BerandaKesehatanHerbaResep Herba Anti Kolesterol Tinggi (2)

Resep Herba Anti Kolesterol Tinggi (2)

Temulawak (foto: Jagapati)
Temulawak (foto: Jagapati)

 

Oleh:  Muhammad Farid Wajdi

Tulisan Sebelumnya:  Resep Herba Anti Kolesterol Tinggi (1)

PALONTARAQ.ID – Kolesterol serupa lilin, seperti lemak, yang ditemukan pada semua sel dalam tubuh. Sebenarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon (seperti hormon testosteron, kortisol, dan estrogen), vitamin D, dan asam empedu untuk membantu mencerna lemak dari makanan.

Tubuh sendiri sebenarnya bisa membuat semua zat tersebut sesuai kebutuhan, tapi ini mungkin hanya dalam jumlah kecil. Umumnya kolesterol yang ada dalam tubuh didapatkan dari konsumsi makanan.

Hati akan memproduksi lebih banyak kolesterol jika kita banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Hal ini kemudian dapat menyebabkan kolesterol dalam darah menjadi tinggi.

Kolesterol bergerak melalui aliran darah dalam bentuk lipoprotein. Lipoprotein terbuat dari lemak di bagian dalamnya dan protein di bagian luarnya. Nah, terdapat dua jenis lipoprotein yang membawa kolesterol ke seluruh tubuh Anda, yaitu:

Pertama, Low density lipoprotein (LDL) yang dikenal sebagai kolesterol jahat. Penumpukan HDL yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan pembuluh darah arteri (yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh) tersumbat, dan selanjutnya dapat menyebabkan penyakit jantung atau stroke.

Kedua, High density lipoprotein (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol baik. HDL membawa kolesterol dari bagian tubuh lain kembali ke hati. Oleh hati, zat ini akan dipecah dan dihilangkan dari tubuh.

Jumlah HDL yang lebih tinggi daripada LDL dalam tubuh merupakan hal yang baik untuk kesehatan dan dapat membantu mencegah Anda dari penyakit kronis.

Kolesterol Tinggi berbahaya bagi tubuh. (foto: ist/palontaraq)
Kolesterol Tinggi berbahaya bagi tubuh. (foto: ist/palontaraq)

Bagaimana Peresepan herba untun menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga tidak membahayakan. Cukup sederhana, yaitu dengan menyiapkan bahan-bahan herba berikut:

1. Temulawak 15 gram

2. Tempuyung 10 gram

Tempuyung
Tempuyung (foto: ist/palontaraq)

3. Kumis kucing 10 gram

Kumis Kucing. (foto: ist/palontaraq)
Kumis Kucing. (foto: ist/palontaraq)

4. Bangle 1 jari telunjuk

Tanaman Bangle (foto: ist/palontaraq)
Tanaman Bangle (foto: ist/palontaraq)

5. Ketumbar 1 sendok makan (digerus)

Ketumbar. (foto: ist/palontaraq)
Ketumbar. (foto: ist/palontaraq)

6. Jahe 3 ibu jari

Jahe. (foto: ist/palontaraq)
Jahe. (foto: ist/palontaraq)

7. Cabe jawa 3 buah

Cabe Jawa. (foto: ist/palontaraq)
Cabe Jawa. (foto: ist/palontaraq)

Semua bahan-bahan herba tersebut dipotong-potong dan direbus dengan air sebanyak 5 gelas hingga tersisa jadi 2 gelas. Air herba tersebut disaring setelah dingin. Minum 2 kali/hari/gelas, dapat ditambahkan jeruk nipis 1 buah.

Demikian Resep Herba Anti Kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat adanya. Selamat mencoba. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT