Kesehatan Herba Daun Serai: Herba Multi-khasiat

Daun Serai: Herba Multi-khasiat

-

- Advertisment -

Daun Serai. (foto: ist/palontaraq)
Daun Serai. (foto: ist/palontaraq)

Oleh: Muhammad Farid Wajdi

Tulisan Sebelumnya: Serai dan Khasiatnya

PALONTARAQ.ID – Serai adalah tumbuhan yang multi-manfaat.  Sayangnya selama ini hanya dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, padahal sebenarnya Serai mengandung sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Serai mengandung vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6, folat, C, dan asam folat. Juga mengandung mineral utama seperti magnesium, zat besi, kalium, fosfor, kalsium, Tembaga, Potassium, dan Logam.

Selain itu, serai juga memiliki sifat antibakterial yang menguntungkan, antara lain analgesik, anti-inflamasi, antidepresan, antipiretik, antiseptik, antibakteri, antijamur, zat karminatif, dan diuretik.

Lihat juga: Cara Atasi Plak Pembuluh Darah

Itulah sebabnya Serai sering  dipakai sebagai Aroma Terapi untuk mengurangi kelelahan,  kecemasan, dan menjadikan tubuh lebih segar. Serai sering dikonsumsi  sebagai bahan minuman wedang. Selain aromanya wangi, wedang serai nikmat diseruput untuk menghangatkan dan menyehatkan badan.

Daun, batang dan umbi serai semua bagian dari tumbuhannya bisa digunakan untuk pengobatan herba karena kandungan zat anti oksidannya, sehingga dapat menjaga kestabilan kolesterol, mengatasi diabetes dan asam urat, mencegah obesitas.

Mengonsumi minuman herba serai juga efektif sebagai pembersih Toksin, Penyeimbang pH, dan Penambah Enzim. Secara medis, banyak dokter yang sudah membuktikan bahwa racun dalam tubuh seperti Rematik, Kolesterol, Asam Urat, dan yang lainnya bisa sembuh dengan Serai.

Lihat juga: Ruqyah agar Bisa cepat Hamil

Berdasarkan hasil riset, Serai  juga mengandung zat anti mikroba (anti bakteri) yang berfungsi untuk mengatasi infeksi, Luka, gangguan Usus dan Lambung serta saluran kandung kemih.  Selain itu  juga digunakan sebagai pereda nyeri dan kejang, anti reumatik, edema, insomnia, gangguan pernafasan, dan demam.

Serai  bersifat diuretik. Efek diuretik serai dapat menambah jumlah frekuensi buang air kecil sehingga menjaga kesehatan pencernaan. Faktor ini benar-benar berguna untuk detoksifikasi pada organ pencernaan seperti hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih.

Dalam sebuah riset, diketahui serai berkhasiat untuk berbagai jenis kanker tanpa mempengaruhi sel tubuh yang normal. Setiap 100 gram serai mengandung zat antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah kanker. Di dalam serai ada senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

Pemakaian daun serai juga dapat menjaga kecantikan, memperindah kulit.  Efek pemakaian kosmetik yang mempunyai kandungan daun serai juga dapat menghilangkan jerawat dan bermanfaat sebagai penyegar.

Serai berkhasiat juga sebagai tonik kulit dan pembersih yang efisien untuk kulit berminyak atau berjerawat sebab bersifat astringen dan antiseptik. Karenanya serai dapat memperkuat jaringan kulit, mengencangkan pori-pori dan mensterilkan. (*)

 

 

Penulis Palontaraqhttps://palontaraq.id/
M. Farid W Makkulau, pemerhati budaya dan penikmat sejarah. Kerap kali menggunakan nama pena Etta Adil saat menulis reportase, karya fiksi dan laporan perjalanan. Pernah menggeluti 10 tahun dunia jurnalistik, sebelum memutuskan mengisolasi diri di lingkungan sekolah islam sebagai seorang guru Selengkapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Jangan alihkan Kesalahan Polri pada Surat jalan Djoko Tjandra

Oleh: Asyari Usman PALONTARAQ.ID - Sengaja atau tidak, pimpinan Polri berusaha mengalihkan fokus kesalahan Polri secara institusional menjadi kesalahan Brigjen...

Rakyat dibayangi Pertanyaan: Mungkinkah Komunisme-PKI bangkit kembali?

  Oleh: Asyari Usman PALONTARAQ.ID - Kalau pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD (31/5/2020) dijadikan pegangan, tampaknya tidak mungkin PKI bisa hidup...

Ayasofya Camii!

  Oleh: Ustadz Felix Siauw PALONTARAQ.ID - Salah satu keinginan terbesar saya ketika menulis buku "Muhammad Al-Fatih 1453", adalah sujud di...

Presiden Jokowi Memang Harus Ngeri!

  Oleh: Hersubeno Arief PALONTARAQ.ID - Presiden Jokowi kembali menyatakan betapa berbahayanya situasi dunia, khususnya Indonesia. Jokowi bahkan menggunakan kosa kata yang...

Jokowi merasa Ngeri!

  Oleh: Asyari Usman PALONTARAQ.ID - Presiden Jokowi mengatakan dia ngeri dengan situasi yang akan dihadapi. Pertumbuhan ekonomi bisa minus 8%. Pak...

Denny Siregar tak perlu Minta Maaf!

Oleh: Asyari Usman PALONTARAQ.ID - Pegiat medsos pro-penguasa, Denny Siregar (DS), didesak untuk meminta maaf kepada seluruh santri dan kiyai. Dia...

Must read

- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you