Gedebog dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Jus batang pisang. (foto: ist/palontaraq)

Jus batang pisang. (foto: ist/palontaraq)

Laporan:  Muhammad Farid Wajdi

Tulisan sebelumnya: Daun Serai: Herba Multi-khasiat

PALONTARAQ.ID – Ada yang tahu apa itu “Gedebog”? Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) belum mengentry kata ini sebagai satu kata dalam Bahasa Indonesia, meski begitu gedebog dikenal luas masyarakat sebagai “Batang Pisang”, yang dalam Bahasa Inggris disebut “Banana Stem”.

Di banyak kampung di Indonesia, batang pisang umumnya dicacah-cacah dan diiris-iris menjadi makanan sapi atau kerbau, atau kebanyakannya dibuang begitu saja. Karena yang diambil dari pohon pisang untuk konsumsi manusia umumnya adalah hanya buahnya saja.

Ternyata di Negara maju seperti Amerika Serikat, potongan batang pisang ini justru kedapatan dijual di Supermarket terkenal, Hornbill Asian Market, dan bahkan dengan harga yang cukup fantastis, seharga $5,95 atau senilai dengan Rp 85.000,- jika dikurskan dalam Rupiah.

Banana Stem (batang pisang) di Supermarket. (foto: ist/palontaraq)

Banana Stem (batang pisang) di Supermarket. (foto: ist/palontaraq)

Isi batang pisang. (foto: ist/palontaraq)

Isi/bagian dalam dari Batang Pisang. (foto: ist/palontaraq)

Batang Pisang atau gedebog yang hampir tidak ada harganya di Indonesia, atau dibuang begitu saja, justru menjadi bahan makanan bergizi dan bernilai jual tinggi di Amerika Serikat.

Lihat pula: Peresepan Herba untuk Cuci Ginjal Alamiah

Tentunya ada manfaat atau khasiat kesehatan yang sudah diteliti sebelumnya di negara maju, sehingga Batang Pohon Pisang menjadi komoditas yang diperjual-belikan dan pastinya, dikonsumsi. Uniknya lagi, bahkan bisa dibuat sayur dan minuman sehat menyegarkan, atau dibuat jus.

Batang pohon pisang dalam banyak hasil penelitian yang belum terlalu tersebar, dapat juga dimanfaatkan sebagai  ramuan obat alami (herba) untuk mengobati atau mencegah beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit batu ginjal, mengontrol tekanan darah, mengobati asam lambung hingga menurunkan berat badan.

Isi batang pisang. (foto: ist/palontaraq)

Isi/bagian dalam dari Batang Pisang. (foto: ist/palontaraq)

Sayur Batang Pisang berkuah santan. (foto: ist/palontaraq)

Sayur Batang Pisang berkuah santan. (foto: ist/palontaraq)

Lihat pula:  Sinergi Herba Habbatussauda dan Mengkudu

Dikutip dari Himedik.com, berikut lima manfaat jus batang pohon pisang:

1. Detoksifikasi dan Membantu Pencernaan

Jus batang pohon pisang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan bahan alami ini sangat efektif untuk membersihkan sistem pencernaan yang menyebabkan penyakit. Sebab jus batang pohon pisang ini membantu memperlancar buang air besar (BAB) dan mengandung serat baik untuk usus manusia.

2. Mengobati Batu Ginjal

Jus batang pohon pisang akan lebih berkhasiat lagi jika dicampur dengan kapulaga, gunanya untuk melemaskan kandung kemih dan mencegah penyakit batu ginjal.

Bisa pula  dengan campuran jeruk nipis untuk mencegah pembentukkan batu ginjal. Cara ini juga membantu menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan Infeksi saluran kemih (ISK).

Sayur Batang Pisang berkuah santan. (foto: ist/palontaraq)

Isi/bagian dalam dari Batang Pisang muda.(foto: ist/palontaraq)

3. Penurunan Berat Badan

Jus batang pohon pisang yang mengandung serat juga memperlambat pelepasan gula dan lemak dalam sel-sel tubuh manusia. Hasilnya, batang pohon pisang ini mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan kandungan kalorinya juga tidak akan membuat berat badan naik drastis.

4. Mengontrol Kolesterol dan Tekanan Darah

Jus batang pohon pisang juga kaya akan vitamin B6 dan zat besi yang dapat meningkatkan jumlah hemglobin manusia. Selain itu, minuman ini juga diperkaya kalium yang efektif mengontrol kolesterol dan tekanan darah tinggi.

5. Menyembuhkan Asam Lambung

Bagi orang yang memiliki masalah sakit lambung (Asam Lambung), jus batang pohon pisang bisa jadi pilihan sebagai ramuan obat alami karena  efektif membantu mengatur kadar asam dalam tubuh dan mengembalikan keseimbangan.

Penderita Asam Lambung tidak akan lagi merasakan perut perih/panas seperti terbakar hanya dengan minum jus batang pohon pisang secara rutin.

Demikian, semoga bermanfaat adanya. (*)

Like it? Share it!

Leave A Response