rebus). Syaratnya  makan makanan sehat secara segar bersama ampasnya. Untuk  Kentang dikukus bersama kulit, makan 1 butir perhari, kulit dikupas saat makan.

Cara membuatnya: Untuk  air jahe/kencur dibuat dengan cara jahe/kencur ukuran sejempol dikupas bersihkan dan digeprek, rebus 1 gelas air sampai mendidih, lalu cemplungkan jahe/kencur sambil api, tunggu sampai 30 detik lalu matikan. Jangan terlalu lama merebusnya agar enzymnya yg berkhasiat tetap ada.

Untuk membuat Air akar alang-alang: 1 batang alang-alang ukuran minimum 20 cm digeprek, direbus dengan air 1 gelas seperti cara merebus jahe/kencur tetapi waktunya hanya 15 detik saja agar enzymnya yang berkhasiat tidak hilang.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Wallahu ‘alam bish-shawab. (*)

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT