Cara Membuat Minuman Herba Jahe

by Penulis Palontaraq | Jumat, Feb 8, 2019 | 131 views
Minuman Herba Jahe. (foto: ist/palontaraq)

Minuman Herba Jahe. (foto: ist/palontaraq)

Oleh: Muhammad Farid Wajdi

Tulisan Terkait: Khasiat Jahe

Jahe merupakan tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi (Bahasa Sanskerta: singaberi). Jahe diperkirakan berasal dari India, ada pula yang mempercayai dari Republik Rakyat Tiongkok Selatan.

Dari India, tanaman jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan menjadi komoditas yang populer di Eropa.

Dalam Alqur’an, Allah SWT menyebut jahe sebagai campuran minuman yang ada dalam surga. “Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe” (Al-Insan: 17). Allah SWT menyebut jahe dalam firman-Nya diatas tentu mengandung manfaat yang sangat baik bagi hamba-Nya.

Beberapa cara membuat minuman herba jahe yang multi-khasiat,  diantara ialah dengan mengupas kulit jahe lalu iris dengan ketebalan sekira ¼ inci. Masukkan irisan jahe lalu tempatkan dalam sebuah panci kecil, tambahkan air sesuai keinginan.

Setelah itu, Letakkan panci di atas kompor dan biarkan mendidih. Saring air jahe ke dalam gelas. Tambahkan 4 sendok makan madu, aduk rata lalu tutup air jahe dengan selembar tisu. Biarkan hingga dingin.

Baca Juga: Teh Penyemangat untuk Kesehatan Jantung

Jahe dapat pula dimanfaatkan sebagai juicer. Cuci bersih jahe, potong kasar, lalu haluskan dengan juicer. Jika kulit lunak dan lembut, Anda tidak perlu mengupas jahe. Masukkan jus jahe ke dalam 1 cangkir air panas kemudian saring. Tuang 2,5 sendok makan madu, aduk rata dan siap minum.

Untuk dapat membuat jahe instan, tuangkan 2 sendok teh bubuk jahe ke dalam cangkir atau gelas, lalu aduk rata. Tambahkan 2 sendok makan gula batu dan aduk lagi. Lebih enak bila disajikan dingin dengan es batu.

Jahe dapat pula dicampurkan dengan Teh, dibuat menjadi Teh Jahe. Caranya: Tempatkan satu teh celup jahe ke dalam cangkir. Rebus 1 gelas air hingga mendidih lalu tuangkan ke cangkir teh.

Setelah itu, diamkan sekira 15 menit. Buang kantong tersebut dan tambahkan gula batu/ madu sesuai selera. Aduk rata dan biarkan dingin. Anda juga bisa menyajikannya dengan es batu dan daun min.

Selamat Mencoba. (*)

 

Like it? Share it!

Leave A Response