Daun Serai: Herba Multi-khasiat

by Penulis Palontaraq | Jumat, Jun 14, 2019 | 75 views
Daun Serai. (foto: ist/palontaraq)

Daun Serai. (foto: ist/palontaraq)

Oleh: Muhammad Farid Wajdi

Tulisan Sebelumnya: Serai dan Khasiatnya

PALONTARAQ.ID – Serai adalah tumbuhan yang multi-manfaat.  Sayangnya selama ini hanya dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, padahal sebenarnya Serai mengandung sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Serai mengandung vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6, folat, C, dan asam folat. Juga mengandung mineral utama seperti magnesium, zat besi, kalium, fosfor, kalsium, Tembaga, Potassium, dan Logam.

Selain itu, serai juga memiliki sifat antibakterial yang menguntungkan, antara lain analgesik, anti-inflamasi, antidepresan, antipiretik, antiseptik, antibakteri, antijamur, zat karminatif, dan diuretik.

Lihat juga: Cara Atasi Plak Pembuluh Darah

Itulah sebabnya Serai sering  dipakai sebagai Aroma Terapi untuk mengurangi kelelahan,  kecemasan, dan menjadikan tubuh lebih segar. Serai sering dikonsumsi  sebagai bahan minuman wedang. Selain aromanya wangi, wedang serai nikmat diseruput untuk menghangatkan dan menyehatkan badan.

Daun, batang dan umbi serai semua bagian dari tumbuhannya bisa digunakan untuk pengobatan herba karena kandungan zat anti oksidannya, sehingga dapat menjaga kestabilan kolesterol, mengatasi diabetes dan asam urat, mencegah obesitas.

Mengonsumi minuman herba serai juga efektif sebagai pembersih Toksin, Penyeimbang pH, dan Penambah Enzim. Secara medis, banyak dokter yang sudah membuktikan bahwa racun dalam tubuh seperti Rematik, Kolesterol, Asam Urat, dan yang lainnya bisa sembuh dengan Serai.

Lihat juga: Ruqyah agar Bisa cepat Hamil

Berdasarkan hasil riset, Serai  juga mengandung zat anti mikroba (anti bakteri) yang berfungsi untuk mengatasi infeksi, Luka, gangguan Usus dan Lambung serta saluran kandung kemih.  Selain itu  juga digunakan sebagai pereda nyeri dan kejang, anti reumatik, edema, insomnia, gangguan pernafasan, dan demam.

Serai  bersifat diuretik. Efek diuretik serai dapat menambah jumlah frekuensi buang air kecil sehingga menjaga kesehatan pencernaan. Faktor ini benar-benar berguna untuk detoksifikasi pada organ pencernaan seperti hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih.

Dalam sebuah riset, diketahui serai berkhasiat untuk berbagai jenis kanker tanpa mempengaruhi sel tubuh yang normal. Setiap 100 gram serai mengandung zat antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah kanker. Di dalam serai ada senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

Pemakaian daun serai juga dapat menjaga kecantikan, memperindah kulit.  Efek pemakaian kosmetik yang mempunyai kandungan daun serai juga dapat menghilangkan jerawat dan bermanfaat sebagai penyegar.

Serai berkhasiat juga sebagai tonik kulit dan pembersih yang efisien untuk kulit berminyak atau berjerawat sebab bersifat astringen dan antiseptik. Karenanya serai dapat memperkuat jaringan kulit, mengencangkan pori-pori dan mensterilkan. (*)

 

 

Like it? Share it!

Leave A Response