BerandaLiterasi15 Spot Wisata Alam di Sulawesi Tengah

15 Spot Wisata Alam di Sulawesi Tengah

Oleh: Muhammad Farid Wajdi 

Related Post: Mengenal Museum Negeri Sulawesi Tengah

PALONTARAQ.ID – Pernah ke Sulawesi Tengah? Daerah yang pernah diguncang Gempa dan Tsunami dahsyat ini merupakan salah satu titik wilayah Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa, menyimpan banyak potensi wisata alam yang eksotis, seru, dan menarik.

Berikut ini 15 Spot wisata alam yang bisa dijelajahi dalam wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, yaitu:

1. Danau Poso

Danau Poso. (foto: kompas/*)
Danau Poso. (foto: kompas/*)

Danau Poso ini sudah lama menjadi daya tarik wisatawan karena kejernihan airnya. Danau ini merupakan danau air tawar terbesar ketiga dan disini, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti memancing, berenang, atau sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah.

2. Pusentasi

Pusentasi (foto: liputan6/*)
Pusentasi (foto: liputan6/*)

Pusentasi adalah salah satu tempat wisata viral di Palu. Pusentasi dalam bahasa lokal berarti pusar air laut atau sumur air laut. Pusentasi terkenal karena bisa melihat jernihnya air laut dikelilingi batu karang yang membentuk seolah kamu tengah berada di sebuah sumur raksasa.

3. Cagar Alam Morowali

Cagar Alam Morowali (foto: Sport Tourism/*)
Cagar Alam Morowali (foto: Sport Tourism/*)

Cagar Alam Morowali adalah Taman Nasional yang merupakan rumah bagi masyarakat tradisional Suku Wana dan juga berbagai hewan endemik seperti Anoa, Burung Maleo, Babi Rusa, dan fauna lainnya.

4. Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore Lindu. (foto: ist/*)
Taman Nasional Lore Lindu. (foto: ist/*)

Salah satu obyek wisata yang paling terkenal di Sulawesi Tengah adalah Taman Nasional Lore Lindu, didalamnya menyimpan keanekaragaman flora dan fauna yang sangat kaya, termasuk di antaranya adalah tarsius, anoa, dan rusa. Di sini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti hiking, trekking, dan birdwatching.

5. Pantai Talise

Pantai Talise. (foto: merdeka/*)
Pantai Talise. (foto: merdeka/*)

Wisata Pantai Talise merupakan kawasan wisata yang termasuk sangat mudah diakses karena dekat dengan pusat kota dan berada tepat di sebelah Jalan Besar Negeri. Di pantai ini kamu bisa menikmati hamparan pasir sembari menikmati keindahan laut Sulawesi dan juga Kota Palu disaat bersamaan.

6. Pantai Tanjung Karang Donggala

Pantai Tanjung Karang Donggala. (foto: republika/*)
Pantai Tanjung Karang Donggala. (foto: republika/*)

Pantai Tanjung Karang Donggala memiliki ciri khas dengan hamparan pasir putihnya, karena itu tempat wisata ini sangat tepat untuk melakukan aktivitas olahraga air seperti snorkeling, diving, atau sekedar berjemur menikmati matahari di pantai.

7. Gunung Matantimali

Gunung Matantimali. (foto: metrosulawesi/*)
Gunung Matantimali. (foto: metrosulawesi/*)

Wisata Gunung Matantimali menjanjikan hamparan bentangan alam Sulawesi Tengah yang indah dari ketinggian. Spot wisata ini menjadi spot camping favorit bagi penikmat wisata alam.

8. Gunung Gawalise

Gunung Gawalise. (foto: Larizhotel/*)
Gunung Gawalise. (foto: Larizhotel/*)

Gunung Gawalise yang berada di ketinggian sekitar 2.023 mdpl sebenarnya adalah wilayah permukiman Suku Da’a, namun tempat wisata alam dan menantang bagi pendaki gunung ini kerap menjadi tempat observasi flora dan fauna. Di Gunung ini, pengunjung bisa menemukan bunga edelweiss, yang membuat petualangan menjadi seru dan menarik.

9. Kepulauan Togean

Kepulauan Togean FotoOkezone
Kepulauan Togean (Foto:Okezone/*)

Berkunjung ke Sulawesi Tengah, tak akan sempurna sebelum merasakan pesona keindahan alam kepulauan di Togean. Kepulauan ini juga menyimpan ekosistem bawah laut yang menakjubkan, pilihan terbaik untuk kamu penggemar olahraga diving.

Kepulauan Togean, merupakan deretan beberapa pulau yang masuk dalam wilayah Administratif Kabupaten Tojo Una-una di Perairan Teluk Tomini. Pulau yang masuk kawasan ini adalah Togian, Batudaka, Poat, Waleabahi, dan pulau lainnya dengan panjang pulau sekitar 90 km.

Kepulauan Togean sendiri merupakan Taman Nasional yang terdiri dari dua ekosistem yaitu darat dan laut. Lokasinya yang sangat terpencil dan jauh dari kehidupan kaum urban merupakan daya tarik tersendiri dari para wisatawan untuk mengunjungi kepulauan yang terdiri dari enam pulau besar ini.

10. Pulau Pasoso

Pulau Pasoso merupakan sebuah pulau kecil, hanya seluas 64 hektar. Namun, pulau ini menawarkan keindahan sunset dan sunrise yang menawan, pantai pasir putih yang bersih dihiasi pohon-pohon kelapa, air laut yang jernih, hingga keindahan bawah lautnya yang masih terjaga.

Pulau Pososo ini juga disebut Pulau penyu, disini dapat disaksikan aktivitas sekelompok penyu naik ke darat untuk bertelur. Ya, pulau ini telah ditetapkan sebagai area konservasi penyu. Untuk mencapai pulau ini dapat ditempuh melalui beberapa jalur, namun jalur utama adalah dari desa Mapaga di desa Labean, 108 km sebelah Utara Kota Palu.

11. Pulau Lutungan

Pulau Lutungan berada di bagian sebelah barat teluk Toli Toli, untuk bisa ke pulau ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan transportasi air. Selain memiliki keindahan yang unik dan menakjubkan, Pulau ini juga memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Pulau Lutungan memiliki keindahan pasir putih yang sangat menawan yang berpadu dengan biru dan jernihnya air laut di sekitar pulau, ditambah lagi pepohonan hijau yang tumbuh subur di pulau ini juga memberikan kesan sejuk kepada para wisatawan yang berkunjung.

12. Bukit Keles

Bukit Keles salah satu objek wisata favorit di Luwuk, Banggai Sulawesi Tengah yang menyuguhkan pemandangan indah Kota Luwuk dari ketinggian. Alamnya yang indah dan suasana sejuk tepat sebagai tempat menenangkan pikiran.

13. Pulau Kadidiri

Pulau Kadidiri. (foto: ist/*)
Pulau Kadidiri. (foto: ist/*)

Pulau Kadidiri merupakan pulau yang masuk dalam kawasan Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una Sulawesi Tengah. Untuk mencapainya, harus menggunakan kapal laut selama 3-6 jam perjalanan tergantung kondisi ombak. Keindahan serta pulau yang penuh pesona eksotis dan alami menjadikan Pulau Kadidiri sebagai destinasi wisata bagi para diver.

Pengunjung Pulau Kadidiri dapat menikmati wisata bawah laut sepanjang tepi pulau Kadidiri. Pulau ini sangat romantis bagi traveler yang ingin berbulan madu atau menghabiskan akhir pekan di pulau ini. Setiap cottage (penginapan) di Pulau Kadidiri menyediakan olahan ikan dan seafood yang disajikan 3 kali sehari dengan biaya sudah termasuk penginapan per malam. Berbagai pilihan makanan laut bisa dinikmati disini.

Beberapa kegiatan selain diving juga bisa dilakukan traveler selama di Taman Bawah Laut Pulau Kadidiri ini. Aktifitas wisata tersebut seperti berenang, berlayar, memancing, berjemur di sepanjang pantai hingga treking hutan tropis di Pulau tersebut.

14. Air Terjun Saluopa

Air Terjun Saluopa. (foto: kompasiana/*)
Air Terjun Saluopa. (foto: kompasiana/*)

Air Terjun Saluopa berada dalam kawasan hutan sekitar Tentena. Untuk menikmati pemandangan air susun yang indah di Saluopa, perlu mempersiapkan fisik yang terjaga staminanya karena untuk mencapai air terjun ini harus menelusuri hutan terlebih dahulu.

15. Air Terjun Laumarang, Salodik dan Piala

Ketiga spot wisata air terjun ini berada di Kabupaten Banggai. Tempat wisata ini memang sangat cocok bagi yang suka berenang atau berendam seraya merasakan sensasi air terjun yang menyegarkan.

Air Terjun Laumarang adalah salah satu destinasi wisata alam menakjubkan di Luwuk Banggai. Terletak di tengah hutan yang subur, air terjun ini tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari kehidupan sehari-hari yang sibuk dan menikmati kedamaian alam.
Lokasi Air Terjun Laumarang sangat menantang dijelajahi melalui jalur alami, menyusuri sungai kecil, dan melintasi hutan yang rindang. Di sepanjang perjalanan, berbagai tumbuhan tropis, dan berbagai spesies flora yang menarik menjadi suguhan pemandangan menarik. Bagi pecinta burung, terdapat juga kesempatan untuk melihat dan mendengar berbagai spesies burung yang hidup di sekitar hutan. 

Air terjun Salodik terletak di Desa Salodik merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di wilayah tersebut. Untuk mencapai obyek wisata ini, pengunjung harus melalui jalur darat selama sekitar 1 jam atau sejauh 27 kilometer dari Kota Luwuk. Namun, perjalanan yang ditempuh akan sebanding dengan keindahan alam yang ditemukan di sana.

Air Terjun Piala adalah destinasi yang sempurna untuk melarikan diri sejenak dari kesibukan kota. Terletak hanya 15-20 menit perjalanan dari Kelurahan Hanga-hanga, destinasi ini menawarkan pemandangan yang memukau, diiringi dengan udara yang segar dan sejuk. Air Terjun Piala terkenal karena keindahannya yang memukau. Saat pertama kali melihatnya, Anda akan terpesona oleh kekuatan dan keelokan air yang jatuh membentuk aliran yang menakjubkan. Suara gemuruh air yang jatuh menciptakan suasana yang menenangkan dan memberikan rasa damai dalam pikiran Anda.

Demikianlah 15 Spot Wisata Alam yang ada di Sulawesi Tengah yang layak dijelajahi dan direkomendasikan oleh Palontaraq. Selamat berwisata di Sulawesi Tengah.

 

(* Muhammad Farid Wajdi, Traveler/Tour Leader Wisata Alam dan Wisata Sejarah Budaya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT