BerandaBisnisSektor Bisnis yang Berpotensi lahirkan Unicorn

Sektor Bisnis yang Berpotensi lahirkan Unicorn

Laporan:  Etta Adil

PALONTARAQ.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memprediksi akan ada tiga sektor bisnis yang akan menghasilkan perusahaan rintisan berstatus unicorn dengan nilai valuasi US$1 miliar.

Rudiantara mengatakan potensi pertama ada di sektor pendidikan. Aplikasi seperti Ruangguru dan Extramarks bisa dijadikan pilihan untuk pendidikan digital. Terlebih melihat tren pendidikan berbasis teknologi digital yang digandrungi pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan pendidikan tambahan di luar pendidikan formal.

Potensi kedua sektor yang bisa menghasilkan startup unicorn adalah kesehatan. Layanan Kesehatan berbasis digital seperti HaloDoc, Alodokter, hingga Dokter.id menawarkan layanan konsultasi daring dengan dokter. “Apalagi APBN di sektor kesehatan mencapai angka Rp123,1 triliun. Saya yakin perusahaan startup bisa menyerap APBN ini sehingga bisa menghasilkan unicorn,” ujar Rudiantara.

Sektor ketiga yang berpotensi menghasilkan unicorn adalah sektor lifestyle atau gaya hidup. Perusahaan startup dalam bidang pemesanan konser, menjual fesyen, atau traveling diyakini Rudiantara bisa menjadi unicorn. “Ketiga yang berkaitan dengan lifestyle. Terutama anak anak muda Indonesia. Seperti leisure, ada tiket, ada penginapan ada macam-macam,” kata Rudiantara. (*)

Artikel sebelumnya
Artikel selanjutnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT