Peresepan Herba Daun Sirsak untuk Kolesterol Tinggi dan Asam Urat

by Penulis Palontaraq | Minggu, Sep 15, 2019 | 74 views
Daun dan buah Sirsak. (foto: ist/palontaraq)

Daun dan buah Sirsak. (foto: ist/palontaraq)

Oleh: Muhammad Farid Wajdi

Tulisan sebelumnya: Resep Herba Anti Kolesterol Tinggi (1)

PALONTARAQ.ID – Banyak yang mengetahui manfaat Daun Sirsak untuk kesehatan dan pengobatan, namun hanya sedikit diantaranya yang memahami peresepannya sebagai salah satu herba yang dianjurkan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Siapa yang tak tahu buah sirsak? Rasa buah sirsak manis dan asam, sedangkan dagingnya kaya akan serat. Setiap 100 gr daging sirsak yang dikonsumsi mengandung 3,3 gr serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat per hari.

Selain mengandung banyak serat, juga mengandung banyak karbohidrat (terutama fruktosa, vitamin C, B1, dan B2). Selain daging buahnya yang mengandung banyak gizi, bagian daunnya pun mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, bahkan sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa pada daun sirsak terdapat senyawa yang baik untuk mengobati kanker.

Salah satu kandungan dalam daun sirsak tersebut adalah acetogenin, yaitu kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang.  Acetogenin masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria.

Lihat pula:  Resep Herba Anti Kolesterol Tinggi (2)

1. Mengobati Kolesterol tinggi

Khususnya bagi kamu yang mempunyai kolesterol tinggi, juga bisa mengatasi atau mengobatinya dengan menggunakan daun sirsak, cukup dengan meminum air rebusan daunnya.

Bagaimana Caranya?  Rebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa 1/2 nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minumlah setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

2. Mengobati Asam Urat

Selain bisa untuk mengobati kanker, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati asam urat.  Mirip dengan cara kerja mengobati sel kanker, kandungan pada daun sirsak seperti: acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pun dapat dimanfaatkan untuk mengobati asam urat.

Lihat pula: Peresepan Herba untuk Asam Urat

Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk asam urat, hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak.  Bagaimana Caranya? Rebus 10 lembar daun sirsak (pilih yang agak tua) dengan 3 gelas air mineral.  Rebuslah hingga air hanya tersisa 1/2 nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin.

Minum dengan rutin setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

Demikian, semoga bermanfaat adanya. (*)

Like it? Share it!

Leave A Response