Beranda Bisnis Mengapa harus ikut Pelatihan Google Gapura Digital?

Mengapa harus ikut Pelatihan Google Gapura Digital?

Foto bersama Peserta Pelatihan Google Gapura Digital. (foto: ist/palontaraq)
Foto bersama Peserta Pelatihan Google Gapura Digital. (foto: ist/palontaraq)

Oleh: Etta Adil

Tulisan sebelumnya: Kominfo gelar Workshop Flash Design

PALONTARAQ.ID – Pernah dengar Google Gapura Digital?  Program yang mendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia untuk memajukan bisnis melalui digital.

Penulis beberapa kali mengikuti Pelatihan Google Gapura Digital ini, disela-sela kegiatan kuliah di akhir pekan di Makassar.

Saat pertama kali ikut pada saat masih dalam kapasitas sebagai Local Community Organizer (LCO) di PT Semen Tonasa, yang mana salah satu kapasitas forum desa yang ingin penulis tingkatkan adalah pengembangan UKM lewat digital, dan Program Google Gapura Digital berkenaan dengan hal tersebut.

Penulis bahkan mengundang beberapa teman yang tergabung dalam Forum Desa Lingkar PT. Semen Tonasa untuk bergabung bersama dalam serangkaian topik materi pelatihan yang lengkap mulai dari tren digital, membangun portal usaha hingga SEO/SEM.

Perkenalan Peserta. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Perkenalan Peserta. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Dari Siap Digital sampai Handal Digital. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Dari Kelas Siap Digital, Handal Digital sampai Kelas Berbagi diberikan. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Dua Blogger, dari Palontaraq dan Jurnal Post. (foto: ist/palontaraq)
Dua Blogger, dari Palontaraq dan Jurnal Post di Kelas Google Gapura. (foto: ist/palontaraq)

Lihat pula: Sektor Bisnis yang Berpotensi lahirkan Unicorn

Mengapa UKM harus go online? Penulis ketika itu berpandangan bahwa Peluang UKM go online sangat menguntungkan, baik secara pasar yang terbuka untuk dimasuki, menghemar biaya pemasaran, meningkatkan pendapatan dan penjualan, memperkenalkan merk bisnis, memperoleh pelanggan baru, serta meningkatkan hubungan pelanggan dengan lebih efektif.

Tak hanya UKM sebenarnya yang dapat memasuki pasar online, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan potensi ekonomi desa, dan apa saja hasil bumi di desa yang dapat dipasarkan secara terbuka.

Hal ini seharusnya difasilitasi oleh Pemerintah Desa/Kelurahan, mengajak semua stake-holder di desa, mengenalkan apa saja yang menjadi “usaha rakyat” yang dapat dipasarkan terbuka secara online, tentu dengan brand yang lebih kreatif dan membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat di desa itu.

Penulis di Kelas Google Gapura Digital. (foto: ist/palontaraq)
Penulis di Kelas Google Gapura Digital. (foto: ist/palontaraq)

Peserta Pelatihan dapat memilih topik yang diinginkan atau ikuti semua kelasnya untuk mendapatkan sertifikat dari Google.  Di Gapura Digital terdapat kelas-kelas gratis yang bisa diikuti dengan berbagai topik untuk mengenal lebih dalam bagaimana membangun usaha melalui digital.

Lihat pula:  PT. Semen Tonasa gelar Workshop Penguatan Kapasitas Tim CSR

Kelas-kelas Pelatihan ini terbagi menjadi tiga kategori dari Siap Digital, Handal Digital dan Kelas Berbagi.

Untuk Materi Siap Digital, dimulai dari Panduan hingga pengenalan hal dasar yang anda perlu ketahui tentang digital. Materi ini mengajak peserta  Dunia Digital yang sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan Usaha Kecil Menengah yang menjadi segmen peserta kelas ini.

Banyak metode digital yang bisa membantu dan digunakan untuk meningkatkan usaha.  Belajar tren terbaru dan mengenali saluran digital apa saja yang cocok untuk usaha.

Materi “Google Untuk Bisnismu”, mengenalkan berbagai macam produk Google untuk membantu mengembangkan usaha, termasuk bagaimana cara mudah mendaftarkan usaha di Google.

Kelas Google Gapura Digital. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Kelas “Siap Digital” Google Gapura Digital. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Kelas Google Gapura Digital. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Kelas “Handal Digital” Google Gapura Digital. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Untuk Materi “Tips Website Efektif”, diajarkan bagaimana mengelola website, mulai dari yang paling sederhana dan memanfaatkannya untuk pengembangan usaha. Di Kelas ini, dipelajari pembuatan dan standar penggunaan website. Tidak hanya bagus dilihat tapi juga membantu usaha anda.

Materi “Pengenalan SEO & SEM” sebagai materi yang sedikit berat, tapi tetap harus dipelajari sebagai bagian dari pengembangan mengakrabi dunia digital. Kebutuhan akan memahami SEO & SEM ini, karena setiap hari jutaan orang mencari jasa atau produk di Internet.

Di kelas “Pengenalan SEO & SEM, para peserta akan belajar teknik Search Engine Opimization dan Search Engine Marketing untuk membantu mesin pencari seperti Google menemukan usaha yang kita kelola.

Jika materi “Siap Digital” sudah dapat dipahami dan dikuasai dengan baik, ada baiknya untuk meningkatkan kapasitasnya ke Kelas “Handal Digital”, yang membahas topik dengan lebih mendalam tentang Dunia Digital.

Kelas Google Gapura Digital. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Salah seorang Peserta, yang telah menyelesaikan Kelas “Handal Digital” Google Gapura Digital. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Lihat pula: Jejak Digital Jokowi sukses buka Lapangan Kerja buat WNA

Di Kelas “Handal Digital”, juga tetap diberikan materi SEO dan SEM sebagai Pendalaman. Belajar lebih dalam lagi dan praktik langsung teknik Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing.

Selanjutnya ada materi tentang bagaimana Membangun Merk Lewat Video, mempelajari cara membangun merk, serta menggunakan video untuk membantu mengembangkan usaha anda. Termasuk praktik langsung memanfaatkan Youtube untuk pengembangan usaha.

https://gapuradigital.withgoogle.com/workshops/makassar
Kelas “Handal Digital” Google Gapura di Hotel d’Maleo, Kota Makassar. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Berikutnya ada Kelas Berbagi. Kelas ini  khusus yang disediakan oleh Gapura Digital untuk berbagi ke sesama, tentang Kisah Sukses Pengusaha UKM, Sesi berbagi untuk menginspirasi para pengusaha UKM lainnya.

Uniknya ada pula kegiatan yang khusus untuk Perempuan, yang disebut Womenwill, Dari Wanita, Untuk Wanita, yaitu Kelas spesial  untuk pengusaha wanita Indonesia.

Bagi semua pelaku UKM, penulis merekomendasikan untuk mengikuti Pelatihan Google Gapura Digital ini (Untuk Pelatihan di Makassar: klik DISINI), sekaligus sebagai kesiapan mengadu potensi di pasar terbuka, secara online, memasuki secara penuh Dunia Digital yang sebenarnya menjanjikan peningkatan finansial dan pemasaran. (*)

 

Penulis Palontaraqhttps://palontaraq.id/
M. Farid W Makkulau, pemerhati budaya dan penikmat sejarah. Kerap kali menggunakan nama pena Etta Adil saat menulis reportase, karya fiksi dan laporan perjalanan. Pernah menggeluti 10 tahun dunia jurnalistik, sebelum memutuskan mengisolasi diri di lingkungan sekolah islam sebagai seorang guru Selengkapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT

Kantin Putri IMMIM dinyatakan sebagai Kantin Sehat

  Laporan: Nurhudayah Lihat pula: Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel kunjungi Hotspot Center Putri IMMIM PALONTARAQ.ID - Satu lagi prestasi yang ditorehkan Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM...

Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel kunjungi Hotspot Center Putri IMMIM

  Lihat pula: Ketua TP PKK Sulsel kunjungi Ponpes Modern Putri IMMIM Laporan: Nurhudayah PALONTARAQ.ID - Dalam kunjungannya ke Kampus Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep,...

Santri Putri IMMIM Ikuti Program Pesantren Sehat

  Laporan: Nurhudayah PALONTARAQ.ID - Sebanyak 20-an santriwati didampingi Guru/Pembina Pondok Pesantren Modern (PPM) Putri IMMIM dari perwakilan berbagai tingkatan, Rabu kemarin (18/11/2020) mengikuti dengan hikmat...

Ketua TP PKK Sulsel Kunjungi Ponpes Putri IMMIM

  Laporan: Nurhudayah PALONTARAQ.ID - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan Lies F Nurdin secara mendadak melakukan kunjungan silaturrahim ke Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Putri...