Spot Sunset terbaik di Lombok

by Penulis Palontaraq | Minggu, Apr 7, 2019 | 165 views
Crater Plawangan Sembalun Mount Rinjani. (foto: trekkingrinjani)

Crater Plawangan Sembalun Mount Rinjani. (foto: trekkingrinjani)

Oleh: Etta Adil

Berikut ini lokasi (spot) terbaik yang bisa jajal untuk melihat keindahan sunset/sunrise di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), yaitu Gunung Rinjani, Gili Air, Pantai Senggigi, Pantai Nipah, Bukit Malimbu, Gili Nanggu, Pantai Selong Belanak, Tanjung Aan, Tugu Gerung dan Pantai Batu Layar.

Gunung Rinjani

Jika Anda suka berpetualang dan hobi mendaki, memilih Gunung Rinjani sebagai tempat untuk menyaksikan fenomena alam ini bisa menjadi pilihan tepat.

Rinjani merupakan salah satu gunung populer yang banyak didaki di Indonesia karena memiliki keindahan dan pesona alam yang menakjubkan.

Lihat juga: Mengapa mesti Traveling, Ini 10 Alasannya!

Banyak traveler yang sengaja menaklukan Rinjani, bukan  hanya karena ingin menikmati alam dan keindahan Danau Segara Anak, melainkan juga ingin merasakan sensasi dan keindahan sunrise maupun sunsetnya.

Karena pendakian menuju spot terbaik untuk menyaksikan fenomena matahari terbenam di Rinjani tidak mudah, maka pendaki/traveler sebaiknya punya persiapan khusus, termasuk memilih hari dimana prakiraan cuaca meramalkan hari dengan cuaca yang cerah.

foto: rizholiday

foto: rizholiday

Gili Air

Diantara ketiga Gili yang terkenal di Lombok, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Gili Air merupakan tempat yang paling sempurna jika Anda ingin menikmati sunset tanpa halangan.

Karena posisi pulau ini berada di ujung paling barat. Berbeda dengan Gili Trawangan yang berada di paling timur dan Gili Meno yang berada di tengah-tengah.

Gili Air dikenal sebagai salah satu destinasi wisata populer di kalangan orang-orang yang ingin merasakan nuansa yang lebih tenang dan lebih privat dibandingkan dengan Gili Trawangan.

Lihat juga: Menikmati Keindahan Pantai Obel-obel

Pulau kecil ini menawarkan banyak keindahan alam yang bisa dinikmati mulai dari pantainya yang indah dengan pasir putih yang bersih, serta pemandangan bawah laut yang bisa dinikmati dengan cara diving atau snorkeling.

berburu-senja-romantis-di-pantai-senggigi-lombok

Berburu senja-romantis di Pantai Senggigi Lombok (foto: merdeka)

Sunset di Pantai Senggigi

Senggigi merupakan destinasi wisata pantai paling populer di Lombok.  Di Senggigi, cukup memadai fasilitas dan akomodasi yang disiapkan.  Senggigi bisa dipilih menjadi tempat yang asyik untuk menyaksikan sunset dan sunrise.

Pantai Senggigi yang berada di Lombok Barat bisa dicapai dalam waktu kurang lebih 30 menit dari pusat Kota Mataram. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan laut dan perbukitan.  Dari pantai ini,  pengunjung bisa menyaksikan sunset dengan siluet Gunung Agung (Pulau Bali). Tak heran  banyak turis menghabiskan waktu sore mereka di pantai ini.

Lihat juga:  Nikmati Sunset dan Kuliner khas Makassar di Pantai Losari

Selain menyaksikan sunset,  Wisatawan bisa juga menikmati aneka kuliner khas Lombok di sekitar pantai, snorkeling, berenang dan bermain main kano dengan biaya sewa yang murah.

Pantai-Nipah-Lombok

Sunset di Pantai Nipah Lombok (foto: liburmulu)

Pantai Nipah

Pantai Nipah merupakan salah satu pantai terkenal namun tidak begitu populer di Lombok. Walau demikian, ini merupakan salah satu tempat menikmati sunset yang memukau di sore hari. Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Senggigi.

Pantai Nipah diliputi pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Di kalangan masyarakat Lombok, pantai ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata kuliner seafood.

Sunset dari Bukit Malimbu Lombok (foto: lombokindonesia)

View Sunset dari Bukit Malimbu Lombok (foto: lombokindonesia)

Bukit Malimbu

Jika melanjutkan perjalanan ke arah utara, tidak jauh dari Pantai Nipah kita akan menemukan sebuah tanjakan yang dikenal dengan nama Bukit Malimbu.

Pemandangan di tempat ini pada siang hari cukup spektakuler dengan view berupa laut (Samudra). Di sore hari pun tidak kalah menarik. Menyaksikan sunset dari tempat ini sangat mengagumkan.

Sunset di Gili Nanggu. (foto: paketwisatajogya)

Sunset di Gili Nanggu. (foto: paketwisatajogya)

Gili Nanggu

Gili Nanggu adalah tempat wisata lainnya di Lombok yang dikenal sebagai destinasi wisata romantis,  cocok bagi mereka yang sedang bulan madu.  Di kalangan fotografer, Gili Nanggu merupakan spot menarik untuk menyaksikan sunrise maupun sunset dengan cuaca yang hampir selalu cerah.

Gili Nanggu adalah satu gili yang paling populer di daerah Sekotong dan memiliki luas sekitar 140 ribu meter persegi atau 14 hektar. Terdapat 3 Gili lainnya di sekitarnya, antara lain Gili Kedis, Gili Sudak, dan Gili Tangkong.

Lihat juga: Lebih Dekat dengan Suku Sasak Sade

Keempat gili tersebut memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing. Gili Nanggu memiliki letak paling jauh diantara gili lainnya. Tujuan trip ke destinasi ini selain snorkeling, kita bisa menginap di Gili Nanggu Cottages, menikmati suasana sepi dan tenang di pulau serta menikmati indahnya sunset sore hari.

View sunset di Pantai Setong Belanak. (foto: dailyvoyagers)

View sunset di Pantai Setong Belanak. (foto: dailyvoyagers)

Pantai Selong Belanak

Bagi Anda yang ingin mencari sunset dengan siluet perbukitan yang cantik dan mempesona,  berbeda dibandingkan beberapa pilihan spot sunset terkenal di atas, Pantai Selong Belanak bisa jadi pilihan.

Lihat juga:  Berwisata ke Tonasa Park Pangkep

Jika Anda ingin menyaksikan sunset tanpa penghalang, Anda bisa naik ke bukit kecil yang ada di sekitar pantai. Dari sana, pemandangan akan terasa lebih lega dan lebih luas.

Selain menawarkan sunset, sebenarnya pantai ini juga menawarkan pemandangan yang cukup cantik di siang hari. Air lautnya yang biru jernih serta pasirnya yang berwarna putih bersih cukup diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

View sunset di Tanjung Aan. (foto: All Lovely Things)

View sunset di Tanjung Aan. (foto: All Lovely Things)

Tanjung Aan

Tanjung Aan terletak di Lombok Tengah, dikenal dengan julukan “Pantai Pasir Merica”.  Pantai di Tanjung ini  cukup populer di kalangan wisatawan dan banyak mendapatkan kunjungan. Di sekitar pantainya,  terdapat perbukitan  yang tampak cantik, sangat kontras dengan suasana pantai yang diliputi air berwarna biru jernih dan pasir putih.

Selain bisa menikmati sunset dari pinggir pantai, sebenarnya wisatawan juga bisa memilih angle yang lebih luas dan lapang dengan naik ke salah satu bukit yang ada di pinggir pantai. Dari atas bukit, pemandangan akan terlihat lebih mempesona dan lebih luas.

View sunset di Tugu Gerung. (foto: detiktravel)

View sunset di Tugu Gerung. (foto: detiktravel)

Sunset indah di Tugu Gerung

Sebelum memasuki pusat kota Lombok Barat, kita akan disambut oleh sebuah tugu yang unik dengan arsitektur seperti sebuah masjid.

Tugu Gerung ini melambangkan Pulau Lombok sebagai “Pulau Seribu Masjid.” Banyak masyarakat Lombok maupun wisatawan yang datang ke tempat ini untuk menyaksikan sunset, sekaligus untuk menikmati kuliner khas lombok yang banyak dijual di sekitar tugu.

Karena ini merupakan salah satu spot sunset terbaik di Lombok, tidak heran apabila suasananya akan makin ramai ketika senja tiba.

Perlahan, warna jingga di ufuk barat akan terlihat seiring dengan terbenamnya matahari yang kemudian menghilang sedikit demi sedikit di balik perbukitan, menciptakan suasana romantis yang indah dan eksotik.

View sunset dari Batu Layar. (foto: ist/palontaraq)

View sunset dari Pantai Batu Layar. (foto: ist/palontaraq)

Pantai Batu Layar

Di Lombok, Pantai Batu Layar lebih dikenal sebagai destinasi wisata religi, namun selain ramai dikunjungi peziarah, pantai ini juga ramai di kunjungi wisatawan karena dikenal memiliki pemandangan sunset yang cantik.

Bahkan, pihak pengelola destinasi ini sudah menyediakan sebuah tempat khusus bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan atau mengabadikan sunset.

Pantai ini memiliki batu besar yang dijadikan sebagai bolongan di dalamnya. Pantai ini terletak dari kuil Hindu yang ada di atas puncak, Pura Batu Bolong, yang jika memandang ke bawah, wisatawan akan melihat Selat Lombok yang berada di Gunung Agung.

Demikian  spot sunset dan sunrise yang indah, eksotik, serta  mempesona dari beberapa destinasi wisata di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Lombok memang tak pernah kehabisan pesona untuk selalu didatangi dan dinikmati keindahannya. Selamat berakhir pekan dan selamat berlibur. (*)

Lihat juga: Tips Traveling ke Kawasan Adat Tana Toa Kajang

 

Like it? Share it!

Leave A Response