BerandaPesantrenUjian Semester Genap Mapel Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IX

Ujian Semester Genap Mapel Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IX

Guru Mapel: Muhammad Farid Wajdi, S.H.i., M.M. 

Petunjuk:

Jawablah Pertanyaan-pertanyaan berikut secara singkat dan tepat di kolom komentar. Jawablah satu persatu kemudian tuliskan nama lengkap, dan kelasnya, begitu seterusnya sampai keseluruhan pertanyaan (10 soal) dijawab. Jika ada gangguan dalam penulisan jawaban di kolom komentar, kirim jawabannya via email ke: immimpangkep@gmail.com

1. Sebutkan Tradisi Islam yang masih ada dan lestari dalam Masyarakat Bugis Makassar?

2. Jelaskan latar belakang berkembangnya Qasidah dan Ciri khasnya!

3. Bagaimana Cara Sunan Kalijaga mengajarkan Islam melalui Wayang?

4. Jelaskan Tujuan Meneteskan Madu pada lidah bayi perempuan dalam Adat Melayu!

5. Jelaskan Tujuan Penyelenggaraan Sekaten di Keraton Yogyakarta!

6. Tuliskan Perbedaan Pengertian Tradisi Islam, Adat lokal dan Budaya Nusantara!

7. Faktor apa saja yang menyebabkan Dakwah Islam tidak dapat terlepas dari Adat Masyarakat yang sudah berlaku?

8. Bagaimana sikap para ulama/pendakwah di Nusantara terhadap Adat dan Tradisi Masyarakat pada masa awal masuknya Islam di Nusantara?

9. Apa dan Bagaimana yang dimaksud Kebudayaan Islam?

10. Sebutkan Nilai-nilai dan Pelajaran yang terkandung dalam Tradisi Barzanji (Ma’barazanji) pada setiap Upacara Adat yang dilaksanakan Masyarakat Bugis Makassar?

Selamat Menjawab!

Ponpes Modern Putri IMMIM menerima Pendaftaran Santriwati Baru TP.2021/2022.
Ponpes Modern Putri IMMIM menerima Pendaftaran Santriwati Baru TP.2021/2022.

203 KOMENTAR

  1. 1. Ada 3 tradisi masyarakat suku Bugis yaitu:
    – mabbarsanjji
    – suromaca
    – mapacci

    2. Seni qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran Islam. Untuk pertama kalinya, qasidah ditampilkan oleh kaum Anshar (penolong Nabi Muhammad saw. dan sahabat­-sahabatnya dari kaum Muhajirin dalam perjalanan hijrah dari tanah kelahirannya (Makkah) ke Yatsrib (Madinah). Pada saat itu beberapa kaum Anshar menyambut kedatangan Nabi dan mendendangkan lagu-lagu pujian diiringi dengan lantunan musik rebana. Lagu-lagu pujian saat itu pun melegenda hingga hari ini sebagai lagu klasik dan masih dapat dinikmati hingga sekarang

    3. mengajak orang-orang yang ingin bergabung di pewayangannya dengan syarat sebelum bergabung harus mengucap 2 kalimat syahadat.

    4. Khusus bayi perempuan, lidahnya ditetesi madu dengan menggunakan kain. Hal itu dimaksudkan agar anak tersebut memiliki kata-kata semanis madu.

    5. Upacara Sekaten adalah sebuah upacara ritual di Kraton Yogyakarta yang dilaksanakan setiap tahun. … Upacara Sekaten diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran (Mulud) Nabi Muhammad SAW. Tujuan lain dari penyelenggaraan upacara ini adalah untuk sarana penyebaran agama Islam.

    6. Tradisi menurut bahasa berarti adat istiadat, kebiasaan, turun menurun. Sedangan tradisi menurut istilah adalah adat kebiasaan turun-menurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan dalam masyarakat. Sebelum Islam datang, masyarakat Nusantara sudah mengenal berbagai kepercayaan. Hal inilah yang membuat proses dakwah Islam pada saat itu tidak terlepas dengan adat istiadat yang berlaku di masyarakat, karena sudah mendarah daging. Sehingga memerlukan proses yang cukup lama. Dalam hal ini dapat kita pahami bahwa tradisi Islam di Nusantara merupakan akulturasi antara ajaran Islam dan adat istiadat yang ada di Nusantara. Banyaknya kesenian dan adat istiadat yang berkembang di Nusantara yang bernafaskan Islam merupakan rangkaian dakwah Islam yang dilakukan pada masa itu. Munculnya seni tradisi Islam, baik di Jawa maupun di Luar Jawa (dengan berbagai nama dan istilahnya) tentu merupakan ekspresi keberagamaan masyarakat yang bersifat lokal. Sehingga jenis dan macamnya sangat beragam. Namun yang pasti sentuhan budaya lokal dengan agama Islam yang berlangsung telah melahirkan sebuah bentuk seni baru yang berfungsi baik sebagai ekspresi keagamaan maupun ekspresi budaya.

    Apapun nama dan tujuannya, kesenian tradisi Islam merupakan bagian penting dalam penyebaran Islam di Indonesia, dan mungkin bahkan di dunia. Berkat kearifan tokoh-tokoh penyebar Islam dalam mengelola percampuran antara syariat Islam dengan budaya lokal, maka banyak dihasilkan sebuah karya seni yang indah dan merupakan alat sosialisasi yang hebat serta metode dakwah yang paling efektif. Khusus di Jawa ada istilah “syi’iran” yaitu sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu seni tradisi Islam dengan campuran bahasa jawa. Istilah ini kalau dilacak akar sejarahnya tentu masih sangat erat dengan keberadaan Wali Songo di Jawa. Di daerah lain, tradisi semacam ini sangat mungkin muncul dengan istilah lain. Syi’iran merupakan bagian penting dari keseluruhan tradisi Islam di Jawa, meskipun istilah ini masih berkembang di pedalaman jawa atau di daerah tertentu (misal sunda). Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang perbedaan seni budaya lokal dari tradisi Islam dan yang bukan dari tradisi Islam. Berkat kearifan tokoh-tokoh penyebar Islam dalam mengelola percampuran antara syariat Islam dengan budaya lokal, maka banyak dihasilkan sebuah karya seni yang indah dan merupakan alat sosialisasi yang hebat serta metode dakwah yang paling efektif.

    7. karena adat dianggapa lebih mudah melekat dlm masyarakat sehingga bila dakwah islam dilakukan dgn mengaitkan adat /budaya maka akan cepat di terima dan melekat dgn mudah di masyarakat

    8. karena adat dianggapa lebih mudah melekat dlm masyarakat sehingga bila dakwah islam dilakukan dgn mengaitkan adat /budaya maka akan cepat di terima dan melekat dgn mudah di masyarakat

    9. Kebudayaan Islam adalah hasil akal, budi, cipta, rasa dan karsa manusia yang berlandaskan pada nilai nilai tauhid. Islam sangat menghargai akal manusia untuk berkiprah dan berkembang. Perkembangan kebudayaan yang didasari dengan nilai-nilai keagamaan menunjukkan agama memiliki fungsi yang demikian jelas.

    10. Keragaman adat dan tradisi Nusantara bersifat dinamis dan berakuluturasi dengan pelbagai aspek, salah satunya dengan ajaran Islam. Mabbarasanji atau pembacaan Kitab Barzanji di kalangan masyarakat Bugis di Makassar termasuk bagian akulturasi tersebut.

    Perlu diketahui, Islam masuk ke Sulawesi Selatan dengan cara yang sangat santun terhadap kebudayaan dan tradisi masyarakat Bugis Makassar. Bukti nyata dari sikap kesantunan Islam terhadap budaya dan tradisi Bugis Makassar dapat kita lihat dalam tradisi-tradisi keislaman yang berkembang di Sulawesi Selatan hingga kini.

    Contohnya penggantian pembacaan kitab La Galigo dengan tradisi pembacaan Barzanji, sebuah kitab yang berisi sejarah kehidupan Nabi Muhammad Saw, dalam setiap hajatan dan acara, doa-doa selamatan, bahkan ketika membeli kendaraan baru, dan lain sebagainya.

  2. pertanyaan nomor 1
    Nama : Musdalifa Aulia Pratiwi
    Kelas : IX.B
    Jawaban : 1. Mabbrasanji atau Barzanji
    2. Suromaca atau Maba’ca
    3.Mappaci

  3. Nama : naswa amaliyah natsir
    Kelas : IX. A
    Jawaban no 1 : • mabbarasanji / barzanji
    • suromaca / ma’baca
    • mappacci

  4. Pertanyaan nomor 1
    Nama: Nur wahyuni mustamin
    Kelas: IX.B
    jawaban:
    •Mappacci
    •suro maca
    •barasanji
    •maulid Nabi

  5. Pertanyaan nomor 1
    Nama: Nur wahyuni mustamin
    Kelas: IX.B
    jawaban:
    •Mappacci
    •suromaca
    •barasanji
    •maulid Nabi

  6. pertanyaan nomor 2
    Nama : Musdalifa Aulia Pratiwi
    Kelas : IX.B
    Jawaban : Seni qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran islam. Untuk itu pertama kalinya, qasidah ditampilkan oleh kaum Anshar (penolong Nabi Muhammad SAW dan sahabat-sahabatnya dari kaum Muhajirin dalam perjalanan hijrah dari tanah kelahirannya (Makkah) ke Yastsrib (Madinah). Pada saat itu beberapa kaum Anshar menyambut kedatangan Nabi dan mendendangkan lagu-lagu pujian diiringi dengan lantungan musik rebana. Lagu-lagu pujian saat itu pun melegenda hinnga saat hari ini sebagai lagu klasik dan masih dapat dinikmati hingga sekarang.
    Kasidah tradisional memiliki beberapa ciri, diantaranya : a. Syair masih dalam bahasa arab
    b.syair diambil dari kisah-kisah para nabi dan sahabat
    c.biasanya berisi puji-pujian atau satire

  7. Nama : Anrika
    Kelas : IX.B
    Jawaban No.1 =Tradisi Islam Dalam Masyarakat Bugis Makassar Ialah :
    1. Tradisi Ma’barazanji (Pembacaan Kitab Barzanji)
    2. Mapacci
    3. Suromaca/Ma’baca

  8. pertanyaan nomor 3
    Nama : Musdalifa Aulia Pratiwi
    Kelas : IX.B
    Jawaban : mengajak orang-orang yang ingin bergabung di pewayangan dengan syarat sebelum bergabung harus mengucap 2 kalimat syahadat

  9. nama : ariqah trijunisa
    kelas : IX.b
    nomor 1 : – Mabbarasanji/barzanji
    – Suromaca/ma’baca
    – Mappacci

  10. Nama : Anrika
    Kelas : IX.B
    Jawaban No.2 = Qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran Islam.
    Untuk pertama kalinya, qasidah ditampilkan oleh kaum Anshar (penolong Nabi Muhammad saw. dan sahabat-sahabatnya dari kaum Muhajirin dalam perjalanan hijrah dari tanah kelahirannya (Makkah) ke Yatsrib (Madinah). Pada saat itu beberapa kaum Anshar menyambut kedatangan Nabi dan mendendangkan lagu-lagu pujian diiringi dengan lantunan musik rebana.
    Awalnya rebana berfungsi sebagai instrument dalam menyayikan lagu-lagu keagamaan berupa pujian-pujian terhadap Allah swt dan rasul-rasul-Nya, salawat, syair-syair Arab, dan lain lain.

  11. Nama : naswa amaliyah natsir
    Kelas : IX. A
    Jawaban no 2 : seni qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran Islam untuk itu pertama kalinya qasidah ditampilkan oleh kaum anshar ( penolong nabi saw dan sahabat sahabatnya dari kaum muhajirin dalam perjalanan hijrah dari tanah kelahirannya (makkah) ke yastrib (madinah) . Pada saat itu beberapa kaum anshar menyambut kedatangan nabi dan mendendangkan lagu lagu pujian diiringi dengan lantunan musik rebana.
    Ciri khasnya: diiringi oleh alat musik tradisional yaitu rebana

  12. Nama : Andi salfah hijjriah
    Kelas : IX.b
    Jawaban pertanyaan 1 :
    1.Mabbarasanji
    2. Suro’macca/Mabbaca. Suro’macca/Ma’baca dilakukan sebagai ungkapan do’a keselamatan pada leluhur masing-masing keluarga
    3.Mappacci

  13. Pertanyaan nomor 2
    Nama: Nur wahyuni mustamin
    KELAS: IX.B
    Jawaban:
    Latar belakang perkembangan qaidah adalah karna banyaknya berkembang seni musik di era ini. Karna ingin menambahkan esensi muslim dan budaya timur tengahnya itu, qasidah semakin banyak di sukai
    Ciri khas qasidah adalah diiringi oleh alat musik tradisional yaitu rebanah

  14. pertanyaan nomor 4
    Nama : Muadalifa Aulia Pratiwi
    Kelas : IX.B
    Jawaban : khusus bayi perempuan, lidahnya ditetesi madu dengan menggunakan kain. Hal itu dimasudkan agar anak tersebut memiliki kata-kata semanis madu. Atau agar memiliki tutur kata yang sopan dalam arti berbicara yang baik.

  15. Nama : Andi salfah hijjriah
    Kelas : IX.b
    Jawaban 2 :
    -Seni Qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran Islam. Untuk pertama kalinya, Qasidah ditampilkan oleh kaum Anshar (penolong Nabi Muhammad SAW dan sahabat-sahabatnya dari kaum Muhajirin dalam perjalanan hijrah dari tanah kelahirannya (Makkah) ke Yatsrib (Madinah).
    Dengan ciri khas kasidah adalah diiringi oleh alat musik tradisional yaitu rebana.

  16. Nama : Anrika
    Kelas : IX.B
    Jawaban No.3 = Saat berdakwah dengan menggunakan wayang kulit. Sunan Kalijaga mengganti cerita wayang yang sebelumnya tentang Ramayana dan Mahabarata dari cerita ajaran Hindu diubah dengan memasukan cerita-cerita Islam.

    Bentuk wayang juga diubah. Di mana mengubah dari bentuk manusia menjadi bentuk kreasi baru yang mirip karikatur.

    Contohnya, orang yang menghadap ke depan diukir dengan letak bahu di depan dan di belakang. Tangan wayang kulit dibuat panjang hingga menyentuh kakinya. Meski menghadap ke depan, matanya dibuat tampak utuh.

    Mengajak orang-orang yang ingin bergabung di pewayangannya dengan syarat sebelum bergabung harus mengucap 2 kalimat syahadat.

  17. Nama : Andi salfah hijjriah
    Kelas : IX.b
    Jawaban 3 :
    -mengajak orang-orang yang ingin bergabung di pewayangannya dengan syarat sebelum bergabung harus mengucap 2 kalimat syahadat.

  18. Pertanyaan Nomor 2
    Nama:St.fakhrunnisa M.
    Jawaban: Seni qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran Islam untuk itu pertama kalinya qasidah ditampilkan oleh kaum anshar ( penolong nabi saw dan sahabat sahabatnya dari kaum muhajirin dalam perjalanan hijrah dari tanah kelahirannya (makkah) ke yastrib (madinah) . Pada saat itu beberapa kaum anshar menyambut kedatangan nabi dan mendendangkan lagu lagu pujian diiringi dengan lantunan musik rebana.
    Ciri khasnya: diiringi oleh alat musik tradisional yaitu rebana.

  19. pertanyaan nomor 5
    Nama : Musdalifa Aulia Pratiwi
    Kelas : IX.B
    Jawaban : Upacara Sekaten adalah sebuah upacara ritual di Kraton Yogyakarta yang dilaksanakan setiap tahun. Upacara Sekaten diselenggarakan untuk memperigati hari lahir (maulid) Nabi Muhammad SAW. Tujuan lain dari pelenggaraan upacara ini adalah untuk sarana penyebaran agama islam

    • pertanyaan nomor 6
      Nama : Musdalifa Aulia Pratiwi
      Kelas : IX.B
      Jawaban : diartikan sebagai adat istiadat dan kepercayaan yang secara turun temurun dapat dipelihara. Tradisi adalah kesamaan benda material dan gagasan yang berasal dari masa lalu namun masih ada hingga kini dan belum dihancurkan atau dirusak. Tradisi daoat diatikan sebagai wariasan yang benar atau warisan masa lalu . sedangkan Kebudayaan Nusantara yaitu kebudayaaan yang diakui sebagai identitas nasional Nusantara dan sebagai perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa.

  20. Nama : naswa amaliyah natsir
    Kelas : IX. A
    Jawaban no 3 : sunan kalijaga mengganti cerita yang sebelumnya tentang ramayana dan dari cerita ajaran hindu di ubah memasukkan cerita cerita islam. Bentuk wayang juga diubah dari bentuk menjadi kreasi baru yang mirip karikatur

  21. Nama : Andi salfah hijjriah
    Kelas : IX.b
    Jawaban 5 :
    -Upacara Sekaten adalah sebuah upacara ritual di Kraton Yogyakarta yang dilaksanakan setiap tahun.Upacara Sekaten diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran (Mulud) Nabi Muhammad SAW. Tujuan lain dari penyelenggaraan upacara ini adalah untuk sarana penyebaran agama Islam.

  22. Pertanyaan Nomor 3
    Nama:St.Fakhrunnisa M.
    Kelas: lx.b
    Jawaban: Mengajak orang-orang yang ingin bergabung di pewayangannya dengan syarat sebelum bergabung harus mengucap 2 kalimat syahadat.

  23. nama : ariqah trijunisa
    kelas : IX.b

    NOMOR 2 :
    Seni qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran Islam. Untuk pertama kalinya, qasidah ditampilkan oleh kaum Anshar (penolong Nabi Muhammad saw. dan sahabat­-sahabatnya dari kaum Muhajirin dalam perjalanan hijrah dari tanah kelahirannya (Makkah) ke Yatsrib (Madinah). Pada saat itu beberapa kaum Anshar menyambut kedatangan Nabi dan mendendangkan lagu-lagu pujian diiringi dengan lantunan musik rebana. Lagu-lagu pujian saat itu pun melegenda hingga hari ini sebagai lagu klasik dan masih dapat dinikmati hingga sekarang.

  24. Pertanyaan nomor 2
    Nama: nur wahyuni mustamin
    Kelas: IX.B
    JAWABAN: Latar belakang perkembangan qasidah adalah karena banyak nya berkembang seni musik di era ini. Karena ingin menambahka esensi muslim dan budaya timur tengahnya itu, qasidah semakan bnyak di sukai
    Ciri khas qasidah adalah diiringi oleh alat musik tradisional yaitu rebana

  25. Pertanyaan Nomor 4
    Nama:St.Fakhrunnisa M.
    Kelas: lx.b
    Jawaban: Khusus bayi perempuan, lidahnya ditetesi madu dengan menggunakan kain. Hal itu dimasudkan agar anak tersebut memiliki kata-kata semanis madu. Atau agar memiliki tutur kata yang sopan dalam arti berbicara yang baik.

  26. pertanyaan nomor 2
    Nama:Nur alvina putri
    Kelas:IX.b
    2.Seni qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran Islam. Untuk pertama kalinya, qasidah ditampilkan oleh kaum Anshar (penolong Nabi Muhammad saw. dan sahabat­-sahabatnya dari kaum Muhajirin dalam perjalanan hijrah dari tanah kelahirannya (Makkah) ke Yatsrib (Madinah). Pada saat itu beberapa kaum Anshar menyambut kedatangan Nabi dan mendendangkan lagu-lagu pujian diiringi dengan lantunan musik rebana. Lagu-lagu pujian saat itu pun melegenda hingga hari ini sebagai lagu klasik dan masih dapat dinikmati hingga sekarang.

  27. Nama : Anrika
    Kelas :IX.B
    Jawabn No.4 = Agar memiliki tutur kata yang sopan dalam arti bicara yang baik”..saja dan memiliki kata-kata semanis madu

  28. Nama : Andi salfah hijjriah
    Kelas : IX.b
    Jawaban 6 :
    -diartikan sebagai adat istiadat dan kepercayaan yang secara turun temurun dapat dipelihara. Tradisi adalah kesamaan benda material dan gagasan yang berasal dari masa lalu namun masih ada hingga kini dan belum dihancurkan atau dirusak. Tradisi dapat di artikan sebagai warisan yang benar atau warisan masa lalu.
    Sedangkann,
    Kebudayaan nusantara yaitu kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional Nusantara dan sebagai perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa.

  29. Nama : Andi salfah hijjriah
    Kelas : IX.b
    Jawaban 7 :
    -karena para pendahulu sdh menanankan adat istiadat dlm berdakwah sehingga dpt di terima sesuai adat daerah tsb

  30. Nama : naswa amaliyah natsir
    Kelas : IX. A
    Jawaban no 4 : agar anak tersebut memiliki kata kata semanis madu. Dalam arti bicara dengan baik dan sopan

  31. Nama : Andi salfah hijjriah
    Kelas : IX.b
    Jawaban 8 :
    -Sikap mereka menyambut baik ajaran agama ini, lalu secara perlahan memperkenalkannya kepada orang Indonesia. Dan orang Indonesia sendiri begitu baik dalam menyikapi hal ini, banyak juga yang tertarik dan akhirnya memutuskan untuk masuk ke agama islam karena proses masuk ke agama ini begitu mudah dan ajaran-ajaran yang diberikan begitu sempurna.

  32. pertanyaan nomor 3
    Nama:Nur alvina putri
    Kelas:IX.b
    3.Dengan cara menunjukkan pewayangan sambil berdakwah secara islami..dlm artian menggunakan wayang dlm berdakwah

  33. Nama : Andi salfah hijjriah
    Kelas : IX.b
    Jawaban 9
    -Kebudayaan Islam adalah hasil akal, budi, cipta, rasa dan karsa manusia yang berlandaskan pada nilai nilai tauhid. Islam sangat menghargai akal manusia untuk berkiprah dan berkembang. Perkembangan kebudayaan yang didasari dengan nilai-nilai keagamaan menunjukkan agama memiliki fungsi yang demikian jelas.

  34. Nama : Andi salfah hijjriah
    Kelas : IX.b
    Jawaban 10 :
    -Berzanji atau Barzanji ialah suatu doa-doa, pujian-pujian dan penceritaan riwayat Nabi Muhammad saw yang dilafalkan dengan suatu irama atau nada yang biasa dilantunkan ketika kelahiran, khitanan, pernikahan dan maulid Nabi Muhammad saw.

  35. Pertanyaan nomor 3
    Nama: nur wahyuni mustamin
    Kelas: IX.B
    JAWABAN: Dengan cara menunjukkan pewayangan sambil berdakwah secara islami

  36. Nama : naswa amaliyah natsir
    Kelas : IX. A
    Jawaban no 5 : upacara sekaten diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran nabi muhammad saw dan pemyelanggaraan ini juga untuk sarana penyebaran agama islam.

  37. Nama : Anrika
    Kelas : IX.B
    Jawaban No 5. = Upacara Sekaten adalah sebuah upacara ritual di Kraton Yogyakarta yang dilaksanakan setiap tahun. Upacara ini dilaksanakan selama tujuh hari, yaitu sejak tanggal 5 Mulud (Rabiulawal) sore hari sampai dengan tanggal 11 Mulud (Rabiulawal) tengah malam. Upacara Sekaten diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran (Mulud) Nabi Muhammad SAW. Tujuan lain dari penyelenggaraan upacara ini adalah untuk sarana penyebaran agama Islam

  38. Pertanyaan nomor 4
    Nama: nur wahyuni mustamin
    Kelas: IX.B
    JAWABAN: Agar anak tersebut memiliki kata-kata semanis madu

  39. pertanyaan nomor 5
    Nama:Nur alvina putri
    Kelas:IX.b
    5.Tujuan penyelenggaraan sekaten di keraten Yogyakarta adalah untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad, pada Hari Maulid Nabi
    Pembahasan:
    Sekaten adalah perayaan pada Hari Maulid Nabi (Hari Lahir Nabi Muhammad). Perayaan ini dikembangkan pada masa kerajaan Mataram Islam, dan dirayakan pada tanggal 5 hingga 12 bulan Mulud dalam penanggalan Jawa (bulan Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah)
    Nama Sekaten berasal dari bahasa Arab, “syahadatain”, yang berarti “dua kalimat syahadat”. Nama ini dipilih untuk memperkenalkan ajaran agama Islam kepada para masyarakat Jawa.
    Pada perayaan ini diperdengarkan Gamelan Sekaten yang khas. Kemudian dilakukan pengusungan tumpeng sekaten dalam kirab, yang diringi para abdi dalem kraton. Para pengunjung kemudian berebut “berkah sekaten” dengan mencoba mendapat bagian dari tumpeng ini

  40. Nama : Anrika
    Kelas : IX.B
    Jawbn No.6 =
    Tradisi menurut bahasa berarti adat istiadat, kebiasaan, turun menurun. Sedangan tradisi menurut istilah adalah adat kebiasaan turun-menurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan dalam masyarakat. Sebelum Islam datang, masyarakat Nusantara sudah mengenal berbagai kepercayaan. Hal inilah yang membuat proses dakwah Islam pada saat itu tidak terlepas dengan adat istiadat yang berlaku di masyarakat, karena sudah mendarah daging. Sehingga memerlukan proses yang cukup lama. Dalam hal ini dapat kita pahami bahwa tradisi Islam di Nusantara merupakan akulturasi antara ajaran Islam dan adat istiadat yang ada di Nusantara. Banyaknya kesenian dan adat istiadat yang berkembang di Nusantara yang bernafaskan Islam merupakan rangkaian dakwah Islam yang dilakukan pada masa itu.

  41. Pertanyaan nomor 5
    Nama: Nur wahyuni mustamin
    Kelas: IX.B
    JAWABAN: Tujuan dari upacara sekaten adalah untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dan untuk sarana penyebaran agama islam

  42. Nama : ariqah trijunisa
    kelas : IX.b

    NOMOR 4 :
    khusus bayi perempuan, Agar memiliki tutur kata yang sopan dalam arti bicara yang baik”..saja

  43. pertanyaan nomor 6
    Nama:Nur alvina putri
    Kelas:IX.b
    6.Tradisi menurut bahasa berarti adat istiadat, kebiasaan, turun menurun. Sedangan tradisi menurut istilah adalah adat kebiasaan turun-menurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan dalam masyarakat. Sebelum Islam datang, masyarakat Nusantara sudah mengenal berbagai kepercayaan. Hal inilah yang membuat proses dakwah Islam pada saat itu tidak terlepas dengan adat istiadat yang berlaku di masyarakat, karena sudah mendarah daging. Sehingga memerlukan proses yang cukup lama. Dalam hal ini dapat kita pahami bahwa tradisi Islam di Nusantara merupakan akulturasi antara ajaran Islam dan adat istiadat yang ada di Nusantara. Banyaknya kesenian dan adat istiadat yang berkembang di Nusantara yang bernafaskan Islam merupakan rangkaian dakwah Islam yang dilakukan pada masa itu. Munculnya seni tradisi Islam, baik di Jawa maupun di Luar Jawa (dengan berbagai nama dan istilahnya) tentu merupakan ekspresi keberagamaan masyarakat yang bersifat lokal. Sehingga jenis dan macamnya sangat beragam. Namun yang pasti sentuhan budaya lokal dengan agama Islam yang berlangsung telah melahirkan sebuah bentuk seni baru yang berfungsi baik sebagai ekspresi keagamaan maupun ekspresi budaya.
    Apapun nama dan tujuannya, kesenian tradisi Islam merupakan bagian penting dalam penyebaran Islam di Indonesia, dan mungkin bahkan di dunia. Berkat kearifan tokoh-tokoh penyebar Islam dalam mengelola percampuran antara syariat Islam dengan budaya lokal, maka banyak dihasilkan sebuah karya seni yang indah dan merupakan alat sosialisasi yang hebat serta metode dakwah yang paling efektif. Khusus di Jawa ada istilah “syi’iran” yaitu sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu seni tradisi Islam dengan campuran bahasa jawa. Istilah ini kalau dilacak akar sejarahnya tentu masih sangat erat dengan keberadaan Wali Songo di Jawa. Di daerah lain, tradisi semacam ini sangat mungkin muncul dengan istilah lain. Syi’iran merupakan bagian penting dari keseluruhan tradisi Islam di Jawa, meskipun istilah ini masih berkembang di pedalaman jawa atau di daerah tertentu (misal sunda). Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang perbedaan seni budaya lokal dari tradisi Islam dan yang bukan dari tradisi Islam. Berkat kearifan tokoh-tokoh penyebar Islam dalam mengelola percampuran antara syariat Islam dengan budaya lokal, maka banyak dihasilkan sebuah karya seni yang indah dan merupakan alat sosialisasi yang hebat serta metode dakwah yang paling efektif.

  44. Nama : ariqah trijunisa
    kelas : IX.b

    NOMOR 5 :
    Tujuan dari upaca sekaten adalah untuk memperingati hari kelahiran nabi muhammad SAW dan untuk sarana penyebaran agama islam

  45. Nama : Anrika
    Kelas : IX.b
    Jawbn No.7 = Karena adat dianggapa lebih mudah melekat dlm masyarakat sehingga bila dakwah islam dilakukan dgn mengaitkan adat /budaya maka akan cepat di terima dan melekat dgn mudah di masyarakat

  46. pertanyaan nomor 7
    Nama : Musdlaifa Aulia Pratiwi
    Kelas: IX.B
    Jawaban : karena para pendahulu sudah menanangkan adat istiadat dalam berdakwah sehingga dapat du terima sesuai adat daerah tersebut.

  47. pertanyaan nomor 7
    Nama:Nur alvina putri
    Kelas:IX.b
    7.karena para pendahulu sdh menanankan adat istiadat dlm berdakwah sehingga dpt di terima sesuai adat daerah tsb

  48. Nama : Anrika
    Kelas : IX.B
    Jawbn No.8 = Sikap mereka menyambut baik ajaran agama ini, lalu secara perlahan memperkenalkannya kepada orang Indonesia. Dan orang Indonesia sendiri begitu baik dalam menyikapi hal ini, banyak juga yang tertarik dan akhirnya memutuskan untuk masuk ke agama islam karena proses masuk ke agama ini begitu mudah dan ajaran-ajaran yang diberikan begitu sempurna.

  49. Nama : Anrika
    Kelas : IX.B
    Jawbn No.9 =Kebudayaan Islam adalah hasil akal, budi, cipta, rasa dan karsa manusia yang berlandaskan pada nilai nilai tauhid. Islam sangat menghargai akal manusia untuk berkiprah dan berkembang.

  50. Nama : ariqah trijunisa
    kelas : IX.b

    NOMOR 6 :
    Tradisi menurut bahasa berarti adat istiadat, kebiasaan, turun menurun. Sedangan tradisi menurut istilah adalah adat kebiasaan turun-menurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan dalam masyarakat. Sebelum Islam datang, masyarakat Nusantara sudah mengenal berbagai kepercayaan. Hal inilah yang membuat proses dakwah Islam pada saat itu tidak terlepas dengan adat istiadat yang berlaku di masyarakat, karena sudah mendarah daging. Sehingga memerlukan proses yang cukup lama. Dalam hal ini dapat kita pahami bahwa tradisi Islam di Nusantara merupakan akulturasi antara ajaran Islam dan adat istiadat yang ada di Nusantara. Banyaknya kesenian dan adat istiadat yang berkembang di Nusantara yang bernafaskan Islam merupakan rangkaian dakwah Islam yang dilakukan pada masa itu. Munculnya seni tradisi Islam, baik di Jawa maupun di Luar Jawa (dengan berbagai nama dan istilahnya) tentu merupakan ekspresi keberagamaan masyarakat yang bersifat lokal. Sehingga jenis dan macamnya sangat beragam. Namun yang pasti sentuhan budaya lokal dengan agama Islam yang berlangsung telah melahirkan sebuah bentuk seni baru yang berfungsi baik sebagai ekspresi keagamaan maupun ekspresi budaya.

    Apapun nama dan tujuannya, kesenian tradisi Islam merupakan bagian penting dalam penyebaran Islam di Indonesia, dan mungkin bahkan di dunia. Berkat kearifan tokoh-tokoh penyebar Islam dalam mengelola percampuran antara syariat Islam dengan budaya lokal, maka banyak dihasilkan sebuah karya seni yang indah dan merupakan alat sosialisasi yang hebat serta metode dakwah yang paling efektif. Khusus di Jawa ada istilah “syi’iran” yaitu sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu seni tradisi Islam dengan campuran bahasa jawa. Istilah ini kalau dilacak akar sejarahnya tentu masih sangat erat dengan keberadaan Wali Songo di Jawa. Di daerah lain, tradisi semacam ini sangat mungkin muncul dengan istilah lain. Syi’iran merupakan bagian penting dari keseluruhan tradisi Islam di Jawa, meskipun istilah ini masih berkembang di pedalaman jawa atau di daerah tertentu (misal sunda). Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang perbedaan seni budaya lokal dari tradisi Islam dan yang bukan dari tradisi Islam. Berkat kearifan tokoh-tokoh penyebar Islam dalam mengelola percampuran antara syariat Islam dengan budaya lokal, maka banyak dihasilkan sebuah karya seni yang indah dan merupakan alat sosialisasi yang hebat serta metode dakwah yang paling efektif.

  51. Nama : Anrika
    Kelas : IX.B
    Jawbn No.10 = Keragaman adat dan tradisi Nusantara bersifat dinamis dan berakuluturasi dengan pelbagai aspek, salah satunya dengan ajaran Islam. Mabbarasanji atau pembacaan Kitab Barzanji di kalangan masyarakat Bugis di Makassar termasuk bagian akulturasi tersebut.

    Perlu diketahui, Islam masuk ke Sulawesi Selatan dengan cara yang sangat santun terhadap kebudayaan dan tradisi masyarakat Bugis Makassar. Bukti nyata dari sikap kesantunan Islam terhadap budaya dan tradisi Bugis Makassar dapat kita lihat dalam tradisi-tradisi keislaman yang berkembang di Sulawesi Selatan hingga kini.

    Contohnya penggantian pembacaan kitab La Galigo dengan tradisi pembacaan Barzanji, sebuah kitab yang berisi sejarah kehidupan Nabi Muhammad Saw, dalam setiap hajatan dan acara, doa-doa selamatan, bahkan ketika membeli kendaraan baru, dan lain sebagainya.

  52. jawaban no 1!
    Nama:Izzatul Muzakkirah
    Kelas:IX.B
    Jawaban:
    1.Mappacci
    Mappacci berarti mensucikan,tradisi ini biasa dilakukan menjelang acara pengantin yang bertujuan melahirkan kesucian lahir batin bagi para mempelai.
    2.Mabbarasanji
    Mabbarasanji yaitu tradisi pembacaan kitab berisi sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW yang dilakukan pada saat hajatan,selamatan rumah,acara aqiqah bahkan ketika kita menggunakan kendaraan baru.
    3.Suro’maca
    Suro’maca yaitu tradisi yang dilakukan sebagai ungkapan do’a keselamatan kepada leluhur masing masing keluarga yang bertujuan untuk mengirim do’a kepada arwah leluhur dari sanak keluarga atau keturunan yang masih hidup, tradisi ini biasa dilakukan pada saat idul fitri atau idul adha.

  53. pertanyaan nomor 8
    Nama Musdalifa Aulia Pratiwi
    Kelas : IX.B
    Jawaban : sikap mereka menyambut baik ajaran agama ini, lalu secara perlahan memperkenalkan kepada orang indonesia. Dan orang Indonesia sendiri begitu baik dalam menyikapi hal ini, banyak juga tertarik dan akhirnya memutuskan untuk masuk ke agama ini begitu mudah dan ajaran – ajaran yang diberikan begitu sempurna.

  54. pertanyaan nomor 8
    Nama:Nur alvina putri
    Kelas:IX.b
    8.Sikap mereka menyambut baik ajaran agama ini, lalu secara perlahan memperkenalkannya kepada orang Indonesia. Dan orang Indonesia sendiri begitu baik dalam menyikapi hal ini, banyak juga yang tertarik dan akhirnya memutuskan untuk masuk ke agama islam karena proses masuk ke agama ini begitu mudah dan ajaran-ajaran yang diberikan begitu sempurna.

  55. Nama : ariqah trijunisa
    kelas : IX.b

    NOMOR 7 :
    Karena adat dianggapa lebih mudah melekat dlm masyarakat sehingga bila dakwah islam dilakukan dgn mengaitkan adat /budaya maka akan cepat di terima dan melekat dgn mudah di masyarakat

  56. Pertanyaan nomor 6
    Nama: Nur wahyuni mustamin
    Kelas: IX.B
    JAWABAN:
    1. Tradisi Islam adalah merupakan akulturasi antara ajaran islam dan adat istiadat yang ada di nusantara
    2. Tradisi adat lokal menurut bahasa berarti istiadat, kebiasaan, turun temurun
    3. Tradisi budaya nusantara yaitu budaya yang diakui sebagai identitas dan perwujutan cipta

  57. pertanyaan nomor 9
    Nama:Nur alvina putri
    Kelas:IX.b
    9.kebudayaan islam:
    pemikiran suatu bangsa yang diwujudkan dengan tindakan bisa disebut dengan kebudayaan bangsa tersebut. Sebuah pemikiran orang Islam yang direalisasikan dalam bentuk tindakan adalah merupakan kebudayaan Islam, dengan syarat pemikiran tersebut harus berdasarkan perintah Allah atau ajaran-ajaran dalam Islam itu sendiri.

  58. Jawaban no 2!
    Nama:Izzatul Muzakkirah
    Kelas:IX.B
    Jawaban:
    Seni qasidah pertama kali ditampilkan oleh kaum anshar dalam perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madina,pada saat itu beberapa kaum anshar menyambut kedatangan nabi dengan mendendengkan lagu lagu pujian diiringi dengan lantunan musik rebana dan pada saat itupun seni qasidah melegenda hingga hari ini.Ciri khas dari qasidah ya itu tadi mendendangkan lagu lagu pujian dan diiringi dengan alat musik tradisional yaitu rebana.

  59. pertanyaan nomor 9
    Nama : Musdalifa Aulia Pratiwi
    Kelas : IX.B
    Jawaban : kebudayaan islam adalah hasil akal, budi, cipta, rasa dan karsa manusia yang berlandaskan pada nilai-nilai tauhid. Islam sangat menghargai akal manusia untuk berpikir dan berkembang. Perkembangan kebudayaan yang didasari dengan nilai-nilai keagamaan menunjukkan agama memiliki fungsi yang demikian jelas.

  60. Pertanyaan nomor 7
    Nama: Nur wahyuni mustamin
    Kelas: IX.B
    JAWABAN: Karena para pendahulu sudah menanamkan adat istiadat dalam verdakwah sehingga dapat diterima

  61. Jawaban no 3!
    Nama:Izzatul Muzakkirah
    Kelas:IX.B
    Jawaban:
    Sunan kalijaga menyebarkan islam dengan memanfaatkan kesenian wayang sebagai sarana dakwah dalam mengembangkan islam di nusantara,waktu itu sunan kalijaga mengadakan pegelaran wayang di depan Masjid Demak.Cerita wayang yang diambil dari cerita Ramayana dan Mahabarata dimodifikasi dengan ajaran ajaran islam baik dari segi etika,akhlak dan tauhid,dalam kesenian wayang tersebut beberapa alur cerita,benda pusaka,dan tokoh wayang digantikan dengan unsur unsur islam contohnya penyebutan senjata panah kalimasada menjadi kalimat syahadat sehingga masyarakat yang menonton pertunjukan wayan tersebut menerima ajaran agama islam tanpa ada unsur paksaan.Dengan kesenian wayang tersebut Sunan Kalijaga dapat menarik banyak perhatian dari masyarakat dan membuat mereka tertarik memeluk agama islam dengan kesadaran dan kemauan sendiri.Begitulah cara Sunan Kalijaga mengajarkan islam melalui wayang

  62. nama : ariqah trijunisa
    kelas : IX.b

    NOMOR 8 :
    Sikap mereka menyambut baik ajaran agama ini, lalu secara perlahan memperkenalkannya kepada orang Indonesia. Dan orang Indonesia sendiri begitu baik dalam menyikapi hal ini, banyak juga yang tertarik dan akhirnya memutuskan untuk masuk ke agama islam karena proses masuk ke agama ini begitu mudah dan ajaran-ajaran yang diberikan begitu sempurna.

  63. Jawaban no 4!
    Nama:Izzatul Muzakkirah
    Kelas:IX.B
    Jawaban:
    Tujuannya yaitu agar anak perempuan tersebut memiliki tutur kata yang sopan dengan kata lain agar memiliki kata kata semanis madu.

  64. Jawaban No 5!
    Nama:Izzatul Muzakkirah
    Kelas:IX.B
    Jawaban:
    Tujuan penyelenggaraan sekaten di keraton yogyakarta yaitu untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad pada saat hari maulid nabi.

  65. Nama : ariqah trijunisa
    kelas : IX.b

    NOMOR 9 :
    Kebudayaan Islam adalah hasil akal, budi, cipta, rasa dan karsa manusia yang berlandaskan pada nilai nilai tauhid. Islam sangat menghargai akal manusia untuk berkiprah dan berkembang. Perkembangan kebudayaan yang didasari dengan nilai-nilai keagamaan menunjukkan agama memiliki fungsi yang demikian jelas

  66. Pertanyaan nomor 8
    Nama: Nur wahyuni mustamin
    Kelas: IX.B
    JAWABAN: Sikap mereka menyambut baik ajaran agama ini, secara perlahan memperkenal kan nya kepada orang indonesia dan orang indonesia sendiri begitu baik dalam menyikapi hal ini

  67. Nama : ariqah trijunisa
    kelas : IX.b

    NOMOR 9 :
    Kebudayaan Islam adalah hasil akal, budi, cipta, rasa dan karsa manusia yang berlandaskan pada nilai nilai tauhid. Islam sangat menghargai akal manusia untuk berkiprah dan berkembang. Perkembangan kebudayaan yang didasari dengan nilai-nilai keagamaan menunjukkan agama memiliki fungsi yang demikian jelas.

  68. pertanyaan nomor 10
    Nama : Musdalifa Aulia Pratiwi
    Kelas : IX.B
    Jawaban : Mabbarasanji atau Barzanji ialah suatu doa-doa, pujian-pujian dan penceritaan riwayat Nabi Muhammad SAW yang dilafalkan dengan suatu irama atau nada yang biasa dilantunkan ketika kelahiran, khitanan, pernikahan dan maulid Nabi Muhammad SAW.

  69. Pertanyaan nomor 9
    Nama: nur wahyuni mustamin
    Kelas: IX.B
    JAWABAN: Kebudayaan islam adalah hasil akal, budi, cipta, rasa, dan karsa manusia yang berlandaskan pada nilai nilai tauhid

  70. pertanyaan nomor 10
    Nama:Nur alvina putri
    Kelas:IX.b
    10.keragaman adat dan tradisi nusantara bersifat dinamis dan berakulurasi dengan pelbagai aspek,salah satunya dengan ajaran islam.mabbarazanji atau pembacaan kitab barzanji dikalangan masyarakat bugis termasuk bagian akulturasi tersebut.
    perlu diketahui,islam msuk kesulawesi selatan dengan cara yang sangat santu terhadap kebudayaan dan tradisi masyarakat bugis makassar.bukti nyata dari sikap kesantunan islam terhadap budaya dan tradisi bugis makassar dapat kita lihat dalam tradisi-tradisi keislaman yang berkembang di sulawesi selatan hingga kini.
    contohnya penggantian pembaca kitab La Galigo dengan tradisi pembacaan barzanji,sebuah kitab yang berisi sejarah kehidpuan Nabi Muhammad Saw,dalam setiap hajatan dengan acara,doa doa selamatan,bahkan ketika membeli kendaraan baru,dan lain sebagainya

  71. Nama : ariqah trijunisa
    kelas : IX.b

    NOMOR 10 :
    tradisi Mabbarasanji yang mengakar sampai sekarang ini faktanya banyak memberikan kontribusi sebagai wadah pemersatu ummat dan perekat sosial yang ikut membangkitkan solidaritas sosial, utamanya dalam merebut kemerdekaan pada zaman penjajahan. Fakta selanjutnya adalah pada abad ke-18 atau abad ke-19 pembacaan Barzanji menggantikan pembacaan naskah La Galigo dalam upacara syukuran. Apabila kita lihat kondisi yang terjadi di lapangan, tampak sangat jelas bahwa masyarakat Bone, khususnya warga Nahdliyyin (NU) dan warga pesantren senantiasa berusaha mempertahankan atau melestarikan tradisi Barzanji yang telah berjalan secara turun temurun. Pergumulan dan interaksi Islam dengan beraneka macam tradisi termasuk Mabbarasanji akan mengondisikan munculnya karakter yang lebih akomodatif dan hal ini semakin menegaskan bahwa Islam secara teologis, merupakan sistem nilai dan ajaran yang bersifat Ilahiyah dan transenden Usaha yang dilakukan untuk menjaga kelestarian Mabbarasanji ternyata membuahkan hasil yang signifikan dan tentu kita apresiasi yang mendalam atas usaha tersebut karena tradisi Mabbarasanji telah menjadi spirit beragama bagi kaum muslimin untuk membangkitkan minat melaksanakan shalawat kepada Nabi saw. Idealnya, Barazanji bukan hanya sebagai rutinitas saja. Esensi maulid Nabi adalah spirit sejarah dan penyegaran ketokohan Nabi Muhammad saw. Implikasi penelitian ini adalah sentuhan religiusitas yang dalam lingkup ummat Islam, tradisi Mabbarasanji seharusnya tetap menyatu dengan Islam karena kitab al Barzanji telah menemukan jati diri di tengah dinamika perkembangan budaya masyarakat sebagaimana kedudukannya mengantar ummat ke dalam suatu keyakinan penuh dan tentu kita berharap tradisi Mabbarasanji akan tetap ada karena puji-pujian kepada Nabi merupakan ibadah apalagi disampaikan dengan khusyu

  72. Nama : ariqah trijunisa
    kelas : IX.b

    NOMOR 3 :
    Mengajak orang-orang yang ingin bergabung di pewayangannya dengan syarat sebelum bergabung harus mengucap 2 kalimat syahadat.

  73. Pertanyaan nomor 10
    Nama: nur wahyuni mustamin
    Kelas: IX.B
    JAWABAN: Barasanji adalah suatu doa, pujian dan penceritaan riwayat Nabi Muhammada SAW. yang dilafalkan dengan satu irama

  74. Jawaban No 6!
    Nama:Izzatul Muzakkirah
    Kelas:IX.B
    Jawaban:
    -Tradisi islam yaitu suatu kebiasaan atau adat yang didalamnya terdapat nilai nilai islam yang terakulturasikan yang mana digunakan sebagai sarana pembentukan budaya yang membentuk ciri khas yang berbeda.
    -Adat lokal yaitu suatu kebiasaan atau adat masyarakat yang turun temurun dari nenek moyang yang mendarah daging dan sampai sekarang masih ada masyarakat yang melakukan adat tersebut salah satu contohnya yaitu Ma’nene di tana toraja
    -Budaya Nusantara yaitu suatu kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional nusantara dan sebagai perwujudan cipta,karya dan karsa bangsa dan merupakan upaya masyarakat indonesia untuk mengembangkan martabat sebagai bangsa

  75. Jawaban No 7!
    Nama:Izzatul Muzakkirah
    Kelas:IX.B
    Jawaban:
    faktor yang menyebabkan adat masyarakat yang sudah berlaku tidak dapat terlepas yaitu karena adat adatnya telah bercampur dan mendarah daging dengan kebudayaan lokal yang mewarnai masyarakat nusantara sebelum datangnya islam sehingga dalam menyebarkan ajarannya dapat dilakukan dengan mengaikatkan budaya mereka atau memodifikasikan budaya mereka dengan ajaran ajaran islam.

  76. Nama:adinda aliani magfirah
    Kelas:9.a
    8.karena adat dianggap lebih mudah melekat dalam masyarakat sehingga bila dakwah dengan mengaitkan adat atau budaya maka akan cepat di terima
    9.kebudayaan islam adalah hasil akal budi cipta dan karsa manusia yang berdasarakan pada nilai nilai tauhid islam sangat menghargai akal manusia untuk berekiprah dan berkembang
    10.keragamaan adat dan istiadat nusantara besifat di namis dan berkulutrasi dengan berbagai aspeksalah satunya ajaran islami marasanji atau membaca kitab bersanji di kalangan masyarakat bugis di makassar termasuk bagian akulantransi tersebut.

  77. Jawaban No 8!
    Nama:Izzatul Muzakkirah
    Kelas:IX.B
    Jawaban:
    Sikap para pendakwah terhadap adat dan tradisi di nusantara yaitu dengan menyikapi sebaik mungkin terhadap adat dan kebiasaan lokal mereka lalu para pendakwah perlahan mulai memperkenalkan islam di nusantara dengan berbagai cara salah satunya yaitu memodifikasikan cerita wayang dengan ajaran ajaran islam agar mereka tertarik memeluk agama islam tanpa adanya unsur paksaan.

  78. Nama:Nur alifia
    Klas:IX.a
    Jawban No.2
    Seni qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran Islam. Untuk pertama kalinya, qasidah ditampilkan oleh kaum Anshar (penolong Nabi Muhammad saw. dan sahabat­-sahabatnya dari kaum Muhajirin dalam perjalanan hijrah dari tanah kelahirannya (Makkah) ke Yatsrib (Madinah). Pada saat itu beberapa kaum Anshar menyambut kedatangan Nabi dan mendendangkan lagu-lagu pujian diiringi dengan lantunan musik rebana. Lagu-lagu pujian saat itu pun melegenda hingga hari ini sebagai lagu klasik dan masih dapat dinikmati hingga sekarang.

  79. Nama Nur alifia
    Klas:IX.a
    Jawban No.3
    mengajak orang-orang yang ingin bergabung di pewayangannya dengan syarat sebelum bergabung harus mengucap 2 kalimat syahadat.

  80. NAma:Nur alifia
    Klas:IX.a
    Jwaban No 4
    agar memiliki tutur kata yang sopan dalam arti bicara yang baik,dan berkata semanis madu

  81. NAma :Nur alifia
    Klas:IX.a
    Jawban No 5
    tujuannya adalah sebagai melestarikan budaya dari nenek moyang yang sudah trun temurun dialakukan di keraton Yogyakarta

  82. NAma Nurul alifia
    Klas: IX.a
    Jwban No 6
    Tradisi menurut bahasa berarti adat istiadat, kebiasaan, turun menurun. Sedangan tradisi menurut istilah adalah adat kebiasaan turun-menurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan dalam masyarakat. Sebelum Islam datang, masyarakat Nusantara sudah mengenal berbagai kepercayaan. Hal inilah yang membuat proses dakwah Islam pada saat itu tidak terlepas dengan adat istiadat yang berlaku di masyarakat, karena sudah mendarah daging. Sehingga memerlukan proses yang cukup lama. Dalam hal ini dapat kita pahami bahwa tradisi Islam di Nusantara merupakan akulturasi antara ajaran Islam dan adat istiadat yang ada di Nusantara. Banyaknya kesenian dan adat istiadat yang berkembang di Nusantara yang bernafaskan Islam merupakan rangkaian dakwah Islam yang dilakukan pada masa itu. Munculnya seni tradisi Islam, baik di Jawa maupun di Luar Jawa (dengan berbagai nama dan istilahnya) tentu merupakan ekspresi keberagamaan masyarakat yang bersifat lokal. Sehingga jenis dan macamnya sangat beragam. Namun yang pasti sentuhan budaya lokal dengan agama Islam yang berlangsung telah melahirkan sebuah bentuk seni baru yang berfungsi baik sebagai ekspresi keagamaan maupun ekspresi budaya.

    Apapun nama dan tujuannya, kesenian tradisi Islam merupakan bagian penting dalam penyebaran Islam di Indonesia, dan mungkin bahkan di dunia. Berkat kearifan tokoh-tokoh penyebar Islam dalam mengelola percampuran antara syariat Islam dengan budaya lokal, maka banyak dihasilkan sebuah karya seni yang indah dan merupakan alat sosialisasi yang hebat serta metode dakwah yang paling efektif. Khusus di Jawa ada istilah “syi’iran” yaitu sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu seni tradisi Islam dengan campuran bahasa jawa. Istilah ini kalau dilacak akar sejarahnya tentu masih sangat erat dengan keberadaan Wali Songo di Jawa. Di daerah lain, tradisi semacam ini sangat mungkin muncul dengan istilah lain. Syi’iran merupakan bagian penting dari keseluruhan tradisi Islam di Jawa, meskipun istilah ini masih berkembang di pedalaman jawa atau di daerah tertentu (misal sunda). Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang perbedaan seni budaya lokal dari  tradisi Islam dan yang bukan dari tradisi Islam. Berkat kearifan tokoh-tokoh penyebar Islam dalam mengelola

  83. Nama Nur alifia
    Klas IX.a
    Jwaban No 7
    karena adat dianggapa lebih mudah melekat dlm masyarakat sehingga bila dakwah islam dilakukan dgn mengaitkan adat /budaya maka akan cepat di terima dan melekat dgn mudah di masyarakat

  84. Nama Nur alifia
    Klas IX.a
    Jwabn No 8
    Sikap mereka menyambut baik ajaran agama ini, lalu secara perlahan memperkenalkannya kepada orang Indonesia. Dan orang Indonesia sendiri begitu baik dalam menyikapi hal ini, banyak juga yang tertarik dan akhirnya memutuskan untuk masuk ke agama islam karena proses masuk ke agama ini begitu mudah dan ajaran-ajaran yang diberikan begitu sempurna

  85. NAMA Nur alifia
    Klas IX.a
    Jwaban No 9
    kebudayaan adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat dan setiap kecakapan, dan kebiasaan.

    kebudayaan islam adalah hasil olah akal, budi, cipta, karsa, dan karya manusia yg tidak lepas dari nilai-nilai keTuhanan.

  86. Nama Nur alifia
    Klas IX.a
    Jwabn no10

    – [ ] Berzanji atau Barzanji ialah suatu doa-doa, pujian-pujian dan penceritaan riwayat Nabi Muhammad saw yang dilafalkan dengan suatu irama atau nada yang biasa dilantunkan ketika kelahiran, khitanan, pernikahan dan maulid Nabi Muhammad saw.

  87. jawaban nomor 2

    nama : Nurul Resky
    kelas : 9 b

    Seni qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran Islam. Untuk pertama kalinya, qasidah ditampilkan oleh kaum Anshar (penolong Nabi Muhammad saw. dan sahabat­-sahabatnya dari kaum Muhajirin dalam perjalanan hijrah dari tanah kelahirannya (Makkah) ke Yatsrib (Madinah). Pada saat itu beberapa kaum Anshar menyambut kedatangan Nabi dan mendendangkan lagu-lagu pujian diiringi dengan lantunan musik rebana. Lagu-lagu pujian saat itu pun melegenda hingga hari ini sebagai lagu klasik dan masih dapat dinikmati hingga sekarang.

  88. jawaban nomor 3

    Nurul resky
    9 b

    mengajak orang-orang yang ingin bergabung di pewayangannya dengan syarat sebelum bergabung harus mengucap 2 kalimat syahadat.

  89. jawaban nomor 5

    Nurul resky
    9 b

    Upacara Sekaten adalah sebuah upacara ritual di Kraton Yogyakarta yang dilaksanakan setiap tahun. Upacara ini dilaksanakan selama tujuh hari, yaitu sejak tanggal 5 Mulud (Rabiulawal) sore hari sampai dengan tanggal 11 Mulud (Rabiulawal) tengah malam. Upacara Sekaten diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran (Mulud) Nabi Muhammad SAW. Tujuan lain dari penyelenggaraan upacara ini adalah untuk sarana penyebaran agama Islam.

  90. jawaban nomor 6

    Nurul resky
    9 b

    Tradisi Islam nusantara merupakan sesuatu yang menggambarkan suatu tradisi Islam dari berbagai daerah di Indonesia yang melambangkan kebudayaan Islam dari daerah yang berada di Nusantara.

    Adat Lokal adalah sebuah kebudayaan yang tumbuh dan berkembang serta diakui dan dimiliki oleh masyarakat suku bangsa setempat atau sekitarnya.

    Kebudayaan nusantara yaitu kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional Nusantara dan sebagai perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa.

  91. jawaban nomor 6

    Nurul resky
    9 b

    Tradisi Islam nusantara merupakan sesuatu yang menggambarkan suatu tradisi Islam dari berbagai daerah di Indonesia yang melambangkan kebudayaan Islam dari daerah yang berada di Nusantara.

    Budaya Lokal adalah sebuah kebudayaan yang tumbuh dan berkembang serta diakui dan dimiliki oleh masyarakat suku bangsa setempat atau sekitarnya.

    Kebudayaan nusantara yaitu kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional Nusantara dan sebagai perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa.

  92. jawaban nomor 7

    Nurul resky
    9 b

    karena para pendahulu sdh menanankan adat istiadat dlm berdakwah sehingga dpt di terima sesuai adat daerah

  93. jawaban nomor 8

    Nurul resky
    9b

    Sikap mereka menyambut baik ajaran agama ini, lalu secara perlahan memperkenalkannya kepada orang Indonesia. Dan orang Indonesia sendiri begitu baik dalam menyikapi hal ini, banyak juga yang tertarik dan akhirnya memutuskan untuk masuk ke agama islam karena proses masuk ke agama ini begitu mudah dan ajaran-ajaran yang diberikan begitu sempurna.

  94. jawaban nomor 9

    Nurul resky
    9 b

    Kebudayaan Islam adalah hasil akal, budi, cipta, rasa dan karsa manusia yang berlandaskan pada nilai nilai tauhid. Islam sangat menghargai akal manusia untuk berkiprah dan berkembang.

  95. jawaban nomor 1

    Nurul Resky
    9 b

    Barzanji ialah suatu doa-doa, pujian-pujian dan penceritaan riwayat Nabi Muhammad saw yang dilafalkan dengan suatu irama atau nada yang biasa dilantunkan ketika kelahiran, khitanan, pernikahan dan maulid Nabi Muhammad saw.

  96. Nama:anindita Keisha zahra
    Kelas:IX.B
    Nomor 1:-mabbarasanji/barzanji
    -suromaca/ma’baca
    -mappacci

  97. Nama:anindita Keisha zahra
    Kelas IX.B
    Nomor 2:
    Seni qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran Islam.untuk pertama kalinya,qasidah di tampilkan oleh kaum Anshar (penolong nabi Muhammad saw.dan sahabat sahabatnya dari kaum Muhajirin dalam perjalanan hijrah dari tanah kelahirannya (Mekkah)ke yatsrib(Madinah).pada saat itu beberapa kaum Anshar Menyambut kedatangan nabi dan mendendangkan lagu-lagu Pujian diiringi dengan lantunan musik rebana.lagu-lagu pujian saat itu pun Melegenda hingga hari ini sebagai lagu klasik dan masih dapat dinikmati hingga sekarang.

  98. Anindita Keisha zahra i
    IX.B
    Jawaban no 3:
    Mengajak orang-orang yang ingin bergabung di pewayangan dengan syarat belum bergabung harus mengucap 2 kalimat syahadat.

  99. Anindita Keisha zahra i
    IX.B
    Jawaban no 5:
    Upacara Sekaten adalah sebuah upacara ritual di kraton Yogyakarta yang di laksanakan setiap tahun.upacara Sekaten fi selenggarakan untuk memperingati hari lahir (maulid) nabi Muhammad Saw.tujuan lain dari Pelenggaran upacara ini adalah untuk sarana penyebaran agama Islam.

  100. Anindita keisah zahra i
    IX.B
    Jawaban no:6
    1)tradisi Islam adalah merupakan akulturasi antara ajaran Islam dan adat istiadat Yang ada di Nusantara.
    2)tradisi adat lokal menurut bahasa berarti istiadat,kebiasaan,turun temurun.
    3)tradisi budaya Nusantara yaitu budaya yang diakui sebagai identitas dan perwujutan cipta.

  101. Anindita Keisha zahra i
    IX.B
    Jawaban no 7:
    Karna para pendahulu sudah menanamkan adat istiadat dalam berdakwah sehingga dapat di terima sesuai adat Daerah.

  102. Anindita Keisha zahra i
    IX.B
    Jawaban no 8:
    Sikap mereka menyambut baik ajaran ini,lalu secara perlahan Memperkenalkannya kepada orang Indonesia. Dan orang Indonesia Sendiri begitu baik dalam menyikapi hal ini,banyak juga yang tertarik Dan akhirnya memutuskan untuk masuk agama Islam Karana proses masuk ke agama islam ini begitu mudah Dan ajaran ajaran yang di berikan Begitu sempurna.

  103. Anindita Keisha zahra i
    IX.B
    Jawaban no 9:
    Kebudayaan Islam adalah hasil akal,Budi,cipta,rasa dan karsa manusia yang berlandaskan Pada nilai nilai tauhid.islam sangat menghargai akal Manusia untuk Berkiprah dan Berkembang.

  104. Anindita Keisha zahra i
    IX.B
    Jawaban no 10:
    Barasanji adalah suatu doa, pujian dan penceritaan riwayat nabi Muhammad Saw.yang di lafalkan dengan satu irama.

  105. Nama zahrah amaliah
    Kelas IX.B
    JAWABAN NO 1
    YAITU – Mabbarasanji,setiap hajatan diawali dengan tradisi pembacaan epos La Galigo kemudian berganti menjadi dengan tradisi pembacaan Barzanji
    – Suro’macca/Ma’baca, sebagai ungkapan do’a keselamatan pada leluhur masing-masing keluarga
    – Mappacci ,bertujuan melahirkan kesucian lahir batin bagi para mempelai

  106. Nama zahrah amaliah
    Kelas IX.B
    JAWABAN NO 2
    LATAR BELAKANG QASIDAH ADALAH qasidah ditampilkan pertama kali oleh kaum Anshar (penolong Nabi Muhammad saw. dan sahabat­-sahabatnya dari kaum Muhajirin dalam perjalanan hijrah dari tanah kelahirannya (Makkah) ke Yatsrib (Madinah). Pada saat itu beberapa kaum Anshar menyambut kedatangan Nabi dan mendendangkan lagu-lagu pujian diiringi dengan lantunan musik rebana
    Dan itulah latar belakang qasidah
    CIRI KHAS QASIDAH ADALAH
    – diiringi oleh alat musik tradisional
    – digunakan pada acara hari besar
    – mengandung unsur-unsur dakwah islamiyah dan nasihat-nasihat baik sesuai dengan ajaran Islam.

  107. Nama zahrah amaliah
    Kelas IX.B
    JAWABAN NO 3
    Saat berdakwah dengan menggunakan wayang kulit. Sunan Kalijaga mengganti cerita wayang yang sebelumnya tentang Ramayana dan Mahabarata dari cerita ajaran Hindu diubah dengan memasukan cerita-cerita Islam.Bentuk wayang juga diubah dari bentuk manusia menjadi bentuk kreasi baru yang mirip karikatur
    Dan disitulah dakwah dakwah islam menyebar melalui wayang

  108. Nama zahrah amaliah
    Kelas IX.B
    JAWABAN NO 5
    Tujuannya yaitu untuk memperingati hari lahir nabi Muhammad saw serta sebagai sarana penyebaran agama islam .

  109. Nama zahrah amaliah
    Kelas IX.B
    JAWABAN NO 6
    * Tradisi islam adalah tradisi dan budaya bangsa indonesia sebagai produk dari proses akulturasi antara ajaran islam dengan adat istiadat yang ada si nusantara.
    * adat lokal adalah perilaku manusia baik individu maupun kelompok dalam berperilaku di dalam kehidupan bermasyarakat dan bersosial
    * budaya nusantara adalah yaitu kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional Nusantara dan sebagai perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa.

  110. Nama zahrah amaliah
    Kelas IX.B
    JAWABAN NO 7
    Faktor nya yaitu 1) adat dianggap lebih mudah melekat kepada masyarakat sehingga bila ada suatu dakwah dengan mengaitkan adat maka akan mudah diterima
    2) karena manusia sudah menerapkan hukum adat sebelum adanya hukum agama.

  111. Nama zahrah amaliah
    Kelas IX.B
    JAWABAN NO 8
    Sikap mereka meyambut baik ajaran agama ini lalu para pendakwah/ulama secara peralahan memperkenalkan nya kepada masyarakat nusantara dan pada akhirnya banyak yg tertarik masuk ke agama islam karena proses masuk ke agama ini begitu mudah dan ajaran ajaran yg diberikan begitu sempurna.

  112. Jawaban No 9!
    Nama:Izzatul Muzakkirah
    Kelas:IX.B
    Jawaban:
    Kebudayaan islam yaitu hasil perkembangan kebudayaan yang telah dilandasi dilandasi oleh nilai nilai islam sebagaimana kebiasaan,adat ataupun budaya lokal telah tergabung oleh nilai nilai islam sehingga disebut kebudayaan islam.Kebudayaan islam itu bukan kebudayaan yang diciptakan oleh masyarakat islam, tetapi kebudayaan yang bersumber dari ajaran-ajaran islam/Kebudayaan yang telah dilandasi nilai nilai islam.

  113. Nama Zahrah amaliah
    Kelas IX.B
    JAWABAN NO 9
    Kebudayaan berasal dari bahasa sansakerta yaitu BUDDHAYAH yang berarti budi atau akal
    Sedangkan islam berasal dari bahasa arab yang berarti selamat sehingga kebudayan islam berarti sebuah pemikiran orang islam yang di realisasikan dalam bentuk tindakan

    Kebudayaan islam ialah
    1)Kebudayan yang berWujud Idea (Gagasan)
    2) Kebudayaan yang berwujud Aktivitas
    3) Kebudayaan Yang Berwujud Artefak (Benda)

  114. Jawaban No 9!
    Nama:Izzatul Muzakkirah
    Kelas:IX.B
    Jawaban:
    Kebudayaan islam yaitu hasil perkembangan kebudayaan yang telah dilandasi oleh nilai nilai islam sebagaimana kebiasaan,adat ataupun budaya lokal yang telah tergabung oleh nilai nilai islam sehingga disebut kebudayaan islam.Kebudayaan islam itu bukan kebudayaan yang diciptakan oleh masyarakat islam, tetapi kebudayaan yang bersumber dari ajaran-ajaran islam/Kebudayaan yang telah dilandasi nilai nilai islam.

  115. Ada 3 tradisi masyarakat suku Bugis yaitu:
    – mabbarsanjji
    – suromaca
    – mapacci

    2. Seni qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran Islam. Untuk pertama kalinya, qasidah ditampilkan oleh kaum Anshar (penolong Nabi Muhammad saw. dan sahabat­-sahabatnya dari kaum Muhajirin dalam perjalanan hijrah dari tanah kelahirannya (Makkah) ke Yatsrib (Madinah). Pada saat itu beberapa kaum Anshar menyambut kedatangan Nabi dan mendendangkan lagu-lagu pujian diiringi dengan lantunan musik rebana. Lagu-lagu pujian saat itu pun melegenda hingga hari ini sebagai lagu klasik dan masih dapat dinikmati hingga sekarang

    3. mengajak orang-orang yang ingin bergabung di pewayangannya dengan syarat sebelum bergabung harus mengucap 2 kalimat syahadat.

    4. Khusus bayi perempuan, lidahnya ditetesi madu dengan menggunakan kain. Hal itu dimaksudkan agar anak tersebut memiliki kata-kata semanis madu.

    5. Upacara Sekaten adalah sebuah upacara ritual di Kraton Yogyakarta yang dilaksanakan setiap tahun. … Upacara Sekaten diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran (Mulud) Nabi Muhammad SAW. Tujuan lain dari penyelenggaraan upacara ini adalah untuk sarana penyebaran agama Islam.

    6. Tradisi menurut bahasa berarti adat istiadat, kebiasaan, turun menurun. Sedangan tradisi menurut istilah adalah adat kebiasaan turun-menurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan dalam masyarakat. Sebelum Islam datang, masyarakat Nusantara sudah mengenal berbagai kepercayaan. Hal inilah yang membuat proses dakwah Islam pada saat itu tidak terlepas dengan adat istiadat yang berlaku di masyarakat, karena sudah mendarah daging. Sehingga memerlukan proses yang cukup lama. Dalam hal ini dapat kita pahami bahwa tradisi Islam di Nusantara merupakan akulturasi antara ajaran Islam dan adat istiadat yang ada di Nusantara. Banyaknya kesenian dan adat istiadat yang berkembang di Nusantara yang bernafaskan Islam merupakan rangkaian dakwah Islam yang dilakukan pada masa itu. Munculnya seni tradisi Islam, baik di Jawa maupun di Luar Jawa (dengan berbagai nama dan istilahnya) tentu merupakan ekspresi keberagamaan masyarakat yang bersifat lokal. Sehingga jenis dan macamnya sangat beragam. Namun yang pasti sentuhan budaya lokal dengan agama Islam yang berlangsung telah melahirkan sebuah bentuk seni baru yang berfungsi baik sebagai ekspresi keagamaan maupun ekspresi budaya.

    Apapun nama dan tujuannya, kesenian tradisi Islam merupakan bagian penting dalam penyebaran Islam di Indonesia, dan mungkin bahkan di dunia. Berkat kearifan tokoh-tokoh penyebar Islam dalam mengelola percampuran antara syariat Islam dengan budaya lokal, maka banyak dihasilkan sebuah karya seni yang indah dan merupakan alat sosialisasi yang hebat serta metode dakwah yang paling efektif. Khusus di Jawa ada istilah “syi’iran” yaitu sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu seni tradisi Islam dengan campuran bahasa jawa. Istilah ini kalau dilacak akar sejarahnya tentu masih sangat erat dengan keberadaan Wali Songo di Jawa. Di daerah lain, tradisi semacam ini sangat mungkin muncul dengan istilah lain. Syi’iran merupakan bagian penting dari keseluruhan tradisi Islam di Jawa, meskipun istilah ini masih berkembang di pedalaman jawa atau di daerah tertentu (misal sunda). Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang perbedaan seni budaya lokal dari tradisi Islam dan yang bukan dari tradisi Islam. Berkat kearifan tokoh-tokoh penyebar Islam dalam mengelola percampuran antara syariat Islam dengan budaya lokal, maka banyak dihasilkan sebuah karya seni yang indah dan merupakan alat sosialisasi yang hebat serta metode dakwah yang paling efektif.

    7. karena adat dianggapa lebih mudah melekat dlm masyarakat sehingga bila dakwah islam dilakukan dgn mengaitkan adat /budaya maka akan cepat di terima dan melekat dgn mudah di masyarakat

    8. karena adat dianggapa lebih mudah melekat dlm masyarakat sehingga bila dakwah islam dilakukan dgn mengaitkan adat /budaya maka akan cepat di terima dan melekat dgn mudah di masyarakat

    9. Kebudayaan Islam adalah hasil akal, budi, cipta, rasa dan karsa manusia yang berlandaskan pada nilai nilai tauhid. Islam sangat menghargai akal manusia untuk berkiprah dan berkembang. Perkembangan kebudayaan yang didasari dengan nilai-nilai keagamaan menunjukkan agama memiliki fungsi yang demikian jelas.

    10. Keragaman adat dan tradisi Nusantara bersifat dinamis dan berakuluturasi dengan pelbagai aspek, salah satunya dengan ajaran Islam. Mabbarasanji atau pembacaan Kitab Barzanji di kalangan masyarakat Bugis di Makassar termasuk bagian akulturasi tersebut.

    Perlu diketahui, Islam masuk ke Sulawesi Selatan dengan cara yang sangat santun terhadap kebudayaan dan tradisi masyarakat Bugis Makassar. Bukti nyata dari sikap kesantunan Islam terhadap budaya dan tradisi Bugis Makassar dapat kita lihat dalam tradisi-tradisi keislaman yang berkembang di Sulawesi Selatan hingga kini.

    Contohnya penggantian pembacaan kitab La Galigo dengan tradisi pembacaan Barzanji, sebuah kitab yang berisi sejarah kehidupan Nabi Muhammad Saw, dalam setiap hajatan dan acara, doa-doa selamatan, bahkan ketika membeli kendaraan baru, dan lain sebagainya.

  116. Jawaban no 10!
    Nama:Izzatul Muzakkirah
    Kelas:IX.B
    Jawaban:
    -Dapat mempererat hubungan tali silaturrahim antar warga
    -Dapat memperkaya kebudayaan indonesia dengan perpaduan antara budaya Islam dan Indonesia
    -Dapat menambah kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad SAW
    -Dapat mengambil hikmah dari kehidupan nabi Muhammad SAW

  117. Nama Zahrah amaliah
    Kelas IX.B
    JAWABAN NO 10
    Nilai nilai nya yaitu: 1) Gotong royong, merupakan sebuah nilai yang tersirat jelas dalam tradisi ini.
    Pelaksanaan prosesi Mabbarasanji tentu membutuhkan kerja sama yang baik
    2) Solidaritas; nilai solidaritas tidak dapat terlepas dari tradisi ini. Terlebih lagi,telah ada nilai yang terjaga dalam tradisi ini
    3) Komunikatif; unsur nilai ini, merupakan salah satu bagian terpenting dalam tradisi ini
    PELAJARAN YG DAPAT DIAMBIL ADALAH betapa pentingnya kerja sama dalam tradisi ini sehingga menghasilkan sesuai yg diharapkan.

  118. Pertanyaan Nomor 5
    Nama:St.Fakhrunnisa M.
    Kelas:lx.v
    Jawaban: Tujuannya yaitu untuk memperingati hari lahir nabi Muhammad saw serta sebagai sarana penyebaran agama islam .

  119. Pertanyaan Nomor 6
    Nama:St.Fakhrunnisa M.
    Kelas:lx.b
    Jawaban: 1.Tradisi Islam adalah merupakan akulturasi antara ajaran islam dan adat istiadat yang ada di nusantara
    2.Tradisi adat lokal menurut bahasa berarti istiadat, kebiasaan, turun temurun
    3.Tradisi budaya nusantara yaitu budaya yang. diakui sebagai identitas dan perwujutan cipta

  120. Pertanyaan Nomor 7
    Nama:St.Fakhrunnisa M.
    Kelas:lx.b
    Jawaban: Diartikan sebagai adat istiadat dan kepercayaan yang secara turun temurun dapat dipelihara. Tradisi adalah kesamaan benda material dan gagasan yang berasal dari masa lalu namun masih ada hingga kini dan belum dihancurkan atau dirusak. Tradisi daoat diatikan sebagai wariasan yang benar atau warisan masa lalu . sedangkan Kebudayaan Nusantara yaitu kebudayaaan yang diakui sebagai identitas nasional Nusantara dan sebagai perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa.

  121. Pertanyaan Nomor 7
    Nama:St.Fakhrunnisa M.
    Kelas:lx.b
    Jawaban: Karena para pendahulu sdh menanankan adat istiadat dlm berdakwah sehingga dpt di terima sesuai adat daerah tsb.

  122. Pertanyaan Nomor 8
    Nama:St.Fakhrunnisa M.
    Kelas:lx.b
    Jawaban: Sikap mereka menyambut baik ajaran agama ini, lalu secara perlahan memperkenalkannya kepada orang Indonesia. Dan orang Indonesia sendiri begitu baik dalam menyikapi hal ini, banyak juga yang tertarik dan akhirnya memutuskan untuk masuk ke agama islam karena proses masuk ke agama ini begitu mudah dan ajaran-ajaran yang diberikan begitu sempurna.

  123. Pertanyaan Nomor 9
    Nama:St.Fakhrunnisa M.
    Kelas:lx.b
    Jawaban: Kebudayaan islam yaitu hasil perkembangan kebudayaan yang telah dilandasi oleh nilai nilai islam sebagaimana kebiasaan,adat ataupun budaya lokal yang telah tergabung oleh nilai nilai islam sehingga disebut kebudayaan islam.Kebudayaan islam itu bukan kebudayaan yang diciptakan oleh masyarakat islam, tetapi kebudayaan yang bersumber dari ajaran-ajaran islam/Kebudayaan yang telah dilandasi nilai nilai islam.

  124. Pertanyaan Nomor 10!!!
    Nama:St.Fakhrunnisa M.
    Kelas:lx.b
    Jawaban: 1) Gotong royong, merupakan sebuah nilai yang tersirat jelas dalam tradisi ini.
    Pelaksanaan prosesi Mabbarasanji tentu membutuhkan kerja sama yang baik
    2) Solidaritas; nilai solidaritas tidak dapat terlepas dari tradisi ini. Terlebih lagi,telah ada nilai yang terjaga dalam tradisi ini
    3) Komunikatif; unsur nilai ini, merupakan salah satu bagian terpenting dalam tradisi ini.

  125. nomor 2
    Nama :Naila islami
    Kelas:ix.A
    jawaban:seni qasidah lahir bersamaa dengan kelahiran islam.Untuk pertama kalinya ,qasidah ditampilkanoleh kaum anshar (penolong nabi muhammad saw.dan sahabat sahabatnnya dalam perjalanan hijrah).pada saat itu beberapa kaum anshar menyambut kedatangan Nabi dan mendendangkan lagu lagu pujian diiringi dengan lantunancmusik rebana. lagu lagu pujian saat itu pun melagenda hingga hari ini sebagai lagu klasik dan masih dapat dinikmati hingga sekarang.

  126. Nama:Naila islami
    Kelas: Ix.A
    jawaban:mengajak orang orang yang ingin bergabung di pewayangannya dengan syarat sebelum bergabung harus mengucap 2kalimat syahadat.

  127. nomor 3
    Nama:Naila islami
    Kelas :Ix.a
    jawaban :dengan mengajak orang orang yang ingin bergabung di pewayangannya dengan syarat sebelum bergabung harus mengucap 2 kalimat syahadat.

  128. nomor 4
    Nama: Naila islami
    kelas:Ix.a
    jawaban:khusus bayi perempuan, lidahnya ditetesi madu dengan menggunakan kain.Hal itu dimaksudkan agar anak tersebut memiliki kata kata semanis madu.

  129. nomor 5
    Nama:Naila islami
    Kelas :Ix.a
    jawaban :yaitu untuk memperingati hari lahir nabi muhammad saw serta sebagai sarana penyebaran agama islam.

  130. Nama:adinda aliani magfira
    Kelas:9.a
    1.barasanji
    Suro,macca atau mabbaca
    2.seni qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran islam.untuk pertama kalinya qasidah di tampilkan oleh kaum anshar penolong nabi muhammad saw .dan sahabat sahabatnya dari kaum muhajirin dalam perjalanan hijrah dari tanah kelahirannya makkah ke yastrib mandinah ,pada saat itu beberapa kaum anshar menyambut kedatanggan nabi dan mendedangkan lagu lagu pujian diiringi lantunan musik rebana
    Ciri khas qasidah:
    1.syair masi ada bahasa arab
    2.syair di ambil dari kisah nabi dan sahabatnya
    3.bisanya berisi pujian pujian atau satire.
    3.agar anak tersebut memiliki kata kata semanis madu
    4.mengajak orang orang yang inggin bergabung di pewayannya dengan syarat membaca kalimat 2 syahadat
    5.upcara sekaten adlah sebuah upacara ritual di karaton yogyakarta yang di laksanankan setiap tahun upacara sekaten di selenggarakan untuk memperinggati hari kelahiran (mulud)nabi muhammad saw.

  131. Nama:adinda aliani magfirah
    Kelas:9.a
    6.tradisi bahasa berati adat istiadat,kebiasaan ,turun menurun dari(nenek moyang)yang masi di jalankan dalam,masyarakatsebelum islam datang,masyarakat nusantara sudah menggenal berbagai kepercayaan itu tidak terlepas dalam adat istiadat yang berlaku di masyarakat,karena sudah mendarah daging.
    7.karena adat dianggap lebih mudah melekat dalam masyarakat sehingga bila dakwah islam di lakukan dengan mengaitkan ada atau budaya akan cepat di terima dan melekat dengan mudah di masyarakat.

  132. nomor 6
    Nama :naila islami
    Kelas:Ix.a
    jawaban:*tradisi islami ialah budaya bangsa indonesia sebagai produk dari proses akulturasi antara ajaran islam dengan adat istiadat yang ada di nusantara.
    *adat lokal adalah perilaku manusia baik indiividu maupun kelompok dalam berperilaku di dalam kehidupan bermasyarakat dan bersosial.
    *budaya nusantara adalah yaitu kebudayaan yg diakui sebagai identitas nasional nusantara dab sebagai perwujudan cipta,karya,dan karsa bangsa.

  133. NAMA : Tsabitah nur Faizah fd
    Kelas : IX.A

    1.-mabbarasanji
    -suromaca
    -mappacci
    2.seni qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran Islam.untuk pertama kalinya,qasidah ditampilkan oleh kaum anshar (penolong Nabi Muhammad SAW).dan sahabat-sahabatnya dari kaum muhajirin dalam perjalanan hijrah dari tanah kelahirannya (makkah)ke yastrib ( Madinah).pada saat itu beberapa kaum anshar menyambut kedatangan nabi dan mendendangkan lagu-lagu pujian diiringi dengan lantunan musik rebana.
    3.dengan cara menunjukkan pewayangan sambil berdakwah secara islami.
    4.agar anak tersebut memiliki kata kata semanis madu.
    5.upacara sekaten diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dan penyelenggaraan ini juga untuk sarana penyebaran agama Islam.
    6.1.tradisi Islam:merupakan akulturasi antara ajaran Islam dan adat istiadat yang ada dinusantara.
    2.tradisi adat lokal menurut bahasa berarti istiadat,kebiasaan,turun menurun.
    3. Tradisi budaya nusantara : budaya yang diakui sebagai identitas dan perwujudan cipta.
    7.karena para pendahulu sudah menanangkan adat istiadat dalam berdakwah sehingga dapat diterimah sesuai adat daerah tersebut.
    8.sikap mereka menyambut baik ajaran agama ini,lalu secara perlahan memperkenalkannya kepada orang Indonesia.
    9.kebudayaan islam : hasil akal,Budi,cipta,rasa,dan karsa manusia yang berlandaskan pada nilai-nilai tauhid.
    10.keragaman adat dan tradisi nusantara bersifat dinamis dan berakulutarasi dengan berbagai aspek,salah satunya dengan ajaran Islam.

  134. nomor 7
    Nama :Naila islami
    Kelas:Ix.a
    jawaban :karna adat dianggap lebih mudah melekat dalam masyarakat sehingga bila dakwah islam dilakukan dengan mengaitkan adat/budaya maka akan cepat mudah diterima dan melekat dgn mudah di masyarakat.

  135. nomor 8
    Nama :Naila islami
    Kelas :Ix.A
    jawaban :kebudayaan adalah hasil cipta,rasa dan karsa manusia dalam memennuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yg mencakup pengetahuan .keyakinan,seni,susila,hukum,adat,dan setiap kecakapan,dan kebiasaan.
    kebudayaan islam hasil olah akal,budimcipta,karsa,dan karya manusia yang tidak lepas dari nilai nilai ketuhanan.

  136. nomor 9
    Nama:Naila islami
    Kelas:Ix.A
    jawaban :sikap mereka menyambut baik agama ini ,lau secara perlahan memperkenalkannya secara perlahan kepada org indonesia
    terbalik i jawabanku seharusnya ini nomor 8

  137. Last!!nomor 10
    Nama:Naila islami
    Kelas:Ix.A
    jawaban:barasanji ialah doa doa pujian pujian dan penceritaan riwayat Nabi muhammmad saw yang dilafalakan dengan suatu iramma atau nada biasa dilantunkan ketika kelahiran ,khitanan,pernikahan,dan maulid anbi muhammad saw.

  138. Nama: Nurul azzahra
    Kelas : IX.a
    Jawaban nomor 4= agar memiliki tutur kata yang sopan dalam arti bicara yang baik”

  139. Nama: Nurul azzahra
    Kelas : IX.a
    Jawaban nomor 5= Upacara Sekaten adalah sebuah upacara ritual di Kraton Yogyakarta yang dilaksanakan setiap tahun. Upacara ini dilaksanakan selama tujuh hari, yaitu sejak tanggal 5 Mulud (Rabiulawal) sore hari sampai dengan tanggal 11 Mulud (Rabiulawal) tengah malam. Upacara Sekaten diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran (Mulud) Nabi Muhammad SAW. Tujuan lain dari penyelenggaraan upacara ini adalah untuk sarana penyebaran agama Islam.

  140. Nama: Nurul azzahra
    Kelas : IX.a
    Jawaban nomor 6= Tradisi menurut bahasa berarti adat istiadat, kebiasaan, turun menurun. Sedangan tradisi menurut istilah adalah adat kebiasaan turun-menurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan dalam masyarakat. Sebelum Islam datang, masyarakat Nusantara sudah mengenal berbagai kepercayaan. Hal inilah yang membuat proses dakwah Islam pada saat itu tidak terlepas dengan adat istiadat yang berlaku di masyarakat, karena sudah mendarah daging. Sehingga memerlukan proses yang cukup lama. Dalam hal ini dapat kita pahami bahwa tradisi Islam di Nusantara merupakan akulturasi antara ajaran Islam dan adat istiadat yang ada di Nusantara. Banyaknya kesenian dan adat istiadat yang berkembang di Nusantara yang bernafaskan Islam merupakan rangkaian dakwah Islam yang dilakukan pada masa itu. Munculnya seni tradisi Islam, baik di Jawa maupun di Luar Jawa (dengan berbagai nama dan istilahnya) tentu merupakan ekspresi keberagamaan masyarakat yang bersifat lokal. Sehingga jenis dan macamnya sangat beragam. Namun yang pasti sentuhan budaya lokal dengan agama Islam yang berlangsung telah melahirkan sebuah bentuk seni baru yang berfungsi baik sebagai ekspresi keagamaan maupun ekspresi budaya.
    Apapun nama dan tujuannya, kesenian tradisi Islam merupakan bagian penting dalam penyebaran Islam di Indonesia, dan mungkin bahkan di dunia. Berkat kearifan tokoh-tokoh penyebar Islam dalam mengelola percampuran antara syariat Islam dengan budaya lokal, maka banyak dihasilkan sebuah karya seni yang indah dan merupakan alat sosialisasi yang hebat serta metode dakwah yang paling efektif. Khusus di Jawa ada istilah “syi’iran” yaitu sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu seni tradisi Islam dengan campuran bahasa jawa. Istilah ini kalau dilacak akar sejarahnya tentu masih sangat erat dengan keberadaan Wali Songo di Jawa. Di daerah lain, tradisi semacam ini sangat mungkin muncul dengan istilah lain. Syi’iran merupakan bagian penting dari keseluruhan tradisi Islam di Jawa, meskipun istilah ini masih berkembang di pedalaman jawa atau di daerah tertentu (misal sunda). Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang perbedaan seni budaya lokal dari  tradisi Islam dan yang bukan dari tradisi Islam. Berkat kearifan tokoh-tokoh penyebar Islam dalam mengelola percampuran antara syariat Islam dengan budaya lokal, maka banyak dihasilkan sebuah karya seni yang indah dan merupakan alat sosialisasi yang hebat serta metode dakwah yang paling efektif.

  141. Nama: Nurul azzahra
    Kelas : IX.a
    Jawaban nomor 7= karena para pendahulu sdh menanankan adat istiadat dlm berdakwah sehingga dpt di terima sesuai adat daerah tersebut

  142. Nama: Nurul azzahra
    Kelas :IX.a
    Jawaban nomor 8= Sikap mereka menyambut baik ajaran agama ini, lalu secara perlahan memperkenalkannya kepada orang Indonesia. Dan orang Indonesia sendiri begitu baik dalam menyikapi hal ini, banyak juga yang tertarik dan akhirnya memutuskan untuk masuk ke agama islam karena proses masuk ke agama ini begitu mudah dan ajaran-ajaran yang diberikan begitu sempurna.

  143. Nama: Nurul azzahra
    Kelas : IX.a
    Jawaban nomor 9=Kebudayaan islam adalah hasil akal, budi, cipta, rasa dan karsa manusia yang berlandaskan pada nilai nilai tauhid. Islam sangat menghargai akal manusia untuk berkiprah dan berkembang. Perkembangan kebudayaan yang didasari dengan nilai-nilai keagamaan menunjukkan agama memiliki fungsi yang demikian jelas.

  144. Nama: Nurul azzahra
    Kelas : IX.a
    Jawaban nomor 10= keragaman adat dan tradisi nusantara bersifat dinamis dinamis barakuluturasi dengan berbagai aspek salah satunya dengan ajaran islam. Mabbarazanji atau membaca kitab barazanji di kalangan masyarakat termasuk bagian akulturasi tersebut.
    Perlu di ketahui, islam masuk ke sulawesi selatan dengan cara yang sangat santun terhadap kebudayaan dan tradisi masyarakat bugis makassar. Bukti nyata dari sikap kesantunan islam terhadap budaya dan tradisi bugis makassar dapat kita lihat dalam tradisi tradisi ke islaman yang berkembang di sulawesi selatan hingga kini.

  145. Nama:nurul Aini
    Kelas:1X A
    Jawaban No 2
    Seni Qasidah lahir bersamaan dalam kelahiran Islam. Untuk saat itu pertama kalinya Qasidah ditampilkan oleh kaum Ansar Penolong nabi Muhammad Soleh wasallam dan sahabat sahabatnya dari kamu ajarin dalam perjalanan dari tanah kelahiran mereka Yastrib Madinah pada saat itu beberapa komentar menyambut kedatangan nabi dan mendengarkan lagu lagu pujian dirinya dalam gantungan musik Rebana lagu lagu pujian saat itu pun malan melegenda hingga saat itu sebagai lagu klasik dan masih dapat dinikmati nggak sekarang Qasidah tradisional memiliki beberapa ciri diantaranya share masih dalam bahasa Arab the chair diambil dari kisah kisah para nabi Dan.sahabatnya Biasanya berisi puji pujian atau Satire

  146. Nama:nurul Aini
    Kelas :1X A
    Jawaban No 3
    Mengajak orang orang yang ingin bergabung di pewarisan nya dan syarat sebelum bergabung harus mengucap dua kalimat Syahadat

  147. Nama:nurul Aini
    Kelas:1X A
    Jawaban No 4
    Khusus bayi perempuan ridhanya ditetesi madu dengan menggunakan kain hal itu dimaksudkan agar anak tersebut memiliki kata kata Semanis madu atau agar memiliki tutur kata yang sopan dalam berbicara dan baik

  148. Nama:nurul Aini
    Kelas:1X A
    Jawaban No 5
    Upacara sekaten adalah sebuah upacara ritual di keraton Jogjakarta yang dilaksanakan setiap tahun upacara sekaten di selenggara kan untuk memperingati hari lahir Maulid nabi Muhammad Sallallahu alaihi wasallam tujuan lain dari pelanggaran ucap upacara ini adalah untuk sarana penyebaran agama Islam

  149. Nama:nurul Aini
    Kelas:1X A
    Jawaban No 6
    Diartikan sebagai adat istiadat dan kepercayaan yang acara turun tunggu nan dapat dipelihara tradisi adalah kesamaan benda material dan gugatan yang berasal dari masa lalu namun masih ada hingga kini dan belum dihancurkan atau rusak tradisi dapat diartikan sebagai warisan yang benar atau warisan masa lalu sedangkan kebudayaan Nusantara yaitu kebudayaan yang di akui sebagai identitas nasional Nusantara dan sebagai perwujudan cipta karya dan karyawan saat dan merupakan seluruh daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan Harkat dan martabat sebagai bangsa

  150. Nama:nurul Aini
    Kelas:1X A
    Jawaban No 8
    Sikap mereka menyambut baik ajaran agama ini Halu secara perlahan memperkenalkan nya kepada orang Indonesia dan orang Indonesia sendiri begitu banyak dan meningkat hal itu banyak juga yang terjaring dan memutuskan untuk masuk ke agama Islam ke dalam proses masuk agama ini begitu mudah dan ajaran ajaran yang sempurna

  151. Nama:nurul Aini
    Kelas:1X A
    Jawaban No 9
    Kebudayaan Islam adalah hasil akal budi cipta rasa dan karsa ah manusia yang berlandaskan pada nilai nilai tahu hit Islam sangat menghargai akan Masya untuk berpikiran dan berkembang perkembangan kebudayaan yang didasari dengan nilai nilai keagamaan juga agama memiliki fungsi yang demikian jelas

  152. Nama:nurul Aini
    Kelas:1X A
    Jawaban No 10.
    Barzanji atau barzanji iyalah suatu dua doa pujian pujian dan Penceritaan riwayat nabi Muhammad Yang di lafalkan dalam suatu Irama atau nada yang biasa dilantunkan ketika khitanan pernikahan dan Maulid nabi Muhammad Sallallahu alaihi wasallam

  153. 1. Ada 3 tradisi masyarakat suku Bugis yaitu:
    – mabbarsanjji
    – suromaca
    – mapacci

    2. Seni qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran Islam. Untuk pertama kalinya, qasidah ditampilkan oleh kaum Anshar (penolong Nabi Muhammad saw. dan sahabat­-sahabatnya dari kaum Muhajirin dalam perjalanan hijrah dari tanah kelahirannya (Makkah) ke Yatsrib (Madinah). Pada saat itu beberapa kaum Anshar menyambut kedatangan Nabi dan mendendangkan lagu-lagu pujian diiringi dengan lantunan musik rebana. Lagu-lagu pujian saat itu pun melegenda hingga hari ini sebagai lagu klasik dan masih dapat dinikmati hingga sekarang

    3. mengajak orang-orang yang ingin bergabung di pewayangannya dengan syarat sebelum bergabung harus mengucap 2 kalimat syahadat.

    4. Khusus bayi perempuan, lidahnya ditetesi madu dengan menggunakan kain. Hal itu dimaksudkan agar anak tersebut memiliki kata-kata semanis madu.

    5. Upacara Sekaten adalah sebuah upacara ritual di Kraton Yogyakarta yang dilaksanakan setiap tahun. … Upacara Sekaten diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran (Mulud) Nabi Muhammad SAW. Tujuan lain dari penyelenggaraan upacara ini adalah untuk sarana penyebaran agama Islam.

    6. Tradisi menurut bahasa berarti adat istiadat, kebiasaan, turun menurun. Sedangan tradisi menurut istilah adalah adat kebiasaan turun-menurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan dalam masyarakat. Sebelum Islam datang, masyarakat Nusantara sudah mengenal berbagai kepercayaan. Hal inilah yang membuat proses dakwah Islam pada saat itu tidak terlepas dengan adat istiadat yang berlaku di masyarakat, karena sudah mendarah daging. Sehingga memerlukan proses yang cukup lama. Dalam hal ini dapat kita pahami bahwa tradisi Islam di Nusantara merupakan akulturasi antara ajaran Islam dan adat istiadat yang ada di Nusantara. Banyaknya kesenian dan adat istiadat yang berkembang di Nusantara yang bernafaskan Islam merupakan rangkaian dakwah Islam yang dilakukan pada masa itu. Munculnya seni tradisi Islam, baik di Jawa maupun di Luar Jawa (dengan berbagai nama dan istilahnya) tentu merupakan ekspresi keberagamaan masyarakat yang bersifat lokal. Sehingga jenis dan macamnya sangat beragam. Namun yang pasti sentuhan budaya lokal dengan agama Islam yang berlangsung telah melahirkan sebuah bentuk seni baru yang berfungsi baik sebagai ekspresi keagamaan maupun ekspresi budaya.

    Apapun nama dan tujuannya, kesenian tradisi Islam merupakan bagian penting dalam penyebaran Islam di Indonesia, dan mungkin bahkan di dunia. Berkat kearifan tokoh-tokoh penyebar Islam dalam mengelola percampuran antara syariat Islam dengan budaya lokal, maka banyak dihasilkan sebuah karya seni yang indah dan merupakan alat sosialisasi yang hebat serta metode dakwah yang paling efektif. Khusus di Jawa ada istilah “syi’iran” yaitu sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu seni tradisi Islam dengan campuran bahasa jawa. Istilah ini kalau dilacak akar sejarahnya tentu masih sangat erat dengan keberadaan Wali Songo di Jawa. Di daerah lain, tradisi semacam ini sangat mungkin muncul dengan istilah lain. Syi’iran merupakan bagian penting dari keseluruhan tradisi Islam di Jawa, meskipun istilah ini masih berkembang di pedalaman jawa atau di daerah tertentu (misal sunda). Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang perbedaan seni budaya lokal dari tradisi Islam dan yang bukan dari tradisi Islam. Berkat kearifan tokoh-tokoh penyebar Islam dalam mengelola percampuran antara syariat Islam dengan budaya lokal, maka banyak dihasilkan sebuah karya seni yang indah dan merupakan alat sosialisasi yang hebat serta metode dakwah yang paling efektif.

    7. karena adat dianggapa lebih mudah melekat dlm masyarakat sehingga bila dakwah islam dilakukan dgn mengaitkan adat /budaya maka akan cepat di terima dan melekat dgn mudah di masyarakat

    8. karena adat dianggapa lebih mudah melekat dlm masyarakat sehingga bila dakwah islam dilakukan dgn mengaitkan adat /budaya maka akan cepat di terima dan melekat dgn mudah di masyarakat

    9. Kebudayaan Islam adalah hasil akal, budi, cipta, rasa dan karsa manusia yang berlandaskan pada nilai nilai tauhid. Islam sangat menghargai akal manusia untuk berkiprah dan berkembang. Perkembangan kebudayaan yang didasari dengan nilai-nilai keagamaan menunjukkan agama memiliki fungsi yang demikian jelas.

    10. Keragaman adat dan tradisi Nusantara bersifat dinamis dan berakuluturasi dengan pelbagai aspek, salah satunya dengan ajaran Islam. Mabbarasanji atau pembacaan Kitab Barzanji di kalangan masyarakat Bugis di Makassar termasuk bagian akulturasi tersebut.

    Perlu diketahui, Islam masuk ke Sulawesi Selatan dengan cara yang sangat santun terhadap kebudayaan dan tradisi masyarakat Bugis Makassar. Bukti nyata dari sikap kesantunan Islam terhadap budaya dan tradisi Bugis Makassar dapat kita lihat dalam tradisi-tradisi keislaman yang berkembang di Sulawesi Selatan hingga kini.

    Contohnya penggantian pembacaan kitab La Galigo dengan tradisi pembacaan Barzanji, sebuah kitab yang berisi sejarah kehidupan Nabi Muhammad Saw, dalam setiap hajatan dan acara, doa-doa selamatan, bahkan ketika membeli kendaraan baru, dan lain sebagainya.

  154. Nama : naswa amaliyah natsir
    Kelas : IX. A
    Jawaban no 6 : • tradisi Islam yaitu suatu kebiasaan atau adat yang didalamnya terdapat nilai-nilai Islam yang terkuras ikan yang mana digunakan sebagai sarana pembentukan budaya yang membentuk ciri khas yang berbeda adat
    •lokal yaitu suatu kebiasaan atau adat masyarakat yang turun temurun dari nenek moyang yang mendarah daging dan sampai sekarang masih ada masyarakat yang melakukan adat tersebut salah satu contohnya yaitu Ma’Nene di Tana Toraja
    •budaya Nusantara yaitu suatu kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional nusantara dan sebagai perwujudan Cipta Karya dan Karsa bangsa dan merupakan upaya masyarakat Indonesia untuk mengembangkan martabat sebagai bangsa

  155. Nama : naswa amaliyah natsir
    Kelas : IX. A
    Jawaban no 7 : faktor yang menyebabkan adat masyarakat yang sudah Berlaku tidak dapat terlepas yaitu karena adanya telah bercampur dan mendarah daging dengan kebudayaan lokal yang mewarnai masyarakat nusantara sebelum datangnya Islam sehingga dalam menyebarkan ajarannya dapat dilakukan dengan mengaitkan budaya mereka atau memodifikasikan budaya mereka dengan ajaran-ajaran Islam.

  156. Nama : naswa amaliyah natsir
    Kelas: IX. A
    Jwaban no 8 : Sikap mereka menyambut baik ajaran agama ini lalu para pendakwah ulama secara perlahan memperkenalkannya kepada masyarakat nusantara dan pada akhirnya banyak yang tertarik masuk agama Islam karena proses masuk agama ini begitu mudah dan ajaran-ajaran yang diberikan begitu sempurna

  157. Nama : naswa amaliyah natsir
    Kelas : IX. A
    Jwaban no 9: kebudayaan Islam yaitu hasil perkembangan kebudayaan yang telah dilandasi oleh nilai-nilai Islam sebagaimana kebiasaan adat ataupun budaya lokal telah bergabung oleh nilai-nilai Islam sehingga disebut kebudayaan Islam dan kebudayaan Islam itu bukan kebudayaan yang disertakan oleh masyarakat Islam tetapi kebudayaan yang bersumber dari ajaran ajaran Islam atau kebudayaan yang telah dilandasi nilai-nilai Islam.

  158. Nama : naswa amaliyah natsir
    Kelas : IX. A
    Jawaban no 10 : •dapat mempererat hubungan tali silaturahim antar warga
    • dapat memperkaya kebudayaan Indonesia dengan perpaduan antara budaya Islam dan Indonesia dapat
    •menambah kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad SAW
    •dapat mengambil hikmah dari kehidupan Nabi SAW

  159. Nama: Nurul aqiah
    Kelas : IX B
    Jawaban : 3. Mengajak orang-orang yang ingin bergabung di pewayangannya dengan syarat sebelum bergabung harus mengucap 2 kalimat syahadat
    4.khusus bayi perempuan, lidahnya di tetesi madu dengan menggunakan kain . Hal ini di maksudkan agar anak tersebut memiliki kata- kata semanis madu
    5.upacara Sekaten adalah sebuah upacara ritual di kraton Yogyakarta yang di laksanakan setiap tahun .upacara Sekaten di selenggarakan untuk memperingati hari kelahiran ( mulud ) nabi Muhammad Saw . tujuan lain dari penyelenggaraan upacara ini adalah untuk sarana penyeburan agama Islam

  160. KELAS : IX.a
    JAWABAN NO.2
    2.Latar belakang perkembangan kasidah adalah karena banyaknya berkembang seni musik di era ini. Karena ingin menambahkan esensi muslim dan budaya Timur Tengahnya itu, kasidah semakin banyak disukai.

  161. KELAS : IX.a
    JAWABAN NO.3
    Maka, melalui wayang ini, kita ingat kembali persatuan bangsa. Juga belajar bagaimana Islam masuk ke Indonesia dan Sunan Kalijaga memakai wayang sebagai sarana menyebatkan agama Islam. Ada dimensi ketuhanan dan memperhatikan dimensi sosial. Melalui wayang, kita melihat tatanan kehidupan melawan keangkaramurkaan

  162. KELAS : IX.a
    JAWABAN NO.4
    Upacara Sekaten adalah sebuah upacara ritual di Kraton Yogyakarta yang dilaksanakan setiap tahun. Upacara ini dilaksanakan selama tujuh hari, yaitu sejak tanggal 5 Mulud (Rabiulawal) sore hari sampai dengan tanggal 11 Mulud (Rabiulawal) tengah malam. Upacara Sekaten diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran (Mulud) Nabi Muhammad SAW. Tujuan lain dari penyelenggaraan upacara ini adalah untuk sarana penyebaran agama Islam.

  163. nama : aleisya putri a.
    kelas : IX.B
    jawaban :
    no.1 :
    3 tradisi bugis makassar antara lain ;
    >mabbarasanji
    >mappacci
    >suromaca

  164. KELAS : IX.a
    JAWABAN NO.6
    Sebelum Islam datang, masyarakat Nusantara sudah mengenal berbagai kepercayaan. Hal inilah yang membuat proses dakwah Islam pada saat itu tidak terlepas dengan adat istiadat yang berlaku di masyarakat, karena sudah mendarah daging. Sehingga memerlukan proses yang cukup lama. Dalam hal ini dapat kita pahami bahwa tradisi Islam di Nusantara merupakan akulturasi antara ajaran Islam dan adat istiadat yang ada di Nusantara. Banyaknya kesenian dan adat istiadat yang berkembang di Nusantara yang bernafaskan Islam merupakan rangkaian dakwah Islam yang dilakukan pada masa itu. Munculnya seni tradisi Islam, baik di Jawa maupun di Luar Jawa (dengan berbagai nama dan istilahnya) tentu merupakan ekspresi keberagamaan masyarakat yang bersifat lokal. Sehingga jenis dan macamnya sangat beragam. Namun yang pasti sentuhan budaya lokal dengan agama Islam yang berlangsung telah melahirkan sebuah bentuk seni baru yang berfungsi baik sebagai ekspresi keagamaan maupun ekspresi budaya.

  165. KELAS : IX.a
    JAWABAN NO.7
    karena adat dianggapa lebih mudah melekat dlm masyarakat sehingga bila dakwah islam dilakukan dgn mengaitkan adat /budaya maka akan cepat di terima dan melekat dgn mudah di masyarakat

  166. KELAS : IX.a
    JAWABAN NO.8
    sikap mereka menyambut baik ajaran agama ini, lalu secara perlahan memperkenalkannya kepada orang Indonesia. dan orang Indonesia sendiri begitu baik dalam menyikapi hal ini, banyak juga yang tertarik dan akhirnya memutuskan untuk masuk ke agama Islam karena proses masuk ke agama ini begitu mudah dan ajaran² yang diberikan begitu sempurna.

  167. KELAS : IX.a
    JAWABAN NO.9
    Kebudayaan Islam adalah hasil akal, budi, cipta, rasa dan karsa manusia yang berlandaskan pada nilai nilai tauhid. Islam sangat menghargai akal manusia untuk berkiprah dan berkembang. Perkembangan kebudayaan yang didasari dengan nilai-nilai keagamaan menunjukkan agama memiliki fungsi yang demikian jelas.

  168. jawaban :
    no.2 :
    qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran islam.untuk pertama kalinya,qasidah di tampilkan oleh kaum anshar.pada saat itu beberapa kaum anshar menyambut kedatangan nabi dan mendendangkan lagu lagu pujian diiringi dengan lantunan musik rebana.ciri khas qasidah sendiri yaitu diiringi oleh alat musik tradisional yaitu rebana.

  169. KELAS : IX.a
    JAWABAN NO.10
    Dapat mempererat hubungan tali silaturahim antar warga.
    Dapat memperkaya kebudayaan Indonesia dengan perpaduan antara budaya Islam dan Indonesia dapat.
    Menambah kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad SAW.
    Dapat mengambil hikmah dari kehidupan Nabi SAW.

  170. jawaban :
    no.3 :
    dengan cara menunjukkan pewayangan sambil berdakwah islami melalu cerita wayang yang ia bawakan dan tunjukkan pada masyarakat.

  171. jawaban :
    no.4 :
    agar anak tersebut memiliki kata kata semanis madu,dalam artian tutur bicaranya sopan dan mengucapkan kata yang baik baik saja.

  172. jawaban :
    no.5 :
    upacara sekaten adalah sebuah upacara ritual di kraton yogyakarta yang dilaksanakan setiap tahun.upacara sekaten diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran nabi muhammad saw. (maulid).tujuan lain dari penyelenggaraan upacara ini adalah untuk sarana penyebaran agama Islam

  173. jawaban :
    no.6 :
    >tradisi Islam adalah suatu adat kebiasaan yang di dalamnya terdapat nilai-nilai Islam yang terakulturasikan.
    >lokal adalah suatu bagian dari budaya masyarakat yang tidak bisa dipisahkan dari bahasa masyarakat tersebut dan diturunkan secara turun temurun dari mulut ke mulut.
    >budaya nusantara yaitu kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional nusantara dan sebagai perwujudan cipta,karya dan karsa bangsa dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa.

  174. jawaban :
    no.7 :
    karena para pendahulu sudah menanamkan adat istiadat dalam berdakwah sehingga dapat di terima sesuai adat daerah tersebut.

  175. jawaban :
    no.8 :
    menyambut baik ajaran agam ini,lalu secara perlahan memperkenalkannya kepada masyarakat.masyarakat sendiri begitu baik dalam menyikapi hal ini,banyak juga yang tertarik dan akhirnya memutuskan untuk masuk ke agama islam karena ajaran ajaran yang di berikan begitu sempurna.

  176. jawaban :
    no.9 :
    kebudayaan islam adalah hasil akal,budi,cipta,rasa dan karsa manusia yang berlandaskan pada nilai nilai tauhid.islam sangat menghargai akal manusia untuk berkiprah dan berkembang.perkembangan kebudayaan yang didasari dengan nilai-nilai keagamaan menunjukkan agama memiliki fungsi yang demikian jelas.

  177. jawaban :
    no.10 :
    >dapat mempererat hubungan silaturahmi antar warga
    >dapat memperkaya kebudayaan indonesia dengan perpaduan antara budaya islam dan indonesia
    >dapat menambah kecintaan kita terhadap nabi muhammad saw.
    >dapat mengambil hikmah dari kehidupan nabi

  178. Nama: Nurul aqiah
    Kelas : IXB
    Jawaban:2. Seni qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran Islam untuk pertama kalinya qasidah di tampilkan oleh kaum Anshar ( penolong nabi Muhammad Saw dan sahabat- sahabat dari kaum Muhajirin dalam perjalanan hijrah dari tanah kelahirannya ( Mekkah) ke yatsrib ( Madinah ) .dengan ciri qasidah adalah diringi oleh alat musik tradisional yaitu rebana
    7.karen para pendahulu sudah menanamkan adat istiadat dalam berdakwah sehingga dapat di terimai sesuai adat daerah tersebut
    8.sikap mereka menyambut baik ajaran agama ini,lalu secara perlahan memperkenalkan kepada orang Indonesia dan orang Indonesia sendiri baik dalma menyikapi hal ini banyak juga yang tertarik dan akhirnya memutuskan untuk masuk agama.

  179. 1. Ada 3 tradisi masyarakat suku Bugis yaitu:
    – mabbarsanjji
    – suromaca
    – mapacci

    2. Seni qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran Islam. Untuk pertama kalinya, qasidah ditampilkan oleh kaum Anshar (penolong Nabi Muhammad saw. dan sahabat­-sahabatnya dari kaum Muhajirin dalam perjalanan hijrah dari tanah kelahirannya (Makkah) ke Yatsrib (Madinah). Pada saat itu beberapa kaum Anshar menyambut kedatangan Nabi dan mendendangkan lagu-lagu pujian diiringi dengan lantunan musik rebana. Lagu-lagu pujian saat itu pun melegenda hingga hari ini sebagai lagu klasik dan masih dapat dinikmati hingga sekarang

    3. mengajak orang-orang yang ingin bergabung di pewayangannya dengan syarat sebelum bergabung harus mengucap 2 kalimat syahadat.

    4. Khusus bayi perempuan, lidahnya ditetesi madu dengan menggunakan kain. Hal itu dimaksudkan agar anak tersebut memiliki kata-kata semanis madu.

    5. Upacara Sekaten adalah sebuah upacara ritual di Kraton Yogyakarta yang dilaksanakan setiap tahun. … Upacara Sekaten diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran (Mulud) Nabi Muhammad SAW. Tujuan lain dari penyelenggaraan upacara ini adalah untuk sarana penyebaran agama Islam.

    6. Tradisi menurut bahasa berarti adat istiadat, kebiasaan, turun menurun. Sedangan tradisi menurut istilah adalah adat kebiasaan turun-menurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan dalam masyarakat. Sebelum Islam datang, masyarakat Nusantara sudah mengenal berbagai kepercayaan. Hal inilah yang membuat proses dakwah Islam pada saat itu tidak terlepas dengan adat istiadat yang berlaku di masyarakat, karena sudah mendarah daging. Sehingga memerlukan proses yang cukup lama. Dalam hal ini dapat kita pahami bahwa tradisi Islam di Nusantara merupakan akulturasi antara ajaran Islam dan adat istiadat yang ada di Nusantara. Banyaknya kesenian dan adat istiadat yang berkembang di Nusantara yang bernafaskan Islam merupakan rangkaian dakwah Islam yang dilakukan pada masa itu. Munculnya seni tradisi Islam, baik di Jawa maupun di Luar Jawa (dengan berbagai nama dan istilahnya) tentu merupakan ekspresi keberagamaan masyarakat yang bersifat lokal. Sehingga jenis dan macamnya sangat beragam. Namun yang pasti sentuhan budaya lokal dengan agama Islam yang berlangsung telah melahirkan sebuah bentuk seni baru yang berfungsi baik sebagai ekspresi keagamaan maupun ekspresi budaya.

    Apapun nama dan tujuannya, kesenian tradisi Islam merupakan bagian penting dalam penyebaran Islam di Indonesia, dan mungkin bahkan di dunia. Berkat kearifan tokoh-tokoh penyebar Islam dalam mengelola percampuran antara syariat Islam dengan budaya lokal, maka banyak dihasilkan sebuah karya seni yang indah dan merupakan alat sosialisasi yang hebat serta metode dakwah yang paling efektif. Khusus di Jawa ada istilah “syi’iran” yaitu sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu seni tradisi Islam dengan campuran bahasa jawa. Istilah ini kalau dilacak akar sejarahnya tentu masih sangat erat dengan keberadaan Wali Songo di Jawa. Di daerah lain, tradisi semacam ini sangat mungkin muncul dengan istilah lain. Syi’iran merupakan bagian penting dari keseluruhan tradisi Islam di Jawa, meskipun istilah ini masih berkembang di pedalaman jawa atau di daerah tertentu (misal sunda). Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang perbedaan seni budaya lokal dari tradisi Islam dan yang bukan dari tradisi Islam. Berkat kearifan tokoh-tokoh penyebar Islam dalam mengelola percampuran antara syariat Islam dengan budaya lokal, maka banyak dihasilkan sebuah karya seni yang indah dan merupakan alat sosialisasi yang hebat serta metode dakwah yang paling efektif.

    7. karena adat dianggapa lebih mudah melekat dlm masyarakat sehingga bila dakwah islam dilakukan dgn mengaitkan adat /budaya maka akan cepat di terima dan melekat dgn mudah di masyarakat

    8. karena adat dianggapa lebih mudah melekat dlm masyarakat sehingga bila dakwah islam dilakukan dgn mengaitkan adat /budaya maka akan cepat di terima dan melekat dgn mudah di masyarakat

    9. Kebudayaan Islam adalah hasil akal, budi, cipta, rasa dan karsa manusia yang berlandaskan pada nilai nilai tauhid. Islam sangat menghargai akal manusia untuk berkiprah dan berkembang. Perkembangan kebudayaan yang didasari dengan nilai-nilai keagamaan menunjukkan agama memiliki fungsi yang demikian jelas.

    10. Keragaman adat dan tradisi Nusantara bersifat dinamis dan berakuluturasi dengan pelbagai aspek, salah satunya dengan ajaran Islam. Mabbarasanji atau pembacaan Kitab Barzanji di kalangan masyarakat Bugis di Makassar termasuk bagian akulturasi tersebut.

    Perlu diketahui, Islam masuk ke Sulawesi Selatan dengan cara yang sangat santun terhadap kebudayaan dan tradisi masyarakat Bugis Makassar. Bukti nyata dari sikap kesantunan Islam terhadap budaya dan tradisi Bugis Makassar dapat kita lihat dalam tradisi-tradisi keislaman yang berkembang di Sulawesi Selatan hingga kini.

    Contohnya penggantian pembacaan kitab La Galigo dengan tradisi pembacaan Barzanji, sebuah kitab yang berisi sejarah kehidupan Nabi Muhammad Saw, dalam setiap hajatan dan acara, doa-doa selamatan, bahkan ketika membeli kendaraan baru, dan lain sebagainya.

    Nama:ana fathilah ansar
    Kelas:IX.a

  180. Mama: Annur Rahayu
    Kelas :9.a
    6.tradisi menurut bahasa berarti adat istiadat, kebiasaan turun menurun sedahkan tradisi menurut istilah adalah adat kebiasaan turun menurun ( dari nenek moyang ) yang masih dijalankan dalam masyarakat. Sebelum Islam datang, masyarakat Nusantara sudah mengenal berbagai kepercayaan. Hal inilah yang membuat proses dakwah Islam pada saat itu tidak terlepas dengan adat istiadat yang berlaku di masyarakat, karena sudah mendarah daging.sehingga merlukan proses yang cukup lama.dalam hal ini dapat kita pahami bahwa tradisi Islam di Nusantara merupakan akulturasi antara ajaran Islam dan adat istiadat yang ada di Nusantara.

    Apapun nama dan tujuan nya, kesenian tradisi Islam merupakan bagian penting dalam penyebaran Islam di Indonesia, Dan mungkin bahkan di dunia. Berkat kearifan tokoh² penyebar Islam dalam mengelola percampuran antara syariat Islam dengan budaya lokal, maka banyak di hasilkan sebuah karya seni yang indah dan merupakan alat sosialisasi yang hebat serta metode dakwah yang paling efektif. Khusus di Jawa ada istilah syi’iran yaitu sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu seni tradisi Islam dengan campuran bahasa Jawa. Istilah ini kalau dilacak akar sejarahnya tentu masih sangat erat dengan keberadaan wali songo di Jawa. Di daerah lain, tradisi semacam ini mungkin muncul dengan istilah lain. Syi’iran merupakan bagian penting dari keseluruhan tradisi Islam di Jawa, meskipun istilah ini masih berkembangnya di pedalaman Jawa atau di daerah tertentu(misal sund)

  181. 1.mappacci
    Suromaca
    Mabbarasanji
    2.latar belakang perkembangan kasidah adalah karena banyaknya berkembang seni musik di era ini.karena ingin menambahkan esensi muslim dan budaya timur tengahnya itu, kasidah semakin banyak disukai.
    3.mengajak orang ² yang lain bergabung di pewayangannya dengan syarat sebelum bergabung harus mengucap 2 kalimat syahadat
    4.agar memiliki tutur kata yang sopan dalam arti bicara yang baik
    5.upacara Sekaten adalah sebuah upacara ritual di keraton Yogyakarta yang dilaksanakan setiap tahun upacara Sekaten diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran nabi Muhammad Saw tujuan lain dari menyelenggarakan upacara ini adalah untuk sarana penyebaran agama Islam

  182. 7.karena para pendahulu sudah menanakan Adat istiadat dalam berdakwah sehingga dapat diterima sesuai adat daerah tsb
    8.sikap mereka menyambut baik ajaran agama ini, lalu secara perlahan memperkenalkannya kepada orang Indonesia. Dan orang Indonesia sendiri begitu baik dalam menyikapi hal ini, banyak juga yang tertarik dan akhirnya memutuskan untuk masuk ke agama Islam karena proses masuk ke agama Islam karena proses masuk ke agama ini begitu mudah dan ajaran² yang diberikan begitu sempurna.
    9.kebudayaan Islam adalah hasil akal, body, cipta, rasa dan karsa manusia yang berlandaskan pada nilai-nilai tauhid. Islam sangat menghargai akal manusia untuk berkiprah dan berkembang.perkembangan kebudayaan yang di dasari dengan nilai² keagamaan menunjukkan agama memiliki fungsi yang demikian jelas

  183. 10.dapat memper erat hubungan tali silaturahim antar warga. Dapat memperkaya kebudayaan Indonesia dengan perpaduan antara budaya Islam dan Indonesia dapat menambah kecintaan kita terhadap nabi Muhammad SAW dapat mengambil hikmah dari kehidupan nabi SAW

  184. Nama: Nurul aqiah
    Kelas: IXB
    Jawaban:6.tradisi menurut bahasa berarti adat istiadat, kebiasaan,turun – menurun sedangkan tradisi menurut istilah adalah adat kebiasaan, turun- menurun dari nenek moyang yang masih di jalankan dalam masyarakat.
    9.kebudayaan Islam adalah hasil akal,Budi,cipta,rasa dan karsa manusia yang berlandasan pada nilai-nilai tauhid.islam sangat menghargai akal manusia untuk berkiprah dan berkembang
    10.berzanji ialah salah satu doa- doa , pujian- pujian dan penceritaan riwayat nabi Muhammad Saw yang di lafalkan dengan satu irama atau nada yang bisa di lantunkan ketika kelahiran ,khitanam, pernikahan dan maulid nabi Muhammad Saw.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT