BerandaHumanioraPengertian Manajemen

Pengertian Manajemen

Ilustrated by: wimpoli
Ilustrated by: wimpoli

Oleh: W.I.M Poli

PALONTARAQ.ID – Hampir setiap orang berada di dalam organisasi untuk melanjutkan hidupnya. “Manajemen” menjadi ilmu dan praktik dalam kehidupan sehari-hari. Muncul banyak teori dan pola penerapan manajemen.

Alhasilnya, ada praktik yang bukannya memudahkan melainkan membuat orang sukar melaksanakan tugasnya. Itulah kenyataan yang terlihat dan diungkapkan Peter F. Drucker, Bapak Ilmu Manajemen Modern. Apa kemungkinan penyebabnya?

Pertama, penetapan sasaran kerja yang melampaui kemampuan yang ada, yang bermuara pada kesulitan pencapaiannya. Misalnya, penetapan sasaran penerimaan pajak yang tidak realistis.

Kedua, perhatian manajemen yang lebih melihat pada kekurangan anggota organisasi yang harus diperbaiki, ketimbang mengandalkan kelebihan yang dimilikinya untuk mengubah tantangan menjadi peluang.

Sasaran perbaikan yang besar menimbulkan frustasi pada diri yang bersangkutan.

Ketiga, pola kepemimpinan yang mengandalkan perencanaan dan pengendalian (“planning and control”) ketimbang merasakan dan menanggapi (“sense and respond”) apa yang dihadapi para anggota organisasi.

Kian sasaran tidak dicapai, kian pengendalian ditingkatkan, kian “kambing hitam” ditemukan, yang memperkuat dua penyebab pertama.

Renungan: Pengalaman di lingkungan kerjaku, dan posisiku?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT