Oleh: Muhammad Farid Wajdi
Related Post: Mengapa Mesti Belajar Sejarah Kebudayaan Islam?
PALONTARAQ.ID – Materi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) berdasar Kurikulum 2013 (K-13) untuk Siswa/Santri yang duduk di Kelas IX Semester Ganjil terdiri atas tiga Bab sebelum Ujian Semester.
Tiga Bab/sub Bab tersebut, berikut Tujuan Pembelajarannya ialah:
Bab 1. Sejarah Masuknya Islam di Nusantara
1.1. Proses Masuknya Islam di Nusantara
Lihat pula: Islam masuk ke Nusantara saat Rasulullah SAW masih hidup
1.2. Tersebarnya Islam di Nusantara melalui Perdagangan, Sosial, dan Pengajaran.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa/Santri memahami proses masuknya Islam di Nusantara melalui Perdagangan, Sosial, dan Pengajaran.
2. Siswa/Santri mampu memaparkan alur perjalanan para pedagang Arab/penyebar Islam dalam berdakwah di Nusantara.
Bab 2. Kerajaan-kerajaan Islam di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi
2.1. Kerajaan-kerajaan Islam di Sumatera
Lihat pula: Mengenal Kerajaan Samudera Pasai
2.2. Kerajaan-kerajaan Islam di Jawa
Lihat pula: Mengenal Kerajaan Islam Pajang
2.3. Kerajaan-kerajaan Islam di Sulawesi
Lihat pula: Daftar Raja Gowa: Sombayya ri Gowa
Lihat pula: Masjid Tua Katangka, Saksi Penyebaran Islam di Tanah Makassar
Lihat pula: Sekilas tentang Kerajaan Tallo
Lihat pula: Tana Luwu, Negeri terbit Fajar Peradaban La Galigo dan IslamÂ
Lihat pula: Pangkep lebih dulu terima Islam dibanding Gowa
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa/Santri mampu memahami Sejarah Kerajaan Islam di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.
2. Siswa/Santri mampu menceritakan Sejarah Kerajaan Islam di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.
Lihat pula: Palontaraq ajak Studi Wisata Sejarah Sulsel
Bab 3. Para Tokoh dan Peranan Mereka dalam Perkembangan Islam di Nusantara
3.1. Ulama-ulama awal Nusantara
3.2. Meneladani Semangat Para Ulama dalam Penyebaran Islam di Nusantara
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa/Santri mampu memahami biografi para Ulama/Tokoh dan perannya dalam mengembangkan Islam di Nusantara, antara lain: Wali Songo, Syekh Abdur Rauf Singkel, Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari, KH. Ahmad Dahlan, dan KH Hasyim Asyari.
2. Siswa/Santri mampu menceritakan biografi para Ulama/tokoh tersebut dalam mengembangkan Islam di Nusantara.
Demikianlah Pokok Bahasan/sub Pokok Bahasan dari Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang diajarkan di Semester Ganjil MTs Kelas IX.
Wallahu ‘alam bish-shawab. (*)
Muhammad Farid Wajdi, Pengasuh Ponpes Modern Putri IMMIM Pangkep/Guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Tolong bantu saya,untuk mendapatkan materi kelas 3 tentang pelajaran SKI semester ganjil