BerandaKulinerBikin Sendiri Minumanmu: Es Buah Lontar ala Palontaraq

Bikin Sendiri Minumanmu: Es Buah Lontar ala Palontaraq

Oleh: Etta Adil

Tulisan Terkait:  Nikmatnya Berbuka Puasa dengan Kadoppe

PALONTARAQ.ID – SEBAGAI referensi menyajikan hidangan buka puasa yang praktis, kali ini redaksi Palontaraq menyajikan Es Buah Lontar. Dari namanya saja, sudah dapat ditebak bahwa bahan dasar Es Buah ini adalah buah pohon lontaraq atau buah lontar yang masih muda.

Sifat tekstur buah lontar ini adalah halus, lembut dan licin sehingga sangat tak terasa mengalir cepat dalam tenggorokan saat berbuka puasa. Sangat baik jika dicampurkan dengan sirup dan serutan isi daging kelapa muda (coconut).

Es buah lontar (foto: mfaridwm)
Es buah lontar (foto: mfaridwm)
Es buah lontar ala Palontaraq. (foto: mfaridwm)
Es buah lontar ala Palontaraq. (foto: mfaridwm)

Lihat pula:  Nikmatnya Berbuka Puasa dengan Es Pisang Ijo Khas Makassar

Cara membuat es buah lontar ini sangat mudah. Ambil buah pohon lontar yang masih muda kemudian potong dadu atau iris tipis sesuai selera. Campurkan dengan air kelapa bersama dengan serutan daging pohon kelapa muda tadi lalu tambahkan pemanis, bisa air gula atau lebih baik dengan sirup.

Salah satu manfaat air kelapa adalah menghilangkan rasa kelelahan, letih dan lesu selain menjaga fungsi pencernaan tubuh, selain sebagai fungsi detoksifikasi. Dengan campuran es sirop akan terasa lebih menyegarkan, khususnya sebagai menu berbuka puasa.

Selamat Mencoba! Es Buah Lontar sangat segar dinikmati saat berbuka puasa!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT