BerandaBeritaDaerahMenikmati Keindahan Pantai Obel-obel

Menikmati Keindahan Pantai Obel-obel

Laporan: Etta Adil

PALONTARAQ.ID – Pernah melakukan traveling ke Lombok Timur? Desa Obel-obel adalah salah satu desa yang terletak di ujung Timur Pulau Lombok, tepatnya di Kecamatan Sambelia.

Desa Obel-obel ini memiliki beberapa pantai indah yang membentang sepanjang bagian timur selatan, salah satunya adalah pantai yang masuk dalam wilayah Dusun Medas, tapi tetap saja sebutan nama pantai adalah sesuai nama desanya, yaitu Pantai Obel-obel.

Sebenarnya jauh sebelum adanya Gempa dalam Bulan September 2018 lalu, Pantai Obel-obel cukup ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara terutama pada hari-hari libur. Pantai yang jaraknya hanya 300 meter dari Kantor Desa Obel-obel ini menawarkan suasana sejuk, dengan semilir angin Sepoi-sepoi. Pepohonan rindang dapat menjadi tempat berteduh sepanjang pantai yang bersih.

Baca juga: Memacu Adrenalin Menuju Keelokan Pulau Liukang Loe

Selain itu, masyarakat setempat banyak pula berinisiatif mendirikan gubuk tempat menjajakan dagangan, berupa makanan ringan, es, serta tidak jarang ada transaksi jual beli ikan dengan beberapa nelayan yang baru pulang melaut. Pengunjung dapat menikmati ikan bakar yang masih segar saat rekreasi bersama keluarga.

Saat penulis datang menikmati keindahan Pantai Obel-obel ini, pertengahan September 2018 lalu, para relawan bencana dari Aliansi Relawan Pendidikan Sulsel (ARPS) dan MRI-Aksi Cepat Tanggap (ACT) memanfaatkan wilayah pantai sebagai tempat bermain dan belajar bagi anak-anak, sebagai kegiatan Kelas Lombok Ceria (KLC), salah satu kegiatan dukungan psikososial dan trauma healing paska gempa berskala 7.5 SR yang meluluh-lantakkan sebagian besar wilayah Lombok.

Potensi wisata Pantai Obel-obel indah dan menarik jika saja pemerintah setempat menatanya dengan lebih baik. Meski pasir pantai terlihat biasa saja, namun air laut dan pantainya bersih sehingga asyik sebagai tempat berenang. Di sebelah selatan pantai, lautan biru luas membentang, eksotik dan menyejukkan pandangan.

Lihat juga: Mengenal Lebih Dekat Suku Sasak Sade

Kelas Lombok Ceria di Pantai Obel-obel. (foto: ist/*)
Kelas Lombok Ceria di Pantai Obel-obel. (foto: ist/*)

Bagi para penikmat sunrise, dapat menunggu sore hari dan membidikkan kameranya ke arah selatan pantai.  Di sebelah utara pantai, nampak kokoh Gunung Rinjani menantang para pendaki. Kelihatan dekat meski jauh . Bagi traveler dan pencinta wisata alam, berfoto dengan latar belakang Gunung Rinjani menjadi satu kebanggaan tersendiri. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl, merupakan  gunung favorit bagi para pendaki.

Pantai Obel-obel patut menjadi destinasi wisata yang menjanjikan. Sepintas terlihat belum tertata dengan maksimal, padahal dari jumlah pengunjung lokal yang datang cukup banyak. Boleh jadi juga karena tidak ada pilihan lain berwisata selain ke pantai ini.

Sayangnya pemerintah setempat sepertinya masih memerlukan pembangunan sektor lain paska gempa dahsyat NTB beberapa waktu lalu, sebelum  memikirkan pengembangan pantai ini sebagai destinasi wisata.

Pantai Obel-obel ini potensial dikembangkan karena pengunjung lokal yang datang, sebelum gempa, bukan hanya dari Lombok Timur, tetapi banyak yang datang dari Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Utara. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT