BerandaHijau15 Spot Wisata Alam di Enrekang

15 Spot Wisata Alam di Enrekang

Oleh: Etta Adil *)

Related Post: Romantisme “Buttu Kabobong” dalam Narasi To Enrekang

PALONTARAQ.ID – Enrekang merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan. Berjarak sekitar 235 km di sebelah utara Kota Makassar, dan menjadi kabupaten terakhir yang dilalui menuju Tana Toraja.

Kabupaten Enrekang familiar disebut sebagai Tanah Massenrempulu, wilayahnya didominasi daerah ketinggian yang juga menjadi domain penghidupan warganya di sektor perkebunan dan kehutanan.

Enrekang memiliki banyak spot wisata alam dan pemandangan yang indah meski letaknya berada di ketinggian ekstrim. Tak salah jika banyak pelancong memilih menjelajahi tempat-tempat keren, eksotis, dan instagramable di Enrekang.

Obyek wisata Alam di Enrekang ini cukup beragam beragam, mulai dari alam pegunungan, yang indah, air terjun, hutan yang lebat dan asri, hingga wisata di tengah kota yang ramah untuk liburan bersama keluarga tercinta.

Penasaran ingin ke Enrekang? Berikut ini 15 Tujuan Wisata Alam dan Spot Pemandangan indah di Enrekang, Cekidot!

  1. Air Terjun Laburan. Spot wisata alam ini berada di Dusun Singki, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang.
Air Terjun Laburan. (foto: ist/*)
Air Terjun Laburan. (foto: ist/*)

2. Puncak Bukit Mata Dewa Enrekang, Spot wisata alam ini berada di kawasan bukit Dondeng, Enrekang.

Mata Dewa Enrekang
Mata Dewa Enrekang. (foto: ist/*)

3. Kebun Massenrempulu, berada tidak jauh dari pusat keramaian Kota Enrekang, merupakan taman hias yang sering dijadikan sebagai spot rekreasi keluarga oleh penduduk tempatan. Selain panorama taman yang indah, kolam-kolam ikan di sekitar taman membuat tampilanya mempesona.

Kebun Raya Massenrempulu. (foto: ist/*)
Kebun Raya Massenrempulu. (foto: ist/*)

4. Bukit Batu Tande, menyajikan pemandangan alam aliran Sungai Saddang yang berkelok indah. Dari atas bukit yang diselimuti oleh padang rumput yang indah, kita juga bisa menikmati sunrise dan sunset dari spot yang sama.

Bukit Butu Tande
Bukit Butu Tande. (foto: ist/*)

5. Gunung Latimojong, sejak dulu menjadi tantangan pendakian untuk ditaklukkan para pecinta alam. Gunung ini memiliki ketinggian 3478 mdpl, dan dari puncaknya bisa melihat hamparan luas perbukitan dan pemandangan indah. Terdapat 7 pos pendakian yang harus dilewati para pendaki, sebelum akhirnya pendaki harus memilih untuk mengambil rute Rante Mario atau Puncak Nenemori.

Puncak-Gunung-Latimojong-Rante-Mario.
Puncak-Gunung-Latimojong-Rante-Mario. (foto: ist/*)

6. Bukit Saletta, menyajikan hamparan padang rumput yang luas dikelilingi perbukitan. Menariknya, padang rumput di Bukit Saletta yang datar, hijau, luas, dan terlihat seperti yang ada di serial Teletubbies hingga membuatnya dijuluki Bukit Teletubbies.

Bukit Saletta
Bukit Saletta. (foto: ist/*)

7. Wisata Alam Lewaja. Spot wisata alam ini hanya berjarak 7 kilometer dari pusat kota Enrekang, satu lingkungan dengan Wisata Kolam Renang dan Waterboom yang untuk memasukinya dikenakan harga tiket masuk Rp 8.000,- . Spot terbaik di Wisata Alam Lewaja adalah air terjun setinggi 5 meter yang mengucurkan aliran air yang sangat deras.

Air Terjun Lewaja. (foto: ist/*)
Air Terjun Lewaja. (foto: ist/*)

8. Kolam Renang dan Waterbak Matua. Spot ini merupakan sarana rekreasi keluarga, merupakan lokawisata yang berada di Dusun Matua, juga dilengkapi wahana air mancur.

Kolam renang Matua.
Kolam renang Matua.(foto: ist/*)

9. Buttu Macca Enrekang. Spot wisata alam ini dikelilingi oleh Gunung Nona dan Gunung Babapuang. Spot foto yang ada didalamnya berupa gerbang cinta, miniatur perahu, hingga sarang telur naga menjadi tempat favorit untuk mengabadikan momen.

Buttu Macca Enrekang
Buttu Macca Enrekang. (foto: ist/*)

10. Dante Pine. Spot wisata alam ini merupakan bukit dimana bisa mencoba aktivitas seru, seperti Flying Fox dengan jarak 500 meter atau Tarzan Swing yang akan membuat Anda serasa melompat dari ujung sebuah bukit.

Dante Pine.
Dante Pine. (foto: ist/*)

11. Cekong Hill. Spot wisata alam ini berada di Bukit Cekong, Dusun Lamba Doko, Kelurahan Tanete, Kecamatan Anggeraja, sekitar 33 kilometer dari Kota Enrekang. Selengkapnya lihat disini: Pesona Cekong Hill menguji Adrenalin

Penulis di Cekong Hill, di tepi tebing Mandu'. (foto: ist/ikah)
Penulis di Cekong Hill, di tepi tebing Mandu’. (foto: ist/ikah)

12. Hutan Pinus Baredok. Spot wisata alam ini terletak di Dusun Pasongken, Desa Buntu Mondong, Kecamatan Buntu Batu, sekitar 40 Km dari Kota Enrekang atau 270 Km dari Kota Makassar.

Hutan Pinus Baredok
Hutan Pinus Baredok. (foto: ist/*)

13. Air Terjun Kajejen. Spot wisata alam ini berlokasi di Bisang, Desa Lewaja, yang terletak di Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang.

Air Terjun Kajejen
Air Terjun Kajejen. (foto: ist/*)

14. Air Terjun Lagandang. Spot wisata alam ini terletak di Desa Bambapuang, Kecamatan Anggareja, sekitar 8 km lebih dari pusat ibukota Enrekang.

Air-Terjun-Lagandang
Air-Terjun-Lagandang. (foto: IG_surahman26_)

15. Bukit Miallo Enrekang. Spot wisata alam ini berada di Panassang, Tallu Bamba, Kecamatan Enrekang, sekitar 30 km dari Kota Enrekang.

Bukit Miallo Enrekang. (foto: facebook Toto Anto)
Bukit Miallo Enrekang. (foto: facebook Toto Anto)

Demikianlah 15 spot wisata alam dan pemandangan indah yang ada di Kabupaten Enrekang. Tertarik ingin kesana? Nantikan terus liputan traveling Palontaraq. (*)

 

(* Etta Adil, a Traveler, penikmat wisata alam, sejarah dan budaya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT