Mengapa Tomat harus selalu tersedia di Dapur, Ini Alasannya!

Tomat harus selalu tersedia di dapur. (foto: ist/palontaraq)

Tomat harus selalu tersedia di dapur. (foto: ist/palontaraq)

Di balik kelezatan dan kesegaran buah merah ini, terdapat rahasia dan manfaat luar biasa. Tomat bukan cuma musuh jerawat dan sahabat kesehatan, tapi juga baik untuk kesuburan pria.  Mengapa Tomat harus selalu tersedia di Dapur, Ini alasannya:

1. Mencegah Kanker

Sejumlah penelitian telah menyimpulkan bahwa mengonsumsi tomat lebih banyak berisiko lebih rendah terkena kanker tertentu, terutama kanker paru-paru, perut dan prostat.  Zat Lycopene yang terkandung dalam tomat memberi efek perlindungan ini. Makan tomat dengan sedikit minyak zaitun, membantu Lycopene terserap lebih baik oleh tubuh.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Tomat mengandung nutrisi penting, seperti niacin, asam folat dan vitamin B6, yang terkait dengan penurunan risiko Penyakit Jantung. Satu studi menemukan bahwa perempuan yang mengkonsumsi 7 – 10 Buah Tomat per minggu memiliki risiko penyakit jantung 29 persen lebih rendah dibandingkan dengan yang mengonsumsi kurang dari satu setengah Buah Tomat.

3. Obat Penderita Diabetes

Tomat membantu mengendalikan gula darah karena kandungan kromiumnya yang tinggi.  Tomat pilihan buah yang bagus untuk Penderita Diabetes. Ketika gula darah turun, penderita merasa murung, lesu, mudah marah, dan kelaparan, meningkatkan keinginan untuk mencari banyak makanan yang tidak tepat, maka sebenarnya keinginan itu bisa diredakan dengan mengonsumsi Buah Tomat sebelum rasa lapar memuncak.

4. Menurunkan Kolesterol

Tomat mengandung vitamin B dan potasium yang dikenal efektif menurunkan kadar kolesterol tinggi,  mengurangi resiko stroke dan serangan jantung.  Buah Tomat merupakan makanan sehat bagi Jantung.

5. Mencegah Kerusakan DNA

Buah Tomat kaya akan antioksidan penting seperti Vitamin C dan A yang  bekerja menangkis kerusakan DNA akibat radikal bebas.  Buah Tomat juga dapat membantu untuk menangkal penyakit terkait usia seperti aterosklerosis dan diabetes.

6. Baik Untuk Kesehatan Mata

Tak ingin cepat-cepat memakai kacamata atau mengalami gangguan penglihatan?  BUah Tomat membantu mecegah gangguan penglihatan karena tomat kaya akan vitamin A.

7. Kurangi Resiko Gangguan Ginjal

Buah Tomat dipercaya mengurangi risiko gangguan ginjal dan batu empedu. Penelitian kesehatan menunjukkan untuk penyakit tersebut sebaiknya tomat dimakan tanpa bijinya.

8. Untuk Rambut dan Kulit

Lycopene banyak digunakan pada pembersih wajah. Karena pemanfaatan Buah Tomat sebagai bahan masker wajah dapat membantu perawatan kulit dan wajah selama sekitar 10 menit.  Makan Buah Tomat juga menyehatkan rambut, dengan cara mengonsumsinya atau dapat pula dimanfaatkan sebagai masker rambut, yang berfungsi melembutkan dan mengkilaukan mahkota kepala.

9. Perkuat Tulang

Buah Tomat yang dilengkapi pula Vitamin K dan Kalsium membantu memperkuat tulang, selain berfungsi pula memperbaiki jaringan tulang setelah terjadi cedera. Gunakan beberapa Buah Tomat dalam salad atau menikmati secangkir hangat Sup Tomat selama masa pemulihan dari cedera.

10. Bantu Produksi Sperma

Laporan yang diterbitkan oleh Klinik Cleveland di Ohio mengumpulkan hasil studi kelompok yang berbeda di seluruh dunia yang menunjukkan bahwa Lycopene meningkatkan jumlah sperma dan kecepatan berenang sperma menuju sel telur, serta mengurangi jumlah sperma yang abnormal.

Semoga bermanfaat adanya. Wallohu a’lam bish-showab. (*)

Like it? Share it!

Leave A Response