BerandaKesehatanHerbaLemon dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Lemon dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Oleh: Muhammad Farid Wajdi

Tulisan sebelumnya: Gedebog dan Manfaatnya bagi Kesehatan

PALONTARAQ.ID – Siapa yang tak mengenal Buah Lemon?  Buah rendah kaloti ini mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya Vitamin C, vitamin B, serat, air, karbohidrat kompleks, dan kalsium.

Buah Lemon kerapkali diolah menjadi minuman jus yang menyegarkan, dengan segudang manfaat bagi kesehatan, diantaranya mencegah penyakit jantung, menurunkan risiko batu ginjal, memelihara fungsi saluran pencernaan, dan mengurangi kolesterol, serta menurunkan berat badan.

Menurut Wikipedia, Lemon disebut juga Sitrun, jeruk sitrun, limun atau limau. Lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni tata boga dunia.

Pohon Lemon yang berukuran sedang ini dapat mencapai 6 meter dan tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin.

Perasan Jeruk Lemon. (foto: ist/palontaraq)
Perasan Jeruk Lemon. (foto: ist/palontaraq)

Berikut ini, lebih rinci manfaat Buah Lemon bagi Kesehatan, yaitu:

1. Pencernaan menjadi lebih baik. Lemon dapat membantu sejumlah masalah besar pencernaan seperti mual, mulas, parasit, bila dikombinasikan dengan air panas.

Meminum Perasan Jeruk Lemon dapat membantu usus untuk membuang limbah,  mencegah sembelit, mengurangi jumlah produksi lendir di dalam tubuh, membantu melarutkan empedu serta sebagai pembersih hati dan detoksifikasi.

2. Mengobati Masalah Kulit. Lemon merupakan antiseptik alami yang dapat mengobati masalah kulit. Kaya akan vitamin C, yang dapat membantu meredakan keriput dan bintik-bintik pada kulit. Dapat digunakan langsung untuk mengurangi kerusakan jaringat parut.

3. Perawatan Gigi. Air lemon juga baik untuk perawatan gigi. Menggunakan air lemon pada saat sakit gigi dapat mengurangi rasa sakit. Air lemon pada gusi dapat menghentikan pendarahan.

4. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi. Air lemon membantu mengontrol tekanan darah tinggi, vertigo, mual, serta memberikan ketenangan dan relaksasi bagi tubuh. Air lemon juga mampu menghilangkan stres dan depresi.

5. Membantu Diet. Konsumsi air lemon di pagi hari dalam keadaan perut kosong dapat menurunkan berat badan lebih cepat. Satu alasannya karena lemon mengandung serat pektin yang membuat kita kenyang lebih lama.

6. Sumber Anti Oksidan. Air Lemon adalah sumber anti oksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Juga dapat mengobati mabuk, atau rasa mual pada ibu hamil.

7. Mengurangi Demam. Air Lemon dapat membantu meredakan piliek atau flu. hal ini mungkin disebabkan dengan peningkatan keringat yang membantu menurunkan demam.

8. Infeksi Tenggorokan. lemon dapat membantu dalam mengobati infeksi pada tenggorokan, seperti radang tenggorokan. Konsumsi setiap pagi akan memberikan hasil yang maksimal.

Perasan Jeruk Lemon. (foto: ist/palontaraq)
Perasan Jeruk Lemon. (foto: ist/palontaraq)

Pengetahuan umum masyarakat tentang Lemon adalah membantu menurunkan berat badan. Sehingga, seringkali Lemon digunakan bagi mereka yang ingin berdiet, apalagi jika dikonsumsi dengan jahe.

Campuran Jahe dan perasan jeruk lemon setiap sebelum makan dapat mengendalikan nafsu makan dan membantu proses pencernaan.

Demikian yang dapat penulis bagi. Semoga bermanfaat adanya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT