Rekam Jejak Berita di Pantai LojiE Bojo dan Tawaran Seruni Resort Barru

Panorama Senja di Seruni Resort. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Panorama Senja di Seruni Resort. (foto: mfaridwm/palontaraq)

 

JIKA anda searching di Google tentang Pantai Seruni, maka umumnya informasi berlimpah tentang destinasi wisata pantai itu lebih banyak yang muncul adalah Pantai Seruni Bantaeng, salah satu kabupaten di selatan Kota Makassar. Sempat bingung juga penulis, karena informasi yang sebenarnya ingin dicari adalah Pantai Seruni Barru. Setelah mencari tahu yang dimaksudkan “Seruni” itu adalah bukan nama pantai, tapi nama Resort, sebut saja Seruni Resort, berada di Jalan Poros Makassar-Parepare, Bojo 2 Kupa, Desa Bojo, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru.

Mallusetasi tempat Seruni Resort itu adalah salah satu kecamatan yang ada dalam lingkup wilayah Kabupaten Barru. Secara administratif kewilayahan, Kecamatan Mallusetasi terdiri atas 8 Desa/Kelurahan, yang kesemuanya berada di pesisir pantai dengan ketinggian 2 mdpl. Luas Wilayah Mallusetasi 216,58 km2 terbentang dari utara ke selatan sepanjang 22 kilometer, pada sisi baratnya adalah Selat Makassar sehingga keseluruhan sisi barat itu merupakan pantai yang dihiasi pulau-pulau kecil, sedang pada sisi timurnya berjejer pegunungan dan sungai-sungai yang indah.

Seruni Resort (foto: mfaridwm/palontaraq)

Seruni Resort (foto: mfaridwm/palontaraq)

Pemandangan Halaman depan Seruni Resort. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Pemandangan Halaman depan Seruni Resort. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Ruang Restoran di Seruni Resort. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Ruang Restoran di Seruni Resort, luas dan nyaman (foto: mfaridwm/palontaraq)

Kata Mallusetasi berasal dari ungkapan, “Nakkangului Anrena, Nalusereng Tasiā€™na”, yang berarti berkecukupan dalam Sandang dan Pangan. Mallusetasi berada sekitar 135 km dari Kota Makassar atau 85 km dari Kabupaten Pangkep di sebelah selatannya. Perjalanan menuju Mallusetasi dapat ditempuh lewat jalur darat dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Ibukota Provinsi, Makassar atau 1 jam dari Pangkep.

Jadi, Pantai Seruni sebenarnya itu tidak ada, yang ada adalah Seruni Resort yang menawarkan wisata pantai, jamuan rumah makan serta penginapan/villa. Yang benar adalah Pantai Lojie. Baik Seruni Resort maupun Pantai Lojie, keduanya tak terpisahkan karena berada di lokasi yang sama, yaitu Bojo 2 Kupa, Desa Bojo, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru. Wisata Pantai yang ditawarkan Seruni Resort adalah Pantai Lojie yang menyimpan banyak rekam jejak pemberitaan di media mainstream.

Villa di Seruni Resort, luas dan tenang. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Villa di Seruni Resort, luas dan tenang. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Villa di Seruni Resort. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Villa di Seruni Resort. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Rekam Jejak Pemberitaan yang penulis dapatkan adalah Berita tentang terdamparnya dua ikan paus di Pantai Lojie pada Maret 2010, tentang ditemukannya serpihan Kapal Adam Air pada Tahun 2007, tentang Kapal Mangkera yang kandas di Perairan ini pada Februari 2018 lalu, serta masih banyak lagi berita lainnya. Ini berarti perairan yang menjadi lahan nafkah bagi nelayan setempat warga Desa Bojo tersebut merupakan perairan yang ramai, bukan hanya oleh nelayan penangkap ikan, tetapi juga oleh perniagaan antar pulau.

Keindahan Pantai Lojie Desa Bojo ini ternyata kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh pengusaha setempat untuk membangun Resort. Ya, Seruni Resort berada dalam kawasan yang stategis, potensial sebagai destinasi wisata keluarga dengan tawaran view pantai yang indah dengan deretan kapal-kapal nelayan yang berlabuh menambah eksotisme tempat wisata. Pada sore ini, pengunjung resort dapat berenang di kolam permandian yang tersedia seraya menikmati panorama senja yang memukau.

View pantai di sisi barat Seruni Resort. (foto: mfaridwm/palontaraq)

View pantai dan perahu nelayan di sisi barat Seruni Resort. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Kolam permandian di Seruni Resort. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Kolam permandian di Seruni Resort. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Penulis merekomendasikan bagi para pejalan, traveler untuk menjajal tempat ini. Seruni Resort menawarkan pemandangan pantai yang indah dengan fasilitas penginapan dan rumah makan yang memadai. Pada malam hari, bisa berkaraokean bersama dan juga tersedia ruang bagi organisasi atau komunitas yang ingin melakukan rapat/meeting. Ada gallery dengan aneka macam kendaraan jadul yang bisa jadi spot berswafoto, juga tersedia villa dengan daya tampung 5-10 orang per kamar sesuai jumlah bed yang disiapkan.

Pada pagi hari, di sepanjang bibir pantai bisa menikmati suasana kampung nelayan dengan perahu-perahu tangkap ikannya yang berjejer. Para pengunjung resort bisa menikmati indahnya laut biru dengan hembusan angin sepoi sepoi nuansa restauran yang unik. Setiap sudutnya bisa menjadi obyek foto yang menarik dalam lingkungan resort. Untuk menginap di resort ini, bisa dinegosiasiakan untuk harga bersahabat, begitu pula dengan hidangan ala sari laut dapat dipesan sesuai keinginan. Sangat nyaman bagi keluarga muslim, tersedia tempat wudhu dan mushalla yang refresentatif. Bagi traveler yang ingin menjajal keindahan tempat ini, Tim Palontaraq menawarkan harga bersahabat sebagai traveling guide di akhir pekan yang tidak sibuk. (*)

Tulisan terkait: Puisi Semalam di Seruni

Kenali Obyek Wisata lainnya di Kabupaten Barru:

Celebes Canyon, Obyek Wisata Alam Tersembunyi di Tanete Riaja
Sumpang Ralla, Sejarah Zaman Megalitikum dalam Kompleks Makam

 

Like it? Share it!

Leave A Response