Objek serupa Kerbau diduga Cagar Budaya Arca Tantaduo

Arca Tanta Duo. (foto: bpcb gorontalo/*)

Arca Tanta Duo. (foto: bpcb gorontalo/*)

Laporan: Etta Adil

Sumber:  DISINI

PALONTARAQ.ID – Sebuah objek serupa kerbau diantara persawahan di Desa Badangkaia, Kecamatan Lore Selatan, Kabupaten Poso diduga adalah merupakan Arca Tantaduo,  memiliki panjang 330 cm, lebar 140 cm dan tinggi rata-rata 42-54 cm.  Hal ini diungkapkan oleh Tim Peneliti Cagar Budaya Gorontalo.

Arca Tantaduo secara administrasi berada di Desa Badangkaia, Kecamatan Lore Selatan, Kabupaten Poso. Secara astronomi  x. 194147 y. 9789596 z. 775 UTM 51S.

Arca Tantaduo ini telah terdaftar sebagai Objek diduga Cagar Budaya dengan ID Pendaftaran Registrasi CB Nasional PO2017033001699 dan Nomor Pendaftaran BPCB Gorontalo BPCB.GTO/72/02.09/0135.

Arca tersebut dikenal dengan nama Tanta Duo atau arca yang menyerupai bentuk kerbau. Istilah tersebut disesuaikan dengan pemahaman masyarakat setempat yang melihat arca tersebut yang tidak berdiri tegak, seperti dengan arca lainnya yang terdapat di sekitar Lembah Bada.

Bentuk arca ini dilengkapi dengan wajah yang terdapat 2 (dua) buah mata yang berbentuk bulat, sedangkan bagian atas mata terdapat beberapa garis setengah lingkaran yang mengikuti pola bentuk mata sehingga menyerupai alis, kemudian juga terdapat hidung.

Pada Arca Tantaduo ini, keseluruhan bidang punggung arca dinilai memiliki motif dengan bentuk bulatan yang menyerupai lubang dakon dan bagian belakangnya terdapat bentuk relief dengan pola bergaris-garis. (*)

 

Like it? Share it!

Leave A Response