Fadhilah Kecerdasan dari Membaca Al-Qur’an

by Penulis Palontaraq | Minggu, Des 30, 2018 | 156 views
Membaca Alqur'an (foto: tribunjabar)

Membaca Alqur’an (foto: tribunjabar)

Oleh: Ummu ‘Adil

BANYAK sekali  kedahsyatan dan fadhilah dibalik rutinitas membaca dan mencintai bacaan (ayat) Al-qur’an, salah satunya adalah manfaat membacanya setelah Shalat Maghrib dan Shalat Subuh. Masya Allah! Semoga tulisan ini dapat memotivasi kita untuk semakin cinta terhadap Al-qur’an dan rutin membacanya.  Aamiin!

Ternyata Membaca Al-Qur’an sesudah Maghrib dan Subuh itu manfaatnya luar biasa. Menurut hasil penelitian, ternyata dapat meningkatkan  kecerdasan otak hingga 80 %.  Hal ini karena disana ada perubahan dari siang ke malam dan dari malam ke siang hari.

Diluar itu, ada tiga kesibukan sekaligus, yaitu membaca, melihat dan mendengar. Ada banyak hal yang dapat mengakibatkan seseorang itu kuat ingatan atau hafalannya, diantaranya ialah menyedikitkan makan, membiasakan  shalat malam serta membaca (dengan melihat langsung mushaf) Al-Qur’an.

Tidak ada lagi bacaan yang dapat meningkatkan pada daya ingat manusia, dan juga berikan ketenangan pada seseorang kecuali membaca dengan Kitab Suci Al-Qur’an. Diluar itu, membaca Al-Qur’an juga menghadirkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Seorang dokter ahli jiwa, Dr. Al Qadhi melalui penelitiannya yang panjang dan serius di Klinik Besar Florida Amerika Serikat (AS) sukses menunjukkan bila hanya dengan mendengarkan bacaan ayat-ayat Al-Qur’an.

Jadi, Seorang Muslim itu, baik mereka yang dapat berbahasa Arab maupun bukan, bisa rasakan perubahan fisiologis dan psikologis yang begitu besar,  yaitu penurunan depresi dan kesedihan, serta mencegah datangnya berbagai jenis penyakit.

Penemuan sang dokter ahli jiwa ini tidak serampangan. Penelitiannya ditunjang dengan bantuan peralatan elektronik terbaru untuk mendeteksi tekanan darah, detak jantung, ketahanan otot, dan ketahanan kulit pada aliran listrik. Dari hasil uji cobanya ia berkesimpulan, bila membaca Al-Qur’an punya pengaruh besar hingga 97 % dalam melahirkan ketenangan jiwa dan penyembuhan penyakit.

Dalam laporan sebuah penelitian yang di sampaikan dalam Konferensi Kedokteran Islam Amerika Utara pada tahun 1984 dijelaskan, Al-Qur’an dapat dibuktikan bisa menghadirkan ketenangan hingga 97 % buat mereka yang mndengarkannya. Masya Allah.

Untuk itu, mari saat ini kita mulai menyempatkan diri kita sebagian menit dari 24 jam di hari kita, yang didapatkan oleh Allah SWT untuk membaca, merenungi, mentadaburi dan mengerti isi yang ada didalam Kitab Suci Al-Qur’an.

Akibat Membaca Alqur’an Terus Menerus

Berkata Abdul Malik bin Umair, “Satu-satunya Manusia yang Tidak Tua (awet muda dan tidak pelupa adalah orang yang selalu membaca Al-Quran”. Dikatakannya pula, “Manusia yang Paling Jernih Akalnya adalah para pembaca Al-Quran”. Berkata Al-imam Qurtubi, “Barang siapa yang membaca Al-Quran, maka Allah akan menjadikan Ingatannya Segar meskipun Umurnya telah mencapai 100 tahun”.

Imam Besar Ibrahim al-Maqdisi memberikan wasiat pada muridnya Abbas bin Abdi Daim Rahimahullah. “Perbanyaklah membaca Al-Quran jangan pernah kau Tinggalkan, kerana sesungguhnya setiap yang kamu inginkan akan dimudahkan Setara dengan yang kamu baca”.

Berkata pula Ibnu Solah, “Bahawasannya para Malaikat Tidak Diberi Keutama’an untuk membaca Al-Quran, maka oleh karenanya para Malaikat Bersemangat selalu Mendengar saja dari Bacaan Manusia”.

Berkata Abu Zanad, “Di tengah malam, aku keluar menuju Masjid Rasulullah SAW. sungguh tidak ada satu Rumahpun yang aku lewati melainkan padanya ada yang Membaca Al-Quran”.

Berkata sebagian ahli tafsir, “Manakala kita menyibukkan diri dengan Al-Quran, maka kita akan dibanjiri oleh sejuta Keberkahan dan Kebaikan di dunia”, “Kami memohon kepada Allah agar memberikan taufiqnya kepada Kami dan semua yang membaca Al-Quran dan mengamalkan kandungannya”.

Semoga bermanfaat adanya. Wallahu ‘alam bish-shawab. (*)

Like it? Share it!

Leave A Response