Beranda Highlight Menulis: Kebutuhan untuk Berkembang

Menulis: Kebutuhan untuk Berkembang

Oleh: Muhammad Farid Wajdi

Related Post:  Yuk, Menulis Setiap Hari!

PALONTARAQ.ID – SAAT ini anda sebagai apa, mau jadi apa atau ingin dikenal sebagai apa? Tidak semua profesi memerlukan keterampilan menulis, tapi jika anda memiliki keterampilan menulis maka itu akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi profesi yang dijalani.

Karya tulis dan keterampilan menulis malahan bisa menjadi branding tersendiri bagi diri, sekalipun tidak ada kaitan langsungnya dengan profesinya.

Menulis itu merupakan suatu proses pembelajaran. Orang yang menulis adalah orang yang belajar. Bagi guru dan dosen, keterampilan menulis bukanlah kebutuhan tapi bisa menjadi tuntutan keahlian untuk berkembang dan mengembangkan diri.

Siapa tak ingin mendapatkan predikat sebagai Guru yang penulis atau Penulis yang guru?  Jujur saja, pasti banyak guru dan dosen menginginkannya. Apalagi bagi mereka yang mengejar kredit untuk naik pangkat/golongan atau untuk kebutuhan sertifikasi.

Lihat juga: Dari Foto ke Tulisan

Motivasi menulis setiap orang berbeda-beda. Ada yang menulis sebagai salah satu bentuk curhat, penyaluran isi pikiran dan ekspresi jiwa. Menulis dapat menjadi terapi psikologis tersendiri dengan berbagi pengalaman.

Intinya, ada kepuasan tersendiri ketika semuanya telah tertuliskan. Ada pula yang menulis sebagai bentuk aktualisasi diri, ingin dikenal dan mengenal banyak orang.

Dengan menulis, kompetensi seseorang menjadi lebih terasah. Kesarjanaan dan pendapat keilmuannya lebih bermakna ketika tersalurkan lewat tulisan. Menulis dapat menjadi jalan mengasah logika dan tambahan pengayaan pengetahuan.

Tak sedikit pula orang yang menulis untuk mendapatkan tambahan pemasukan (keuangan). Hal ini tentu tidak salah dan sah-sah saja mendapatkan honor dari menulis, baik dari media mainstream maupun media online.

Apapun motivasi kita menulis, pada dasarnya dengan tulisan itu, sadar atau tidak akan itu membuat penulisnya berkembang dan mengembangkan diri.

Menulis menjadikan diri selangkah lebih maju dibanding orang yang tidak tahu atau belum menulis.

Ilustrasi
Ilustrasi – Dari foto ke Tulisan (foto: ist/palontaraq)

Sebuah tulisan haruslah sistematis, kata dan kalimat harus terangkai dengan baik, paragraf demi paragraf harus tersusun dengan apik.

Karena itu, orang yang menulis adalah orang yang senantiasa melatih dirinya berpikir secara sistematis.

Lihat juga: Ungkapkan Cinta dengan Mata Kata

Jika keterampilan menulis semakin baik, dengan sendirinya juga berdampak terhadap keterampilan berbicara yang juga akan semakin baik. Sebaliknya, pembicara yang baik belum tentu seorang penulis yang baik.

Ketika anda akan memulai menulis, sadarilah bahwa menulis itu kebutuhan untuk berkembang.

Kesadaran bahwa menulis merupakan salah satu jalan untuk melejitkan kemampuan pikiran dan perasaan, ”Power of Think and Feeling”.

Kesadaran ini perlu dijaga supaya anda tidak mudah patah semangat ditengah jalan. Senantiasalah yakinkan diri bahwa, ”Saya mampu menulis. Kalau orang lain bisa menulis maka sayapun harus bisa”.

Buat apa anda mengecap banyak teori menulis, tips dan trik dari A –  Z kalau anda tidak memiliki power untuk menulis? Kelolalah dengan baik ide, gagasan, pengalaman anda kemudian mulailah menulis.

Percaya dirilah pada setiap kata dan kalimat yang ’berbicara’ di tulisan anda, teruslah menulis, tetaplah tuliskan semua yang terlintas di pikiran anda kemudian lihat, periksa dan baca kembali apa yang sudah anda tuliskan.

Jika anda tidak percaya diri dalam menulis pada setiap kalimat yang anda tuliskan, maka boleh jadi semuanya hanya berakhir di tong sampah dan selamanya tulisan itu unpublished (tidak terpublikasikan).

Lihat juga: Hobi Menulis seperti Kebutuhan Makan

Banyak orang yang berasal dari jurusan komunikasi dan sastra tapi setelah lulus tidak mampu menjadi penulis yang baik.

Padahal, secara teoritis dia tentu sudah mengecap berbagai teori komunikasi dan sudah lahap pula mengenyam berbagai tips dan trik menulis.

Sebaliknya, banyak orang dari jurusan teknik, kesehatan, kedokteran, dan yang lainnya namun mampu menulis dengan baik dan bernas.

Bersama Nuri Nura, Penulis muda Makassar bersama bukunya "Kaki Waktu" (foto: ist)
Bersama Nuri Naura, Penulis muda Makassar bersama bukunya “Kaki Waktu” (foto: ist)

Ini berarti untuk menulis yang baik, anda tak perlu banyak ‘makan’ teori, tapi yang perlu dilakukan adalah pembiasaan atau latihan terus menerus.

Latihan menulis itu harus dibarengi dengan kesadaran dan kepercayaan diri, artinya dalam menulis anda harus berkembang dengan optimis.

Latihan menulisnya jangan begitu-begitu terus. Kalau hari ini anda hanya bisa menyelesaikan satu halaman, besoknya harus tiga sampai lima halaman, besoknya lagi harus 10 halaman. Begitu seterusnya, berkembang dengan optimis.

Setelah anda rajin menulis, latihan terus menerus hingga akhirnya tulisan anda semakin hari semakin baik dan membaik, semakin enak dibaca dan bernas (berisi).

Teruslah berkembang dengan optimis, maju terus selangkah demi selangkah sampai kemudian anda harus melakukan ini: membaca isu dan perkembangan yang terjadi.

Lihat juga: Filsafat Komunikasi dalam Menulis

Anda jangan jalan di tempat. Berkembang dengan optimis itu mengharuskan anda mengikuti isu dan perkembangan yang terjadi. Tantanglah diri anda menulis hal-hal fenomenal, aneh, unik dan baru.

Banyaklah membaca berita dan opini orang lain di banyak media sebagai bahan perbandingan, sambil mempelajari gaya penuturan dan cara menulisnya.

Jangan cepat menyerah! tetaplah menulis, menulis, dan menulis, sampai pada akhirnya waktu jualah yang menentukan apakah anda orang pesimis atau optimis dalam menggembleng diri menjadi seorang penulis hebat (best writer). (*)

Penulis Palontaraqhttps://palontaraq.id/
M. Farid W Makkulau, pemerhati budaya dan penikmat sejarah. Kerap kali menggunakan nama pena Etta Adil saat menulis reportase, karya fiksi dan laporan perjalanan. Pernah menggeluti 10 tahun dunia jurnalistik, sebelum memutuskan mengisolasi diri di lingkungan sekolah islam sebagai seorang guru Selengkapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT