Herba Penguat Jantung

Jantung. (foto: medium)

Jantung. (foto: medium)

 

Oleh:  Muhammad Farid Wajdi

JANTUNG merupakan organ yang paling vital dan penting. Banyak sekali kematian yang disebabkan karena berbagai jenis penyakit jantung. Gangguan kesehatan pada jantung merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia.

Oleh karena itu sudah selayaknya kita selalu menjaga kesehatan jantung, salah satunya adalah dengan mengonsumsi tanaman herbal penguat jantung. Penasaran apa saja tanaman herbalnya?

1. Kayu Manis

Kayu Manis (foto: merdeka.com)

Kayu Manis (foto: merdeka.com)

Herbal pertama yang baik untuk menyehatkan jantung kita adalah kayu manis.  Menurut beberapa penelitian yang dilakukan, terbukti jika kayu manis bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau yang sering disebut dengan LDL.

Selain itu kayu manis juga memiliki peran yang penting karena punya antioksidan dan juga berperan mendukung sensivitas dan fungsi dari insulin.

Hasil penelitian dari National Institutes of Health (NIH) menyebutkan bahwa  kayu manis adalah herbal yang bisa meningkatkan kadar antioksidan dalam darah sehingga bisa mencegah penyumbatan darah. Jadi mulai sekarang tambahkan bubuk kayu manis ke beberapa makanan Anda seperti oatmeal, yogurt, atau bubur Anda.

2. Jahe

Jahe (foto: arah.com)

Jahe (foto: arah.com)

Jahe merupakan herbal yang bisa menghangatkan tubuh kita sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi pada saat dingin atau hujan. Selain manfaat itu, ternyata jahe juga bisa menguatkan jantung kita, loh!

Kandungan senyawa yang ada di dalam jantung ini baik untuk anti inflamasi (anti peradangan) dan juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi.  Oleh karena itu mengapa Anda harus mulai mengkonsumsi jahe secara rutin sekarang ini karena manfaatnya baik bagi jantung.

3. Kunyit

Kunyit. (foto: hellosehat)

Kunyit. (foto: hellosehat)

Kunyit merupakan salah satu rempah yang menghasilkan warna kuning alami sehingga sering dijadikan sebagai pewarna makanan ya. Jangan salah, salah satu rempah atau herbal yang menghasilkan warna kuning ini ternyata juga baik untuk jantung.

Manfaat kunyit untuk jantung adalah menjaga kesehatan jantung dan juga menguatkan jantung kita. Hal itu karena di dalam kunyit terdapat antioksidan dan juga anti-inflamasi yang baik. Bahkan dengan konsumsi kunyit kita tidak hanya menjaga jantung, namun juga bisa mencegah kanker.

4. Ketumbar

Ketumbar. (foto: dewimagazine)

Ketumbar. (foto: dewimagazine)

Herbal keempat yang bisa menguatkan jantung kita adalah ketumbar. Selama ini mungkin kita hanya menggunakan ketumbar dalam campuran masakan saja, padahal sebenarnya manfaatnya sangat besar bagi kesehatan.

Ketumbar ini juga bisa digunakan untuk menguatkan jantung karena mengandung senyawa beta-caroten yang tinggi yang mana bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Selain itu ketumbar juga bermanfaat bagi penderita diabetes.

5. Bawang Putih

Bawang Putih (foto: ist/palontaraq)

Bawang Putih (foto: ist/palontaraq)

Tanaman herbal penguat jantung yang kelima adalah bawang putih, yang biasanya merupakan bumbu dapur yang wajib ada. Banyak sekali penelitian yang telah mengungkap khasiat bawang putih untuk jantung.

Bawang Putih mengandung senyawa antitrombotik dan anti imflamasi yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, selain bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat (LDL).  Bawang putih bisa dikonsumsi langsung atau dengan menggunakannya sebagai bumbu/penyedap masakan.

6. Rosemary

Rosemary (foto: naturalfoodseries)

Rosemary (foto: naturalfoodseries)

Herbal keenam yang sering digunakan untuk memasak dan tidak banyak diketahui manfatnya adalah Rosemary. Rosemary ini merupakan tumbuhan herbal yang ternyata sangat baik untuk menguatkan jantung kita.

Herbal ini sangat baik untuk mengingkatkan sistem imun tubuh manusia. Selain itu, rosemary ini juga bisa mencegah penyakit jantung karena dengan mengkonsumsi rosemary maka bisamelancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh sehingga bisa mencegah gangguan pada jantung kita.

7. Teh Hijau

Teh Hijau. (foto: idntimes)

Teh Hijau. (foto: idntimes)

Tidak banyak orang yang menyukai teh hijau karena rasanya yang agak pahit atau aneh, namun teh hijau ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kita.

Manfaat teh hijau untuk jantung berasal dari kandungan senyawa antioksidan dan juga flavonoid yang baik untuk menguatkan jantung kita, melancarkan aliran darah, dan juga bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh kita.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Eropa, dengan mengkonsumsi teh hijau setiap hari setidaknya kita menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke sebanyak 26%.

8. Kembang Sepatu

kembang sepatu (foto: merdeka.com)

Kembang Sepatu (foto: merdeka.com)

Herbal selanjutnya adalah kembang sepatu,  memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah bisa menguatkan jantung, menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, melebarkan pembuluh darah.

Jadi mulai sekarang cobalah untuk konsumsi teh kembang sepatu setidaknya 2 kali sehari jika ingin jantung menjadi sehat.

9. Seledri

Daun Seledri (foto: manjadda)

Daun Seledri (foto: manjadda)

Selama ini kita hanya mengenal seledri untuk dicampur ke dalam masakan saja, namun tahukan Anda jika seledri merupakan herbal yang baik untuk jantung kita? Seledri merupakan herbal yang menjadi salah satu diuretik yang baik.

Dengan mengkonsumsi seledri maka bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah kita, seledri sangat baik dikonsumsi oleh orang yang menderita hipertensi. Seledri merupakan salah satu herbal yang dipercaya oleh pengobatan China tradisional bisa menurunkan resiko penyakit jantung. (*)

Like it? Share it!

Leave A Response