Kesehatan Herba Turunkan Tensi dengan Teh Bunga Rosella

Turunkan Tensi dengan Teh Bunga Rosella

-

- Advertisment -

 

Tumbuhan Bunga Rosela. (foto: ist/palontaraq)
Tumbuhan Bunga Rosela. (foto: ist/palontaraq)

Oleh: Muhammad Farid Wajdi

Tulisan sebelumnya: Tips Membuat Minuman Herba Penurun Tensi dan Rematik

PALONTARAQ.ID – Kenal dengan Rosela? Bukan, ini bukan nama cewek, tapi nama sebuah tumbuhan: Bunga Rosela. Ya, Bunga Rosela, atau dikenal juga dengan nama:Asam kumbang, asam susur, atau asam paya.

Akhir pekan kemarin, Sabtu (30/5/2020), penulis punya kesan khusus dengan Bunga yang memiliki nama ilmiah: Hibiscus sabdariffa ini.

Oleh perawat di Unit Transfusi Darah RSUD “Batara Siang” Pangkep, penulis tertolak untuk melakukan donor darah karena Hb tinggi dan tensi tinggi, 160/90.

Teh Bunga Rosela. (foto: ist/palontaraq)
Teh Bunga Rosela. (foto: ist/palontaraq)

Karena ngotot ingin mendonorkan darah untuk seorang pasien di ruang perawatan RSUD Pangkep yang membutuhkan darah O, perawat menyarankan untuk kembali lagi besok pagi, dengan harapan tensi sudah turun.

Ahad pagi, (31/5/2020), penulis meminum dua gelas Teh seduh Bunga Rosela sebagai upaya menurunkan tensi sebelum berangkat lagi ke UTD Rumah Sakit.

Meminum teh seduh Bunga Rosela, penulis percayai dapat menurunkan tensi dengan cepat sebagaimana yang pernah penulis pelajari dalam suatu pelatihan herbalis.

Spesies bunga yang berasal dari Benua Afrika sebenarnya dapat ditanam di halaman rumah dan juga cantik untuk dijadikan penghias halaman rumah.

Teh Bunga Rosela, selain menurunkan tensi, juga meningkatkan imunitas tubuh. (foto: ist/palontaraq)
Teh Bunga Rosela, selain menurunkan tensi, juga meningkatkan imunitas tubuh. (foto: ist/palontaraq)

Lihat pula: Perkuat Antibodi, Jangan hanya Sibuk cari Masker

Di negeri asalnya, Afrika, Bunga Rosela dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak Bunga Rosela.

Sementara di Jamaika, Bunga Rosela dibuat salad buah yang dimakan mentah. Kadang juga dimakan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula.

Tak banyak yang tahu kalau di lingkungan sekolah tempat tinggal penulis, ada juga Bunga Rosela tumbuh dengan baik, di depan asrama sekolah. Bunga Rosela dapat tumbuh dengan baik di Indonesia.

Tapi, Teh Bunga Rosela yang penulis minum di Ahad pagi itu adalah Teh Bunga Rosela yang diberikan keluarga dari Mesir, beberapa bulan sebelumnya. Di Mesir, Teh Bunga Rosela diminum dingin pada musim panas dan diminum panas saat musim dingin.

Lain halnya dengan di Sudan, Negeri Maroko. Disana, Teh Bunga Rosela menjadi minuman keseharian dengan campuran garam, merica, dan tetes tebu.

Teh Bunga Rosela ini juga dapat menghilangkan efek mabuk dan mencegah batuk. Dapat pula dimanfaatkan untuk diet, mengobati diabetes, serta bubuk bijinya dapat dijadikan campuran minuman kopi.

Teh Seduh Bunga Rosella mengandung 18 Asam Amino, kaya Akan Vitamin C dan Anti Oksidan.

Penulis saat donor darah. (foto: ist/palontaraq)
Penulis saat donor darah. (foto: ist/palontaraq)

Lihat pula: 4 Fakta tentang Darah Bekam

Saat akan kembali donor darah di Ahad pagi kemarin (31/5/2020), Hasil tensi dua kali turun drastis, dari yang awalnya 160/90, turun menjadi 140/90, kemudian ditensi lagi hasilnya: 120/90. Jadi, Alhamdulillah, diperbolehkan untuk donor darah.

Bagaimana cara membuat dan menyajikan Teh Bunga Rosela? Mudah saja, masukkan 4-5 helai bunga rosella ke dalam cangkir atau gelas lalu tuangkan air mendidih secukupnya.

Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan rasa alami bunga rosela, lalu tambahkan gula batu atau madu sesuai selera. Siap disajikan dalam keadaan dingin atau hangat.

Rutin berdonor darah adalah juga salah satu cara menyehatkan jantung. (foto: ist/palontaraq)
Rutin berdonor darah adalah juga salah satu cara menyehatkan jantung. (foto: ist/palontaraq)

Lihat pula: Sinergi Herba Habbatussauda dan Mengkudu

Selain bermanfaat menurunkan tensi (sangat baik bagi penderita hypertensi), Teh Bunga Rosela juga berfungsi meningkatkan daya tahan (imunitas) tubuh, menurunkan kolesterol dan asam urat, serta memperlancar buang air seni.

Teh Bunga Rosela juga bermanfaat memperbaiki metabolisme tubuh, memperlambat osteoporosis, memperhalus kulit, mengurangi kadar lemak dalam tubuh, mengobati sakit tenggorokan batuk dan sariawan, dan lain-lain.

Nah, teman dan sahabat sekalian. Jika tinggi tensi, jangan ragu: seduh saja Teh Bunga Rosela. Selamat mencoba. (*)

 

Penulis Palontaraqhttps://palontaraq.id/
M. Farid W Makkulau, pemerhati budaya dan penikmat sejarah. Kerap kali menggunakan nama pena Etta Adil saat menulis reportase, karya fiksi dan laporan perjalanan. Pernah menggeluti 10 tahun dunia jurnalistik, sebelum memutuskan mengisolasi diri di lingkungan sekolah islam sebagai seorang guru Selengkapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Rapid Test mulai Hari Ini di Makassar, Gratis!

  Laporan: Etta Adil PALONTARAQ.ID - Sepekan terakhir ini ramai diviralkan Rapid Test di Makassar akan digratiskan, khususnya bagi mereka yang...

Pesan Dakwah Prof dr Veni Hadju: Sedekah Harian

  Oleh: Prof. dr. Veni Hadju Lihat pula: Beli Kesulitan dengan Sedekah PALONTARAQ.ID - "Apakah saya sudah bersedekah hari ini?" Pertanyaan ini...

Ujian Semester 2 Mapel Kepesantrenan Kelas X: Fikih

  Lihat pula: Materi Khilafah digeser dari Fikih ke Sejarah, Untuk Apa? PALONTARAQ.ID – Berikut ini adalah Soal Fikih, salah satu...

Ujian Semester 2 Mapel Kepesantrenan Kelas XI: Fikih

  PALONTARAQ.ID – Berikut ini adalah Soal Fikih, salah satu Mata Pelajaran Kepesantrenan untuk Kelas XI (Kelas II SMA/Aliyah) yang...

Ujian Semester 2 Mapel Kepesantrenan Kelas X: Tahfidz

  Mata Pelajaran : Tahfidz Kelas              : X (Kelas I SMA/Aliyah) Waktu           ...

Ujian Semester 2 Mapel Kepesantrenan Kelas XI: Al-Qur’an-Hadits

  Mata Pelajaran : Alquran-Hadits Kelas              : XI (Kelas II SMA/Aliyah) Waktu             : – Guru...

Must read

Pesan Dakwah Prof dr Veni Hadju: Sedekah Harian

  Oleh: Prof. dr. Veni Hadju Lihat pula: Beli Kesulitan dengan...

Rapid Test mulai Hari Ini di Makassar, Gratis!

  Laporan: Etta Adil PALONTARAQ.ID - Sepekan terakhir ini ramai diviralkan...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you