BerandaHighlightPesan Dakwah 3 Syawal 1445 H: Memberi (2)

Pesan Dakwah 3 Syawal 1445 H: Memberi (2)

Oleh: Prof dr. Veni Hadju, Ph.D

PALONTARAQ.ID – Salah satu tanda orang beriman adalah senang MEMBERI. Memberi bukan hanya bersedekah dengan harta yang kita miliki namun mencakup juga memberi bantuan atas masalah yang dihadapi seseorang atau memenuhi kebutuhan orang yang sangat butuh. Bahkan diajarkan kepada kita untuk memberi baik pada saat lapang maupun sempit. Senang MEMBERI memang perilaku terpuji yang disenangi manusia dan dipuji Allah.

Saat MEMBERI sesorang akan merasa bahagia. Hormon Beta Endorfin akan meningkat dan menjadikan hati damai dan lapang serta pikiran tenang. Disamping itu banyak memberi adalah wujud dari sangkaan baik kepada Allah dan sesama manusia.

Itulah sebabnya pasien dianjurkan banyak bersedekah dan berbuat baik kepada orang lain. Tidak sedikit pasien yang bertahun-tahun menderita suatu penyakit dan kemudian banyak bersedekah dinyatakan sembuh oleh dokter.

Memang sifat dasar manusia adalah pelit dan kecintaan kepada harta yang berlebihan. Berpuasa telah melatih kita untuk peduli kepada orang lain dan juga mencintai kaum dhuafa.

Puasa serta ibadah lainnya di bulan Ramadhan membuat hati semakin bersih dan lapang. Setelah kita berlebaran maka kita harus bisa melawan hawa nafsu agar kita tidak menyesal saat ruh kita sudah waktunya kembali. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Dan infaqkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.” (QS. Al-Munafiqun 63: Ayat 10).

SENANG MEMBERI ADALAH BUKTI BAHWA IBADAH SEBULAN RAMADHAN KITA DITERIMA. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT