BerandaBeritaDaerahCelebes Canyon, Wisata Alam Tersembunyi di Tanete Riaja

Celebes Canyon, Wisata Alam Tersembunyi di Tanete Riaja

Oleh:  Etta Adil

PALONTARAQ.ID – SATU lagi potensi wisata alam yang mengagumkan di Sulawesi Selatan. Hanya saja sangat disayangkan daerah wisata yang berada di Desa Libureng Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru ini lambat dikembangkan, sejak diviralkan di Sosial Media sejak Tahun 2015.

Penyebutan nama lokasi wisata ini “Celebes Canyon” inipun dari pecinta alam yang pertamakali menviralkannya. Sangat disayangkan sekali peran Pemerintah Kabupaten setempat kurang sigap mengeksplorasi potensi wisata alam dan menjemput bola dalam mengondisikannya sebagai lahan pemasukan bagi sektor pariwisata.

Celebes Canyon sendiri berada di aliran Sungai Ule, salah satu sungai yang masih sangat alami dan bersih di Tanete Riaja. Karena lokasinya yang terpencil dan tersembunyi, relatif aliran Sungai Ule yang melewati spot wisata Celebes Canyon terlihat bersih tanpa polusi. Uniknya, sekalipun musim kemarau aliran air sungai ini tidak pernah kering.

Sampai saat ini belum ada pengelolaan secara resmi dari Pemerintah Kabupaten setempat, karena itu pengunjunglah yang diharapkan menjaga dan memelihara keasrian lokasi wisata, terutama untuk tidak membuang sampah di aliran Sungai Ule.

Penulis di Lokasi Wisata Alam Celebes Canyon, Barru. (foto: ist/palontaraq)
Penulis di Lokasi Wisata Alam Celebes Canyon, Barru. (foto: ist/palontaraq)
Celebes Canyon (foto: ist/palontaraq)
Celebes Canyon (foto: ist/palontaraq)
Di Celebes Canyon, Libureng, Tanete Riaja. (foto: ist/palontaraq)
Di Celebes Canyon, Libureng, Tanete Riaja. (foto: ist/palontaraq)
Di Celebes Canyon. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Di Celebes Canyon. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Di Spot Celebes Canyon. (foto: ist/palontaraq)
Di Spot Celebes Canyon. (foto: ist/palontaraq)

Celebes Canyon benar-benar masih sangat alami. Pengunjung dapat merasakan hembusan angin yang segar, air yang jernih, suasana yang begitu nyaman, tenteram dan penuh kedamaian.

Karena tergolong lokasi wisata alam yang baru, Maka di Celebes Canyon belum tersedia fasilitas yang memadai, bahkan belum tergarap sama sekali dari Pemerintah Kabupaten Barru. Disana belum tersedia toilet, fasilitas lain yang menunjang kenyamanan para pengunjung, area parkir hanya lahan warga setempat, dan pengunjung membayar sekadarnya jika kebetulan ada yang menjaganya.

Untuk sampai di lokasi Celebes Canyon, pengunjung harus melewati hamparan persawahan dengan view pemandangan alami yang indah. Saat tiba di lokasi, pengunjung harus berhati-hati menjejakkan kaki, terlebih jika datang saat musim hujan.

Lokasi Celebes Canyon pada beberapa titik merupakan hambaran bebatuan terjal yang licin dan tidak beraturan. Wisata sungai bebatuan ini kini dipadati pengunjung setiap harinya sejak ramai diviralkan, khususnya dari komunitas pejalan dan traveling yang berlomba lomba mencari tempat trip yang murah namun tetap menakjubkan.

View Pemandangan alam yang dilewati dalam perjalanan ke spot Wisata Celebes Canyon. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Pemandangan alam yang dilewati dalam perjalanan ke spot Wisata Celebes Canyon. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Hamparan persawahan dan perbukitan yang dilewati ke dan dari Celebes Canyon. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Hamparan persawahan dan perbukitan yang dilewati ke dan dari Celebes Canyon. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Celebes Canyon. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Celebes Canyon. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Celebes Canyon terletak di Desa Libureng Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru, tepat di jalan raya poros Barru-Soppeng atau sekitar 23 Km dari poros Pekkae menuju arah Soppeng. Jalanan yang dilewati mulus dengan sedikit beberapa tanjakan dan belokan.

Bagi pengunjung dari arah Makassar, belok kanan di Perempatan Lampu Merah Poros Makassar-Barru-Pekkae-Soppeng. Untuk sampai di Spot Celebes Canyon, jalur jalan yang dilalui: Pekkae-Tampung Cinae-Ele-Lisu-Ralla-Watu.

Pengunjung dari Arah Pare Pare, tetap melalui jalur jalan yang sama hanya kebalikannya, yaitu Belok Kiri di Perempatan Lampu Merah Poros Barru Makassar-Barru-Pekkae, Soppeng. Selanjutnya jalurnya tetap sama, yaitu Pekkae-Tampung Cinae-Ele-Lisu-Ralla-Watu.

Di Lakasi Celebes Canyon, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar 5000 rupiah untuk setiap kendaraan yang parkir, itupun jika ada warga sekitar sebagai balas jasa tanahnya ditempati parkir kendaraan.

Karena belum terkelola dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Barru, penulis menyarankan agar para pengunjung lebih baik menggunakan kendaraan motor saja, menyiapkan pakaian ganti bagi yang ingin mandi-mandi, serta membawa bekal makanan dan minuman secukupnya, karena di Spot wisata belum ada penjual. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT