BerandaKesehatanHerbaSerai dan Khasiatnya

Serai dan Khasiatnya

Oleh:  Muhammad Farid Wajdi

PALONTARAQ.ID – SERAI  atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Karena itu, tumbuhan serai sering sekali kita dapati berada di dapur. Hampir setiap masakan membutuhkan pengharum seperti daun serai.

Dari segi klasifikasi ilmiah, tumbuhan serai masuk Kingdom Plantae, tapi tidak termasuk Angiospermae, Monokotil, dan Commelinids. Tumbuhan serai masuk dalam Ordo Poales, Famili Poaceae, dan Genus Cymbopogon. Nama lengkap ilmiahnya Cymbopogon citratus.

Lihat juga: Pallubasa Serigala, Pallubasa Daging di Jalan Serigala

Serai kerapkali dibuat minyak, namanya Minyak serai, yaitu minyak atsiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut. Minyak serai dapat digunakan sebagai pengusir (repelen) nyamuk, baik berupa tanaman ataupun berupa minyaknya.

Kandungan serai antara lain adalah sitronela, yang tidak disukai oleh nyamuk. Maka dari itu, serai dapat dibuat menjadi obat nyamuk dan serangga lainnya. Salah satu khasiat serai yang sudah disuling menjadi minyak atsiri adalah baik untuk mengobati saraf kejepit.

Serai atau Sereh
Serai atau Sereh. (foto: ist/palontaraq)

Untuk kebutuhan sehari-hari, tumbuhan serai dapat dimanfaatkan  untuk mengobati batuk, rematik, detoksifikasi, memperlancar haid bagi perempuan, asam urat, bahkan sampai untuk menghindari penyakit kanker, berikut ini dapat diikuti peresepan herbanya.

Batuk

Untuk mengatasi batuk, gunakan sebatang daun serai, 1 jempol jahe bakar, 1/2 jari kayu manis, 7 biji cengkih, 7 biji kapulaga dalam empat gelas air. Rebus dengan dicampur sedikit garam dan gula merah. Minum ramuan itu pagi dan sore hari hingga batuk hilang.

Lihat juga: Herba alami untuk Atasi Batuk

Rematik

Untuk mengatasi rematik, rebus 7 batang serai, segenggam daun jeruk nipis dalam enam gelas air hingga mendidih, lalu campur dengan air dingin seperlunya, untuk berendam tak lebih lebih dari 1/2 jam. Lakukan teratur hingga sembuh.

Lihat juga: Ini 7 Kuliner khas Makassar saat Idul Adha, dijamin Ketagihan!

Detoksifikasi

Untuk kebutuhan detoksifikasi, memperlancar aliran darah dan mengatasi keracunan dalam tubuh, rebus 70 gram serai ke dalam air 100 cc, lalu minum air rebusan itu pada pagi hari sebelum mengkonsumsi makanan dan minuman lain. Tunggu 1 jam sebelum menyantap makanan lain.

Memperlancar Haid

Bagi perempuan yang sudah baligh yang tidak lancar haidnya, dapat memanfaatkan tumbuhan serai untuk memperlancar haid. Caranya: Memarkan 2 batang serai, rebus dengan dua gelas air. Setelah air berkurang dan harum, campurkan gula merah sebutuhnya dan dinginkan. Minum selagi  hangat sebanyak tiga perempat gelas, 2 x 1 hari.

Asam Urat

Untuk kebutuhan mengatasi asam urat,  Rebus dua batang serai bersama 10 lembar daun salam, rebus dengan 700 cc air  hingga  tersisa 200 cc. Kemudian diminum airnya pada saat hangat dengan teratur 1 hari 1 gelas atau 2 gelas.

Lihat juga: Keluhan Asam Urat di Kaki

Menghindari Kanker

Tumbuhan serai dapat juga dimanfaatkan untuk menghindari terkena serangan kanker. Caranya rebus 100 gram serai dengan 2 gelas air. Panaskan hingga 15 menit dan minum saat pagi dan sore hari 1/2 gelas setiap saat minum.

Demikian Serai, khasiat dan peresepannya sebagai tumbuhan herba yang sangat bermanfaat untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Semoga bermanfaat adanya. (*)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT