Resep Bumbu Dasar

by Penulis Palontaraq | Kamis, Mei 9, 2019 | 45 views
Bumbu Dasar

Bumbu Dasar

 

Oleh: Ummu ‘Adil

Masakan akan dirasa atau terasa nikmat, jika bumbu baik, meresap, dan pas. Nah, ibu-ibu dan remaja putri yang suka berjibaku di dapur memasak untuk keluarga tercinta, kali ini penulis ingin berbagi tentang bumbu dasar masakan.

Bumbunya tidak terlalu banyak, cukup bumbu dasar putih, kuning, dan merah. Tapi kesemua bumbu ini mungkin sudah cukup untuk masak atau numis-numis selama sepekan. Cocok banget sebagai stok bumbu masalah selama Bulan suci Ramadhan.

1. Bumbu Dasar Putih, biasa dipakai numis sayur hijau, atau bikin mie godog/goreng, bisa juga bikin opor, lodeh, dan lain-lain.

2. Bumbu Dasar Kuning, biasa dipakai ungkep ayam/tahu tempe, soto ayam, dan lain-lain.

3. Bumbu Dasar Merah, bisa dipakai untuk ayam, daging, telur balado, nasi goreng, ungkep ayam bakar, kentang/ati balado, dan lain-lain.

Lihat juga: Budaya Kuliner dalam Pandangan Islam

Bahan dan Cara Buat:

Untuk Bumbu Dasar Putih, siapkan 20 bawang merah, 10 bawang putih, 7 butir kemiri, 2 cm lengkuas, 1 sdt garam, dan minyak untuk menumis

Untuk Bumbu Dasar Kuning, siapkan 30 bawang merah, 15 bawang putih, 10 butir kemiri, 2sdt kunyit bubuk, 3 cm jahe, 4 cm lengkuas, 2 sdt lada bubuk, 2 sdm garam, minyak untuk menumis

Untuk Bumbu Dasar Merah, siapkan 20 bawang merah, 15 bawang putih, 20 cabe merah besar, 15 cabe keriting (bisa tambah rawit kl mau pedas), 4 butir tomat sedang, 3 sdt garam, dan minyak untuk menumis.

Lihat juga:Pallubasa Serigala, Pallubasa Daging di Jalan Serigala

Semua bumbu dicuci bersih. Blender hingga halus lalu tumis sampai matang (tidak ada bau bawang mentah lagi) dengan minyak agak banyak biar tidak gosong (minyak berfungsi juga sebagai pengawet alami). Setelah dingin masukkan ke wadah. Tutup rapat, dan simpan di chiller/kulkas bawah saja.

Kalau mau dipakai masak, tinggal sesuaikan sama resep. Misal mau masak opor, tinggal ambil 2-3sendok makan bumbu dasar, tambahkan geprekan sereh, daun jeruk, daun salam.

Tips: Biar tidak cuci blenderan sama wajan berulang-ulang, urutan blender bumbu putih, kuning, dan merah. Begitu juga pas numis, putih dulu, kuning, baru merah.

Untuk yang buat resepnya, semoga jadi amal jariyah ya. Semoga Bermanfaat adanya. Amiienn. (*)

Like it? Share it!

Leave A Response