Nikmatnya Berbuka Puasa dengan Es Pisang Ijo Khas Makassar

Es Pisang Ijo Khas Makassar (foto: mfaridwm/palontaraq)

Es Pisang Ijo Khas Makassar (foto: mfaridwm/palontaraq)

Tulisan Sebelumnya:

Nikmatnya Berbuka Puasa dengan Kadoppe

Ngabuburit di Wirsal Pangkajene

ES Pisang Ijo adalah salah satu menu buka puasa yang nikmat dan menyegarkan khas Makassar. Kuliner yang selalu hadir saat Ramadhan ini mempunyai ciri  khusus yang membuatnya berbeda, yaitu terbuat dari pisang raja (yang sudah dikukus) dan dibungkus tepung kulit dadar berwarna hijau ditambah bahan resep esnya.

Untuk membuat kuliner Es Pisang Ijo ini caranya sangat praktis. Cukup siapkan 6 buah pisang raja ukuran besar yang sudah matang, sirup merah, serta es serut (sesuai kebutuhan).  Untuk bahan adonan kulitnya atau pembungkus pisangnya, siapkan 150 gram tepung beras, 50 gram tepung sagu, 50 gram tepung terigu, 200 ml santan, 80 gram gula pasir, 10-12 lembar daun pandan, 10-12 lembar daun suji, serta garam secukupnya.

Pisang Raja yang sudah dibungkus adonan hijau. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Pisang Raja yang sudah dibungkus adonan hijau. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Perlu diperhatikan disini bahwa pisang raja matang yang dimaksud adalah pisang raja yang tidak terlalu keras, juga tidak terlalu lembek. Untuk bahan sausnya siapkan 1/2 sendok makan (sdm) tepung beras, 75 gram gula pasir, 200 ml santan, serta  2 lembar daun pandan. Setelah semua bahan yang dibutuhkan lengkap, maka pertamakali kukus pisang raja hingga matang. Angkat lalu sisihkan.

Untuk kebutuhan kulit atau pembungkus pisangnya, daun pandan dan daun suji diiris kecil kemudian diblender dengan 50 ml air matang kemudian disaring. Setelah itu, sisihkan. Selanjutnya siapkan wadah dan campur tepung beras, tepung sagu, tepung terigu, gula pasir dan santan serta saringan air pandan dan suji dalam wadah tersebut. Aduk hingga tercampur rata dan uleni.  Letakkan adonan kulit pada alas licin, seperti plastik lalu giling sampai tipis dengan alat gilingan kue. Pisang yang telah dikukus dikupas dan dibungkus dengan adonan kulit yang sudah tipis sehingga menyerupai pisang dan kukus kembali hingga matang/kulit adonan terlihat hijau tua.

Bahan Es Pisang Hijau banyak dijual di pasaran jelang waktu buka puasa. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Bahan Es Pisang Hijau banyak dijual di pasaran jelang waktu buka puasa. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Tinggal disatukan, lalu ditambahkan sirup merah dan es batu, jadilah es pisang ijo yang nikmat dan menyegarkan. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Tinggal disatukan, lalu ditambahkan sirup merah dan es batu, jadilah es pisang ijo yang nikmat dan menyegarkan. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Untuk kebutuhan sausnya, saring daun pandan yang telah diiris dan diblender dengan air 100 ml, lalu campur air pandan tersebut dengan gula dan tepung beras. Kukus selama 15-20 menit. Setelah itu, angkat dan biarkan sampai suhunya hangat. Untuk adonan tepung kulit dadarnya es buah ini juga harus pas takarannya. Kalau terlalu banyak dan tidak tepat membuat adonan kulit dadarnya hasilnya juga kurang bagus. Jangan sampai  kulit dadar hijau yang membungkus pisang rajanya jadi terlalu keras atau terlalu kenyal.

Untuk kebutuhan penyajian, siapkan piring hidang. Masukkan pisang ijo ke dalam mangkuk atau piring lalu tuangkan sausnya. Beri kemudian serutan es dan sirup merah diatasnya. Jangan lupa tambahkan es batu supaya lebih nikmat dan menyegarkan.

Cukup praktis, bukan? Daripada membelinya di luar, lebih baik membuatnya sendiri kuliner spesial Ramadhan ini.  Cukup siapkan pisang raja, sirup merah, tepung beras, tepung sagu, dan beberapa bumbu tambahan lainnya, selanjutnya silakan berkreasi sendiri sambil menunggu waktu berbuka puasa. (*)

Do'a buka puasa. (foto: ist/palontaraq)

Do’a buka puasa. (foto: ist/palontaraq)

Like it? Share it!

Leave A Response