Ini 7 Kuliner khas Makassar saat Idul Adha, dijamin ketagihan!

Kreatifitas kuliner khas olahan daging sapi. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Kreatifitas Makassar dalam penyajian kuliner khas berbahan dasar olahan daging sapi. (foto: mfaridwm/palontaraq)

ORANG MAKASSAR di Sulawesi Selatan memiliki banyak sekali kuliner berbahan dasar daging sapi. Beberapa diantaranya nampak menonjol disajikan saat momen Lebaran Idul Adha. Pada saat pemotongan hewan qurban berlangsung, seringkali terungkap permintaan daging pada bagian tubuh tertentu dari  sapi. Misalnya, penyebutan permintaan persendian atau lutut sapi (Makassar: kulantu), maka dapat dibayangkan bahwa permintaan tersebut didasari keinginan untuk membuat sajian khas Sop Konro atau kikil sapi untuk Sop Kikil, permintaan usus untuk bahan Coto Makassar, sedangkan dagingnya bisa dibuat beragam jenis masakan, dari Toppa Lada, Sate, Sop Saudara, sampai Pallu Basa.

Berikut ini 7 kuliner khas Makassar berbahan dasar daging sapi. Kesemuanya nikmat, rasanya maknyus dan dijamin bakal ketagihan. Ketujuh kuliner ini nampak menonjol dalam setiap penyajian masakan paska pemotongan hewan qurban, dalam momen silaturrahim lebaran Idul Adha, yaitu:

1. Sop Kikil

Sop Kikil merupakan salah satu masakan sop khas yang menggunakan bahan dasar kikil sapi.  Berbeda dengan kuliner berbahan olahan daging sapi lainnya, Sop Kikil lebih banyak mengambil bahan iga sapi atau kikilnya (bagian lutut sapi), biasanya dimasak bersama bumbu Bawang Merah,  Bawang Putih,  Kemiri,  Merica,  Jintan, serta garam. Bumbu pelengkapnya adalah bawang goreng, sambal, serta jeruk nipis.

Sop Kikil (foto:bomanta)

Sop Kikil (foto:bomanta)

Untuk membuatnya, cukup masukkan iga sapi ke dalam panci tertutup, rebus selama 15 menit lalu  masukkan semua bumbu dan potongan kikilnya. Setelah masak hingga kuah mendidih, angkat dan keluarkan tulangnya dari sop. Tempatkan sop dalam mangkuk saji, lalu  taburi bawang goreng. (Baca: Menikmati Sop Kikil di Pangkep)

Untuk sambalnya, haluskan semua bahan-bahan sambalnya (7 buah Cabai Merah, 100 gram kacang tanah goreng, ½ sendok teh garam, dan 1 sendok makan air jeruk nipis), kemudian anda berikan air jeruk nipis dan aduk rata.  Sop Kikil dihidangkan bersamaan dengan sambal dan irisan jeruk nipis dalam tempat terpisah, disajikan selagi.

2. Sop Konro

Sop Konro ini juga merupakan masakan  khas Makassar berbahan dasar lutut dan iga sapi,  memiliki kuah sedikit berlemak. Sop Konro biasanya disantap bersama Buras (Lontong khas Makassar) atau dengan nasi putih hangat. Iga Sapi yang digunakan dalam Sop Konro Makassar  umumnya yang bertekstur enak dan empuk. Jika dikreasikan dengan cara dibakar maka disebut Konro Bakar.

Sop Konro (foto: BeritaMks)

Sop Konro (foto: BeritaMks)

Untuk membuat Sop Konro Makassar, tantangan terberatnya adalah pada saat proses perebusan iga sapi karena harus memastikannya  bahwa iga sapinya benar-benar empuk sehingga dagingnya mudah terlepas dari tulangnya saat disantap. Bila susah mendapatkan iga sapi, boleh memakai daging sapi dan tulang-tulang sapi saja agar isian Sop Konro lebih banyak. Yang membuat Sop Konro Makassar nikmat dan gurih, adalah penggunaan bumbu halusnya yang kaya rempah-rempah, seperti keluwak, merica butiran, kemiri yang disangrai, pala, ketumbar (juga disangrai), kunyit, bawang merah, bawang putih, serai, jahe, jinten, serta minyak untuk menumis.

Cara Membuatnya, rebus potongan iga sapi hingga lunak,  buang kotoran yang mengapung di permukaan air. Bila dirasa air  berkurang dan iga sapi belum benar-benar empuk, boleh ditambahkan air panas dan rebus hingga  empuk. Tambahkan air agar mendapatkan 2 liter air kaldu sebagai kuah sup konro nanti, lalu Sisihkan. Selanjutnya siapkan wajan,  panaskan 3 sendok makan minyak, tumis bumbu halus hingga tercium aroma wangi sedap dan matang. Masukkan daun salam, lengkuas dan bawang merah iris. aduk-aduk dan tumis hingga daun salam menjadi layu, matikan api.

Sajian Sop Konro tradisional dengan bumbu khusus. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Sajian Sop Konro tradisional dengan bumbu khusus. (foto: mfaridwm/palontaraq)

Setelah itu tuangkan tumisan bumbu kedalam rebusan iga, masukkan kayu manis, cengkeh, kapulaga, kaldu bubuk, garam, gula dan air asam jawa. rebus hingga kuah menjadi mendidih, cicipi rasanya, tambahkan bila dirasa ada yang kurang,  masukkan daun bawang, aduk dan masak sebentar, lalu angkat.  Sup konro yang enak dan gurih siap disajikan selagi hangat bersama bawang merah goreng diatasnya. Penggunaan rempah-rempah khas membuat kuliner khas Makassar ini digemari seluruh Nusantara karena rasanya yang sedap.

3. Sate

Kuliner satu meski terkesan simpel dalam pembuatan dan penyajian, namun tidak menjadi prioritas dalam selera orang Makassar. Yang prioritas dan khas adalah Konro, Kikil, Toppa Lada, serta Pallu Basa. Mungkin karena kuliner sate sapi ini tidak mempunyai kuah seperti kuliner khas Makassar lainnya.  Pengolahan Sate cukup mudah, cukup dengan memastikan seluruh permukaan daging sudah matang saat dibakar. Untuk bumbu, bisa disesuaikan dengan selera pembuatnya.

Sate Sapi (foto: ytube)

Sate Sapi (foto: ytube)

4. Toppa Lada

Sepintas Toppa Lada sebagai kuliner olahan sapi khas Makassar mirip dengan Rendang kalau di Jawa.  Bahan dasarnya tentu sama, yaitu daging sapi, sedang perbedaannya terletak pada pengolahan, cara masak, bumbu, serta penyajiannya yang sedikit berbeda. Rasa pedas, gurih, sedikit asin, dan saking nikmatnya Toppa Lada bisa membuat penikmatnya menyukai kuliner berkolesterol tinggi, apalagi disajikan bersama nasi panas.

Toppa Lada (foto: cookpad)

Toppa Lada (foto: cookpad)

Untuk membuatnya perlu dipersiapkan sekitar 500 gram daging sapi, 1 liter santan kelapa, 2 cm lengkuas, sereh yang sudah digeprek,1 sdm air asam, serta minyak untuk menumis. Untuk bumbunya, disiapkan 3-5 buah cabe merah, 8 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, 1/2 sdt merica, 1/2 sdt ketumbar, serta 1/2 sdt jintan. Semua bumbu halus ditumis dengan sedikit minyak, lalu ditambahkan sereh dan lengkuas, tumis kembali hingga harum, lalu dituangi santan. Setelah itu baru dimasukkan dagingnya, diaduk hingga air menyusut dan daging tidak keras, tambahkan air asam, koreksi rasanya. Angkat dari kompor dan siap disajikan bersama nasi panas.

5. Coto Makassar

Ini merupakan kuliner berkuah yang paling nikmat dengan bumbunya yang juga spesial. Untuk mendapatkan Coto Makassar yang khas perlu pengolahan bahan usus sapi yang bersih dan cermat. Kuahnya pun umumnya diambilkan dari air beras yang diolah sedemikian rupa untuk melengkapi penyajian olahan usus sapi, bersama daging dan hati sapi. Coto Makassar nikmat disantap bersama ketupat, biasanya pula disajikan bersama telur asin, meski tanpa itupun sudah nikmat dan bikin ketagihan untuk terus mencobanya.

Coto Makassar (foto: ist/palontaraq)

Coto Makassar (foto: ist/palontaraq)

6. Sop Saudara

Sop saudara merupakan masakan  khas dari Sulawesi Selatan berupa hidangan berkuah dengan bahan dasar daging sapi yang biasanya disajikan bersama bahan pelengkap seperti bihun, perkedel kentang, jeroan sapi (misalnya, paru goreng), dan telur rebus. Bumbu khasnya umumnya hanya beredar di kalangan keturunan H. Dollahi, penciptanya serta pegawai kepercayaannya, meski begitu secara umum Sop Saudara sebenarnya adalah Sop daging yang dikenal pengolahannya oleh orang Makassar, namun mendapatkan branding sebagai “kuliner khas pemilik warung sop saudara asal Kabupaten Pangkep”.  Masakan ini umum dikonsumsi bersama dengan nasi putih dan ikan bandeng bakar.

Sop Saudara. (foto: ist/palontaraq)

Sop Saudara. (foto: ist/palontaraq)

7. Pallu Basa

Pallu basa Makassar ini menggunakan bahan dasar daging sapi serta jerohannya, seperti hati, usus dan jantung. Cara membuatnya adalah dengan merebus daging sapi dan jerohannya secara terpisah hingga benar-benar matang dan empuk, kemudian disisihkan. Selanjutnya tumis semua bumbu halusnya (Bawang Putih, Bawang Merah, Cabai Merah Keriting, Jintan, Ketumbar, Jahe, Pala, serta garam secukupnya) dan tambahkan dengan beberapa bahan lainnya seperti lengkuas, cengkih, serai dan kayu manis hingga matang dan menimbulkan aroma yang sedap.

Pallu Basa (foto: TripAdvisor)

Pallu Basa (foto: TripAdvisor)

Setelah itu masukkan daging sapi dan jerohannya yang sudah direbus, diaduk hingga rata kemudian masukkan air kaldu, masak hingga mendidih. Tambahkan kelapa yang sudah disangrai dan dihaluskan, tambahkan air asam jawa dan rebus kembali hingga mendidih dan kuah sedikit mengental. Angkat dan sajikan dengan nikmat.

Bahan-bahan yang digunakan Pallu Basa adalah Daging Sapi, Hati Sapi, Usus Sapi, ataupun Jantung Sapi, dimasak bersama Lengkuas dan batang serai yang sudah dimemarkan, Cengkih, Kayu Manis, Air Kaldu dari rebusan daging sapi.  Hasilnya adalah kuliner yang nikmat, apalagi jika ditambahkan kuning telur dalam sajian semangkok pallu basa panas, sungguh maknyuss dan bikin berkeringat.

Inilah 7 kuliner khas Makassar berbahan dasar olahan daging sapi yang menonjol disajikan, khususnya dalam momen perayaan lebaran Idul Adha.  Selamat mencoba. (*)

Like it? Share it!

Leave A Response