Pallubasa Serigala, Pallubasa Daging di Jalan Serigala

Pallu Basa Serigala. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Pallu Basa Serigala. (foto: mfaridwm/palontaraq)

 

Oleh: Etta Adil

PALLUBASA SERIGALA merupakan salah satu kuliner khas yang ada di Kota Makassar.  Resep dan Cara Penyajian Pallubasa Makassar ini hampir mirip sekali dengan Coto Makassar, hanya saja yang membuatnya berbeda yaitu terletak pada beberapa bahan yang digunakan.

Keterkenalan penyebutan “Serigala” di belakang kata Pallubasa adalah karena populer diperdagangkan di Jalan Serigala Makassar, dengan segala kekhasan yang dipertahankannya.  Pallubasa sebenarnya cara memasak daging sapi dengan rempah-rempah pilihan, dan kuahnya ditambahkan kelapa goreng yang disangrai, dan lebih nikmat lagi jika ditambahkan kuning telur.

Secara bahasa, kata Pallu dalam Bahasa Makassar itu artinya masak, sedangkan Basa artinya berkuah, Jadi Pallubasa berarti masakan berkuah, yang dimaksudkannya untuk masakan daging berkuah dengan segala rempah-rempah pilihannya sehingga membuat dagingnya legit dan kuahnya terasa nikmat.

Palbas atau Pallubasa di Jalan Serigala. (foto: ist/palontaraq)Palbas atau Pallubasa di Jalan Serigala. (foto: ist/palontaraq)

Palbas atau Pallubasa di Jalan Serigala. (foto: ist/palontaraq)

Pallubasa Serigala. (foto: ist/palontaraq)

Pallubasa Serigala. (foto: ist/palontaraq)

Pallubasa Makassar ini menggunakan bahan dasar daging sapi serta jerohannya, seperti hati, usus dan jantung. Daging sapi ini memiliki berbagai manfaat seperti membangun otot agar tumbuh lebih kencang dan kuat, dapat mencegah diabetes, obesitas, mencegah penyakit anemia, serta dapat meningkatkan sel darah merah.

Pallubasa Serigala sudah sedemikian terkenalnya, sehingga direkomendasikan bagi siapa saja yang mengunjungi Kota Makassar untuk mencobanya sebagai salah satu kuliner khas, disamping Konro dan Coto Makassar.  Banyak pejabat dan pengusaha nasional pernah menjajal kelezatan Pallubasa serigala ini.

Seringkali tamu pemerintah propinsi dan pemerintah kota diajak makan siang disini, dan warungnya sendiri tak pernah sepi sepanjang hari sampai malam. Itulah sebabnya pengunjung kadang duduk berdempet-dempetan makan sambil menunggu giliran diantarkan pesanan Pallubasanya.

Pallubasa serigala lebih nikmat dengan tambahan kelapa goreng sangrai dan kuning telur. (foto: ist/palontaraq)

Pallubasa serigala lebih nikmat dengan tambahan kelapa goreng sangrai dan kuning telur. (foto: ist/palontaraq)

Pallubasa serigala lebih nikmat dengan tambahan kelapa goreng sangrai dan kuning telur. (foto: ist/palontaraq)

Pengusaha nasional, Sandiaga Salahuddin Uno bersama Agus Arifin Nu’mang (mantan Wagub Sulsel) menikmati Pallubasa serigala  (foto: ist/palontaraq)

Nah bagi  yang ingin mencoba membuat sendiri Pallubasa ini, penulis  disini akan menyajikan resep cara membuat pallubasa ini.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat resep Pallubasa: 150 gram Daging Sapi, 150 gram Hati Sapi, 150 gram Usus Sapi, 150 gram Jantung Sapi, 3 cm Lengkuas, kemudian anda memarkan, 1 batang Serai, kemudian anda memarkan, 7 buah Cengkih, 3 cm Kayu Manis, 800 ml Air Kaldu dari rebusan daging sapi, 1 sendok teh Gula Merah, 50 gram Kelapa Parut, kemudian disangrai terlebih dahulu dan diblender hingga halus, 50 ml Air Asam Jawa.

Bumbu halus yang diperlukan: 7 siung Bawang Putih, 10 siung Bawang Merah, 8 Cabai Merah Keriting, ½ sendok teh Jintan, 1 sendok makan Ketumbar, 3 cm Jahe, ½ biji Pala, Garam secukupnya. Setelah  semua bahan dan bumbu yang diperlukan sudah siap, maka selanjutnya tinggal mengikuti bagaimana cara membuatnya. Pada tiap-tiap rumah Orang Bugis Makassar biasanya memiliki perbedaan tertentu dalam meraciknya, khususnya terkait bumbunya.

Cara membuat resep masakan Pallubasa khas Makassar: Pertama, Daging sapi dan jerohannya direbus secara terpisah hingga benar-benar matang dan empuk, kemudian disisihkan. Selanjutnya semua bumbu halusnya ditumis dan ditambahkan beberapa bahan lainnya seperti lengkuas, cengkih, serai dan kayu manis hingga matang sampai tercium aroma sedap.

Setelah itu daging sapinya dimasukkan dan jerohannya yang sudah direbus tadi, aduk hingga rata lalu masukkan air kaldu. Tambahkan air asam jawa dan rebus kembali hingga mendidih dan kuah agak sedikit mengental.  Setelah itu, angkat dan sajikan.

Pallubasa serigala (foto: ist/palontaraq)

Pallubasa serigala (foto: ist/palontaraq)

Menjamu Teman dengan Sajian Pallubasa di Jalan Serigala. (foto: ardi/palontaraq)

Menjamu teman dengan Sajian Pallubasa di Jalan Serigala. (foto: ardhi/palontaraq)

Keterkenalan Pallubasa Daging di Jalan Serigala Makassar dan beberapa cabangnya, salah satunya adalah karena dapat ditambahkan kelapa yang sebelumnya sudah disangrai, lalu  dihaluskan dengan blender.  Bisa ditambahkan dengan kuning telur yang dengan sendiri akan setengah matang saat dimasukkan dalam Pallubasa. Perlakuan ini akan disukai bagi mereka yang membutuhkan stamina tambahan.

Seperti itulah proses pembuatan salah satu kuliner khas Daerah Makassar yaitu Pallubasa, resep ini biasanya disajikan dengan nasi hangat yang bisa membuat anda menambah selera makan. Berbeda dengan Coto Makassar yang pasangannya adalah ketupat.

Penasaran? Bagi yang belum mencoba, silakan saja datang ke Jalan Serigala Makassar dan rasakan sensasi nikmatnya.  Selamat mencoba. (*)

Like it? Share it!

Leave A Response