Menulis Travel Blogging

by Etta Adil | Rabu, Nov 21, 2018 | 47 views
Travel Blogger (foto: ist/palontaraq)

Travel Blogger (foto: ist/palontaraq)

 

Travel blogger tidak hanya memberikan kebebasan berekspresi melalui blog, tapi juga keleluasaan waktu dan kesempatan besar untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata yang indah, di seluruh wilayah Indonesia.  Dalam menulis kisah perjalanan, sangat penting untuk menampilkan akurasi informasi dan kejujuran dalam ngeblog, terkhusus mengenai kekhasan daerah, bahasa lokal, kuliner lokal, rumah adat, tradisi dan budaya lainnya.

Tidak hanya melengkapi artikel yang kita buat, namun lebih dari itu, untuk menjaga reputasi kita sebagai Blogger.  Hal ini sangat penting untuk menjaga originalitas tulisan, yang berbeda dengan tulisan Blogger lainnya. Olehnya itu, sebelum mengunjungi suatu destinasi wisata akan sangat bermanfaat bila kita menggali informasi atau browsing terlebih dahulu mengenai tempat tersebut secara mendalam sebagai referensi perjalanan.

Dalam kisah perjalanan yang kita buat, sangat penting untuk  memberdayakan nilai rasa dalam ngeblog, apalagi mengingat tidak ada pembatasan tentang panjang dan karakter tulisan. Sangat penting untuk  tak sekedar bertutur tentang kisah perjalanan kita ke suatu tempat, tapi juga menyertakan opini, kesan serta informasi mengenai lokasi yang kita datangi. “Rasa” ini bisa dihadirkan secara visual melalui foto, video dan interaksi/wawancara dengan warga sekitar.

Umumnya Blogger menerapkan Tips dalam kisah perjalanan di blog yaitu: Cari-Rasakan-Olah-Tulis-Sebar.  Penulis  menerapkan hal ini dan sangat bermanfaat dalam menemukan mood menulis. Carilah destinasi yang menarik, cari informasi sebanyak mungkin hal-hal apa saja yang menarik sehingga kita memilih atau menetapkan pilihan untuk mengunjunginya, perhitungkan segala budget dan perlengkapan perjalanan untuk sampai kesana.

Merasakan langsung sensasi dan keunikan khas bersentuhan dengan potret daerah baru dengan segala tradisi dan budaya khasnya merupakan sisi menarik untuk perlu diungkap. Merasakan langsung hidup dan tinggal dalam masyarakat baru akan memudahkan Blogger bercerita atau mengolah kesannya. Selanjutnya, tulis dan sebarkan.Think Before Posting! Sangat penting untuk membaca ulang keseluruhan kesan, opini, dan pengalaman yang kita tuliskan sebelum diposting. Tinjau ulang pendapat pribadi sebelum mengemukakannya bersamaan dengan pendapat tokoh daerah, sejarawan atau budayawan lokal yang ada di daerah kunjungan.

Sejarawan muda, JJ Rizal  menyatakan, bahwa latar belakang sejarah dan budaya merupakan elemen penting dalam menulis travel blogging. Menurut JJ Rizal unsur ini sangat penting karena akan memberikan eksplorasi makna kian mendalam bagi tulisan yang menceritakan tempat yang dikunjungi dengan menampilkan sejarah yang melatar-belakangi keberadaan daerah tersebut. Sangat penting untuk berkali-kali melakukan pendalaman materi tulisan, supaya kesan dan rasa sampai kepada pembaca dengan baik. (*)

 

Like it? Share it!

Leave A Response