BerandaKesehatanPuasa sudah dekat, Yuk buat Air Nabeez

Puasa sudah dekat, Yuk buat Air Nabeez

Oleh:  Ummu ‘Adil

PALONTARAQ.ID – Suatu kesyukuran kita dipertemukan lagi dengan Ramadan. Anugerah menyapa dan menghirup udara keberkahan dalam Bulan Suci Ramadan, tak boleh disia-siakan, atau dilewatkan oleh seorang muslim untuk semakin meningkatkan dan mempertebal keimanan, serta berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya.

Nah, teman dan sahabat sekalian, untuk tetap fit, sehat dan bugar dalam menjalani puasa dan ibadah lainnya di Bulan Ramadan, mari mengamalkan salah satu sunnah Nabi SAW, yaitu membuat air rendaman kurma, yang lazim disebut Air Nabeez.

Membuat Air Nabeez (Infulse water kurma) merupakan sunnah yang belum banyak diketahui umat Islam.  Air Nabeez adalah minuman kesukaan Nabi Muhammad shallalahu ‘alaihi wasallam. Caranya sangat mudah, cukup dengan merendam kurma dengan air masak (air hangat) di malam hari atau sore hari.

Lihat juga:  Mengenal Air Nabeez dan Manfaatnya

Air Nabeez tersebut dapat diminum saat Sahur. Insyaallah, membuat perut mampu bertahan, tahan lapar, tenaga bertambah, dan energi tubuh meningkat.

Untuk sekali minum, ambillah kurma dalam bilangan ganjil (7-9 butir kurma) lalu masukkan kurma tersebut (setelah dibuang terlebih dahulu bijinya) dalam air hangat dengan ukuran 500 ml.

Rendaman kurma tersebut dibiarkan lalu diminum saat bangun sahur, Bisa juga menggunakan kismis, tapi jangan campur dengan kurma. Kalau menggunakan kismis, harus kismis saja. Tidak usah dicampur dengan kurma.

Lihat juga: Muslim Dianjurkan Konsumsi Ini: Madu, Air Zamzam, dan Kurma

Rendam isi kurma dalam air masak biasa malam sebelum tidur. Letakkan di luar, lalu tutup wadah tersebut, jangan biarkan terbuka.  Saat Sahur esok  Air Nabeez itu sudah boleh diminum.

Rasakan manfaatnya, insya Allah berkah. Air nabeez ini juga boleh juga diamalkan sebelum sarapan pagi bila hari-hari lain diluar Bulan Ramadan.

Praktekkan saat perut kosong. Insyaallah lebih cepat diserap oleh tubuh. Semoga semakin sehat dan berkah dalam menjalani setiap kegiatan amaliah Ramadan kita.

Selamat mencoba. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT