Ngumpul Seru dengan Menu Barobbo

Barobbo. (foto: mfaridwm)

Barobbo. (foto: mfaridwm)

Tulisan Terkait:

Nikmati Pallu Basa Ulu Juku di Pangkep

Menikmati Sop Kikil di Pangkep

“Kapurung Pangkep”,Cita Rasa Beda dari Kapurung Palopo

Barobbo dan Perkedel Jagung. (foto: mfaridwm)

Barobbo dan Perkedel Jagung. (foto: mfaridwm)

ADA banyak pertimbangan menu spesial saat ngumpul bersama keluarga dan teman, khususnya buat acara yang menuntut kesepakatan “makan berat”, tapi tidak terlalu berat-berat amat. Untuk Kota Makassar dan sekitarnya, beberapa alternatif menu spesial yang menjadi pertimbangan adalah Kapurung, Soto Banjar, Sop Saudara, Coto Makassar, dan lain sebagainya.  Saat ini malah lebih sering disajikan bubur jagung atau yang lazim disebut Barobbo.

Ngumpul seru dengan menu Barobbo memanglah pilihan yang tepat. Praktis dibuat dan disajikan. Bagi yang sudah terbiasa membuat Barobbo, tidak terlalu butuh waktu yang lama. Hanya butuh persiapan segala bahan yang dibutuhkan sekitar 30 menit, dan memasaknya sekitar 40-50 menit. Bahan-Bahan yang diperlukan antara lain 200-300 gram Jagung, tergantung berapa banyak teman ngumpul dan tamu undangan, Begitu pula bahan lainnya menyesuaikan jumlahnya, seperti 100 gram Bayam, dan 200 gram Ayam, sedang untuk bahan bumbunya dibutuhkan 2 siung Bawang putih, 5 siung Bawang merah, 1/2 sdt merica, daun sup secukupnya, cabe rawit secukupnya, bawang goreng secukupnya, jeruk nipis, serta perkedel jagung.

Barobbo. (foto: mfaridwm)

Barobbo. (foto: mfaridwm)

Kesemua bahan bisa disiapkan secara santai dan sambil ngobrol seru dengan teman-teman.  Bersihkan semua bahan utama sebelum diolah. Siapkan wadah dan peralatan masak yang dibutuhkan untuk mengolah dan meraciknya.  Untuk mengolah jagung manis, kupas kulit jagung dengan menggunakan tangan, tarik kebagian luar dan potong bersama dengan bonggol jagung secara merata. Jika merasa sulit memutuskan bonggol jagung dengan tangan, boleh menggunakan pisau. Lanjutkan untuk membersihkan rambut jagung,  bersihkan secara merata. Lalu, kumpulkan pipil jagung dan masukkan dalam wadah sementara. Lanjutkan dengan menyiangi bayam, bisa dengan pisau atau dipetiki menggunakan tangan. Setelah itu, sisihkan hasilnya dalam wadah sementara.

Untuk ayam, setelah dibersihkan rebus ayam dalam panci hingga matang. Untuk menambah rasanya, masukkan garam dan merica. Angkat ayam dan suwir-suwir ayam dengan menggunakan tangan dan sisihkan secara merata.

Barobbo. (foto: mfaridwm)

Barobbo. (foto: mfaridwm)

Setelah semua bahan dibersihkan, siapkan panci diatas kompor dan gunakan nyala api yang sedang. Masukkan jagung kedalam panci bersama dengan air. Masak hingga mendidih.   Selanjutnya masukkan irisan bawang merah dan juga bawang putih bila isi dalam panci sudah mendidih. Masukkan merica, garam serta daun sup. Setelah itu, masukkan pula ayam suwir kedalamnya dan masak hingga mendidih dan sedikit mengental.

Saking serunya kebersamaan dalam membuat kuliner khas Barobbo ini, seringkali guru prakarya di sekolah/pesantren menganjurkan siswa/santrinya untuk membuat Barobbo. Selain mudah dan praktis, juga bergizi dan mengenyangkan. Beberapa tata cara hidang Barobbo yang berbeda umumnya merupakan kreasi tak terbatas dari para penyaji, termasuk diantaranya lauk pendampingnya, bisa ikan masak kuah, bisa pula ikan kering, disesuaikan saja dengan kebutuhan selera penikmatnya.

Penulis - Menikmati Barobbo di Pasar Malam Minasatene. (foto: hasbi/palontaraq)

Penulis – Menikmati Barobbo di Pasar Malam Minasatene. (foto: hasbi/palontaraq)

Sambil menunggu mendidih, buat perkedel jagungnya dengan mencampur semua bahan. Goreng adonan dalam wajan berisi minyak panas. Setelah matang, tiriskan. Setelah sop matang dan mendidih, Barobbo siap disajikan  bersama dengan perkedel jagung.

Bahan pelengkap Barobbo berupa ayam bisa diganti dengan udang secukupnya. Untuk sayur pelengkapnya bisa ditambahkan wortel, labu kuning, kacang panjang, atau kangkung, sesuai selera. Siapkan pelengkap sajian sebagai penambah selera berupa daun bawang, daun Sup, Bawang goreng, sambel, jeruk nipis, garam serta penyedap.

Selamat mencoba! (*)

Like it? Share it!

Leave A Response