BerandaIslamDahsyatnya Sedekah di Hari Jumat

Dahsyatnya Sedekah di Hari Jumat

Oleh: Muhammad Farid Wajdi *)

Related Post: Beli Kesulitan dengan Sedekah

PALONTARAQ.ID – Bagi Umat Islam, Hari Jumat adalah hari yang istimewa dan penuh barakah dalam sepekan, di dalamnya banyak sekali pahala amal yang memiliki nilai keutamaan yang lebih besar, dibandingkan amal yang dikerjakan di hari biasa.

Itulah sebabnya di Hari Jumat, umat Islam dianjutkan untuk meningkatkan amal kebaikan, salah satunya adalah dengan memperbanyak sedekah.

As-Syarbini rohimahulloh (Beliau wafat dalam Tahun 977 H), Dalam kitabnya al-Iqna fi Halli Alfadz Abi Syuja’, beliau menjelaskan ;

“Dianjurkan memperbanyak sedekah dan beramal soleh di hari jumat atau malam jumat. Memperbanyak shalawat untuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam di malam atau siang hari jumat. Berdasarkan hadits: “Sesungguhnya hari yang paling afdhal adalah hari jumat. Karena itu, perbanyaklah membaca shalawat untukku. Karena shalawat kalian diperlihatan kepadaku.” (al-Iqna’, 1/170)

Hal ini di perkuat lagi dengan Qoul Ibnul Qoyim al-Jauziyah rohimahulloh (Beliau wafat dalam Tahun 751 H), Dalam kitabnya Zaadul Maad.

“Bahwa sedekah di hari jumat memiliki keistimewaan khusus dibandingkan hari yang lain. Sedekah di hari jumat, dibandingkan dengan sedekah di hari yang lain, seperti perbandingan antara sedekah di bulan ramadhan dengan sedekah di selain ramadhan.”

Saya pernah melihat Syaikhul Islam – rahimahullah apabila beliau berangkat jumatan, beliau membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya, dan beliau sedekahkan kepada orang di jalan diam-diam. Saya pernah mendengar beliau mengatakan:

“Apabila Allah memerintahkan kita untk bersedekah sebelum menghadap Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka bersedekah sebelum menghadap Allah lebih afdhal dan lebih besar keutamaannya.” (Zadul Ma’ad, 1/407).

Berinfaq setiap jumat termasuk amal yang utama dan sangat dianjurkan, meski berinfak dan bersedekah tidak dibatasi pada Hari jumat saja. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ

وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَآءُ ۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Artinya:
“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah SWT melipatgandakan pahala bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 261)

Lihat pula: 7 Manfaat Sedekah

Sedekah di Hari Jumat, dibandingkan dengan sedekah di hari yang lain, seperti perbandingan antara sedekah di Bulan Ramadhan dengan sedekah di luar Bulan Ramadhan.

Saya pernah melihat Syaikhul Islam – rahimahullah – apabila beliau berangkat jumatan, beliau membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya, dan beliau sedekahkan kepada orang di jalan diam-diam.

Asy-Syaikh Al ‘Utsaimiin rahimahullah berkata:

أن الإنفاق يكون سببا لشرح الصدر، وطرد الهم، والغم؛ لقوله تعالى: {لا خوف عليهم ولا هم يحزنون}

وهذا أمر مجرب مشاهد أن الإنسان إذا أنفق يبتغي بها وجه الله انشرح صدره

وسرت نفسه، واطمأن قلبه؛ وقد ذكر ابن القيم – رحمه الله – في زاد المعاد أن ذلك من أسباب انشراح الصدر

“Ayat ini menunjukkan bahwa infaq merupakan sebab kelapangan hati serta faktor penghilang kesedihan dan kedukaan.”

Berdasarkan pada ayat tadi (tentang orang yang berinfak).

 

وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Artinya:
” .. Tidak ada kekhawatiran yang mereka rasakan dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah: 274)

Hal ini terbukti nyata dan bisa disaksikan; ketika seseorang berinfaq atau bersedekah dengan ikhlas maka akan muncul rasa lapang, senang jiwanya, tenteram hatinya.

(Karena itulah) Imam Ibnul Qayyim rahimahullah dalam Zaadul Ma’ad memasukkan infaq atau sedekah pada salah satu sebab ketenangan hidup.” Tafsir Al Baqarah, III/373.

Demikianlah, keistimewaan berinfaq atau bersedekah di Hari Jumat. Jika datang Hari Jumat menjumpai kita, maka selaku umat Islam yang memahami keistimewaan dan keutamaannya, tentu tidak akan menyia-nyiakan waktu di hari yang penuh berkah ini untuk bersedekah.

Mari saling mengingatkan untuk selalu menyisihkan sebagian rezeki kita untuk bersedekah.

Wallahu ‘alam bish-shawab. (*)

 

(* Muhammad Farid Wajdi, Guru/Pengasuh Ponpes Modern Putri IMMIM Minasatene-Pangkep, Sulsel.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

HIGHLIGHT