Kesehatan Herba Peresepan Herba untuk Asam Urat

Peresepan Herba untuk Asam Urat

-

- Advertisment -

Asam Urat (sumber foto: youtube)
Asam Urat (sumber foto: youtube)

Oleh:  Muhammad Farid Wajdi

PALONTARAQ.ID – ASAM URAT (Gout) adalah jenis radang sendi yang dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri pada sendi, terutama pada jempol kaki. Peradangan sendi disebabkan oleh penumpukan kristal natrium urat, yaitu limbah alami tubuh.

Asam Urat adalah salah satu hasil pemecah zat purin di dalam tubuh.  Zat purin  merupakan zat yang terkandung di setiap bahan makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan. Artinya jika kita mengonsumsi makanan, baik itu berasal dari hewan maupun tumbuhan otomatis zat purin dalam makhluk hidup tersebut berpindah ke dalam tubuh kita.

Makanan yang masuk akan mengalami proses metabolisme dan menghasilkan asam urat yang  berbentuk kristal jarum. Apabila menumpuk pada persendian akan menyebabkan nyeri. Selain nyeri, penyakit asam urat juga dapat membuat persendian membengkak, meradang, panas dan kaku.  Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni.

ASAM-URAT-NORMAL (ist/ahlinya obat susah tidur)
Kadar Asam Urat normal

Sebagian kecil lainnya asam urat disebabkan karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan. Gejalanya adalah persendian terasa ngilu, nyeri, kesemutan, linu. Umumnya ditandai Nyeri pada persendian pada waktu pagi hari. Nyeri yang berulang-ulang dan menyebabkan susah menggerakan anggota tubuh.

Bagi yang sudah mendapati gejala Asam Urat pada dirinya, hendaknya menghindari minuman atau makanan pantangan ini, yaitu Alkohol, soft drink, es krim, melinjo dan emping, Kacang-kacangan,jamur, bayam matang, sawi, daging kambing (berlemak), jeroan dan gajih (lemak), bebek, kalkun, Salmon, mackerel, sarden, kepiting, udang, kerang, dan  cumi.

Pada saat yang sama, dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih 8-10 gelas perhari untuk mengeluarkan kristal asam urat di tubuh. Hendaklah mengonsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti sayuran dan buah-buahan, kentang, alpukat, susu dan yogurt pisang.

Cara efektif menjaga diri agar tidak terkena asam urat adalah dengan mengonsumsi buah ceri.  Buah ini dapat mengurangi kadar asam urat, sebagaimana disarankan Liliana Stadler Mitrea, penulis Pathology and Nutrition — A Guide for Professionals. Reputasi ceri dan kemampuan untuk menurunkan kadar asam urat didukung oleh studi tahun 2003 yang telah diterbitkan dalam Journal of Nutrition.

Minum cuka apel juga dapat menghindarkan diri terkena asam urat. Cuka sari apel organik (apple cider vinegar atau ACV) yang tinggi kalium akan membantu mekanisme keseimbangan asam-basa tubuh. Menurut Baroody dan Youngs dalam The pH Miracle, meskipun ACV mengandung asam asetat, ini membantu untuk merangsang cairan pencernaan yang meliputi bikarbonat, yang memberikan kontribusi untuk pembentukan basa dari ACV tersebut.

Ketika sistem tubuh lebih basa, penumpukan asam urat tidak dapat terjadi pada tingkat yang sama seperti di lingkungan yang lebih asam. Bagi penderita asam urat, juga disarankan untuk rajin mengonsumsi vitamin C.  Konsumsilah 1.000 mg vitamin C pada awal serangan gout sampai rasa sakit reda, kemudian 500-3000 mg setiap hari untuk pencegahan dan untuk menurunkan kadar asam urat.

kapulaga tokopedia
kapulaga (sumber foto: tokopedia)

Peresepan Herba

Untuk mengatasi Asam Urat, Peresepan herba pertama yang bisa penulis sarankan adalah dengan menyiapkan 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 15 gram jahe merah, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, 10 butir lada, dan 200 gram ubi jalar merah. Kesemua bahan direbus dengan air sebanyak 1.000 cc. Rebus hingga tersisa 500 cc  lalu saring airnya dan minum. Untuk ubi jalarnya bisa dimakan.

Peresepan herba kedua adalah merebus 15 gram Akar Sidaguri ke dalam 3 gelas berisi air.  Biarkan mendidih hingga air dalam panci tersisa setengahnya. Minum setelah dingin sebanyak ½ gelas setiap hari di waktu pagi, siang, dan malam.

Akar_sidaguri_sidoguri_Sida_rhombifolia_L (sumber foto: bukalapak)
Akar Sidaguri (Sidoguri Sida Rhombifolia L)

Akar_Sidaguri (sumber foto: obat herbalku)
Akar Sidaguri

Tempuyung (sumber: obat asam urat)
Tempuyung

Peresepan herba ketiga adalah agar menyiapkan bahan-bahan berikut: Daun tempuyung 2 gram, Kulit kayu secang 5 gram, Daun kepel 3 gram, Rimpang temulawak 3 gram, Rimpang kunyit 3 gram, dan Meniran 3 gram. Rebus semua bahan diatas dalam 6 gelas air. Tunggu hingga mendidih lalu masukan semua bahan. Tunggu hingga 20 menit. Diminum sehari 3 kali masing-masing 3 gelas.

Pilihlah salah satu dari ketiga peresepan herba diatas, berdasar mana yang lebih mudah bahannya ada di sekitar lingkungan kita.

Selamat mencoba! (*)

 

Penulis Palontaraqhttps://palontaraq.id/
M. Farid W Makkulau, pemerhati budaya dan penikmat sejarah. Kerap kali menggunakan nama pena Etta Adil saat menulis reportase, karya fiksi dan laporan perjalanan. Pernah menggeluti 10 tahun dunia jurnalistik, sebelum memutuskan mengisolasi diri di lingkungan sekolah islam sebagai seorang guru Selengkapnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you