BerandaPesantrenUjian Semester 2 Mapel SKI untuk Kelas X SMA/MA

Ujian Semester 2 Mapel SKI untuk Kelas X SMA/MA

Mata Pelajaran  : Sejarah Kebudayaan Islam

Guru Mapel       : Muhammad Farid Wajdi, S.H.i., M.M.

Waktu               : 120 menit

Related Post: Mengenal Khulafaur Rasyidin (1), Mengenal Khulafaur Rasyidin (2)

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan tepat (dijawab di kolom komentar postingan blog ini), dengan menyebutkan Nama, NIS dan Kelasnya terlebih dahulu.

  1. Jelaskan Pengertian Khulafaur Rasyidin secara bahasa dan istilah!
  2. Mengapa Khalifah Umar bin Khattab tidak memasukkan Abdullah bin Umar ke dalam Dewan Pencari Pengganti Khalifah?
  3. Dorongan apa yang membuat Hasan bin Ali bin Abi Thalib (Cucu Nabi Muhammad SAW) menyerahkan kekhalifahan kepada Muawiyah bin Abu Sufyan dalam peristiwa ‘amal-jama’ah?
  4. Jelaskan Bagaimana Proses Naiknya Abu Ash-Shiddiq sebagai Khilafah Rasyidah yang pertama!
  5. Sebutkan Prestasi Umar bin Khattab di Masa Menjabat sebagai Khalifah?
  6. Mengapa Utsman bin Affan mendorong dilakukan penulisan/pembukuan Al-Qur’anul Karim
  7. Sebutkan keistimewaan dan kelebihan Khalifah Ali bin Abi Thalib!

 

40 KOMENTAR

  1. 1. Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.” Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk.

    2. bukanya umar tidak memasukan abdullah ke dalamdewan pencari pengganti khalifah tetapi abdullah lah yang tak mau di masukan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalo di pilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebiih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawab nya

    3. Karena terjadinya perang muawiyah dan hasad . perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduanya hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratab tertentu

    4. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah.Musyawarah ini menghasilkan terpilihnya Abu Bakar Shiddiq sebagai Khalifah pertama pengganti Rasulullah SAW.

    5. Prestasi-prestasi Khalifah Umar Bin Khattab: Memperluas wilayah kekuasaan Islam. Membuat dan menetapkan kalender Hijriah. Mengatur sistem Administrasi keuangan negara.

    6. karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca Al Quran yang ALLAh turunkan dalam 7 logat, maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat saja yaitu logat orang Quraisy.

    7. • luar biasa kepintarannya
    •ali orang pertama yg masuk kedalam surga
    •ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah saw. di mekkah

  2. 1. Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.” Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk.

    2. bukanya umar tidak memasukan abdullah ke dalamdewan pencari pengganti khalifah tetapi abdullah lah yang tak mau di masukan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalo di pilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebiih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawab nya

    3. Ali memerangi pasukan Muawiyah dalam Perang Shiffin.
    Perang Shiffin ini diakhiri dengan tahkim atau penyelesaian perkara, yang ternyata tidak menyelesaikan masalah bahkan menimbulkan perpecahan menjadi tiga golongan politik, yaitu Muawiyah, Syiah dan Khawarij.
    Setelah Ali terbunuh oleh salah satu golongan, Khulafaur Rasyidin resmi berakhir.

    4. Pengangkatan Umar Ibnu Khattab menjadi khalifah kedua menjadi salah satu peristiwa penting dalam Islam yang terjadi pada bulan Jumadil Akhir. Khalifah Umar ibn Khattab ditunjuk menjadi khalifah melalui  wasiat yang diberikan oleh khalifah pertama, Abu Bakar as-Shiddiq, sebelum ia wafat.
    Abu Bakar wafat pada 8 Jumadil Akhir tahun ke-13 Hijriyah. Adapula yang menyebutkan bahwa Abu Bakar wafat 21 Jumadil Akhir 13 H. Beliau wafat setelah memimpin kaum Muslim selama dua tahun.

      

    Proses Pengangkatan Umar bin Khattab Menjadi Khalifah

    Umar bin Khattab diangkat menjadi khalifah pada bulan Jumadil Akhir.a

    istimewa

    Rep: Kiki Sakinah Red: Muhammad Hafil

    RBLIKAngangkatan Umar Ibnu Khattab menjadi khalifah kedua menjadi salah satu peristiwa penting dalam Islam yang terjadi pada bulan Jumadil Akhir. Khalifah Umar ibn Khattab ditunjuk menjadi khalifah melalui  wasiat yang diberikan oleh khalifah pertama, Abu Bakar as-Shiddiq, sebelum ia wafat.
    Abu Bakar wafat pada 8 Jumadil Akhir tahun ke-13 Hijriyah. Adapula yang menyebutkan bahwa Abu Bakar wafat 21 Jumadil Akhir 13 H. Beliau wafat setelah memimpin kaum Muslim selama dua tahun.

    5. Membuat penanggalan Islam yang diawali dari Hijriahnya Rasulullah.

    Pertama kali mendirikan baitul mal.

    Pertama kali mengumpulkan orang untuk melakukan sholat jenazah.

    Memperluas daerah Islam.

    6. Sepeninggal Rasulullah SAW, barulah upaya untuk mengumpulkan tulisan-tulisan yang berisikan ayat-ayat Alquran mulai dilakukan. Hal ini terjadi pertama kalinya pada masa Khalifah Abu Bakar atas usulan Umar bin Khattab.Dalam sejumlah riwayat, disebutkan bahwa pada awal kepemimpinannya, Abu Bakar dihadapkan pada peristiwa-peristiwa besar yang berkenaan dengan kemurtadan sebagian orang Arab.
    Karena itu, ia segera menyiapkan pasukan dan mengirimkannya untuk memerangi orang-orang yang murtad itu. Peperangan Yamamah yang terjadi pada tahun 12 H melibatkan sejumlah besar sahabat yang hafal Alquran. Dalam peperangan ini, 70 orang hafiz (penghafal Alquran) dari para sahabat gugur.
    Melihat kenyataan ini, Umar bin Khattab merasa khawatir. Ia kemudian menghadap Abu Bakar dan memberi usul kepadanya agar segera mengumpulkan dan membukukan Alquran sebab peperangan Yamamah telah menyebabkan banyaknya penghafal Alquran yang gugur di medan perang. Ia juga khawatir jika peperangan di tempat lain akan
    Ia juga khawatir jika peperangan di tempat lain akan menewaskan lebih banyak penghafal Alquran.
    Meski awalnya sempat ragu karena Rasulullah SAW tidak pernah memerintahkan pembukuan Alquran, demi kemaslahatan umat Abu Bakar memerintahkan Zaid bin Tsabit (yang dikenal sebagai juru tulis Alquran di masa Rasulullah) untuk menuliskan dan mengumpulkan kembali naskah Alquran yang masih berserakan tersebut.
    Zaid melakukan tugasnya ini dengan sangat teliti dan hati-hati. Maka itu, dia tidak hanya cukup mengandalkan hafalan yang ada dalam hati para hafiz tanpa disertai catatan yang ada pada para penulis.
    Dalam sebuah riwayat, disebutkan bahwa Zaid berkata, ”Maka, aku pun mulai mencari Alquran. Kukumpulkan ia dari pelepah kurma, dari keping-kepingan batu, dan dari hafalan para penghafal, sampai akhirnya aku mendapatkan akhir surat Attaubah berada pada Abu Huzaimah Al-Anshari yang tidak kudapatkan pada orang lain.”
    Perkataan itu lahir karena Zaid berpegang pada hafalan dan tulisan sehingga akhir surat Attaubah itu telah dihafal oleh banyak sahabat. Dan, mereka menyaksikan ayat tersebut dicatat. Tetapi, catatannya hanya terdapat pada Abu Huzaimah Al-Ansari.
    Lembaran-lembaran yang dikumpulkan oleh Zaid tersebut kemudian disimpan di tangan Abu Bakar hingga ia wafat. Sesudah itu, lembaran-lembaran pun berpindah ke tangan Umar sewaktu ia masih hidup dan selanjutnya berada di tangan Hafsah binti Umar bin Khattab.
    Baru pada masa kekhalifahan Usman bin Affan, untuk pertama kali, Alquran ditulis dalam satu mushaf. Penulisan Alquran di masa Usman disesuaikan dengan tulisan aslinya yang terdapat pada Hafsah binti Umar. Usman memberikan tanggung jawab penulisan ini kepada Zaid bin Tsabit, Abdullah bin Zubair, Said bin Ash, dan Abdurrahman bin Haris bin Hisyam.

    7. luar biasa kepintarannya
    ~ali orang pertama yg masuk kedalam surga
    ~ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah saw.dimekkah

  3. 1.) Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.” Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk.

    2.) bukanya umar tidak memasukan abdullah ke dalamdewan pencari pengganti khalifah tetapi abdullah lah yang tak mau di masukan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalo di pilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebiih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawab nya.

    3.) Melihat kondisi pada masa tersebut, Hasan memiliki keinginan untuk menyatukan seluruh umat Islam. Hal ini membuat ia menyerahkan pemerintahan kepada Muawiyah bin Abu Sufyan. Hasan bin Ali tidak menginginkan peperangan berkepanjangan yang meminta banyak korban jiwa di kalangan umat Islam.

    4.) Pemilihan Abu Bakar sebagai khalifah dilakukan dengan kesepatakan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah.

    5.) •Membuat penanggalan Islam yang diawali dari Hijriahnya Rasulullah.

    •Pertama kali mendirikan baitul mal.

    •Pertama kali mengumpulkan orang untuk melakukan sholat jenazah.

    •Memperluas daerah Islam.

    6.) Pembukuan yang dilakukannya adalah untuk kepentingan kesatuan umat Islam di satu sisi dan untuk pemeliharaan Al-Qur’an di sisi lain.

    7.) •luar biasa kepintarannya

    •ali orang pertama yg masuk kedalam surga.

    •ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah saw.dimekkah.

  4. 1.khulafa berarti jama’ dari khalifah berarti PENGGANTI’,kata rasyidin berati MENDAPAT PETUNJUK.jadi khulafamu Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk
    2.karena Abdullah sendirilah yang tidak mau itu terjadi karena ia takut jika di pilih menjadi khalifah sedangkan ia lebih suka hidup menjadi rakyat biasa dan karena menurutnya menjadi seorang khalifah itu memiliki tanggung jawab yang besar
    3.karena terjadi perang muawiyah dan hasad dimana perang ini di akhiri dengan perjanjian damai.Di mana Hasan bin Ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratan tertentu
    4.Pengankatan abu bakar sebagai khalifah yang pertama melalui pemilihan secara musyawarah yang di lakukan di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW
    5.membuat penanggalan Islam,pertama mendirikan Bantul mal,dan memperluas daerah Islam
    6.karena terjadi selisi mengenai cara membaca al Quran yang Allah turunkan dalam 7 logat
    7.ia merupakan orang yang sangat cerdas sehingga disebut pintu ilmu

  5. 1.Khulafaurrasyidin menurut istilah adalah pemimpin umat dan kepala negara yang telah mendapat petunjuk dari Allah SWT. untuk meneruskan perjuangan Nabi Muhammad saw.

    Khulafaur-Rasyidin berasal dari kata khulafa’ dan ar-rasyidin. Kata khulafa,merupakan jamak dari kata khalifahartinya pengganti sedangkan kata ar-rasyidin artinya mendapat petunjuk. Jadi khulafaurrasyidin menurut bahasa adalah orang yang ditunjuk sebagai pengganti, pemimpin atau penguasa yang selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT.

    2.Bukanya umar tidak memasukan abdullah ke dalamdewan pencari pengganti khalifah tetapi abdullah lah yang tak mau di masukan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalo di pilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebiih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawab nya

    3.Karena terjadinya perang muawiyah dan hasad . perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduanya hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratab tertentu

    4.Pemilihan Abu Bakar sebagai khalifah dilakukan dengan kesepatakan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah.

    5.Beberapa prestasi yang telah dicapai oleh Umar bin Khattab diantaranya yaitu prestasi Umar bin Khattab dalam perluasan daerah Islam, Prestasi Umar bin Khattab dalam administrasi dan keuangan, serta prestasi Umar bin Khattab dalam penetapan kalender Hijriah.

    6.Khalifah usman melakukan pembukuan Al-Quran adalah karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca Al Quran yang ALLAh turunkan dalam 7 logat, maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat saja yaitu logat orang Quraisy.

    7.~luar biasa kepintarannya

    ~ali orang pertama yg masuk kedalam surga

    ~ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah
    saw.dimekkah

  6. 1. Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.” Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk.
    2. Bukan nya umar tdj memaskkan abdullah ke dalam dewan pencari pengganti khalifah tetapi abdullah lah yg tak mau di masukkan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalo dipilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebih suka hidup mnjdi rkyat biasa karena seorng pmimpin itu besar tnggung jawabnya
    3. Karena terjadinya perang muawiyah dan hasad . perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduanya hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratab tertentu
    4. Pemilihan Abu Bakar sebagai khalifah dilakukan dengan kesepatakan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah.
    5. • Membuat penanggalan Islam yang diawali dari Hijriahnya Rasulullah.
    • Pertama kali mendirikan baitul mal.
    • Pertama kali mengumpulkan orang untuk melakukan sholat jenazah.
    • Memperluas daerah Islam.
    6. karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca Al Quran yang ALLAh turunkan dalam 7 logat, maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat saja yaitu logat orang Quraisy.
    krn banyaknya penghapal Al-Qur’an yang gugur dimedan perang
    7. ~luar biasa kepintarannya
    ~ali orang pertama yg masuk kedalam surga
    ~ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah saw.dimekkah

  7. 1. jadi arti khulafaurrasyidin menurut bahasa adalah orang yangditunjuk sebagai pengganti, pemimpin atau penguasa yang selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT.
    Kata khulafa merupakan jamak dari kata khalifah artinya pengganti sedangkan kata ar-rasyidin artinya mendapat petunjuk.

    2. abdullah lah yang tak mau di masukan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalo di pilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebiih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawab nya

    3. Karena terjadinya perang muawiyah dan hasad . perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduanya hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratab tertentu

    4. Pemilihan Abu Bakar sebagai khalifah dilakukan dengan kesepatakan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah.

    5. Pertama, penemu penanggalan Hijriyah
    Kedua, mengumpulkan orang-orang untukshalat tarawih berjama’ah
    Ketiga, mendirikan lembaga-lembaga kajian Al-Qur’an

    6. karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca Al Quran yang ALLAh turunkan dalam 7 logat, maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat saja yaitu logat orang Quraisy.

    7. ▪️luar biasa kepintarannya
    ▪️ali orang pertama yg masuk kedalam surga
    ▪️ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah saw.dimekkah

  8. 1.Khulafaurrasyidin menurut istilah adalah pemimpin umat dan kepala negara yang telah mendapat petunjuk dari Allah SWT. untuk meneruskan perjuangan Nabi Muhammad saw.

    Khulafaur-Rasyidin berasal dari kata khulafa’ dan ar-rasyidin. Kata khulafa,merupakan jamak dari kata khalifahartinya pengganti sedangkan kata ar-rasyidin artinya mendapat petunjuk. Jadi khulafaurrasyidin menurut bahasa adalah orang yang ditunjuk sebagai pengganti, pemimpin atau penguasa yang selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT.

    2.bukanya umar tidak memasukan abdullah ke mdewan pencari pengganti khalifah tetapi abdullah lah yang tak mau di masukan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalo di pilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebiih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawab nya

    3.Karena terjadinya perang muawiyah dan hasad . perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduanya hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratab tertentu

    4.Pemilihan Abu Bakar sebagai khalifah dilakukan dengan kesepatakan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah.

    5.Membuat penanggalan Islam yang diawali dari Hijriahnya Rasulullah.
    Pertama kali mendirikan baitul mal.
    Pertama kali mengumpulkan orang untuk melakukan sholat jenazah.
    Memperluas daerah Islam.

    6.Alasan Khalifah usman melakukan pembukuan Al-Quran adalah karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca Al Quran yang ALLAh turunkan dalam 7 logat, maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat saja yaitu logat orang Quraisy.

    7.~luar biasa kepintarannya

    ~ali orang pertama yg masuk kedalam surga

    ~ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah saw.dimekkah

  9. 1.Khulafa ‘ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti ‘pengganti’.Sdngkan kara ar-rasyidin yaitu ‘mndpt ptunjuk’.Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mndpt ptunjuk.

    2.Tetapi Abdullah lah yang tidak mau dimasukkan ke dalam dewan pencari pengganti Khalifah krena ia takut kalau dipilih utk mneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah,ia lebih suka hidup mnjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawabnya.

    3.Karena trjadinya perang Muawiyah dan Hasad,perang ini berakhir dgn perjanjian damai antara keduanya Hasan Bin Ali brsedia mngundurkan diri jika Muawiyah Bin Abu Sufyan memenuhi prsyaratan trtentu.

    4.Proses pengangkatan Abu Bakar ra,sbgai khalifah tdk sepenuhnya mulus krena ad bbrpa org yang belum memberikan ikrar sprti Ali bin Abi Thalib,Abbas bin Andul Muthalib dll.Proses pengangkatan Abu Bakar mnunjukkan betapa sriusnya masalah suksesi dlm msyarakat islam pada wktu itu,stelah d dptkan kesepkatan dalam proses pengangkatan Abu Bakar ra sbgai khalifah,kmudian ia berpidato yg isinya brupa prinsip2 kekuasaan dimiliki oleh seorang pemimpin negara.

    5.Membuat penanggalan islam yg di awali dari hijrahnya Rasulullah,prtama kali mndirikan baitul amal,prtma kali mngumpulkan org untuk melakukan shalat jenazah,dan memperluas daerah Islam.

    6.Karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca Al Quran yang ALLAh turunkan dalam 7 logat, maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat saja yaitu logat orang Quraisy.

    7.Luar biasa kepintarannya,Ali org yg prtma msuk ke Surga,Ali yang menggantikan keberadaan Rasulullah saw di Mekkah

  10. 1.Khulafaurrasyidin menurut istilah adalah pemimpin umat dan kepala negara yang telah mendapat petunjuk dari Allah SWT. untuk meneruskan perjuangan Nabi Muhammad saw.

    Khulafaur-Rasyidin berasal dari kata khulafa’ dan ar-rasyidin. Kata khulafa,merupakan jamak dari kata khalifahartinya pengganti sedangkan kata ar-rasyidin artinya mendapat petunjuk. Jadi khulafaurrasyidin menurut bahasa adalah orang yang ditunjuk sebagai pengganti, pemimpin atau penguasa yang selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT.

    2.Bukanya umar tidak memasukan abdullah ke dalamdewan pencari pengganti khalifah tetapi abdullah lah yang tak mau di masukan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalo di pilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebiih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawab nya

    3.Karena terjadinya perang muawiyah dan hasad . perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduanya hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratab tertentu

    4.Pemilihan Abu Bakar sebagai khalifah dilakukan dengan kesepatakan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah.

    5.Beberapa prestasi yang telah dicapai oleh Umar bin Khattab diantaranya yaitu prestasi Umar bin Khattab dalam perluasan daerah Islam, Prestasi Umar bin Khattab dalam administrasi dan keuangan, serta prestasi Umar bin Khattab dalam penetapan kalender Hijriah.

    6.Khalifah usman melakukan pembukuan Al-Quran adalah karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca Al Quran yang ALLAh turunkan dalam 7 logat, maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat saja yaitu logat orang Quraisy.

    7.~luar biasa kepintarannya

    ~ali orang pertama yg masuk kedalam surga

    ~ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah
    saw.dimekkah

    INDAH PERMATA SARI
    X IPA

  11. 1. menurut bahasa adalah orang yangditunjuk sebagai pengganti, pemimpin atau penguasa yang selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT
    sedangkan menurut istilah adalah pemimpin umat dan kepala negara yang telah mendapat petunjuk dari Allah SWT, untuk meneruskan perjuangan Nabi Muhammad saw.
    2. bukannya umar tidak memasukan abdullah ke dalam dewan pencari pengganti khalifa tetapi abdullah lah yang tak mau dimasukkan kedalam dewan pencari pengganti khalifah karna ia takut kalau dipilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjdi khalifah
    3. Karena terjadinya perang muawiyah dan hasad . perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduanya hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratab tertentu
    4. Pemilihan Abu Bakar sebagai khalifah dilakukan dengan kesepatakan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah.
    5. Beberapa prestasi yang telah dicapai oleh Umar bin Khattab diantaranya yaitu prestasi Umar bin Khattab dalam perluasan daerah Islam, Prestasi Umar bin Khattab dalam administrasi dan keuangan, serta prestasi Umar bin Khattab dalam penetapan kalender Hijriah.
    6. karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca Al Quran yang ALLAh turunkan dalam 7 logat, maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat saja yaitu logat orang Quraisy.
    7. ~luar biasa kepintarannya
    ~ali orang pertama yg masuk kedalam surga
    ~ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah saw.dimekkah

  12. 1.Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.” Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk.
    2.bukanya umar tidak mau memasukkan ke Abdullah dalam dewan penva pengganti khalifah tapi Abdullah lah yg tidak mau di masukkan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah.
    3.Melihat kondisi pada masa tersebut, Hasan memiliki keinginan untuk menyatukan seluruh umat Islam. Hal ini membuat ia menyerahkan pemerintahan kepada Muawiyah bin Abu Sufyan. Hasan bin Ali tidak menginginkan peperangan berkepanjangan yang meminta banyak korban jiwa di kalangan umat Islam.
    4.Pemilihan Abu Bakar sebagai khalifah dilakukan dengan kesepatakan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah.
    5.Membuat penanggalan Islam yang diawali dari Hijriahnya Rasulullah.
    Pertama kali mendirikan baitul mal.
    Pertama kali mengumpulkan orang untuk melakukan sholat jenazah.
    Memperluas daerah Islam.
    6.karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca Al Quran yang ALLAh turunkan dalam 7 logat, maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat saja yaitu logat orang Quraisy.Pembukuan yang dilakukannya adalah untuk kepentingan kesatuan umat Islam di satu sisi dan untuk pemeliharaan Al-Qur’an di sisi lain.
    7.luar biasa kepintarannya. ~ali orang pertama yg masuk kedalam surga. ~ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah saw.dimekkah

  13. 1.khulafur rasyidin menurut istilah adalah pemimpin umat dan kepala negara yang telah mendapat petunjuk dari Allah SWT sedangkan menurut bahasa adalah orang yang di tunjuk sebagai pengganti pemimpin atau penguasa yang selalu mendapat petunjuk dari Allah

    2.bukannya Umar tidak memasukkan abdullah ke dalam dewan pencari pengganti khalifah tetapi abdullah lah yang tak mau di masukkan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karna ia takut kalau di pilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawabnya

    3.karena terjadinya perang muawiyah dan hasad.perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduanya Hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratan tertentu

    4.pemilihan abu bakar sebagai khalifah dilakukan dengan kesepakatan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah memulai pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di tsaqifah Bani saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW saidah

    5. Beberapa prestasi yang telah dicapai oleh Umar bin Khattab diantaranya yaitu prestasi Umar bin Khattab dalam perluasan daerah Islam, Prestasi Umar bin Khattab dalam administrasi dan keuangan, serta prestasi Umar bin Khattab dalam penetapan kalender Hijriah.

    6. Khalifah usman melakukan pembukuan Al-Quran adalah karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca Al Quran yang ALLAh turunkan dalam 7 logat, maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat saja yaitu logat orang Quraisy.

    7. ~luar biasa kepintarannya
    ~ali orang pertama yg masuk kedalam surga
    ~ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah saw.dimekkah

  14. jawaban :

    1.Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti pengganti. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu mendapat petunjuk Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk.

    2.menghindari nepotisme .

    3.karena terjadinya perang muawiyah dan hasad. perang ini berakhir dengan perjanjian damai antar keduanya hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratan tertentu.

    4.Pemilihan Abu Bakar sebagai khalifah dilakukan dengan kesepatakan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah.

    5.•Membuat penanggalan Islam yang diawali
    dari Hijriahnya Rasulullah.
    •Pertama kali mendirikan baitul mal.
    •Pertama kali mengumpulkan orang untuk
    •melakukan sholat jenazah.
    •Memperluas daerah Islam.

    6.Pembukuan yang dilakukannya adalah untuk kepentingan kesatuan umat Islam di satu sisi dan untuk pemeliharaan Al-Qur’an.

    7.• luar biasa kepintarannya
    • ali orang pertama yang masuk ke dalam
    surga
    • ali yang menggantikan keberadaan
    Rasulullah saw, di Mekkah

  15. 1. Pulau khulafa berarti jamak dari khalifah yang memiliki arti pengganti sedangkan Rasyid kata ar-rasyid yaitu mendapatkan petunjuk jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk.

    2. Bukannya Umar tidak memasukkan Abdullah ke dalam dewan pencari pengganti khalifah tetapi Abdullah lah yang tidak mau dimasukkan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalau dipilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawabnya.

    3. karena terjadinya perang muawiyah dan Hasan perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduanya Hasan bin Ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu Sufyan memenuhi persyaratan tertentu.

    4. Pemilihan abu bakar sebagai khalifah dilakukan dengan kesepakatan para sahabat beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di saqifah Bani sa’idah setelah wafatnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

    5.•membuat penanggalan Islam yang diawali
    darii hijrahnya Rasulullah.
    •pertama kali mendirikan Baitul mal.
    •pertama kali mengumpulkan orang untuk
    melakukann salat jenazah.
    •memperluas daerah Islam.

    6. Pemeliharaan Alquran pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan memegang peranan penting dalam sejarah Alquran hal ini karena pada masa Usman Alquran dibukukan.

    7. Luar biasa kepintarannya, ali orang pertama yang masuk ke dalam surga, Ali yang mengganti keberadaan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam di Mekah.

  16. 1.khulafauh rasyidin adalah parah pemimpin atau pengganti rasulullah yg mendapat petunjuk dari Allah swt
    2.bukannya umar bin khattab yg tdk mau tetapi abdullah lah yg tdak mau di masukkan dalam dewan pencari khalifah di takut kalau dia di tunjuk karena ayahnya
    3.karena terjadinya perang antara hasan bin ali dan muawiyah abu sufyan hasan bin ali mengundurlan diri jika memenuhi persyaratan muawiyah yaitu menyerahkan kekhalifaan nya
    4.secara musyawarah yg dipilih langsung oleh umat islam pada masa itu
    5.menjadikan kota madinah sebagai kota pusat untuk mengkaji alqur’an dan fikih dsn membuat kalender islam yg dinamakan kalender hijriah
    6.agar tdk terjadi perselisihan diantara orng”yg membaca alqur’an
    7.kalangan anak”yg paling pertama masuk islam
    -mempjnyai ingatan yg luar biasa

  17. 1.secara bahasa adalah orang yang ditunjuk
    sebagai pengganti, pemimpin atau penguasa
    yang selalu mendapat petunjuk dari Allah
    SWT.Sedangkan menurut istilah pemimpin
    umat dan kepala negara yang telah mendapat
    petunjuk dari Allah SWT.
    2.bukannya tidak dimasukkan tapi ia sendiri
    yang tidak mau karena ia takut kalo dipilih
    untuk meneruskan perjuangan ayahnya
    menjadi Khalifah ia lebih suka menjadi rakyat
    biasa karena seorang pemimpin itu besar
    tanggung jawabnya.
    3.Karena terjadinya perang muawiyah dan
    hasad . perang ini berakhir dengan perjanjian
    damai antara keduanya hasan bin ali bersedia
    mengundurkan diri jika muawiyah bin abu
    sufyan memenuhi persyaratab tertentu.
    4.Pemilihan Abu Bakar sebagai khalifah
    dilakukan dengan kesepatakan para sahabat.
    Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang
    pertama adalah melalui pemilihan secara
    musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam
    di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya
    Rasulullah SAW Saidah.
    5.•pertama kali mendirikan Baitul mal
    •pertama kali mengumpulkan orang untuk
    melakukan salat jenazah
    •memperluas daerah Islam
    6.karena banyaknya penghafal Al-Qur’an yang
    gugur dimedan perang dan pada saat itu
    terjadi perselisihan mengenai cara membaca
    Al Quran yang ALLAh turunkan dalam 7 logat,
    maka kemudian beliau menyeragamkan
    menjadi satu logat saja yaitu logat orang
    Quraisy.
    7.~luar biasa kepintarannya
    ~ali orang pertama yg masuk kedalam surga
    ~ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah
    saw.dimekkah

  18. 1.khulafaurrasyidin menurut istilah adalah pemimpin umat dan kepala negara yang telah mendapatkan petunjuk dari allah untuk meneruskan perjuangan nabi muhammad saw
    menurut bahasa adalah orang yang di tunjuk sebagai pengganti atau penguasa yang selalu mendapatkan petunjuk dari allah swt

    2.bukannya umar tidak memasukkan abdullah ke dalam dewan pencari pengganti khalifah tetapi abdulla lah yg tidak mau di masukkan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalau di pilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebih suka hidup mwnjadi masyarakat biasa karena seorang pemimpin besar tanggung jawabnya

    3.karena terjadi perang muawiayah dan hasad.perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduannya hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratan tertentu

    4.pemilih abu bakar sebagai khalifah dilakukan dengan kesepakatan para sahabat.pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yg dilakukan oleh umat islam di tsaqifah bani saidah setelah wafatnya rasulullah saw saidah.

    5. -membuat penanggalan islam yg diawali dari hijrahnya rasulullah saw
    -pertama kali mendirikin baitul mal
    -pertama kali mengumpulkan orang untuk melaksanakn sholat jenazah
    -memperluas daerah islam

    6.karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca alquran yang allah turunkan dalam 7 logat, maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat yaitu logat orang quraisy

    7.-luar biasa kepintarannya
    -ali orang pertama masuk kedalam surga
    -ali yang menggantikan keberadaan rasulullah saw di mekkah

  19. 1.Khulafah adalah bentuk jamak dari khalifah, yang artinya pengganti, pemimpin, atau penguasa yang diangkat setelah Nabi Muhammad untuk melanjutkan tugas beliau sebagai pemimpin agama dan kepala pemerintahan, tetapi bukan sebagai nabi atau rasul.

    Sedangkan ar-rasyidin adalah bentuk jamak dari ar-rasyid yang artinya orang yang mendapat petunjuk.

    Jadi menurut bahasa, Khulafaur Rasyidin adalah orang yang ditunjuk sebagai pengganti, pemimpin, atau penguasa yang selalu mendapat petunjuk dari Allah.

    2.Bukanya umar tidak memasukan abdullah ke dalamdewan pencari pengganti khalifah tetapi abdullah lah yang tak mau di masukan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalo di pilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebiih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawab nya

    3.Karena terjadinya perang muawiyah dan hasad . perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduanya hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratab tertentu

    4.Proses pengangkatan Abu Bakar ra, sebagai khalifah berlangsung dramatis. Setelah Rasulullah wafat, kaum muslim di Madinah, berusaha utuk mencari penggantinya. Ketika kaum muhajirin dan ansar berkumpul di Saqifah bani Sa’idah terjadi perdebatan tentang calon khalifah. Masing-masing mengajukan argumentasinya tentang siapa yang berhak sebagai khalifah.

    Kaum anshar mencalonkan Said bin Ubaidillah, seorang pemuka dari suku al-Khajraj sebagai pengganti nabi. Dalam kondisi tersebut Abu Bakar, Umar, dan Abu Ubaidah bergegas menyampaikan pendirian kaum muhajirin, yaitu agar menetapkan pemimpin dari kalangan Quraisy. Akan tetapi hal tersebut mendapat perlawanan keras dari al-Hubab bin munzir (kaum Anshar).

    Di tengah perdebatan tersebut Abu Bakar mengajukan dua calon khalifah yaitu Abu Ubaidah bin Zahrah dan Umar bin Khattab, namun kedua tokoh ini menolak usulan tersebut. Akan tetapi Umar bin Khattab tidak membiarkan proses tersebut semakin rumit, maka dengan suara yang lantang beliau membaiat Abu Bakar sebagai khalifah yang diikuti oleh Abu Ubaidah.

    Kemudian proses pembaiatanpun terus berlanjut seperti yang dilakukan oleh Basyir bin Saad beserta pengikutnya yang hadir dalam pertemuan tersebut.

    Proses pengangkatan Abu Bakar ra, sebagai khalifah ternyata tidak sepenuhnya mulus karena ada beberapa orang yang belum memberikan ikrar, seperti Ali bin Abi Thalib, Abbas bin Abdul Muthalib, Fadl bin al-Abbas, Zubair bin al-Awwam bin al-Ash, Khalid bin Sa’id, Miqdad bin Amir, Salman al-Farisi, Abu Zar al-Gifari, Amma bin Yasir, Bara bin Azib dan Ubai bin Ka’ab.

    Telah terjadi pertemuan sebagian kaum muhajirin dan Anshar dengan Ali bin Abi Thalib di rumah Fatimah, mereka bermaksud membai’at Ali dengan anggapan bahwa Ali bin Abi Thalib, lebih patut menjadi khalifah karena Ali berasal dari bani Hasyim yang berarti ahlul bait.

    Proses pengangkatan Abu Bakar ra, sebagai khalifah pertama, menunjukkan betapa seriusnya masalah suksesi kepemimpinan dalam masyarakat Islam pada saat itu, dikarenakan suku-suku Arab kepemimpinan mereka didasarkan pada sistem senioritas dan prestasi, tidak diwariskan secara turun temurun. Setelah didapatkan kesepakatan dalam proses pengangkatan Abu Bakar ra, sebagai khalifah, kemudian ia berpidato yang isinya berupa prinsip-prinsip kekuasaan demokratis yang selayaknya dimiliki oleh seorang pemimpin negara.

    5.sebagai pedagang yg jujur dan rendah hati

    6.Khalifah usman melakukan pembukuan Al-Quran adalah karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca Al Quran yang ALLAh turunkan dalam 7 logat, maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat saja yaitu logat orang quraisy

    7.•luar biasa kepintarannya

    •ali orang pertama yg masuk kedalam surga.

    •ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah saw.dimekkah.

  20. *JAWABAN*

    1.Khulafaurrasyidin menurut istilah adalah pemimpin umat dan kepala negara yang telah mendapat petunjuk dari Allah SWT. untuk meneruskan perjuangan Nabi Muhammad saw.

    Khulafaur-Rasyidin berasal dari kata khulafa’ dan ar-rasyidin. Kata khulafa,merupakan jamak dari kata khalifahartinya pengganti sedangkan kata ar-rasyidin artinya mendapat petunjuk. Jadi khulafaurrasyidin menurut bahasa adalah orang yang ditunjuk sebagai pengganti, pemimpin atau penguasa yang selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT.

    2. bukanya umar tidak memasukan abdullah ke dalamdewan pencari pengganti khalifah tetapi abdullah lah yang tak mau di masukan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalo di pilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebiih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawab nya
    Pengangkatan Umar Ibnu Khattab menjadi khalifah kedua menjadi salah satu peristiwa penting dalam Islam yang terjadi pada bulan Jumadil Akhir. Khalifah Umar ibn Khattab ditunjuk menjadi khalifah melalui wasiat yang diberikan oleh khalifah pertama, Abu Bakar as-Shiddiq, sebelum ia wafat.

    3. Ulul azmi

    4. Abu Bakar wafat pada 8 Jumadil Akhir tahun ke-13 Hijriyah. Adapula yang menyebutkan bahwa Abu Bakar wafat 21 Jumadil Akhir 13 H. Beliau wafat setelah memimpin kaum Muslim selama dua tahun.

    5. Perluasan Wilayah Islam.
    Menata sistem administrasi dan keuangan negara ( baitul Mal)
    Pembangunan Kota Baru.
    Penetapan Kalender Hijriah( Islam)

    6. karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca Al Quran yang ALLAh turunkan dalam 7 logat, maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat saja yaitu logat orang Quraisy.

    7.~luar biasa kepintarannya
    ~ali orang pertama yg masuk kedalam surga
    ~ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah saw.dimekkah

  21. 1.khulafa berarti jama’ dari khalifah yang memilii arti “pengganti”.sedangkan ar-rasyidin yaitu “mendapat petunjuk”.jadi khulafaur rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk.
    2.abdullah lah yang tidak ingin masuk dala dewan pengganti khalifah karena ia takut kalo dipilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjad khalifah ia lebih suka menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawabnya.
    3.karena terjadi perang muawiyah dan hasad.perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduanya hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratan tertentu.
    4.dilakukan dengan kesepakatan masyarakat.yaitu pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat islam di tsaqifah bani saidah setelah wafatnya rasulullah saw.
    5.perluawasan wilayah islam,administrasi negara dengan membentuk baitul mal,pembentukan kalender.
    6.karena saat itu terjadi perselisihan cara membaca al-quran yang allah turunkan dalam 7 logat, maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat orang quraisy.
    7.-luar biasa kepintarannya
    -ali orang pertama yang masuk kedalam surga
    -ali yang menggantikan keberadaan rasulullah saw dimekkah

  22. *JAWABAN*

    1.Khulafaurrasyidin menurut istilah adalah pemimpin umat dan kepala negara yang telah mendapat petunjuk dari Allah SWT. untuk meneruskan perjuangan Nabi Muhammad saw.

    Khulafaur-Rasyidin berasal dari kata khulafa’ dan ar-rasyidin. Kata khulafa,merupakan jamak dari kata khalifahartinya pengganti sedangkan kata ar-rasyidin artinya mendapat petunjuk. Jadi khulafaurrasyidin menurut bahasa adalah orang yang ditunjuk sebagai pengganti, pemimpin atau penguasa yang selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT.

    2. bukanya umar tidak memasukan abdullah ke dalamdewan pencari pengganti khalifah tetapi abdullah lah yang tak mau di masukan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalo di pilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebiih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawab nya
    Pengangkatan Umar Ibnu Khattab menjadi khalifah kedua menjadi salah satu peristiwa penting dalam Islam yang terjadi pada bulan Jumadil Akhir. Khalifah Umar ibn Khattab ditunjuk menjadi khalifah melalui wasiat yang diberikan oleh khalifah pertama, Abu Bakar as-Shiddiq, sebelum ia wafat.

    3. Ulul azmi

    4. Abu Bakar wafat pada 8 Jumadil Akhir tahun ke-13 Hijriyah. Adapula yang menyebutkan bahwa Abu Bakar wafat 21 Jumadil Akhir 13 H. Beliau wafat setelah memimpin kaum Muslim selama dua tahun.

    5. Perluasan Wilayah Islam.
    Menata sistem administrasi dan keuangan negara ( baitul Mal)
    Pembangunan Kota Baru.
    Penetapan Kalender Hijriah( Islam)

    6. karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca Al Quran yang ALLAh turunkan dalam 7 logat, maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat saja yaitu logat orang Quraisy.

    7.~luar biasa kepintarannya
    ~ali orang pertama yg masuk kedalam surga
    ~ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah saw.dimekkah

  23. 1.secara bahasa Khulafaur Rasyidin adalah orng yang ditunjuk sebagai pengganti,pemimpin,atau penguasa yang selalu mendapatkan petunjuk dari Allah
    2.bukannya Umar tidak mau memasukkan Abdullah di dewan pencari tetapi Abdullah sendirilah yang tidak mau untuk masuk kedalam dewan pencari pengganti Khalifah.
    3. Karena terjadinya perang Muawiyah pada saat itu
    4.pemilihan abu bakar sebagai Khalifah pertama dilakukan secara musyawarah
    5.•membuat penanggalan Islam yang diawali
    darii hijrahnya Rasulullah
    •Pertama kali mendirikan Baitul mal
    6.pemeliharaan al-qur’an pada masa kekhalifaan utsman bin Affan memegang peranan penting dalam sejarah Al-Qur’an
    7.•luar bisa kepintarannya
    •orng pertama yang masuk syurga
    •ali yang menggantikan keberadaan nabi
    Muhammadd Saw dimekkah

  24. 1.Khulafaurrasyidin menurut istilah adalah pemimpin umat dan kepala negara yang telah mendapat petunjuk dari Allah SWT. untuk meneruskan perjuangan Nabi Muhammad saw.

    Khulafaur-Rasyidin berasal dari kata khulafa’ dan ar-rasyidin. Kata khulafa,merupakan jamak dari kata khalifahartinya pengganti sedangkan kata ar-rasyidin artinya mendapat petunjuk. Jadi khulafaurrasyidin menurut bahasa adalah orang yang ditunjuk sebagai pengganti, pemimpin atau penguasa yang selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT.
    2.bukanya umar tidak memasukan abdullah ke dalamdewan pencari pengganti khalifah tetapi abdullah lah yang tak mau di masukan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalo di pilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebiih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawab nya
    3.Karena terjadinya perang muawiyah dan hasad . perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduanya hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratab tertentu
    4.Pemilihan Abu Bakar sebagai khalifah dilakukan dengan kesepatakan para sahabat.Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah.
    5.membuat penanggalan Islam yang diawali dari Hijriahnya Rasulullah.Pertama kali mendirikan baitul mal.Pertama kali mengumpulkan orang untuk melakukan sholat jenazah.Memperluas daerah Islam.
    6. peperangan Yamamah telah menyebabkan banyaknya penghafal Alquran yang gugur di medan perang. usman  juga khawatir jika peperangan di tempat lain akan menewaskan lebih banyak penghafal Alquran.

    usman mempercayakan tugas tersebut kepada Zaid. dan zaid melakukannya dengan teliti, Maka, Zaid pun mulai mencari Alquran. Kukumpulkan ia dari pelepah kurma, dari keping-kepingan batu, dan dari hafalan para penghafal, sampai akhirnya aku mendapatkan akhir surat Attaubah berada pada Abu Huzaimah Al-Anshari yang tidak kudapatkan pada orang lain.”
    Baru pada masa kekhalifahan Usman bin Affan, untuk pertama kali, Alquran ditulis dalam satu mushaf. Penulisan Alquran di masa Usman disesuaikan dengan tulisan aslinya yang terdapat pada Hafsah binti Umar dan juga istri Rasulullah . Usman memberikan tanggung jawab penulisan ini kepada Zaid bin Tsabit, Abdullah bin Zubair, Said bin Ash, dan Abdurrahman bin Haris bin Hisyam.
    7.luar biasa kepintarannya

    ~ali orang pertama yg masuk kedalam surga

    ~ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah saw.dimekkah

  25. 1). Khulafa ‘berarti jama’ dari khalifah yang artinya “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.” Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk.
    2). Bukan tidak memasukkan tpi abdullah sendiri yg tdk mau dimasukkan ke dalam dewan pencari pengganti Khalifah dgn alasan ia lebih suka menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin punya tanggung jawab yang besar.
    3.) Karena terjadinya perang muawiyah dan hasad. Perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratan tertentu.
    4.) Pemilihan Abu bakar sebagai khalifah adalah dilakukan dengan kesepakatan para sahabat.
    5.) – pertama kali mendirikan baitul maqdis
    – pertama kali mengumpulkan orang² untuk shalat jenazah
    – memperluas daerah Islam.
    6.) Karena banyak penghafal Al-Qur’an yg gugur di Medan perang maka terjadi perselisihan mengenai cara membaca Al-Qur’an yg Allah turunkan dlm 7 logat maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat saja yaitu logat orang Quraish.
    7.) – Luar biasa kepintarannya
    – Ali orng pertama yg masuk kedalam surga
    – Ali yg menggantikan keberadaan Rasulullah saw. Di Mekkah

  26. 1. Secara bahasa, khulafaur rasyidin berasal dari kata khulafa dan ar-Rasyidin. Khulafa berarti “pemimpin” dan ar-Rasyidin berarti “yang diberi petunjuk”. Secara istilah, khulafaur rasyidin berarti pemimpin yang diberi petunjuk oleh Allah SWT. untuk melanjutkan perjuangan Rasulullah SAW.

    2. Dikarenakan Abdullah bin umar sendiri yang tidak ingin dimasukkan ke dalam dewan pencari pengganti khalifa

    3. Karena terjadinya perang antara Mu’awiyah dan Hasan.

    4. Pemilihan Abu Bakar as-Siddiq dilakukan dengan kesepakatan para sahabat. Karena menurut para sahabat, Abu Bakar lah yang paling dekat dengan Rasulullah SAW.

    5. Memperluas daerah islam dan membuat penanggalan hijriah, dimulai dari hijrahnya Nabi SAW. ke Madinah.

    6. Karena banyak penghafal Al-Quran gugur dalam medan perang, dan jika penghafal Al-Quran sudah tidak ada, maka tidak ada lagi yang mengajarkan Al-Quran ke generasi selanjutnya.

    7. Diakui kepintarannya oleh Rasulullah SAW. Ali pernah menggantikan keberdaan Rasulullah di Mekkah, ketika Rasulullah hendak hijrah ke Madina

  27. Nur Intan Pratiwi.A
    X IPA
    1.khulafaurRasyidin secara bahasa adalah orang yang ditunjuk sebagai pengganti, pemimpin yang selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT.
    KhulafaurRasyidin secara istilah adalah kepala negara yang telah mendapatkan petunjuk dari Allah SWT, untuk melanjutkan perjuangannya nabi Muhammad Saw.
    2.Bukanya umar tidak memasukan abdullah ke dalamdewan pencari pengganti khalifah tetapi abdullah lah yang tak mau di masukan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalo di pilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebiih suka hidup menjadi rakyat biasa.
    3.Karena terjadinya perang Muawiyah dan hasad . perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduanya hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratab tertentu.
    4. pengangkatan beliau sebagai Khalifah pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah Saw Saidah.
    5. – Membuat penanggalan Islam yang diawali dari hijrahnya Rasulullah.
    – Pertama kali mendirikan Baitul mal.
    – Pertama kali mengumpulkan orang untuk melakukan shalat jenazah.
    – Memperluas daerah Islam.
    6. Karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca Al Quran yang ALLAh turunkan dalam 7 logat, maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat saja yaitu logat orang Quraisy.
    7. ~Luar biasa kepintarannya.
    ~Ali orang pertama yg masuk kedalam surga.
    ~Ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah saw.di Mekkah.

  28. 1.Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.” Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk.
    2.bukanya umar tidak memasukan abdullah ke dalamdewan pencari pengganti khalifah tetapi abdullah lah yang tak mau di masukan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalo di pilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebiih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawab nya
    3 karena terjadinya perang Muawiyah pada saat itu
    4.pemilihan abu bakar sebagai Khalifah pertama yang dilakukan secara musyawarah
    5. Membuat penaggalan Islam yang diawali dari hijrahnya Rasulullah
    .pertama mendirikan baitul mal
    6. Pemeliharaan Alquran pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan memengan peran penting dalam sejarah Al Qur’an
    7. .luar bisa kepintaraannya
    .orang pertama masuk ke surga
    .Ali yang menggantikan keberadaan nabi Muhammad Saw di Mekkah

  29. 1.khaufa berarti jama’dari khalifa yang memiliki arti pengganti sedangkan errasydin yaitu mendapat petunjuk jadi khulafaul rasyidin adalah para pengganti yang mendapat petunjuk
    2.abdullah yang tidak ingin masuk dalam dewan pengganti khalifa karena ia takut kalau di pilih untuk meneruskan perjuangan ayah nya menjadi khalifa iiya lebih suka menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawab nya
    3.karena terjadi perang muawiah dan hasad perang ini berakhir dengan perjanjian damai antar kedua nya hasad bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiah bin abu sufyan memenuhi persyaratan tersebut
    4.dilakukan dengan kesepakatan masyarakat yaitu pemilihan secara musyawara yang dilakukan oleh umat islam di tskifa bani saidah setelah wafat nya rasul
    5.perluasan wilayah islam atministrasi negara pembentukan baitul mall dan pembentukan kalender
    6.karena saat itu terjadi perselisihan cara membaca alquran yang allah turunkan dalam 7 logat maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat orang qurais
    7.luar biasa kepintaran nya,ali orang pertama yang masuk kedalam surga dan ali yg menggantikan keberadaan rasul saw di mekkah.

  30. 1. Secara Bahasa Khulafaur Rasyidin adalah orang yg ditunjuk sbgai pengganti pemimpin yg selalu dpt petunjuk dari Allah SWT. sedangkan secara Istilah adalah pemimpin umat & kepala negara yg telah mendapat petunjuk dari Allah SWT. unruk meneruskan perjuangan Nabi Muhammad SAW.

    2. bukan umar yg tidak memasukkan Abdullah ke Dalam Dewan pencari pengganti Khalifah tetapi Abdullah sendirilah yg tdk mau di masukkan ke dalam Dewan pencari pengganti Khalifah karena Abdullah takut jika dipilih menjadi penerus perjuangan sang Ayah nya menjadi Khalifah, Abdullah lebih suka menjdai Rakyat biasa karena tugas seorang Pemimpin besar pertanggung jawab nya

    3. karena terjadi saat itu perang Muawiyah dan Hasad, perang ini berakhir dgn perjanjian damai antara keduanya Hasan Bin Ali bersedia mengundurkan diri jika Muawiyah bin Abu Sufyan memenuhi persyaratan tertentu

    4. proses naiknya beliau sebagai Khalifah Pertama ialah melalui pemilihan secara musyawarah yg dilakukan umat islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah, musyawarah ini dilakukan sgt alot 7 melalui perdebatan antara kaum Anshor dgn Kaum Muhajirin yg diwakili oleh Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab dan alhasil dari musyawarah terpilihnya Abu Bakar Ash-Shiddiq sebagai Khalifah Pertama

    5. – membuat penanggalan Islam yg di awali dari Hijriahnya Rasulullah
    – memperluas daerah Islam
    – pertama kali mendirikan baitul mal
    – pertama kali mengumpulkan orang untuk melakukan sholat jenazah

    6. karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca AlQuran yg Allah turunkan dalam 7 logat, kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat yaitu logat orang Quraisy

    7. Keistimewaan : beliau merupakan orang kedua menerima dakwah islam setelah Sayyidah Khadijah binti Khuwailid, Istri Nabi Shallallahu’alahi wa sallam
    Kelebihan :
    – kepintaran yg luar biasa
    – orang pertama yg masuk dalam Surga
    – orang yg menggantikan keberadaan Rasulullah di Mekkah

  31. 1. Menurut bahasa kata khulafa merupakan jamak dari kata Khalifah arti nya pengganti, sedangkan kata Ar-Rasyidin artinya mendapat petunjuk,jadi arti Khulafaur Rasyidin adalah orang yang di tunjuk sebagai pengganti.
    Menurut istilah adalah pemimpin umat dan kepala negara yang mendapat petunjuk dari Allah SWT untuk meneruskan perjuangan Nabi Muhammad SAW.
    2. Bukan nya Umar bin Khattab tidak memasukkan Abdullah ke dewan pengganti Khalifah, tetapi Abdullah tidak menolak hal tersebut karena takut dia akan sombong,ia lebih suka menjadi rakyat biasa karena menjadi seorang Khalifah memiliki tanggung jawab penuh terhadap rakyat rakyat nya.
    3. Karena terjadi perang , perang ini berakhir dengan perjanjian perdamaian antara keduanya, Hasan bersedia mengundurkan diri jika Muawiyah memenuhi syarat tertentu.
    4. Para sahabat menunjukan Abu bakar sebagai pengganti Rasulullah berikutnya karena selama ini beliau yang paling dekat dengan Rasulullah Saw.
    5. – memperluas daerah Islam
    – mendirikan Baitul mal
    – membuat penanggalan Islam yang di awali dari hijrahnya Rasulullah Saw
    – mengumpulkan orang untuk melakukan shalat jenazah.
    6. Karena banyak terjadi perselisihan tentang cara baca dan susunan surah dalam Al Qur’an,dan juga banyak nya seorang hafidz yang mati dalam peperangan sehingga takut nya bacaan dan surah surah Al-Qur’an akan terpecah dan tak di ketahui, tidak seperti sekarang ini Alhamdulillah Al-Qur’an sudah banyak di bukukan.
    7. – pemimpin yang dekat dengan rakyatnya
    – pemimpin yang selalu memuliakan ulama
    – pemimpin yang adil
    – pemimpin yang bijaksana
    – pemimpin yang sederhana
    – pemimpin yang takwa kepada Allah SWT
    – pemimpin yang dermawan
    – pemimpin yang menjadi teladan bagi rakyat rakyat nya

  32. 1.menurut istilah khulafaur rasyidin adalah
    pemimpin umat islam yang di beri petunjuk
    oleh Allah SWT. untuk meneruskan perjuangan
    nabi Muhammad saw,sedangkan menurut
    bahasa adalah orang yang di tunjuk sebagai
    pengganti pemimpin yang mendapatkan
    petunjuk dari Allah SWT.
    2.umar bin khattab bukan tidak mau
    memasukkan abdullah bin umar tapi abdullah
    sendiri yang tidak mau menjadi pengganti
    khalifah dia lebih suka menjadi rakyat biasa
    3.karena terjadinya perang muawiyah dan hasad
    perang ini berakhir dengan perjanjian damai
    antara mereka
    4.pengangkatan abu bakar menjadi khalifah
    pertama dilakukan dengan kesepakatan
    bersama oleh para sahabat,yang di
    musyawarakan oleh umat islam di tsaqifah
    bani saidah setelah wafatnya Rasulullah saw
    5.*memperluas wilayah kekuasaan islam
    *membuat dan menetapkan kalender hijriah
    *mengatur sistem administrasi negara
    6.agar al-qur’an tidak di lupa oleh generasi
    berikutnya karena banyak penghafal al-qur’an
    yang gugur saat terjadi perang badar
    7.*termasuk salah satu sahabat yang di jamin
    masuk surga
    *dijamin mati syahid
    *di cintai Allah SWT. Ran rasulnya dan
    sebaliknnya
    *diberikan karomah saat perang khaibar untuk
    menjebol benteng lawan

  33. 1. Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yg memiliki arti “pengganti”. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk”. Jadi khulafaur Rasyidin adalah pengganti yg mendapatkan petunjuk

    2.Bukannya umar tidak memasukan abdullah ke dalamdewan pencari pengganti khalifah tetapi abdullah lah yang tak mau di masukan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalo di pilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebiih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawab nya

    3. Karena terjadinya perang muawiyah dan hasad . perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduanya hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratab tertentu

    4. dengan cara musyawarah yang dilakukan oleh Muhajirin dan Anshar di Tsaqifah bani saidah yang terletak di Madinah. Setelah sebelumnya pernah
    diangkat menjadi imam sholat pada akhir kehidupan Rasulullah, menjadikan banyak orang berindikasi bahwa Abu Bakar lah khalifah selanjutnya

    5. Beberapa prestasi yang telah dicapai oleh Umar bin Khattab diantaranya yaitu prestasi Umar bin Khattab dalam perluasan daerah Islam, Prestasi Umar bin Khattab dalam administrasi dan keuangan, serta prestasi Umar bin Khattab dalam penetapan kalender Hijriah

    6. Karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca al qur’an yang ALLAH turunkan dalam 7 logat, maka beliau menjadi 1 logat saja yaitu orang logat quraisy

    7. ~luar biasa kepintarannya
    ~ali orang pertama yg masuk kedalam surga
    ~ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah
    saw.dimekkah

  34. 1. Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.” Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk.

    2. bukanya umar tidak memasukan abdullah ke dalamdewan pencari pengganti khalifah tetapi abdullah lah yang tak mau di masukan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalo di pilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi khalifah ia lebiih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawab nya

    3. Karena terjadinya perang muawiyah dan hasad . perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduanya hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratab tertentu

    4. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah.Musyawarah ini menghasilkan terpilihnya Abu Bakar Shiddiq sebagai Khalifah pertama pengganti Rasulullah SAW.

    5. Prestasi-prestasi Khalifah Umar Bin Khattab: Memperluas wilayah kekuasaan Islam. Membuat dan menetapkan kalender Hijriah. Mengatur sistem Administrasi keuangan negara.

    6. karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca Al Quran yang ALLAh turunkan dalam 7 logat, maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat saja yaitu logat orang Quraisy.

    7. • luar biasa kepintarannya
    •ali orang pertama yg masuk kedalam surga
    •ali yg mengantikan keberadaan Rasulullah saw. di mekkah

  35. *Jawaban* :
    1.menurut istilah Khulafaur Rasyidin merupakan sebuah istilah yang sangat familiar didengar oleh umat Islam. Setiap belajar atau mendengar sejarah Islam , maka Khulafaur Rasyiddin pasti tidak pernah tinggal untuk diceritakan.
    ~ menurut bahasa adalah orang yang di tunjuk sebagai pengganti , pemimpin atau penguasa yang selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT.

    2. Bukannya Umar tidak memasukkan Abdullah ke dalam dewan pencari pengganti Khalifah tetapi Abdullah lah yang tidak mau dimasukkan ke dalam dewan pencari pengganti Khalifah karena ia takut kalo dipilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi Khalifah ia lebih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawabnya.

    3. Karena terjadi perang Muawiyah dan hasad .perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduanya Hasan bin Ali bersedia mengundurkan diri jika Muawiyah bin abu Sufyan memenuhi persyaratan tertentu .

    4. Pengangkatan beliau sebagai Khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah musyawarah ini menghasilkan terpilihnya abu bakar Shiddiq sebagai Khalifah pertama pengganti Rasullullah Saw.

    5. ~ membuat penanggalan islam yang di awali dari hijriahnya Rasulullah
    ~ pertama kali mendirikan Baitul mal.
    ~ pertama kali mengumpulkan orang untuk melakukan sholat jenazah .
    ~ memperluas daerah Islam.

    6. Karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca Alquran yang Allah turunkan dalam 7 logat , maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat saja yaitu logat orang Quraisy.

    7. – luar biasa kepintarannya
    – Ali orang pertama yang masuk kedalam ajaran Islam.
    – Ali yang menggantikan keberadaan Rasulullah Saw di Makkah.

  36. 1. khulafur rasyidin menurut istilah adalah kepala umat dan negara yang telah mendapat petunjuk dari Allah SWT. sedangkan menurut bahasa adalah orang yang ditunjuk sebagai pengganti pemimpin atau penguasa yang selalu mendapat petunjuk dari Allah

    2. bukannya Umar tidak memasukkan Abdullah ke dalam dewan pencari pengganti khalifah tetapi, abdullah lah yang tak mau di masukkan ke dalam dewan pencari pengganti khalifah karena ia takut kalo dipilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya sebagai khalifah ia lebih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawabnya

    3. karena terjadinya perang muawiyah dan hasad. perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduanya hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin Abu Syufian memenuhi persyaratan tertentu

    4. Pemilihan Abu Bakar sebagai khalifah dilakukan dengan kesepakatan para sahabat. pengngkatan beliau sebagai khalifah yang pertama melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya nabi Rasulullah SAW saidah

    5. Beberapa prestasi yang telah dicapai oleh Umar bin Khattab diantaranya dalam perluasan wilayah Islam, prestasi Umar bin Khattab dalam administrasi dan keuangan, serta dalam penetapan kalender Hijriah

    6.khalifah Usman melakukan pembukaan Al-Qur’an adalah karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara membaca Al-Qur’an yang Allah turunkan dalam 7 logat, maka kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat saja yaitu logat Quraisy

    7. ~luar biasa kepintarannya
    ~ali orang yang pertama masuk kedalam surga
    ~ali yang menggantikan keberadaan Rasulullah SAW di Mekkah

  37. 1. Secara bahasa khulafaur Rasyidin adalah orang yang
    ditunjuk sebagai pengganti pemimpin yang selalu
    dapat petunjuk dari Allah SWT. sedangkan secara
    istilah adalah pemimpin umat dan kepala negara yang
    Telah mendapat petunjuk dari Allah SWT. Untuk
    meneruskan perjuangan nabi muhammad SAW.

    2. Bukan umar yang tidak memasukkan Abdullah ke
    dalam dewan pencarian pengganti khalifah tetapi
    Abdullah sendiri yang tidak mau di masukkan kedalam
    Dewan pencarian pengganti khalifah karena Abdullah
    takut jika dipilih menjadi penerus perjuangan sang
    ayahnya menjadi khalifah , Abdullah lebih suka menjadi
    rakyat biasa karena tugas seorang pemimpin besar
    pertanggung jawabnya

    3. Karena terjadi saat itu perang Muawiyah dan hasad ,
    perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara
    Keduanya Hasan bin ali bersedia mengundurkan diri
    Jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratan
    Tertentu

    4. Prosesnya naik beliau sebagai khalifah pertama ialah
    Melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan
    umat islam di Tsaqifa Bani Saidah setelah wafatnya
    Rasulullah , musyawarah ini dilakukan sangat alot 7
    melalui perdebabatan antara kaum anshor dengan
    Kaum muhajirin yang diwakili oleh Abu bakar Ash –
    shiddiq dan umar bin khattab dan alhasil dari
    musyawarah terpilihnya abu bakar ash-shiddiq
    sebagai khalifah pertama

    5. – Membuat penanggalan Islam yang di awali
    – Memperluas daerah Islam
    – Pertama kali mendirikan baitul mal
    – pertama kali mengumpulkan orang untuk melakukan
    Sholat jenazah

    6. Karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara
    Membaca Al qur’an yang Allah turunkan dalam 7
    Logat , kemudian beliau menyeragamkan menjadi
    Satu logat yaitu logat Quraisy

    7. Keistimewaan : beliau merupakan orang kedua
    menerima dakwah islam setelah
    Syayidah khadijah binti khuwalid , istri
    Nabi shallallahu’alahi wa sallam
    Kelebihan : ~ kepintaran yang luar biasa
    ~ orang pertama yang masuk dalam
    Surga
    ~ orang yang menggantikan
    keberadaan Rasulullah di mekkah

  38. 1. Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti
    Pengganti . Sedangkan kata Ar rasyidin yaitu
    mendapat petunjuk .jadi khulafaur rasyidin adalah
    para pengganti yang mendapatkan petunjuk.

    2. Bukan umar yang tidak memasukkan Abdullah ke
    dalam dewan pencarian pengganti khalifah tetapi
    Abdullah sendiri yang tidak mau di masukkan kedalam
    Dewan pencarian pengganti khalifah karena Abdullah
    takut jika dipilih menjadi penerus perjuangan sang
    ayahnya menjadi khalifah , Abdullah lebih suka menjadi
    rakyat biasa karena tugas seorang pemimpin besar
    pertanggung jawabnya

    3. Karena terjadi saat itu perang Muawiyah dan hasad ,
    perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara
    Keduanya Hasan bin ali bersedia mengundurkan diri
    Jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi persyaratan
    Tertentu

    4. Prosesnya naik beliau sebagai khalifah pertama ialah
    Melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan
    umat islam di Tsaqifa Bani Saidah setelah wafatnya
    Rasulullah , musyawarah ini dilakukan sangat alot 7
    melalui perdebabatan antara kaum anshor dengan
    Kaum muhajirin yang diwakili oleh Abu bakar Ash –
    shiddiq dan umar bin khattab dan alhasil dari
    musyawarah terpilihnya abu bakar ash-shiddiq
    sebagai khalifah pertama

    5. – Membuat penanggalan Islam yang di awali
    – Memperluas daerah Islam
    – Pertama kali mendirikan baitul mal
    – pertama kali mengumpulkan orang untuk melakukan
    Sholat jenazah

    6. Karena saat itu terjadi perselisihan mengenai cara
    Membaca Al qur’an yang Allah turunkan dalam 7
    Logat , kemudian beliau menyeragamkan menjadi
    Satu logat yaitu logat Quraisy

    7. Keistimewaan : beliau merupakan orang kedua
    menerima dakwah islam setelah
    Syayidah khadijah binti khuwalid , istri
    Nabi shallallahu’alahi wa sallam
    Kelebihan : ~ kepintaran yang luar biasa
    ~ orang pertama yang masuk dalam
    Surga
    ~ orang yang menggantikan
    keberadaan Rasulullah di mekkah

  39. 1.Khulafaur Rasyidin berasal dari dua kata yakni Khulafa’ dan Ar- Rasyidin. Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.” Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk.

    2.bukannya Umar tidak memasukkan Abdullah ke dalam dewan pencari pengganti Khalifa tetapi Abdullah lah yang tak mau di masukkan kedalam dewan pencari pengganti Khalifa karena ia takut kalo di pilih untuk meneruskan perjuangan ayahnya menjadi Khalifa ia lebih suka hidup menjadi rakyat biasa karena seorang pemimpin itu besar tanggung jawabnya

    3.karena terjadinya perang Muawiyah dan hasad. Perang ini terakhir dengan perjanjian damai antara keduanya Hasan bin Ali bersedia mengundurkan diri jika Muawiyah bin abu Sufyan memenuhi persyaratan tertentu

    4.pengangkatan beliau sebegai Khalifa yang pertama adalah melalui pemilihan musyawarah yang di lakukan oleh umat Islam di tsaqifah Bani syaidah setelah wafatnya Rasulullah saw Saidah

    5. • membuat penanggalan Islam yang di awali dari hijrahnya Rasulullah
    • pertama kali mendirikan Baitul mal
    • pertama kali mengumpulkan orang untuk melakukan sholat jenazah
    • memperluas daerah Islam

    6.karena pada saat itu terjadi perselisihan mengenai cara baca Al Qur’an yang Allah turunkan dalam 7 logat , kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat yaitu logat Quraisy

    7. ~ sering ikut Rasulullah dalam beberapa perang, jdi ia memiliki ke ahlian dalam bidang berperang
    ~luar biasa kepintarannya
    ~ Ali orang pertama yang masuk ke dalam surga
    ~ Ali menggantikan kebenaran Rasulullah Saw. Di Mekkah

  40. 1.khulafa berarti jama khilafah yg artinya pengganti,ar rasyidin artinya mendapat petunjuk jadi khulafaur rasyidin artinya pengganti yg mendapatkan petunjuk
    2.abdullah sendiri yg tidak mau masuk ke dewan pencari pengganti khilafah karna ia takut klo nanti di suruh untuk meneruskan kerja ayahnya menjadi seorang khalifah,abdullah lebih memilih sebagai masyarakat biasa
    3.karna terjadinya perang muawiyah dan hasad perang ini berakhir dengan perjanjian damai antara keduanya dan hasan bin ali bersedia mengundurkan diri jika muawiyah bin abu sufyan memenuhi pernyataan tersebut
    4.melalui pemilihan musyawarah yg diikuti oleh semua umat islam di tsaqifah bani yaidah setelah wafatnya rasulullah saw
    5.-membuat penanggalan islam yg diawali dari hijrah rasulullah
    -pertama kali mendirikan baitul mal
    – pertama kali mengumpulkan orang untuk melakukan sholat jenazah
    -memperluas daerah islam
    6.karna pada saat itu terjadi perselisihan mengenai cara baca al-qur an yg allah turunkan dalam 7 logat ,kemudian beliau menyeragamkan menjadi satu logat yaitu logat quraisy
    7.-Ali orang pertama yg masuk ke dalam surga
    – memiliki kepintaran yg luar biasa
    – menggantikan keberadaan rasulullah di mekkah
    -sering ikut dengan rasulullah ke beberapa perang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT