BerandaKesehatanHerba29 Manfaat Daun Bidara

29 Manfaat Daun Bidara

Oleh:  Muhammad Farid Wajdi *)

PALONTARAQ.ID – INFORMASI Qur’ani menyebutkan bahwa tanaman bidara adalah salah satu tanaman surga, dan bahkan sangat ditakuti jin dari seluruh bagiannya (dari akar hingga daun) menyimpan berbagai manfaat untuk manusia.

Hal ini disebutkan Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah Al-Waqiah: 28. Menanam tanaman bidara sebenarnya sangat mudah dan juga karena tanaman ini mudah tumbuh subur.

Menanam bidara haruslah diniatkan pertama sebagai upaya menghidupkan sunnah, niscaya akan mendatangkan keberkahan. Sedikitnya terdapat 29 keajaiban yang sempat penulis catat terkait budidaya tanaman bidara dan pemanfaatannya.

1. Daun Bidara Sebagai Obat dari Gangguan Jin dan Sihir

Jika anda merasakan adanya gangguan jin maupun sihir,  ambil daun bidara secukupnya, sekitar 7 helai, kemudian masukan kedalam air yang telah anda bacakan ayat Al-Quran di dalamnya, kemudian gunakan air tersebut untuk membasuh tubuh atau bagian tubuh yang dianggap terkena gangguan sihir.

Bisa pula dengan meminum tumbukan daun bidara yang telah dicampur dengan segelas air putih yang telah dibacakan ayat Al-Quran di dalamnya, minum secara rutin sampai anda merasa gangguan tersebut telah hilang.

2. Daun Bidara untuk Memandikan Jenazah

Daun bidara bisa digunakan sebagai campuran air untuk memandikan jenazah. Hal ini pernah diperintahkan Rasulullah SAW kepada para sahabatnya ketika hendak memandikan salah seorang jenazah.

Hal ini dilakukan karena daun bidara memiliki semacam zat yang membuat jenazah menjadi wangi.

3. Daun Bidara Sebagai Penguat Rambut

Bagi para wanita maupun laki-laki yang mendambakan rambut yang kuat dan indah. Anda bisa menggunakan tumbukan daun bidara sebagai shampo anda. Hal ini terbukti secara medis mampu membuat rambut lebih indah dan kuat.

4. Daun Bidara untuk Menghilangkan Jerawat

Anda malu dengan jerawat yang membandel? Kurang percaya diri dengan penampilan anda karena memiliki banyak jerawat? Mulai saat ini berbahagialah, karena daun bidara terbukti ampuh sebagai masker yang mampu menghilangkan jerawat secara efektif.

Masih belum percaya? Silahkan dibuktikan sendiri keampuhannya, tentunya jangan lupa untuk menggunakannya secara teratur setiap harinya.

5. Daun Bidara untuk Menghilangkan Bau Darah Bekas Haid

Anda sedang haid? Malu dengan bau darah yang kadang-kadang mengganggu orang-orang sekitar? Tidak perlu kawatir, biasakan mulai saat ini mandi menggunakan campuran daun bidara, hal ini terbukti bisa mengurangi bau yang ditimbulkan oleh darah haid.

6. Daun Bidara Dijadikan Sirup, Manisan, dan Bahan Makanan

Anda penggemar sirup, manisan atau pecinta sayuran? Mulai saat ini anda bisa membuat sirup dan manisan dengan perasan daun bidara, atau anda bisa mencampurkan daun bidara kedalam sayur soup atau sayur asem, insya Allah anda akan mendapatkan sensasi baru dari rasa yang belum pernah anda coba sebelumnya.

7. Daun Bidara Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Gores dan Bakar

Daun bidara secara ilmiah mengandung antiseptik, yang mana ini sangat berguna sebagai pelindung tubuh anda dari serangan kuman. Selain itu dengan menaburkan tumbukan daun bidara diatas luka goresan maupun luka bakar yang anda alami, dapat mempercepat proses penyembuhannya secara efektif.

8. Daun Bidara Sebagai Bahan Kosmetik Wajah

Daun Bidara juga sangat bagus untuk perawatan kulit dan wajah bagi perempuan.  Cukup gunakan tumbukan daun bidara sebagai make up rutin anda sehari-hari, zat yang ada di dalam daun bidara terbukti ampuh memperindah dan melembutkan wajah wanita.

9. Daun Bidara Menjaga Kulit Tetap Kering

Jika kulit kering, cukup gunakan tumbukan daun bidara sebagai bahan lulur, maka keluhan kulit kering yang anda alami bisa berkurang sedikit demi sedikit.

10. Daun Bidara dapat Menghilangkan Depresi

Apakah anda sering mengalami depresi dan stres? Jika iya, tidak ada salahnya anda mencoba membiasakan diri untuk meminum 2 gelas jus daun bidara, selain rasanya yang lumayan lezat, senyawa yang terdapat di daun ini bisa menghilangkan depresi dan stress.

11. Daun Bidara Meningkatkan Nafsu Makan

Anda ingin terlihat lebih berisi dan besar? Nafsu makan anda masih sangat rendah? Konsumsilah daun bidara secara teratur, bisa anda jadikan jus maupun anda masukan ke dalam campuran sayur yang anda masak.

12. Daun Bidara Mencegah Diabetes

Daun bidara mengandung glikemik yang rendah, itu artinya daun ini bisa dimanfaatkan untuk terapi sakit diabetes yang anda alami. Baik itu diabetes melitus gertasional maupun diabetes tipe 1 maupun 2.

13. Daun Bidara sebagai Pakan Hewan Ternak

Tidak hanya bermanfaat bagi manusia, ternyata daun bidara juga sangat digemari oleh hewan ternak. Maka jika anda kehabisan rumput sebagai pangan hewan ternak anda, daun bidara bisa dijadikan alternatif sementara pangan ternak anda.

14. Daun Bidara Mengobati Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri dan Virus

Di dalam daun bidara terdapat senyawa yang disebut antibakterial. Oleh karena itu daun ini bisa dijadikan terapi penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bakteri, seperti batuk, pilek, maupun penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti flu babi, flu burung, maupun penghambat pertumbuhan virus HIV/AIDS.

15. Daun Bidara sebagai Obat Lambung

Jika anda memiliki keluhan pada lambung anda, seperti maag, kanker lambung, atau selainnya, tidak ada salahnya anda mencoba meminum tumbukan daun bidara setiap harinya secara teratur.

16. Daun Bidara sebagai Obat Sariawan, Bibir Pecah-pecah dan Gusi Berdarah

Karena kandungan senyawa antibakterial yang terdapat di dalamnya. Daun bidara bisa difungsikan sebagai obat sariawan, bibir pecah-pecah, maupun gusi berdarah.

17. Daun Bidara Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker dan Tumor

Di dalam daun bidara terdapat suatu zat yang berfungsi mencegah pertumbuhan sel-sel yang abnormal. Oleh karenanya mengkonsumsi daun bidara secara teratur berfungsi sebagai pencegahan dan pengobatan terhadap berbagai penyakit kanker dan tumor.

18. Daun Bidara Mengobati Masalah Keputihan dan Haid yang Tidak Teratur

Bagi perempuan yang  memiliki masalah keputihan atau mengalami sirkulasi menstrurasi yang tidak teratur? Jika demikian, jangan lupa untuk mengonsumsi daun bidara secara teratur setiap harinya.

19. Daun Bidara Mengatasi Ejakulasi Dini atau Lemah Syahwat

Kaum lelaki yang memiliki keluhan lemah sawah, buat dan minumlah jus daun bidara 2 kali sehari, pagi dan malam ketika akan tidur. Jika rutin melakukannya, maka keluhan anda bisa berkurang sedikit demi sedikit.

20. Daun Bidara sebagai Obat Bisul dan Ambeien

Jika anda memiliki bisul dan penyakit ambien, jangan terburu-buru untuk melakukan operasi. Buat dan Minumlah jus daun bidara 2 kali sehari, dengan tambahan gula sedikit saja. Minum dengan rutin, insya Allah bisa menjadi obat bagi penyakit anda.

21. Daun Bidara sebagai Obat Penurun Demam

Kandungan antibakterial yang terdapat di dalam daun bidara terbukti ampuh menurunkan demam yang anda rasakan. Tidak percaya, silahkan dibuktikan sendiri. Anda bisa mengkonsumsinya langsung setelah direbus, atau membuatnya menjadi sayur, atau membuatnya menjadi jus.

22. Daun Bidara Merawat Kesehatan Tulang dan Gigi

Ingin tulang dan gigi anda tetap kokoh ketika anda sudah berusia lanjut?  Anda bisa menjadikan Daun Bidara sebagai herba untuk merawat kesehatan tulang dan gigi.

23. Daun Bidara sebagai Penurun Tekanan Darah Tinggi

Selain berfungsi menghilangkann depresi dan stres, daun bidara juga terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

24. Daun Bidara Mengobati Insomnia

Anda sudah lelah namun sulit untuk tidur? Apakah anda tersiksa setiap malam karena sulit untuk beristirahat? Cobalah untuk meminum juz daun bidara rutin setiap hari sebelum tidur, insya Allah gangguan insomnia yang anda alami bisa berkurang sedikit demi sedikit.

25. Daun Bidara Mengobati Nyeri Ketika Buang Air Kecil, Berdarah, atau Bernanah

Anda sering merasakan nyeri ketika akan buang air kecil? Atau bahkan air seni anda bercampur dengan darah dan nanah? Cobalah mulai rutin dan sering memakan daun bidara setiap harinya.

Jangan lupa juga, Jadikan jus daun bidara sebagai sahabat anda ketika sedang bersantai.

26. Daun Bidara sebagai Pembersih Usus

Hampir semua penyakit itu bersumber dari perut dan usus. Biasanya orang yang memiliki usus yang kotor akan cenderung terkena berbagai macam jenis penyakit.

Mulai saat ini ikut sertakan daun bidara sebagai hidangan utama anda, karena menurut penelitian, daun bidara terbukti ampuh membersihkan kotoran-kotoran yang tertinggal di usus.

27. Daun Bidara Mengobati Penyakit Kardiovaskuler

Apakah anda memiliki gangguan jantung dan pembuluh darah? Jika iya, maka jangan lupa untuk senantiasa mengonsumsi jus daun bidara setiap harinya.

Berdasarkan tes medis, daun bidara berfungsi mengobati penyakit kardiovaskuler, yang mana penyakit ini berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.

28. Daun Bidara Memperbaiki Sel-sel Tubuh yang Rusak

Anda ingin lebih awet muda? Atau anda ingin memiliki tubuh yang sehat? 2 gelas jus daun bidara setiap hari bisa menjadi alternatif anda.

Di dalam daun bidara terdapat suatu senyawa yang berfungsi memperbaiki kinerja sel-sel tubuh, sehingga menyebabkan wajah dan tubuh anda lebih segar dibanding orang yang tidak mengkonsumsi daun bidara secara teratur.

29. Daun Bidara Mengobati Radang Kulit

Anda memiliki keluhan radang kulit di tubuh anda? Mulai saat ini tak usah bingung atau resah dengan apa yang menimpa anda. Tumbuklah beberapa helai daun bidara, lalu oleskan tumbukan tersebut ke daerah kulit yang mengalami radang, Insyaa Allah radang kulit anda akan sedikit berkurang.

Demikianlah 29 Manfaat Daun Bidara yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat adanya. (*)

 

(* Muhammad Farid Wajdi, Pegiat “Thibbun Nabawi” (Bekam, Herbal, dan Ruqyah Syar’iyyah) dan Praktisi Kedokteran Timur, Traditional Chinese Medicine (TCM). 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT