Beranda Pesantren Seri Khalifah Daulah Bani Umayyah (9): Yazid bin Abdul Malik

Seri Khalifah Daulah Bani Umayyah (9): Yazid bin Abdul Malik

Ilustrated
Ilustrated

Oleh: Muhammad Farid Wajdi

PALONTARAQ.ID – Pada permulaan pemerintahannya Yazid bin Abdul Malik (101 – 105 H) mengikuti jejak Khalifah Umar bin Abdil Aziz. Akan tetapi yang demikian itu hanya sebentar.

Tidak lama kemudian timbul dari tindakannya yang menyebabkan kekalutan dalam kerajaan. Sendi kedaulatan Bani Umayyah mulai goyah, di jazirah Arab terjadi huru-hara dan pemberontakan.

Yazid bin Mahlab bekas penglima dan Amir di Masyrik yang dipenjarakan di zaman Umar bin Abdul Aziz dapat melarikan diri dari penjara ketika Umar bin Abdil Aziz wafat. Ia mengadakan pemberontakan, Wali Bashrah ditawan, Kufah juga ditaklukkan, sehingga ia banyak dapat  pengikut dari dua daerah itu.

Setelah besarnya ancaman bahaya yang datang dari Yazid bin Mahlab, Khalifah mengerahkan tentaranya dibawah pimpinan Maslamah bin Abdul Malik. Tapi walaupun Maslamah dapat membunuh Yazid bin Mahlab dan mengalahkan para pengikutnya, namun pengaruhnya sangat besar dalam Daulat Bani Umayyah.]

Dizaman Khalifah Yazid inilah keluarga Bani Abbas mulai menghimpun kekuatan di Khurrasan pada tahun 103 H. (722 M.). Keluarga inilah yang nanti akan meruntuhkan kekuasaan Bani Umayyah. Pada masa Yazid ini pula lahir seorang bernama Abul Abbas Assafah (penumpah darah), yaitu khalifah pertama dari keluarga Bani Abbas.

Khalifah Yazid wafat pada tahun 105 H (724 M) pada usia 40 tahun. Pemerintahannya yang hanya 4 tahun 1 bulan ini diwarnai dengan kemewayah, aniaya dan huru-hara.

Wallahu ‘alam bish-shawab. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

HIGHLIGHT