BerandaPesantrenUjian Semester 2 Mapel SKI untuk SMP/MTs

Ujian Semester 2 Mapel SKI untuk SMP/MTs

Mata Pelajaran      :   Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

Kelas/Semester     :   VII/Semester 2

Waktu               :    120 menit

Refleksi Materi SKI:

Mengenal Khulafaur Rasyidin (1)

Mengenal Khulafaur Rasyidin (2)

Pertanyaan:

1. Jelaskan Pengertian Khulafaur Rasyidin secara bahasa dan istilah!
2. Sebutkan syarat dan tata cara memilih Khilafah/Pemimpin dalam Islam
3. Jelaskan bagaimana proses terpilihnya Abu Bakar asy-Shiddiq sebagai khalifah/Amirul Mukminin yang pertama!
4. Jelaskan bagaimana proses terpilihnya Umar bin Khattab sebagai khalifah/Amirul Mukminin yang kedua!
5. Jelaskan luas wilayah pemerintahan Islam di masa berakhirnya kepemimpinan Khalifah Utsman bin Affan
6. Jelaskan proses terbunuhnya Khalifah ‘Ali bin Abu Thalib!

Selamat Menjawab. (*)

19 KOMENTAR

  1. 1.Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.” Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk.
    2.didefinisikan sebagai sebuah sistem kepemimpinan umum bagi seluruh kaum Muslim di dunia untuk menerapkan hukum-hukum Islam dan mengemban dakwah Islam ke seluruh penjuru dunia.
    3.Setelah Nabi wafat dan sedang menunggu dimakamkan, kaum muslimin mengadakan pertemuan di Safiqah (balai kota) Bani Saidah.
    Mereka membicarakan siapa sosok yang tepat untung menggantikan Nabi. Kelompok Ansar mengusulkan Sa’ad bun Ubadah.
    4.pengangkatan Umar Ibnu Khattab menjadi khalifah kedua menjadi salah satu peristiwa penting dalam Islam yang terjadi pada bulan Jumadil Akhir. Khalifah Umar ibn Khattab ditunjuk menjadi khalifah melalui wasiat yang diberikan oleh khalifah pertama, Abu Bakar as-Shiddiq, sebelum ia wafat.
    5.Khalifah Usman memerintah selama 13 tahun yakni dari 644-655 M atau 23-35 H.
    Dikutip dari Khulafaur Rasyidin (2019), Usman merupakan sahabat karib Abu Bakar. Lewat Abu Bakar, ia bertemu Muhammad dan masuk Islam.
    Usman bin Affan punya julukan Zunnuarain Walhijratain. Artinya memiliki dua cahaya dan dua kali hijrah.
    6.Ali, yang pada saat itu berumur 62 atau 63 tahun, meninggal karena luka-lukanya, dua hari setelah Ibnu Muljam memukul kepalanya dengan pedang yang dilapisi racun, pada tanggal 21 (atau 19) Ramadan 40 Hijriyah (28 Januari 661 M). Ali adalah khalifah ketiga secara berturut-turut, setelah Umar dan Utsman, yang dibunuh.

  2. 1.Khulafa berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.”
    2.Islam.
    Baligh.
    Berakal.
    Status merdeka.
    Laki-laki.
    Berilmu.
    Adil.
    Memiliki kecakapan diri.
    3.Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah. Musyawarah ini menghasilkan terpilihnya Abu Bakar Shiddiq sebagai Khalifah pertama pengganti Rasulullah SAW.
    4.Khalifah Umar ibn Khattab ditunjuk menjadi khalifah melalui wasiat yang diberikan oleh khalifah pertama, Abu Bakar as-Shiddiq, sebelum ia wafat. Abu Bakar wafat pada 8 Jumadil Akhir tahun ke-13 Hijriyah.
    5.Pada tahun ke-26 Hijriah, sebanyak 3.300 orang pasukan Muslimin dapat menaklukan Sabur.
    6.Ali meninggal karena luka-lukanya, dua hari setelah Abdurrahman bin Muljam memukul kepalanya dengan pedang yang dilapisi racun, pada tanggal 19 Ramadhan 40 Hijriyah

  3. 1.khulafa’ artinya jama’ dari Khalifah yang berarti pengganti, sedangkan kata Rasyidin yaitu mendapat petunjuk. Jadi Khulafaur Rasyidin adalah pengganti yang mendapat petunjuk.
    2.-musyawarah oleh para sahabat nabi
    -berdasarkan penunjukan Khalifah sebelumnya
    -beragama Islam
    -memiliki ilmu pengetahuan yang cukup luas
    -mampu melakukan pengawasan
    3.abu bakar as-siddiq diangkat menjadi Khalifah pertama dengan cara musyawarah antara kaum Anshar dan kaum Muhajirin.
    4.umar bin Khattab diangkat menjadi Khalifah kedua berdasarkan penunjukan Khalifah abu bakar as-siddiq sebelum meninggal untuk menggantikannya.
    5.pemberontakan pemberontakan yang dilakukan oleh banyak pihak seperti di wilayah bashrah,Mesir,dan Persia.
    6.pada saat itu Ali bin Abi Thalib berusia 62 atau 63 tahun, meninggal karena luka lukanya 2 hari setelah Ibnu muljam memukul kepalanya dengan pedang yang dilapisi racun, pada tanggal 21 ramadhan 40 hijriah atau 28 Januari 661 M.

  4. 1.khulafa berarti jama dari khalifah yang memiliki arti pengganti sedangkan kata ar-rasyidin yaitu mendapatkan petunjuk jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk.
    2. Didefinisikan sebagai seluruh sistem kepemimpinan umum bagi seluruh kaum Muslim di dunia untuk menerapkan hukum-hukum Islam dan mengembangkan dakwah islam ke seluruh penjuru dunia.
    3.pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di saqifah Bani sa’idah setelah wafatnya Rasulullah SAW.
    4.proses pengkatan Umar bin Khattab sebagai khalifah adalah berlangsung dengan jalan penunjukan langsung oleh Bu bakar as Siddiq sebelum ia wafat meski ditunjuk langsung namun keputusan memilih Umar tersebut disetujui oleh para sahabat lainnya.
    5.Khalifah Usman memerintah selama 13 tahun yakni dari 644 – 655 m atau 23 – 35 H.
    6.ali yang pada saat itu berumur 62/63 tahun meninggal karena luka-lukanya 2 hari setelah Ibnu muljam memukul kepalanya dengan pedang yang dilapisi racun pada tanggal 21 atau 19 Ramadhan 40 hijriah atau 26 Januari 661 M.

  5. 1.khuilafa berarti jama dari khalifah yg memiliki arti pengganti.sedangkan kata ar-rasyidin yaitu mendapat petunjuk.jadi khulafah rasyidin adalah para pengganti yg mendapat petunjuk.
    2.iman kepada Allah,beragama islam,pengghafal Al.qur’an,memiliki kepradian yg kuat
    3.melalui pemilihan musyawarah yg dilakukan oleh umat islam di tsaqifah bani saidah setelah wafatnya Rasullah SAW saidah.
    4.dengan jalan langsung sebelum abu bakar As siddiq wafat
    5.sebagai khalifah di masjid nabawi
    6.meninggal karena luka lukanya,dan memukul kepalanya dengan pedang yg dilapisi racun

  6. 1.secara bahasa= berasal dari ar Rasyid yang artinya petunjuk, jadi Khulafaur Rasyidin orang yang di tunjuk sebagai pengganti, pemimpin.
    Secara istilah=berasal dari 2 kata yaitu Khulafa’ dan Ar- Rasyidin. Khulafa berarti dari khalifah yang arti ny pengganti . kata Ar-Rasyidin yaitu mendapat petunjuk.Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk

    2.a.beragama Islam
    B.punya sifat amanah, jujur, tidak pemarah,dan akhlak mulia
    C.Menegakan shalat

    3. dilakukan dengan kesepatakan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah

    4.umar ditunjuk menjadi khalifah melalui wasiat yang diberikan oleh abu Bakar as-Shiddiq, sebelum ia wafat

    5.Di masa Usman, negeri-negeri seperti, Barqah, Tripoli Barat dabn bagian selatan negeri nubah, telah masuk dalam wilayah Negara Islam. Kemudian negeri-negeri Armenia dn beberapa bagian Thabaristan, bahkan kemajuan tentara Islam telah melampaui sungai Jihun di Amu Daria. Jadi daerah “Mawaraan Nahri” (negeri-negeri seberang sungai Jihun) telah temasuk wilayah Negara Islam dan negeri-negeri Baktaria, Harah, Kabul dan Ghaznah di Turkastan pun telah diduduki kaum Muslimin. Dengan mempergunakan angkatan laut yang dipimpin oleh Mu’awiyah ibnu Abi Sofyan, pada tahun 28 H pulau Cyprus juga dapat di taklukkan dan dimasukkan ke dalam wilayah Islam.
    Khalifah Utsman adalah khalifah pertama yang melakukan perluasan terhadap masjid Nabawi di Madinah dan Masjid al-Haram di Makah. Dan beliau juga yang pertama kali menentukan adzan awal menjelang shalat jumat. Selain melakukan perluasan Masjid, khalifah Utsman juga melakukan kodifikasi al-Quran.

    6.khalifa Ali yang pada saat itu berumur 62 atau 63 tahun, meninggal karena luka-lukanya, dua hari setelah Ibnu Muljam memukul kepalanya dengan pedang yang dilapisi racun, pada tanggal 21 (atau 19) Ramadan 40 Hijriyah (28 Januari 661 M

  7. 1.Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk

    2.tata caranya:Dipilih oleh Ahlul halli wal Aqdi. Misalnya penetapan kepemimpinan Abu Bakar Ash-Shidiq. Kekhalifahannya ditetapkan berdasarkan pemilihan dari Ahlul halli wal aqdi, kemudian para shahabat akhirnya sepakat dan berbaiat kepadanya dan mereka ridha dengan kekhalifahannya.
    Syarat memilih Khalifah:(1) dewasa atau aqil-baligh, (2) otak yang sehat, (3) merdeka dan bukan budak, (4) laki-laki, (5) keturunan Quraisy, (6) pendengaran dan penglihatan yang sehat, (7) kekuasaan yang nyata, (8) hidayah, (9) ilmu pengetahuan, dan (10) wara, kehidupan yang bersih dengan kemampuan mengendalikan

    3.Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah. … Musyawarah ini menghasilkan terpilihnya Abu Bakar Shiddiq sebagai Khalifah pertama pengganti Rasulullah SAW.

    4.umar bin Khattab diangkat melalui penunjukan yang dilakukan Khalifah abu bakar setelah mendapatkan persetujuan dari para sahabat besar. Hal ini dilakukan khalifah guna menghindari pertikaian politik antara umat Islam. Beliau khawatir kalau pengangkatan itu dilakukan melalui proses pemilihan seperti pada, maka situs ini akan menjadi karo karena kemungkinan terdapat banyak kepentingan yang ada di antara mereka yang membuat negara menjadi tidak stabil, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat mengembangan Islam akan terhambat

    5.Pada tahun yang sama tentara yang dipimpin Ibnu Aamir menguasai Marwarrauz, Thaliqon, Fariab, Jauzjan dan Thakharstan. Banyak sejarawan menilai, era Khalifah Utsman sebagai zaman kemenangan kaum Muslimin. Umat Islam begitu disegani para negeri adidaya kala itu, semisal Romawi, Parsi dan Turki.

    6.Ali, yang pada saat itu berumur 62 atau 63 tahun, meninggal karena luka-lukanya, dua hari setelah Ibnu Muljam memukul kepalanya dengan pedang yang dilapisi racun, pada tanggal 21 (atau 19) Ramadan 40 Hijriyah (28 Januari 661 M). Ali adalah khalifah ketiga secara berturut-turut, setelah Umar dan Utsman, yang dibunuh.

  8. 1.Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.” Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk

    2.Kata khilafah dalam grametika bahasa Arab merupakan bentuk kata benda
    verbal yang mensyaratkan adanya subjek atau pelaku yang aktif yang disebut
    khalifah. Kata khilafah dengan demikian menunjuk pada serangkaian tindakan
    yang dilakukan oleh seseorang, yaitu seseorang yang disebut khalifah. Oleh
    karena itu tidak akan ada suatu khilafah tanpa adanya seorang khalifah.1
    Sedangkan secara teknis, khilafah adalah lembaga pemerintahan Islam yang
    berdasarkan pada Al-Qur’an dan Sunnah. Khilafah merupakan medium untuk
    menegakkan agama dan memajukan syariah. Dari pandangan yang demikian,
    muncullah suatu konsep yang menyatakan bahwa Islam meliputi di wa ad-daulah
    (agama dan negara).2
    Kata khilafah seakar dengan kata khalifah (mufrad), khalaif (jama’).
    Semua padanan kata tersebut berasal dari kata dasar (fi’il madi), kholafa (خلف.(
    Kata khalifah, dengan segala padanannya, telah mengalami perkembangan arti,
    baik arti khusus maupun umum. Dalam Firs Encylopedia of Islam, khalifah
    berarti “wakil”, “pengganti”,”penguasa”, gelar bagi pemimpin tertinggi dalam
    komunitas muslim, dan bermakna “pengganti Rasulullah”. Makna terakhir senada

    3.Pengangkatan Umar Ibnu Khattab menjadi khalifah kedua menjadi salah satu peristiwa penting dalam Islam yang terjadi pada bulan Jumadil Akhir. Khalifah Umar ibn Khattab ditunjuk menjadi khalifah melalui wasiat yang diberikan oleh khalifah pertama, Abu Bakar as-Shiddiq, sebelum ia wafat.
    Abu Bakar wafat pada 8 Jumadil Akhir tahun ke-13 Hijriyah. Adapula yang menyebutkan bahwa Abu Bakar wafat 21 Jumadil Akhir 13 H. Beliau wafat setelah memimpin kaum Muslim selama dua tahun.

    4.Pemilihan Abu Bakar sebagai khalifah dilakukan dengan kesepatakan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah.

    5.Khalifah Usman memerintah selama 13 tahun yakni dari 644-655 M atau 23-35 H.

    Dikutip dari Khulafaur Rasyidin (2019), Usman merupakan sahabat karib Abu Bakar. Lewat Abu Bakar, ia bertemu Muhammad dan masuk Islam.

    Usman bin Affan punya julukan Zunnuarain Walhijratain. Artinya memiliki dua cahaya dan dua kali hijrah.

    Ia menikahi dua putri Nabi, Rukayah dan Umi Kulsum. Usman juga dua kali hijrah yakni ke Hasby dan Madinah.

    Ia disegani karena berasal dari keturunan bangsa saudagar yang kaya raya.

    6.Ali, yang pada saat itu berumur 62 atau 63 tahun, meninggal karena luka-lukanya, dua hari setelah Ibnu Muljam memukul kepalanya dengan pedang yang dilapisi racun, pada tanggal 21 (atau 19) Ramadan 40 Hijriyah (28 Januari 661 M). Ali adalah khalifah ketiga secara berturut-turut, setelah Umar dan Utsman, yang dibunuh.

  9. 1.Khulafaur-Rasyidin berasal dari kata khulafa’ dan ar-rasyidin. Kata khulafa,merupakan jamak dari kata khalifahartinya pengganti sedangkan kata ar-rasyidin artinya mendapat petunjuk. Jadi khulafaurrasyidin menurut bahasa adalah orang yang ditunjuk sebagai pengganti, pemimpin atau penguasa yang selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT.Khulafaurrasyidin menurut istilah adalah pemimpin umat dan kepala negara yang telah mendapat petunjuk dari Allah SWT. untuk meneruskan perjuangan Nabi Muhammad saw.

    2.- islam
    – baligh ( dewasa )
    – laki – laki
    – adil
    – menjauhi perbuatan perbuatan yang buruk, seperti kemusyrikan
    – harus bijaksana dalam mengatur semua hal.
    Sepeninggal Rasulullah Abu Bakar menjadi khalifah penggantinya dengan cara Demokrasi/Musyawarah/Konsensus antara kaum Anshar dan Muhajirin. Adapun dasar kesepakatan tersebut adalah:

    a.       Abu Bakar adalah orang pertama orang yang mengakui peristiwa Isra’ Mikraj.

    b.      Beliau juga orang yang ikut bersama Rasulullah SAW ketika hijrah ke Yastrib.

    c.       Ia juga orang yang sangat gigih dalam melindungi orang yang memeluk agama Islam dan ketika Rasulullah SAW sakit, Abu Bakar menggantika nya sebagai imam.

    Adapun proses pemilihan nya adalah, pada awalnya kaum Anshar menawarkan Saad bin Ubadah sebagai khalifah dari golongan mereka, dan Abu Bakar menawarkan Umar bin Khatab dan Abu Ubaidah serta berkata kaum Muhajirin telah di istimewakan oleh Allah SWT karena pada permulaan Islam mereka telah mengakui Muhammad sebagai nabi dan tetap bersamanya dalam situasi apapun, sehingga pantaslah khalifah muncul dari kaum Muhajirin.

    Dan kemudian Umar menolak usulan dari Abu Bakar dan berkata Abu Bakarlah yang pantas menjadi khalifah dari kaum Muhajirin, dan setelah sekian lama perdebatan akhirnya keputusan jatuh kepada Abu Bakar dan Umar mengucapkan sumpah setianya lalu diikuti oleh Saad bin Ubadah dan diikuti oleh seluruh umat Islam.

    o   Model pemilihan Umar bin Khatab sebagai khalifah

    Adapun pemilihan Umar bin Khatab sebagi berikut:

    a.      Penunjukan Abu Bakar dengan persetujuan rakyat

    Abu Bakar sebagai khalifah pertama menunjuk Umar sebagi khalifah penggantinya, penunjukan tersebut berdasarkan dengan bertanya kepada Abdurrahman bin Auf, Ustman bin Affan, Asid bin Hudhair Al-Anshary, Said bin Zaid serta sahabat-sahabatnya dari kaum Muhajirin dan Anshar. Pada umumnya mereka setuju dengan Abu Bakar dan kemudian disetujui oleh kaum muslim dengan serempak.

    b.      Proses pemilihan

    Ketika Abu Bakar dalam keadaan sakit ia menyeru kepada Ustman bin Affah untuk menulis wasiat yang mana menunjuk Umar bin Khatab sebagai penggantinya dengan maksud agar ketika sepeninggal beliau tidak ada kemungkinan perselisiahan di kalangan umat Islam untuk masalah khalifah.

    Kebijakan Abu Bakar tersebut ternyata diterima oleh masyarakat yang segera secara beramai-rama membaiat Umar sebagai khalifah, sehingga keputusan tersebut bukan keputusan Abu Bakar sendiri namun persetujuan umat muslim semua.

    o   Model pemilihan Ustman bin Affan

    1.      Berdasarkan kesepakatan dewan majelis dan pengumutan suara terhadap dua calon khalifah

    Berbeda dengan Umar bin Khatab, pemilihan Ustman berdasarkan kepada konsensus dewan pemilihan khalifah dan juga terdapat dua kandidat kuat yaitu Ustman bin Affan dan juga Ali bin Abi Thalib yang mana pada akhrnya terpilihlah Ustman sebagai khalifah.

    2.      Proses pemilihan

    Sebelum Umar wafat karena ditikam oleh seoram budak Persia ia telah membentuk sebuah dewan formatur yang bertugas untuk memilih khalifah baru, dewan tersebut terdiri dari Ustman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Thalhah bin Ubaidillah, Zubair bin Awwam, Abdurrahman bin Auf, dan Saad bin Abi Waqqas.

    Setelah Umar bin Khatab wafat dewan yang telah dibentuk tersebut mengadakan rapat, dan dari keenam dewan tersebut empat diantaranya mengundurkan diri dan tinggallah dua calon kuat yakni, Ustman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Namun demikian karena kedua orang yang sangat mulia ini tidak gila terhadap kekuasaan dan jabatan mereka saling menuding dan beranggapan bahwa mereka tidak lebih baik dari lawannya, sehingga Ali menunjuk Ustman sebagai khalifah dan begitu juga sebaliknya.

    Kerena kejadian tersebut Abdurrahman bin Auf meminta kepada dewan formatur agar rapat ditunda, dengan tujuan menanyakan persetujuan masyarakat ketika itu. Dan pada akhirnya Ustman yang menjadi khalifah pengganti Umar bin Khatab.

    o   Model pemilihan Ali bin Abi Thalib

    Secara umum dasar pemilihan Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah sama dengan pemilihan Ustman bin Affan, hanya saja calon pada masa ini hanya Ali yang menjadi calon tunggal dari dewan pemilihan khalifah.

    Adapun proses awal terjadinya pemilihan Ali bin Abi Thalib adalah sebagai berikut:

    a.       Pada awalnya Ali menolak untuk diangkat menjadi khalifah, karena melihat dari berbagai sisi dan berbagai pertimbangan pada akhirnya beliau menyutujuinya.

    b.      Namun demikian, terpilihnya Ali sebagai khalifah menyisakan beberapa kelompok pemberontak, yang menuntut agar pembunuhan Ustman bin Affan diusut dan pembunuhnya dihukum.

    3.Pada masa Rasulullah Saw, tugas Rasul tidak saja sebagai pembawa risalah Islam, akan tetapi juga sebagai pemimpin masyarakat. Setelah Rasulullah Saw. wafat, para sahabat Rasulullah Saw. merasakan adanya kekosongan kepemimpinan di tengah masyarakat, dan para sahabat Nabi pun berkumpul untuk menentukan pilihannya.

    Para sejarahwan seperti Ibnu Ishaq, al-Thabari menceritakan bahwa sesaat setelah Rasulullah wafat, para sahabat Nabi pun dibuat tidak percaya akan hal tersebut. Sepeninggalnya Nabi, kondisi masyarakat masih dalam keadaan tidak menentu. Maka kaum muslim di Madinah berusaha untuk mencari penggantinya.

    Ibnu Ishaq menceritakan bagaimana masyarakat Ansor dan Muhajirin berbeda pendapat terkait siapa yang menjadi suksesi Nabi pascawafatnya. Suksesi di sini bukanlah dalam persoalan kenabian, tetapi menjadi pengganti Rasulullah Saw. Karena bagi para sahabat sangat mafhum bahwa tidak ada lagi Nabi setelahku.

    Pertentangan terkait proses pengangkatan Abu Bakar ra, sebagai khalifah berlangsung dramatis. Ketika kaum Muhajirin dan Ansor berkumpul di Saqifah bani Sa’idah terjadi perdebatan tentang calon khalifah. Masing-masing mengajukan argumentasinya tentang siapa yang berhak sebagai khalifah.

    Kaum Ansor mencalonkan Said bin Ubaidillah, seorang pemuka dari suku al-Khajraj sebagai pengganti Nabi. Dalam kondisi tersebut Abu Bakar, Umar, dan Abu Ubaidah bergegas menyampaikan pendirian kaum Muhajirin, yaitu agar menetapkan pemimpin dari kalangan Quraisy.

    Akan tetapi, hal tersebut mendapat perlawanan keras dari al-Hubab bin Munzir (kaum Ansor). Di tengah perdebatan tersebut Abu Bakar mengajukan dua calon khalifah yaitu Abu Ubaidah bin Zahrah dan Umar bin Khattab, namun kedua tokoh ini menolak usulan tersebut.

    Akan tetapi Umar bin Khattab tidak membiarkan proses tersebut semakin rumit, maka dengan suara yang lantang beliau membaiat Abu Bakar sebagai khalifah yang diikuti oleh Abu Ubaidah. Kemudian proses pembaiatan pun terus berlanjut seperti yang dilakukan oleh Basyir bin Saad beserta pengikutnya yang hadir dalam pertemuan tersebut

    Para ulama menyebutkan bahwa Abu Bakar al-Shiddiq merupakan satu-satunya sahabat Nabi yang pernah menggantikan Nabi Muhammad Saw sebagai imam salat. Pesan secara tersirat bahwa Abu Bakar memang layak menggantikan Rasulullah.

    Di sisi lain, untuk menghindari perseteruan berkepanjangan antara kaum Muhajirin dan Ansor, di mana kaum Ansor sudah berkumpul di Bani Tsaqifah untuk mengangkat Saad bin Ubadah sebagai pemimpin, Abu Bakar al-Shiddiq menghampiri mereka dan melakukan distribusi kekuasaan.

    Abu Bakar al-Shiddiq mengatakan, kami adalah pemimpinnya, dan kalian adalah para menterinya (Nahnu al-Umara’ wa Antum al-Wuzara’). (lihat Tarikh al-Khulafa’ karya al-Suyuthi)

    Proses pengangkatan Abu Bakar ra, sebagai khalifah ternyata tidak sepenuhnya mulus karena ada beberapa orang yang belum memberikan ikrar, seperti Ali bin Abi Thalib, Abbas bin Abdul Muthalib, Fadl bin al-Abbas, Zubair bin al-Awwam bin al-Ash, Khalid bin Sa’id, Miqdad bin Amir, Salman al-Farisi, Abu Zar al-Gifari, Amma bin Yasir, Bara bin Azib dan Ubai bin Ka’ab. Telah terjadi pertemuan sebagian kaum Muhajirin dan Ansor dengan Ali bin Abi Thalib di rumah Fatimah, mereka bermaksud membaiat Ali bin Abi Thalib dengan anggapan bahwa beliau lebih patut menjadi khalifah karena berasal dari bani Hasyim yang berarti ahlul bait.

    Proses pengangkatan Abu Bakar ra, sebagai khalifah pertama, menunjukkan betapa seriusnya masalah suksesi kepemimpinan dalam masyarakat Islam pada saat itu, dikarenakan suku-suku Arab kepemimpinan mereka didasarkan pada sistem senioritas dan prestasi, tidak diwariskan secara turun temurun.

    Pasca pengangkatan Khalifah Abu Bakar al-Shiddiq, ia diberi gelar dengan khalifat rasulillah (pengganti Rasulullah). Hal ini menunjukkan bahwa Abu Bakar tidak mengklaim dirinya sebagai ‘pemimpin’ umat Islam atau amirul mukminin. Adapun gelar amirul mukminin baru ada ketika kekhalifahan al-Rasyidin berada di bawah sahabat Umar bin al-Khattab.

    4.Umar Bin Khattab diangkat melalui penunjukan yang dilakukan khalifah Abu Bakar setelahmendapatkan persetujuan dari para sahabat besar.Hal itu dilakukan khalifah guna menghindari pertikaian politik antara umat Islam sendiri

    5.Perluasan wilayah Perluasan Islam di masa Usman dapat disimpulkan pada dua bidang, yaitu sebagai berikut Menumpas pendurhakaan dan pemberontakan yang terjadi di beberapa negeri yang telah masuk ke bawah kekuasaan Islam di zaman Umar. Setelah Umar berpulang ke kerahmatullah ada daerah-daerah yang mendurhaka kepada pemerintah Islam. Pendurhakaan itu ditimbulkan oleh pendukung-pendukung pemerintahan yang lama atau dengan kata lain ada sementara pamompraja dari pemerintahan lama (pemerintahan sebelum daerah itu masuk ke bawah kekuasaan Islam) ingin mengembalikan kekuasaannya. Daerah-daerah yang mendurhaka itu terutama ialah Khurasan dan Iskandariyah. Melanjutkan perluasan Islam ke daerah-daerah yang sampai di sana telah terhenti pada perluasan Islam di Umar. Perluasan Islam boleh dikatakan meliputi semua daerah yang telah dicapai balatentara Islam di masa Umar. Perluasan ini di masa Usman telah bertambah dengan perluasan ke laut. Kaum muslimin pada masa itu pun telah mempunyai angkatan laut. Di masa Usman, negeri-negeri seperti, Barqah, Tripoli Barat dabn bagian selatan negeri nubah, telah masuk dalam wilayah Negara Islam. Kemudian negeri-negeri Armenia dn beberapa bagian Thabaristan, bahkan kemajuan tentara Islam telah melampaui sungai Jihun di Amu Daria. Jadi daerah “Mawaraan Nahri” (negeri-negeri seberang sungai Jihun) telah temasuk wilayah Negara Islam dan negeri-negeri Baktaria, Harah, Kabul dan Ghaznah di Turkastan pun telah diduduki kaum Muslimin. Dengan mempergunakan angkatan laut yang dipimpin oleh Mu’awiyah ibnu Abi Sofyan, pada tahun 28 H pulau Cyprus juga dapat di taklukkan dan dimasukkan ke dalam wilayah Islam. Salah satu pertempuran yang penting di laut pada masa Usman ialah pertempuran “Dzatis Sawari” (Pertempuran Tiang Kapal). Pertempuran ini terjadi pada tahun 31 H di laut tengah dekat kota Iskandariyah, antara tentara Romawi di bawah pimpinan kaisar Constantine dengan bala tentara Islam di bawah pinmpinan Abdullah ibnu Abi Sarah, yang menjadi gubernur di Mesir. Pertempuran ini dinamakan Dzatis Sawari karena banyaknya kapal-kapal perang yang ikut dalam peperangan ini. Konon kabarnya kapal-kapal tersebut ada 1000, 200 kepunyaan kaum Muslim dan sisanya adalah kepunyaan bangsa Romawi. Dalam pertempuran ini kaum Muslimin telah berhasil mengalahkan tentara Romawi.
    2)        Perlusan Masjid dan Penyalinan Al-Quran Khalifah Utsman adalah khalifah pertama yang melakukan perluasan terhadap masjid Nabawi di Madinah dan Masjid al-Haram di Makah. Dan beliau juga yang pertama kali menentukan adzan awal menjelang shalat jumat. Selain melakukan perluasan Masjid, khalifah Utsman juga melakukan kodifikasi al-Quran. Kodifikasi al-Quran ini merupakan lanjutan kerja yang telah dirintis oleh khalifah Abu Bakar, dengan inisiatif Umar ibn Khatab. Pengkodifikasi al-Quran pada masa khalifah Utsman dilakukan karena terjadi perbedaan pendapat tentang bacaan al-Quran (qiraat al-Quran), yang menimbulkan percekcokan antara guru dan muridnya. Panitia pengkodifikasian al-Quran yang dibentuk oleh khalifah Utsman bin Affan ini pertama-tama melakukan pengecekan ulang dengan meneliti mushaf yang sudah disimpan di rumah Hafsah dan membandingkannya dengan mushaf-mushaf yang lain. Ketika itu terdapat empat mushaf al-Quran yang merupakan catatan pribadi. 1)        Mushaf al-Quran yang ditulis oleh Ali bin Abi Thalib, terdiri atas 111 surah. Surah pertama adalah surah al-Baqarah dan surah terakhir adalah surah al-Muawidzatain. 2)        Mushaf al-Quran yang ditulis oleh Ubay bin Ka’ab, terdiri atas 105 surah. Surah pertama adalah al-Fatihah dan surah terakhir adalah surah an-Nas. 3)        Mushaf al-Quran yang ditulis oleh Ibn Mas’ud, terdiri atas 108 surah. Surah yang pertama adalah al-Baqarah dan yang terakhir adalah surah Qulhuwallahu Ahad. 4)        Mushaf al-Quran yang ditulis oleh Ibn Abbas, terdiri atas 114 surah. Surah pertama adalah surah Iqra dan yang terakhir adalah aurah an-Nas. Tugas tim adalah menyalin mushaf al-Quran yang disimpan dirumah Hafsah dan menyeragamkan qiraat atau bacaanya mengikuti dialek Quraisy. Kemudian setelah berhasil, Zaid bin Tsabit mengembakanya kepada Hafsah. Kemudian salinan itu dikirim juga ke Makkah, Madinah, Bashrah, Kuffah, dan Syiria serta salah satunya disimpan oleh Utsman bin Affan yang kemudian disebut mushaf al-imam. Sedangkan mushaf yang lain, diperintahkan untuk dibakar. Terlepas dari perbedaan pendapat, dengan adanya mushaf utsmani ini telah berhasil mengeluarkan masyarakat muslim dari kemelut, yang diakibatkan dari perbedaan bacaan al-Quran (qiraat).

    6.Ali, yang pada saat itu berumur 62 atau 63 tahun,meninggal karena luka lukanya,dua hari setelah Abdurrahman bin Muljam memukul kepalanya dengan pedang yang di lapisi racun,pada tanggal 21 atau 19 ramadhan 40 Hijriyah (28 Januari 661 M).

  10. 1. Khulafaur Rasyidin berasal dari dua kata yakni Khulafa’ dan Ar- Rasyidin. Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.” Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk

    2.Islam.
    Baligh.
    Berakal.
    Status merdeka.
    Laki-laki.
    Berilmu.
    Adil.
    Memiliki kecakapan diri.

    3. dilakukan dengan kesepatakan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah
    Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah. … Musyawarah ini menghasilkan terpilihnya Abu Bakar Shiddiq sebagai Khalifah pertama pengganti Rasulullah SAW.

    4.umar ditunjuk menjadi khalifah melalui wasiat yang diberikan oleh abu Bakar as-Shiddiq, sebelum ia wafat
    umar bin Khattab diangkat melalui penunjukan yang dilakukan Khalifah abu bakar setelah mendapatkan persetujuan dari para sahabat besar. Hal ini dilakukan khalifah guna menghindari pertikaian politik antara umat Islam. Beliau khawatir kalau pengangkatan itu dilakukan melalui proses pemilihan seperti pada, maka situs ini akan menjadi karo karena kemungkinan terdapat banyak kepentingan yang ada di antara mereka yang membuat negara menjadi tidak stabil, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat mengembangan Islam akan terhambat

    5.Pada tahun yang sama tentara yang dipimpin Ibnu Aamir menguasai Marwarrauz, Thaliqon, Fariab, Jauzjan dan Thakharstan. Banyak sejarawan menilai, era Khalifah Utsman sebagai zaman kemenangan kaum Muslimin. Umat Islam begitu disegani para negeri adidaya kala itu, semisal Romawi, Parsi dan Turki.
    Di masa Usman, negeri-negeri seperti, Barqah, Tripoli Barat dabn bagian selatan negeri nubah, telah masuk dalam wilayah Negara Islam. Kemudian negeri-negeri Armenia dn beberapa bagian Thabaristan, bahkan kemajuan tentara Islam telah melampaui sungai Jihun di Amu Daria. Jadi daerah “Mawaraan Nahri” (negeri-negeri seberang sungai Jihun) telah temasuk wilayah Negara Islam dan negeri-negeri Baktaria, Harah, Kabul dan Ghaznah di Turkastan pun telah diduduki kaum Muslimin. Dengan mempergunakan angkatan laut yang dipimpin oleh Mu’awiyah ibnu Abi Sofyan, pada tahun 28 H pulau Cyprus juga dapat di taklukkan dan dimasukkan ke dalam wilayah Islam.
    Khalifah Utsman adalah khalifah pertama yang melakukan perluasan terhadap masjid Nabawi di Madinah dan Masjid al-Haram di Makah. Dan beliau juga yang pertama kali menentukan adzan awal menjelang shalat jumat. Selain melakukan perluasan Masjid, khalifah Utsman juga melakukan kodifikasi al-Quran.

    6.Ali, yang pada saat itu berumur 62 atau 63 tahun, meninggal karena luka-lukanya, dua hari setelah Ibnu Muljam memukul kepalanya dengan pedang yang dilapisi racun, pada tanggal 21 (atau 19) Ramadan 40 Hijriyah (28 Januari 661 M). Ali adalah khalifah ketiga secara berturut-turut, setelah Umar dan Utsman, yang dibunuh.

  11. Ini eh jawaban SKI
    1. Khulafaur Rasyidin berasal dari dua kata yakni Khulafa’ dan Ar- Rasyidin. Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.” Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk
    2.Islam.
    Baligh.
    Berakal.
    Status merdeka.
    Laki-laki.
    Berilmu.
    Adil.
    Memiliki kecakapan diri.
    3. dilakukan dengan kesepatakan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah
    Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah. … Musyawarah ini menghasilkan terpilihnya Abu Bakar Shiddiq sebagai Khalifah pertama pengganti Rasulullah SAW.
    4.umar ditunjuk menjadi khalifah melalui wasiat yang diberikan oleh abu Bakar as-Shiddiq, sebelum ia wafat
    umar bin Khattab diangkat melalui penunjukan yang dilakukan Khalifah abu bakar setelah mendapatkan persetujuan dari para sahabat besar. Hal ini dilakukan khalifah guna menghindari pertikaian politik antara umat Islam. Beliau khawatir kalau pengangkatan itu dilakukan melalui proses pemilihan seperti pada, maka situs ini akan menjadi karo karena kemungkinan terdapat banyak kepentingan yang ada di antara mereka yang membuat negara menjadi tidak stabil, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat mengembangan Islam akan terhambat
    5.Pada tahun yang sama tentara yang dipimpin Ibnu Aamir menguasai Marwarrauz, Thaliqon, Fariab, Jauzjan dan Thakharstan. Banyak sejarawan menilai, era Khalifah Utsman sebagai zaman kemenangan kaum Muslimin. Umat Islam begitu disegani para negeri adidaya kala itu, semisal Romawi, Parsi dan Turki.
    Di masa Usman, negeri-negeri seperti, Barqah, Tripoli Barat dabn bagian selatan negeri nubah, telah masuk dalam wilayah Negara Islam. Kemudian negeri-negeri Armenia dn beberapa bagian Thabaristan, bahkan kemajuan tentara Islam telah melampaui sungai Jihun di Amu Daria. Jadi daerah “Mawaraan Nahri” (negeri-negeri seberang sungai Jihun) telah temasuk wilayah Negara Islam dan negeri-negeri Baktaria, Harah, Kabul dan Ghaznah di Turkastan pun telah diduduki kaum Muslimin. Dengan mempergunakan angkatan laut yang dipimpin oleh Mu’awiyah ibnu Abi Sofyan, pada tahun 28 H pulau Cyprus juga dapat di taklukkan dan dimasukkan ke dalam wilayah Islam.
    6.Ali, yang pada saat itu berumur 62 atau 63 tahun, meninggal karena luka-lukanya, dua hari setelah Ibnu Muljam memukul kepalanya dengan pedang yang dilapisi racun, pada tanggal 21 (atau 19) Ramadan 40 Hijriyah (28 Januari 661 M). Ali adalah khalifah ketiga secara berturut-turut, setelah Umar dan Utsman, yang dibunuh.

  12. 1.Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.” Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk

    2.Musyawarah dan Berdasarkan penunjukan
    Islam
    Baligh
    Berakal
    Status merdeka
    Laki-laki
    Berilmu
    Adil
    Memiliki kecakapan diri

    3. dilakukan dengan kesepatakan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah
    Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah. … Musyawarah ini menghasilkan terpilihnya Abu Bakar Shiddiq sebagai Khalifah pertama pengganti Rasulullah SAW

    4.umar ditunjuk menjadi khalifah melalui wasiat yang diberikan oleh abu Bakar as-Shiddiq, sebelum ia wafat
    umar bin Khattab diangkat melalui penunjukan yang dilakukan Khalifah abu bakar setelah mendapatkan persetujuan dari para sahabat besar. Hal ini dilakukan khalifah guna menghindari pertikaian politik antara umat Islam. Beliau khawatir kalau pengangkatan itu dilakukan melalui proses pemilihan seperti pada, maka situs ini akan menjadi karo karena kemungkinan terdapat banyak kepentingan yang ada di antara mereka yang membuat negara menjadi tidak stabil, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat mengembangan Islam akan terhambat

    5.Pada tahun yang sama tentara yang dipimpin Ibnu Aamir menguasai Marwarrauz, Thaliqon, Fariab, Jauzjan dan Thakharstan. Banyak sejarawan menilai, era Khalifah Utsman sebagai zaman kemenangan kaum Muslimin. Umat Islam begitu disegani para negeri adidaya kala itu, semisal Romawi, Parsi dan Turki.
    Di masa Usman, negeri-negeri seperti, Barqah, Tripoli Barat dabn bagian selatan negeri nubah, telah masuk dalam wilayah Negara Islam. Kemudian negeri-negeri Armenia dn beberapa bagian Thabaristan, bahkan kemajuan tentara Islam telah melampaui sungai Jihun di Amu Daria. Jadi daerah “Mawaraan Nahri” (negeri-negeri seberang sungai Jihun) telah temasuk wilayah Negara Islam dan negeri-negeri Baktaria, Harah, Kabul dan Ghaznah di Turkastan pun telah diduduki kaum Muslimin. Dengan mempergunakan angkatan laut yang dipimpin oleh Mu’awiyah ibnu Abi Sofyan, pada tahun 28 H pulau Cyprus juga dapat di taklukkan dan dimasukkan ke dalam wilayah Islam.
    Khalifah Utsman adalah khalifah pertama yang melakukan perluasan terhadap masjid Nabawi di Madinah dan Masjid al-Haram di Makah. Dan beliau juga yang pertama kali menentukan adzan awal menjelang shalat jumat

    6.Ali, yang pada saat itu berumur 62 atau 63 tahun, meninggal karena luka-lukanya, dua hari setelah Ibnu Muljam memukul kepalanya dengan pedang yang dilapisi racun, pada tanggal 21 (atau 19) Ramadan 40 Hijriyah (28 Januari 661 M). Ali adalah khalifah ketiga secara berturut-turut, setelah Umar dan Utsman, yang dibunuh

  13. 1.Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.” Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk

    2.Musyawarah dan Berdasarkan penunjukan
    Islam
    Baligh
    Berakal
    Status merdeka
    Laki-laki
    Berilmu
    Adil
    Memiliki kecakapan diri

    3. dilakukan dengan kesepatakan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah
    Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah. … Musyawarah ini menghasilkan terpilihnya Abu Bakar Shiddiq sebagai Khalifah pertama pengganti Rasulullah SAW

    4.umar ditunjuk menjadi khalifah melalui wasiat yang diberikan oleh abu Bakar as-Shiddiq, sebelum ia wafat
    umar bin Khattab diangkat melalui penunjukan yang dilakukan Khalifah abu bakar setelah mendapatkan persetujuan dari para sahabat besar. Hal ini dilakukan khalifah guna menghindari pertikaian politik antara umat Islam. Beliau khawatir kalau pengangkatan itu dilakukan melalui proses pemilihan seperti pada, maka situs ini akan menjadi karo karena kemungkinan terdapat banyak kepentingan yang ada di antara mereka yang membuat negara menjadi tidak stabil, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat mengembangan Islam akan terhambat

    5.Pada tahun yang sama tentara yang dipimpin Ibnu Aamir menguasai Marwarrauz, Thaliqon, Fariab, Jauzjan dan Thakharstan. Banyak sejarawan menilai, era Khalifah Utsman sebagai zaman kemenangan kaum Muslimin. Umat Islam begitu disegani para negeri adidaya kala itu, semisal Romawi, Parsi dan Turki.
    Di masa Usman, negeri-negeri seperti, Barqah, Tripoli Barat dabn bagian selatan negeri nubah, telah masuk dalam wilayah Negara Islam. Kemudian negeri-negeri Armenia dn beberapa bagian Thabaristan, bahkan kemajuan tentara Islam telah melampaui sungai Jihun di Amu Daria. Jadi daerah “Mawaraan Nahri” (negeri-negeri seberang sungai Jihun) telah temasuk wilayah Negara Islam dan negeri-negeri Baktaria, Harah, Kabul dan Ghaznah di Turkastan pun telah diduduki kaum Muslimin. Dengan mempergunakan angkatan laut yang dipimpin oleh Mu’awiyah ibnu Abi Sofyan, pada tahun 28 H pulau Cyprus juga dapat di taklukkan dan dimasukkan ke dalam wilayah Islam.
    Khalifah Utsman adalah khalifah pertama yang melakukan perluasan terhadap masjid Nabawi di Madinah dan Masjid al-Haram di Makah. Dan beliau juga yang pertama kali menentukan adzan awal menjelang shalat jumat

    6.Ali, yang pada saat itu berumur 62 atau 63 tahun, meninggal karena luka-lukanya, dua hari setelah Ibnu Muljam memukul kepalanya dengan pedang yang dilapisi racun, pada tanggal 21 (atau 19) Ramadan 40 Hijriyah (28 Januari 661 M). Ali adalah khalifah ketiga secara berturut-turut, setelah Umar dan Utsman, yang dibunuh

  14. 1. Khulafaur Rasyidin berasal dari dua kata yakni Khulafa’ dan Ar- Rasyidin. Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.” Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk
    2.Islam.
    Baligh.
    Berakal.
    Status merdeka.
    Laki-laki.
    Berilmu.
    Adil.
    Memiliki kecakapan diri.
    3. dilakukan dengan kesepatakan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah
    Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah. … Musyawarah ini menghasilkan terpilihnya Abu Bakar Shiddiq sebagai Khalifah pertama pengganti Rasulullah SAW.
    4.umar ditunjuk menjadi khalifah melalui wasiat yang diberikan oleh abu Bakar as-Shiddiq, sebelum ia wafat
    umar bin Khattab diangkat melalui penunjukan yang dilakukan Khalifah abu bakar setelah mendapatkan persetujuan dari para sahabat besar. Hal ini dilakukan khalifah guna menghindari pertikaian politik antara umat Islam. Beliau khawatir kalau pengangkatan itu dilakukan melalui proses pemilihan seperti pada, maka situs ini akan menjadi karo karena kemungkinan terdapat banyak kepentingan yang ada di antara mereka yang membuat negara menjadi tidak stabil, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat mengembangan Islam akan terhambat
    5.Pada tahun yang sama tentara yang dipimpin Ibnu Aamir menguasai Marwarrauz, Thaliqon, Fariab, Jauzjan dan Thakharstan. Banyak sejarawan menilai, era Khalifah Utsman sebagai zaman kemenangan kaum Muslimin. Umat Islam begitu disegani para negeri adidaya kala itu, semisal Romawi, Parsi dan Turki.
    Di masa Usman, negeri-negeri seperti, Barqah, Tripoli Barat dabn bagian selatan negeri nubah, telah masuk dalam wilayah Negara Islam. Kemudian negeri-negeri Armenia dn beberapa bagian Thabaristan, bahkan kemajuan tentara Islam telah melampaui sungai Jihun di Amu Daria. Jadi daerah “Mawaraan Nahri” (negeri-negeri seberang sungai Jihun) telah temasuk wilayah Negara Islam dan negeri-negeri Baktaria, Harah, Kabul dan Ghaznah di Turkastan pun telah diduduki kaum Muslimin. Dengan mempergunakan angkatan laut yang dipimpin oleh Mu’awiyah ibnu Abi Sofyan, pada tahun 28 H pulau Cyprus juga dapat di taklukkan dan dimasukkan ke dalam wilayah Islam.
    6.Ali, yang pada saat itu berumur 62 atau 63 tahun, meninggal karena luka-lukanya, dua hari setelah Ibnu Muljam memukul kepalanya dengan pedang yang dilapisi racun, pada tanggal 21 (atau 19) Ramadan 40 Hijriyah (28 Januari 661 M). Ali adalah khalifah ketiga secara berturut-turut, setelah Umar dan Utsman, yang dibunuh.

  15. 1.Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.” Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk

    2.Musyawarah dan Berdasarkan penunjukan
    khalifah/pemimpin sebelumnya

    3. dilakukan dengan kesepatakan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah
    Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah. … Musyawarah ini menghasilkan terpilihnya Abu Bakar Shiddiq sebagai Khalifah pertama pengganti Rasulullah SAW

    4.umar ditunjuk menjadi khalifah melalui wasiat yang diberikan oleh abu Bakar as-Shiddiq, sebelum ia wafat
    umar bin Khattab diangkat melalui penunjukan yang dilakukan Khalifah abu bakar setelah mendapatkan persetujuan dari para sahabat besar. Hal ini dilakukan khalifah guna menghindari pertikaian politik antara umat Islam. Beliau khawatir kalau pengangkatan itu dilakukan melalui proses pemilihan seperti pada, maka situs ini akan menjadi karo karena kemungkinan terdapat banyak kepentingan yang ada di antara mereka yang membuat negara menjadi tidak stabil, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat mengembangan Islam akan terhambat

    5.Pada tahun yang sama tentara yang dipimpin Ibnu Aamir menguasai Marwarrauz, Thaliqon, Fariab, Jauzjan dan Thakharstan. Banyak sejarawan menilai, era Khalifah Utsman sebagai zaman kemenangan kaum Muslimin. Umat Islam begitu disegani para negeri adidaya kala itu, semisal Romawi, Parsi dan Turki.
    Di masa Usman, negeri-negeri seperti, Barqah, Tripoli Barat dabn bagian selatan negeri nubah, telah masuk dalam wilayah Negara Islam. Kemudian negeri-negeri Armenia dn beberapa bagian Thabaristan, bahkan kemajuan tentara Islam telah melampaui sungai Jihun di Amu Daria. Jadi daerah “Mawaraan Nahri” (negeri-negeri seberang sungai Jihun) telah temasuk wilayah Negara Islam dan negeri-negeri Baktaria, Harah, Kabul dan Ghaznah di Turkastan pun telah diduduki kaum Muslimin. Dengan mempergunakan angkatan laut yang dipimpin oleh Mu’awiyah ibnu Abi Sofyan, pada tahun 28 H pulau Cyprus juga dapat di taklukkan dan dimasukkan ke dalam wilayah Islam
    Khalifah Utsman adalah khalifah pertama yang melakukan perluasan terhadap masjid Nabawi di Madinah dan Masjid al-Haram di Makah. Dan beliau juga yang pertama kali menentukan adzan awal menjelang shalat jumat

    6.Ali, yang pada saat itu berumur 62 atau 63 tahun, meninggal karena luka-lukanya, dua hari setelah Ibnu Muljam memukul kepalanya dengan pedang yang dilapisi racun, pada tanggal 21 (atau 19) Ramadan 40 Hijriyah (28 Januari 661 M). Ali adalah khalifah ketiga secara berturut-turut, setelah Umar dan Utsman, yang dibunuh

  16. 1.khulafa berarti jama dari khalifah yang memiliki arti pengganti sedangkan kata ar-rasyidin yaitu mendapatkan petunjuk jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk.
    2. Didefinisikan sebagai seluruh sistem kepemimpinan umum bagi seluruh kaum Muslim di dunia untuk menerapkan hukum-hukum Islam dan mengembangkan dakwah islam ke seluruh penjuru dunia.
    3.pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di saqifah Bani sa’idah setelah wafatnya Rasulullah SAW.
    4.proses pengkatan Umar bin Khattab sebagai khalifah adalah berlangsung dengan jalan penunjukan langsung oleh Bu bakar as Siddiq sebelum ia wafat meski ditunjuk langsung namun keputusan memilih Umar tersebut disetujui oleh para sahabat lainnya.
    5.Khalifah Usman memerintah selama 13 tahun yakni dari 644 – 655 m atau 23 – 35 H.
    6.ali yang pada saat itu berumur 62/63 tahun meninggal karena luka-lukanya 2 hari setelah Ibnu muljam memukul kepalanya dengan pedang yang dilapisi racun pada tanggal 21 atau 19 Ramadhan 40 hijriah atau 26 Januari 661 M.

  17. 1.khulafur berarti jama dari khalifah yang memiliki arti ‘pengganti’. Sedangkan kata ar syidin yaitu ‘mendapat petunjuk’.
    Jadi khulafur rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk.
    2.maka tidak boleh bagi negara Islam atau yang mayoritas penduduknya adalah muslim di pimpin oleh seorang Yahudi atau yang tidak bersama islam.,, setiap calon khalifah harus sudah ballig,,,
    Seorang pemimpin suatu negara haruslah seorang laki laki,,, adil kemampuan atau naluri yang terdapat pada pribadi seseorang yang akan membawanya untuk selalu bertakwa dan menjaga keperwiraannya.
    3.pemilihan abu bakar sebagai khalifah dilakukan kesepakatan dengan para sahabat, pengakuan beliau sebagai khalifah pertama ialah melalui pemilihan secara musyawarah yang di lakukan oleh umat islam si tsaqifah bani saidah setelah wafat nya Rasululloh SAW saidah.
    4.proses pengangkatan umar bin Khattab sebagai khalifah adalah berlangsung dengan jalan penunjukan langsung oleh ash-shiddiq sebelum ia wafat , dan disetujui oleh para sahabat lainnya.
    5.khalifah usman juga berupaya memperluas wilayah hingga keluar jazirah Arab, pada 24 hujriah usman mengirimkan pasukan yang dipimpin oleh alwalid bin aqobah, mereka bergerak menuju negeri utara, khusuanya Azerbaijan dan Armenia, pemimpin dari dua negeri itu telah mengkhianati perjanjian dengan kaum muslimin pada era umar bin Khattab.
    6.khalifah ali yang pada saat berumur 63 tahun terbunuh karena luka lukanya , dua hari setelah Ibnu mul jam memukul kepalanya dengan pedang yang dilapisi racun .

  18. 1. Khulafaur Rasyidin berasal dari dua kata yakni Khulafa’ dan Ar- Rasyidin. Khulafa’ berarti jama’ dari khalifah yang memiliki arti “pengganti“. Sedangkan kata Ar-Rasyidin yaitu “mendapat petunjuk.” Jadi Khulafaur Rasyidin adalah para pengganti yang mendapatkan petunjuk
    2.Islam.
    Baligh.
    Berakal.
    Status merdeka.
    Laki-laki.
    Berilmu.
    Adil.
    Memiliki kecakapan diri.
    3. dilakukan dengan kesepatakan para sahabat. Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah
    Pengangkatan beliau sebagai khalifah yang pertama adalah melalui pemilihan secara musyawarah yang dilakukan oleh umat Islam di Tsaqifah Bani Saidah setelah wafatnya Rasulullah SAW Saidah. … Musyawarah ini menghasilkan terpilihnya Abu Bakar Shiddiq sebagai Khalifah pertama pengganti Rasulullah SAW.
    4.umar ditunjuk menjadi khalifah melalui wasiat yang diberikan oleh abu Bakar as-Shiddiq, sebelum ia wafat
    umar bin Khattab diangkat melalui penunjukan yang dilakukan Khalifah abu bakar setelah mendapatkan persetujuan dari para sahabat besar. Hal ini dilakukan khalifah guna menghindari pertikaian politik antara umat Islam. Beliau khawatir kalau pengangkatan itu dilakukan melalui proses pemilihan seperti pada, maka situs ini akan menjadi karo karena kemungkinan terdapat banyak kepentingan yang ada di antara mereka yang membuat negara menjadi tidak stabil, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat mengembangan Islam akan terhambat
    5.Pada tahun yang sama tentara yang dipimpin Ibnu Aamir menguasai Marwarrauz, Thaliqon, Fariab, Jauzjan dan Thakharstan. Banyak sejarawan menilai, era Khalifah Utsman sebagai zaman kemenangan kaum Muslimin. Umat Islam begitu disegani para negeri adidaya kala itu, semisal Romawi, Parsi dan Turki.
    Di masa Usman, negeri-negeri seperti, Barqah, Tripoli Barat dabn bagian selatan negeri nubah, telah masuk dalam wilayah Negara Islam. Kemudian negeri-negeri Armenia dn beberapa bagian Thabaristan, bahkan kemajuan tentara Islam telah melampaui sungai Jihun di Amu Daria. Jadi daerah “Mawaraan Nahri” (negeri-negeri seberang sungai Jihun) telah temasuk wilayah Negara Islam dan negeri-negeri Baktaria, Harah, Kabul dan Ghaznah di Turkastan pun telah diduduki kaum Muslimin. Dengan mempergunakan angkatan laut yang dipimpin oleh Mu’awiyah ibnu Abi Sofyan, pada tahun 28 H pulau Cyprus juga dapat di taklukkan dan dimasukkan ke dalam wilayah Islam.
    Khalifah Utsman adalah khalifah pertama yang melakukan perluasan terhadap masjid Nabawi di Madinah dan Masjid al-Haram di Makah. Dan beliau juga yang pertama kali menentukan adzan awal menjelang shalat jumat.
    6.Ali, yang pada saat itu berumur 62 atau 63 tahun, meninggal karena luka-lukanya, dua hari setelah Ibnu Muljam memukul kepalanya dengan pedang yang dilapisi racun, pada tanggal 21 (atau 19) Ramadan 40 Hijriyah (28 Januari 661 M). Ali adalah khalifah ketiga secara berturut-turut, setelah Umar dan Utsman, yang dibunuh.

  19. 1. khulafaur Rasyidin menurut bahasa adalah orang yang ditunjuk sebagai pengganti, pemimpin atau penguasa yang selalu mendapat petunjuk dari Allah, sedangkan menurut istilah Khulafaur Rasyidin menurut istilah adalah pemimpin umat dan kepala negara yang telah mendapat petunjuk dari Allah SWT
    2. · berani dan kuat.

    · berilmu dan ahli dengan hal-hal yang berkaitan dengan fiqhi, agama, dan kehidupan secara umum.

    · berpandangan baik, dapat mengatur dengan baik dan bijaksana dalam setiap hal.
    3. Melakukan musyawarah antara kaum Anshar dan kaum Muhajirin di saqifah Bani Sa’idah (balai pertemuan di kota Madinah
    4. Bermusyawarah dengan beberapa tokoh muslimin tentang kepemimpinan umat Islam setelahnya, mereka mengembalikan permasalahan itu kepada beliau, akhirnya Abu Bakar As-Siddiq Umar Bin Khattab untuk mengantikannya
    5. Menguasai negeri adidaya kala itu Marwarrauz, Thaliqon, Fariab, Jauzjan dan Thakharstan.
    6. Khalifah Ali dibunuh saat mengimami shalat subuh di masjid Kufah. Ali menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 21 Ramadhan tahun 40 Hijriyyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT